1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Science Di Balik Minuman Isotonik

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by One_D, Nov 14, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    One_D Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2008
    Messages:
    919
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +143 / -0
    Ada kejadian yang selalu saya ingat....
    saya pernah bertemu dengan orang kurang dari 1 jam di RSPP,
    ketika dia masih sadar, saya sempat bertanya: SAKIT APA PAK???
    dan ketika itu dengan lemah dijawab: GULA DARAH SAYA SAMPAI 1000 (normal <200)....
    saat itu saya lemas sekali.... BAGAIMANA MUNGKIN..??? KENAPA BARU KETAHUAN...? ??? tanya saya melemah..
    sang bapak menjawab: SETIAP HARI SAYA MINUM POCARY SWEAT...
    Setelah itu, ga berapa lama kemudian si Bapak comma, dan meninggal dunia...
    Jadi bagi teman2 yang khususnya punya turunan DIABETES, harus selalu berhati2 dengan 'produk makanan/minuman' zaman sekarang... walaupun sifatnya suplemen...
    wass,


    Di Balik Minuman Isotonik
    Minggu, 29 Juni 2008 | 01:09 WIB

    Minuman isotonik semakin gencar menyerbu pasaran.

    Melalui iklan, produk ini dicitrakan mampu mengganti cairan tubuh yang
    hilang dalam
    waktu singkat.
    Di balik kesan kesegarannya, minuman isotonik dapat berbahaya apabila
    dikonsumsi sembarangan.

    Sebuah iklan minuman isotonik di televisi mengatakan, ion di dalam
    isotonik mampu menjaga kelembapan kulit
    dan tubuh lebih baik daripada air biasa.
    Iklan lain menyebutkan, kehilangan dua persen cairan tubuh akan
    menurunkan stamina dan konsentrasi.
    Dosen pada Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian
    Bogor ,

    Fransiska Rungkat Zakaria, mengatakan, iklan produk isotonik sebagian
    menyesatkan masyarakat.
    Di iklan, seolah-olah isotonik bisa diminum siapa saja dan dalam kondisi
    apa saja.

    Padahal, Fransiska mengingatkan, isotonik tidak bisa dikonsumsi
    sembarangan karena minuman ini mengandung garam natrium
    (NaCl).

    " Coba perhatikan labelnya, pasti ada kandungan Na dan Cl nya," tutur
    Fransiska.
    Ia menambahkan, minuman isotonik itu tidak lain adalah larutan garam.
    Oleh produsennya, larutan itu kemudian diberi tambahan zat lain, seperti
    vitamin.
    Ion yang disebut-sebut sangat bermanfaat bagi tubuh sebenarnya juga
    tidak hanya terkandung pada isotonik.

    Setiap garam yang dilarutkan dalam air, kata Fransiska, pasti akan
    berubah menjadi ion Na dan ion Cl.

    " Jadi, ion yang terkandung dalam sayur lodeh dengan ion dalam isotonik
    itu sama saja," tutur Fransiska.
    Karena berisi garam, isotonik tidak boleh diminum sembarangan.
    Apabila berlebihan, kadar garam dalam tubuh akan menyebabkan tekanan
    darah tinggi atau hipertensi.
    " Bila sudah kena hipertensi, tinggal menunggu saja bagian tubuh mana
    yang jebol duluan," kata Fransiska.

    Dari makanan
    Apabila tubuh kita berkeringat, natrium dan klorida yang terkandung
    dalam cairan tubuh ikut keluar melalui pori-pori kulit.
    Jika kedua zat itu tidak digantikan, sel-sel tubuh kita lama-lama akan
    rusak dan mati.
    Persoalannya, dari manakah zat natrium dan klorida itu diperoleh ?
    Apakah harus dari minuman isotonik ?
    Jawabannya, tidak.

    Menurut Fransiska, makanan yang kita konsumsi sehari-hari sudah cukup
    untuk menggantikan natrium dan klorida yang keluar bersama keringat.

