1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Cara Alami Mengusir Ketombe

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Zervo, Apr 29, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Zervo Oniisan Co Administrators

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,188
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,015 / -2
    Cara Alami Mengusir Ketombe

    [​IMG]



    KOMPAS.com — Mengusir ketombe juga bisa menggunakan cara alami. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang dipercaya bisa mengontrol keberadaan ketombe. Arthur S Simon, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Selatan, mengatakan, jeruk nipis dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi.
    Selain bisa mengendalikan sebum di kepala, jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar dan nyaman, terutama bagi kepala berketombe yang kerap dihinggapi rasa gatal. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat rambut tampak sehat dan cantik berkilau.
    Cara penggunaannya tidak sulit. Sebelum keramas, usapkan irisan jeruk nipis atau perasan jeruk nipis pada kulit kepala, terutama di daerah berketombe. Diamkan sekitar 15 menit sebelum membasuh dan berkeramas.
    Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo, Eddy Karta, juga merekomendasikan penggunaan tea tree oil sebagai salah satu bahan alami pengusir ketombe. Menurut Kim, sudah banyak tea tree yang dijual dalam bentuk kemasan jadi sehingga penerapannya lebih mudah.
    Tumbuhan dari Australia ini memiliki kemampuan sebagai antiseptik dan antijamur. Selain mengatasi ketombe, tea tree juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan kulit lainnya, seperti kutu air, jerawat, eksem, psoriasis, infeksi jamur, bisul, dan infeksi kutu.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    DanEEL Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    741
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +211 / -0
    tadi ane barusan ke Thread ttg masalah ini, keknya bro repost, tar ane update sekalian ama linknya
     
  4. Offline

    DanEEL Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    741
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +211 / -0
  5. Offline

    syahalam Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,107 / -0
    diusapin kerambut ya???
    tp kyknya perih klo kena Mata deh..
    :piss:

    tp ane ga ketomben gan..
    [sombong...:haha:]
     
  6. Offline

    ryudo2012 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    3,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +6,357 / -0
    ^
    ya pas usap pejam mata aja bro..
    selain jeruk nipis..
    denger2 lidah buaya jg bagus buat masalah rambut ya? :???:
     
  7. Offline

    nunu1234 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    491
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,252 / -0
    lidah buaya juga bagus kok buat rambut biar tambah kuat
     
  8. Offline

    mujito Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,873 / -0
    mungkin bisa bantu

    [​IMG]

    Setiap hari, secara alami tubuh kita akan memproduksi sel kulit baru dan membuang yang sudah lama dan mati. Termasuk di dalamnya, ketombe, yang merupakan pergantian sel kulit mati yang berlebihan di kulit kepala kita. Biasanya, ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau berminyak. Walaupun masalah ketombe bukanlah suatu penyakit kronis, namun kehadirannya bisa membuat kita merasa tidak percaya diri dan malu. Raciklah bahan alami berikut dan katakan selamat tinggal pada ketombe:

    1. Kelapa
    Perawatan dengan minyak kelapa adalah langkah terbaik untuk membantu melembapkan rambut yang kering dan kulit kepala yang berketombe. Caranya: Tuangkan 1 sendok teh minyak kelapa di rambut, kemudian lakukanlah pemijatan lembut pada kulit kepala Anda. Gunakan jari-jari kita untuk memastikan minyak sudah menyebar secara merata di seluruh bagian kulit kepala. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan sampo yang lembut, seperti sampo bayi. Hindari penggunaan sampo yang keras yang bisa “melucuti” kandungan minyak alami rambut kita. Lakukan perawatan ini satu kali seminggu. Setelah itu, nikmati rambut tanpa ketombe yang juga tidak kering, berkilau, dan mudah diatur.

    2. Mayones
    Untuk melembapkan rambut yang kering dan berketombe, kita bisa juga menggunakan mayones sebagai pengganti minyak kelapa. Cukup dengan mengaplikasikan 1 sendok teh pure mayonaise pada rambut, kemudian ratakan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan kedua tangan. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, gunakan sampo yang lembut, dan akhiri dengan cuci rambut hingga bersih.

    3. Cuka apel
    Kandungan asam alami dalam cuka apel bisa menghilangkan minyak dan lemak. Jika masalah ketombe Anda disebabkan oleh keadaan kulit kepala yang berminyak, cobalah pakai cuka apel setiap kali selesai mencuci rambut. Campurkan ½ cangkir cuka ke dalam ¼ cangkir air. Tidak perlu membilas, karena cuka tidak akan merusak rambut kita.

    4. Teh chamomile
    Selain berkhasiat untuk meredakan kegelisahan dan membuat kita lebih tenang, teh chamomile bisa membantu kulit kepala kita tetap lembap dan sehat. Atasi masalah “si putih” yang membandel dengan menyeduh 3 kantung teh dengan air yang mendidih. Biarkan teh terendam selama 5 menit, lalu angkat kantung teh. Setelah selesai berkeramas, gunakan air teh yang masih dalam keadaan hangat untuk membilas rambut.

    5. Lidah buaya
    Jus dari tanaman aloe vera memiliki khasiat yang bermacam-macam. Di samping bisa menyembuhkan kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari, lidah budaya juga bisa mengatasi masalah ketombe. Caranya cukup mudah, ambil dan taruh satu gumpal gel lidah budaya pada rambut. Kemudian, gosokkan hingga mengenai seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.