1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Breastfeeding [Breastfeeding] Payudara Bengkak, Teruskan Menyusui

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by shinminho, Jul 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    ADUH, kok ada benjolan di payudara. Seorang ibu umumnya langsung panik bila hal itu terjadi. Wajar sebenarnya saat ibu waspada dengan kelainan di payudaranya, apalagi saat menyusui, selain khawatir akan diri, jauh lebih khawatir lagi akan kondisi bayi. Nah, benjolan ini tidak selamanya berbahaya, kok. Apalagi pada ibu menyusui.

    Menurut Nur Fadilah, benjolan bisa jadi merupakan salah satu pertanda adanya kanker ganas di payudara. Namun, pada ibu yang sedang menyusui, kadang juga muncul benjolan di payudara. "Itu perlu dipahami ibu-ibu agar tidak buru-buru panik," terangnya.

    Benjolan yang dialami ibu menyusui, kata dia, bersifat lokal, hanya muncul di salah satu bagian payudara. Di bagian lain tidak ditemukan benjolan. Misalnya, benjolan ditemukan di atas atau bawah payudara saja.

    Saat diraba, benjolan pada ibu menyusui biasanya terasa lunak. "Lain halnya dengan benjolan karena sel kanker. Jumlahnya lebih dari satu, lokasinya bisa di dua payudara atau di dekat ketiak. Payudara terasa nyeri karena benjolan tersebut," jelas konselor laktasi RS Mitra Keluarga Surabaya itu.

    Dia menambahkan, benjolan mungkin muncul karena tekanan ibu jari saat menyusui atau posisi bayi kurang tepat saat menyusu. Penyebab lainnya, ASI (air susu ibu) dalam saluran tersebut tidak segera dikeluarkan saat ada pembengkakan. "Pada kelenjar air susu, terdapat 15-20 saluran ASI. Bila ada ASI yang tak dikeluarkan, lama-kelamaan ia akan menggumpal dan menyumbat saluran ASI," lanjut Dila, sapaan akrab Fadillah.

    Dampaknya, produksi ASI berkurang. Bahkan, bila kondisi tersebut sudah parah, ASI tidak mau keluar sama sekali. Biasanya, ibu panik menghadapi hal tersebut. Sebab, sang buah hati pasti rewel karena sulit mengisap ASI sang ibu. "Dalam kondisi tersebut, ibu jangan langsung memberikan susu formula. Sebab, si bayi nanti malah tidak mau minum ASI lagi," terang Dila.

    Bila ASI tidak mau keluar, kata dia, ibu tidak perlu panik. Sebelum menyusui, kompres payudara dengan air hangat dan berikan pijatan di bagian yang menggumpal ke arah puting dengan tekanan lembut. Setelah itu, mulailah menyusui dengan tetap memberikan pijatan.

    Disarankan pula si ibu menyusukan semua ASI hingga payudara kosong. Saat menyusui, sebaiknya ibu tidak mengenakan bra. Biarkan payudara bebas dan tangan bayi bisa melekat ke payudara ibu.

    "Kondisi begitu tidak saja membuat proses menyusui berjalan lancar, juga meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Kondisi tersebut juga bisa menstimulasi otak sehingga produksi ASI bertambah banyak," tutur Dila. (ai/c8/soe)

    Jadi, ingat, jangan langsung panik saat menemukan benjolah ini. Kenali tanda-tandanya, dan teruskan saja menyusui buah hati. Bila setelah menyusui dengan teknik yang benar dan kompres tidak membuahkan hasil, jangan lupa periksa ke dokter ya.

    http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=showpage&kat=1&subkat=21
     
    Last edited by a moderator: Apr 13, 2014
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ilm Senpai Moderator

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    7,369
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,898 / -1
    :hi:
    Dear all,

    Thread ini telah di pindahkan dari Sub Forum KUYH (Library and Knowledge Center) ke Sub Forum Parenting and Pregnancy (Female Insight)
    Dengan post ini thread dibuka kembali

    Silahkan berdiskusi dengan tetap mengacu kepada rules Zona Female Insight

    Warm Regards,
    Moderator Zona Female Insight.
    :makasih-g:
     
  4. Offline

    erfi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +797 / -0
    hal itu biasanya dialami oleh ibu yg bekerja karena kegiatan menyusui berhenti saat bekerja :hmm:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.