    " Setiap kali masak, kita selalu menggunakan garam. Itu sudah cukup
    untuk mengganti garam yang keluar dari tubuh.
    Bahkan berlebih," papar Fransiska.
    Ia mengingatkan, dalam kondisi normal, tubuh orang dewasa hanya
    memerlukan 2,3 gram natrium per hari,
    sedangkan klorida hanya 50-100 mg.

    Pada anak-anak, kebutuhan dua zat itu lebih sedikit dibandingkan dengan
    orang dewasa.

    Apabila kita memasak tanpa garam, kebutuhan natrium dan klorida juga
    sudah bisa dipenuhi dari bahan makanan..
    Ia mencontohkan, 1 ons daging merah mengandung 70 mg natrium, sementara
    setiap 10 ons nasi mengandung
    10 mg natrium.
    Bahan makanan lain, seperti telur, daging ayam, kacang-kacangan, buah,
    dan sayur, juga mengandung natrium.

    " Karena itu, pada kondisi normal, kita tidak perlu lagi mengganti
    cairan tubuh dengan isotonik," kata Fransiska.
    Fransiska mengingatkan, isotonik lebih cocok dikonsumsi atlet yang
    menggeluti olahraga berat.

    Pada atlet olahraga berat, kebutuhan sodium memang lebih tinggi dari
    orang biasa, yaitu 5-7 gram per hari.
    Meski begitu, sebaiknya dihitung lebih dulu apakah natrium dan klorida
    yang dibutuhkan atlet bersangkutan sudah cukup didapat dari makanan yang
    dikonsumsi. Bila masih kurang, boleh saja ditambah dengan isotonik.

    Di negara maju, kata Fransiska, ada lembaga yang meneliti dan menghitung
    berapa jumlah natrium pada makanan yang dikonsumsi atlet.
    Hasilnya, menu makanan yang dihidangkan tiga kali sehari itu sudah
    mengandung 6 gram natrium.
    Mengecoh
    Meski isotonik tidak boleh dikonsumsi sembarangan, beberapa iklan produk
    isotonik justru memakai model orang biasa (bukan atlet) sebagai
    konsumen isotonik. Minuman isotonik itu juga ditenggak pada kondisi
    biasa saja, seperti terjebak macet yang tidak selalu identik dengan
    keluarnya ion-ion tubuh secara berlebihan.

    Bahkan disebutkan, tanpa menyebut kondisinya, isotonik lebih baik dari
    air biasa.
    Menurut Fransiska, iklan semacam itu sangat menyesatkan masyarakat.
    Produsen boleh saja menarik pembeli dengan iklan yang kreatif, tetapi
    dalam iklan juga harus dicantumkan informasi yang jelas,

    bukan informasi menyesatkan.
    Produsen seharusnya juga mencantumkan peringatan minuman itu mengandung
    garam.
    Agar konsumen bisa mengambil keputusan terbaik, harus disebutkan pula
    berapa jumlah garam yang dibutuhkan manusia per harinya.
    " Memang produsen akan ribut. Kalau label itu diberlakukan, produk
    mereka tidak akan laku.

    Meski demikian, jangan karena kepentingan ekonomi, kesehatan masyarakat
    dipertaruhkan, " kata Fransiska.

    Jadi, meski kelihatannya menyegarkan, hati-hati bila ingin mengonsumsi
    isotonik. :smiley_beer: jika info ini membantu anda..give thanks yo.:P
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    kurama013 Lurking Around Veteran

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,011 / -0
    Last edited: Nov 14, 2008
  4. Offline

    burhan Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 4, 2007
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,049 / -0
    iya juga nech..!!! ini pasti yang salah iklan ne. Habisna kita sering terpengaruh dengan

    yang namanya iklan di tivi.
     
  5. Offline

    Urakai Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    879
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +329 / -0
    wah".. Susah juga kalo emang dah buutuhhh
     
  6. Offline

    Calintz Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2008
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    Waduh....aku tiap hari minum Po*ari Sweat nih...

    Ternyata Bahaya....


    Nice Info ! (Gak mao beli lagi ah....)
     
