1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Cara Mendapatkan Cuti

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Jul 29, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    Meski cuti merupakan hak setiap karyawan, kenyataannya tidak semua atasan akan dengan senang hati memberi kita kesempatan cuti panjang untuk jalan-jalan.

    Saya sering kali ditanya bagaimana caranya mendapatkan izin bos untuk cuti jalan-jalan. Jika Anda termasuk yang mengalami kesulitan itu, cobalah beberapa kiat di bawah ini:


    Tingkah laku yang baik, seperti datang tepat waktu, akan memudahkan Anda meminta cuti.
    Perilaku positif

    Semua yang berbau positif pastilah memberi efek positif juga. Jadi, tunjukkan tingkah laku yang baik dan jauhkan diri dari masalah. Karyawan yang bekerja keras dan memberi kontribusi positif kepada perusahaan adalah aset yang sangat berharga. Atasan pun sudah pasti lebih sayang pada anak buah jenis ini daripada yang pemalas dan kacau kerjanya. Bila Anda sudah menjadi “anak emas” bos, bisa dibilang Anda sudah mengantongi izin.
    Membaca situasi

    Anda harus tahu waktu yang tepat untuk cuti. Jika Anda bekerja di bidang pendidikan, jangan pernah punya ide untuk mengambil cuti di masa ujian atau pendaftaran sekolah (apalagi untuk jalan-jalan). Di samping tidak akan diizinkan, Anda akan dianggap tidak tahu diri dan menambah daftar poin negatif.

    Mengajukan cuti atau meminta izin pun harus tunggu waktu yang tepat. Bila atasan Anda sedang berwajah “kencang”, sebaiknya tunda dulu dan cari saat yang tepat. Waktu santai seperti makan siang bisa Anda manfaatkan untuk memberitahu rencana Anda mengambil cuti.
    Mempersiapkan pekerjaan

    Berikan komitmen kepada atasan bahwa tugas-tugas Anda akan selesai sebelum cuti. Kalau ada beberapa hal yang masih menggantung, yakinkan atasan bahwa Anda akan melakukan pengalihtugasan kepada rekan lain dengan baik, sehingga pekerjaan tersebut akan tetap beres tanpa kehadiran Anda.

    Katakan kepada atasan bahwa selama jalan-jalan, Anda akan berusaha tetap mengecek email. Atau tinggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi. Bila ternyata Anda tidak bisa dihubungi (karena tidak ada sinyal atau Anda sengaja mematikan telepon seluler), yang penting Anda sudah berada di tempat impian!
    Mencari sekutu

    Meski jenis pekerjaan Anda bukan pekerjaan yang sangat tergantung pada kerja sama tim, tentu Anda tetaplah bagian dari sebuah tim atau divisi. Pada saat Anda cuti, pasti ada anggota tim Anda yang terkena dampaknya, baik berupa beban pekerjaan yang bertambah atau ada pekerjaan yang tertunda. Oleh karena itu, Anda wajib berbaik-baik dengan rekan satu tim. Jadikan mereka sekutu yang akan mendukung pekerjaan selama Anda cuti. Jangan sampai rekan tim merasa terbebani pekerjaan Anda dan mengakibatkan pekerjaan terbengkalai sehingga akhirnya Anda lebih susah lagi minta izin cuti selanjutnya.
    Jauh-jauh hari

    Jangan meminta izin secara mendadak. Idealnya, ajukan cuti tiga hingga enam bulan sebelumnya. Jika kepergian Anda sangat spesifik seperti naik haji, Anda bisa meminta izin sejak setahun sebelumnya atau bahkan lebih. Intinya, jangan mengagetkan atasan dengan meminta izin dadakan, apalagi disertai ancaman (misalnya mogok kerja bila tak diizinkan).
    Solidaritas

    Anda harus ingat bahwa hubungan kerja adalah hubungan timbal balik, baik ke perusahaan maupun ke tim kerja. Bila atasan atau salah satu rekan Anda ingin cuti, jangan segan-segan untuk mengulurkan tangan. Ambil alih pekerjaan mereka yang cuti sehingga semua berjalan lancar seperti biasa.

    Sebagai gantinya, saat Anda mengajukan cuti, orang lain akan dengan senang hati membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Dengan demikian, atasan Anda tidak punya alasan lain untuk menahan Anda karena segala kekhawatirannya dapat ditangani. Sebagai tanda terima kasih, bawakan oleh-oleh bagi atasan dan rekan sekerja Anda.

    sumber : http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/152-mendapatkan-izin-bos-untuk-cuti-jalan-jalan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Superlivy29 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,683 / -0
    Kalau mau minta cuti baiknya memang semua kerjaan diselesain dulu, jangan bikin ulah aneh-aneh yang bikin si bos sewot. Pas mau minta cuti juga liat dulu raut muka si bos, kira-kira anginnya lagi bagus atau lagi angin topan :hehe: Tapi ane jarang ambil cuti buat liburan :sigh: yang ada izin karena sakit, itu potong cuti :sigh:
     
  4. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Sama ini juga.
    Kalo mau ambil cuti sebaiknya lihat2 peran kita juga...
    Kalo peran kita sangat2 penting, sebaiknya rencanakan dari jauh2 hari, biar pengalihan tugas sementara bisa diplanning dengan baik.
    Tar kalo mendadak2 gitu ada malah boss sewot :dead:
     
  5. Offline

    voidstalker84 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    2,434
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +852 / -0
    klo sakit mendadak mo gmn lg :garing:
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    kotaro80 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +24 / -0
    kalo sampe ga bisa mendapatkan hak cuti kita sebagai karyawan, mending cari pekerjaan baru aja
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.