  7. Offline

    evolver Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    ^ ga mau pocari karena itu sih sama aja nge-ban semua minuman kaleng...
    karena klo baca karena bapak itu punya diabet, maka gula dalam minuman2 itu yg bikin masalah...
     
  8. Offline

    flippin Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 5, 2008
    Messages:
    5,057
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +27,113 / -8
    intinya gk usah di konsumsi berlebihan ..

    nice info ..
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    torabone Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 4, 2008
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +5,143 / -0
    setau gw, pocari itu ga termasuk isotonik..
    pocari emang dibuat supaya bisa dikonsumsi setiap saat..
    berbeda dari minuman isotonik yang iklannya banyak beredar belakangan ini..
    minuman isotonik itu biasanya bagus buat dikonsumsi waktu kita bena2 kekurangan carian tubuh..
    contohnya abis olahraga..

    info ini gw dapet dari dosen gw yang jadi manager di perusahan makanan n minuman..
     
  10. Offline

    akmalsqual Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,670
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,664 / -0
    Sokaa....

    wah baru tau nih ....

    apa emang bener niih ....

    apa cuma boongan ...
     
  11. Offline

    pika3pika Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    wah biasanya i sering minum vitazone tiap hbs olahraga tapi cm 1 gelas bukan 1 botol. plg seminggu = 1 botol bahaya gak ya?????????

    :em4600:
     
  12. Offline

    Porno Man Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    460
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +35 / -0
    Mik Pocari bisa Diabetes??.............Perasaan ga manis deh Pocari itu

    Pocari kan seperti Infus
     
  13. Offline

    silverpanda Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 1, 2008
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +819 / -0
    Pocari itu kan kaya oralit??
    Pocari = goceng
    Oralit = gopek => beli di apotik.. :P
     
  14. Offline

    gyula Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 13, 2008
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,574 / -0
    Jadi Pocari S. itu berbahaya? Padahal gw suka minum tuh paling ngga sebulan sekali. Ada gejala2 tertentu ngga yang bisa mendeteksi kalo minum minuman isotonik akan membuat hipertensi?
     
  15. Offline

    Hell_Raiser Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,021
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,888 / -0
    Diabetes itu bukan minum banyak gula terus sakit, kalo km gak minum gula tapi sering makan makanan berlemak sama aja boong. kalori di dalam lemak itu jauh lebih tinggi dari gula. Kalo mau mencegah diabetes sering olahraga dan makan berimbang

    Kan iklan pocari sweat buat orang yang sering beraktifitas fisik, kalo km abis olahraga ato keringatan banyak banget minum minuman isotonik kerasa banget. Jadi minum minuman isotonik jangan setiap hari
     
  16. Offline

    matI_Tersedak_Bubur Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    397
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    jadi isotonik klo belebihan berbahaya ... wew ...

    padahal ampir setiap hari suka minum ....

    ... o_0*
     
  17. Offline

    nospec Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 7, 2008
    Messages:
    3,462
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,558 / -0
    ^
    ya jgn setiap hari lar, klo aer putih tiap hari nah bagus itu, gw sih jarang minum minuman semacam ini, plg jg minum youC doang, itu pun bisanya 1 minggu / 2 minggu sekali, soalnya harganya naekkkk, arghhhh :(
     
  18. Offline

    Aisha Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +19 / -0
    tp emang bener enak, sih pas lg kringetan abis olah raga.. trus minum ini, pa lg dlm keadaan minuman dingin wihhh seger......
     
  19. Offline

    Black-Label Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    haha ga usa panik gt kk. gw aj seminggu bisa 4 botol :((
    Saatnya mengurangi konsumsi isotonik
     
  20. Offline

    Arifuko Beginner Members

    Joined:
    Feb 15, 2009
    Messages:
    399
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,060 / -0
    gileee..... untung TS ngingetin nih......
    mulai besok STOP minuman isotonik !!!!!!
    thanks bro One D !!!:onion-69::onion-69:
     
  21. Offline

    SiLebah Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 15, 2008
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +40 / -0
    Btw....
    Menyimpang dikit....

    Kemasan baru 1 liter nya keren kok....

    Hehehehehehee.....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.