1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Benarkah Taman Gantung Babylonia Pernah Ada?

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by smkosasih, Dec 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    Babylon, ibukota dari babylonia, imperium kuno Mesopotamia merupakan sebuah kota yang terletak di dekat sungai Euphrates yang sekarang dikenal sebagai Irak selatan.

    [​IMG]

    Berdasarkan sejarah, dinasti pertama dari Babylon didirikan oleh Hammurabi pada masa Neo-Babylonian setelah kehancuran imperium Assyrian. Babylon menjadi salah satu kota terpenting pada zaman Timur Tengah kuno ketika Hammurabi (1792-1750 BC) menjadikannya ibukota kerajaan Babylonia.

    Literature bangsa babylonia dibangun dengan sangat bagus dan rekaman cuneiform yang berhasil ditemukan menunjukkan agama, sejarah dan ilmu pengetahuan sangat berkembang.

    Obat-obatan, kimia, alchemy, botany, matematika dan astronomi juga dipraktekkan. Agama dan tulisan kuno yang berbentuk cuneiform ini berasal dari kebudayaan Sumer yang lebih tua. Mereka juga mengembangkan bentuk abstrak dari tulisan berdasarkan symbol cuneiform (berbentuk baji). Tulisan ini ditulis di tanah lempung yang basah dan dibakar dibawah terik matahari.

    Dongeng tentang penciptaan” bangsa babylonia ditulis dalam tujuh lembaran tanah liat dan ditampilkan serta dibacakan pada festival tahun baru di Babylon. Lembaran-lembaran ini mengisahkan tentang kesuksesan Tuhan Kota Babylon, Marduk dan bagaimana Marduk bisa menjadi tuhan tertinggi, raja semua tuhan yang ada di surga dan bumi.

    Bangsa Babylonia mempunyai system angka yang lebih maju dari yang kita miliki sekarang, dengan system posisi dengan dasarnya 60. Mereka juga membuat tabel untuk membantu dalam proses perhitungan. Mereka membagi hari sama seperti yang sekarang kita lakukan, 24 jam dengan 60 menit untuk setiap jam dan setiap menit 60 detik.

    Adat kebiasaan bangsa Babylonia ini ikut mempengaruhi bangsa Assyria dan turut memberikan kontribusi terhadap sejarah Timur Tengah dan Eropa Barat dikemudian hari.

    Babylonia mengalami kemerosotan dan jatuh kedalam anarki sekitar 1180 BC, tetapi kemudian tumbuh berkembang kembali sebagai Negara bagian dari imperium Assyria setelah abad ke 9 BC.

    Babylon akhirnya dihancurkan pada 689 BC oleh bangsa Assyria dibawah kepemimpinan SennaCherib, tetapi kembali dibangun lagi. Nabopolassar mendirikan apa yang sekarang dikenal sebagai Chaldean atau Imperium baru Babylonia pada 625 BC, dan akhirnya mencapai masa keemasannya dibawah pemerintahan anaknya Nebuchadnezzar (604-562 BC).

    Kejayaan serta kemegahan Babylon menjadi terkenal dan melegenda sejak naik tahtanya Nebuchadnezzar, yang dipercayai sebagai pendiri Taman Bergantung Babylonia.

    Disebutkan bahwa taman itu dibangun oleh Nebuchadnezzar untuk menghibur istrinya atau selirnya yang sangat gemar berada didaerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Semenjak itulah taman bergantung, satu dari tujuh keajaiban dunia diperkirakan ada.

    [​IMG]

    Dalam literature Babylonia, tidak ditemukan adanya rekaman sejarah tentang taman bergantung, dan laporan yang sangat deskriptif berasal dari ahli sejarah bangsa Yunani. Dalam lembaran tanah liat yang berasal dari periode Nebuchadnezzar, deskripsi tentang istananya, kota Babylon dan dindingnya ditemukan, tetapi tidak ada satupun referensi yang ditemukan tentang taman bergantung.

    Sebagian ahli sejarah percaya bahwa legenda taman bergantung hanyalah cerita campuran tentang taman dan pohon palm di Mesopotamia, istana Nebuchadnezzar, the tower of Babel, dan ziggurats yang diceritakan oleh tentara Alexander ketika mereka kembali ke kampung halamannya.

    [​IMG]
    Tower of Babel

    [​IMG]
    Ziggurats

    [​IMG]

    Pada abad ini, beberapa struktur yang diperkirakan adalah bagian dari taman bergantung ditemukan. Archeologists sedang mengumpulkan bukti untuk mencapai kesimpulan tentang lokasi taman, system irrigasinya, dan wujud aslinya.

    Sumber dari bangsa Yunani menyebutkan bahwa taman bergantung berbentuk quadrangular, setiap sisi panjangnya 4 plethora, terdiri dari arched vaults di pondasinya. Taman ini mempunyai tumbuhan yang ditanam diatas permukaan tanah, dan akar dari tanaman ini melekat di teras bagian atas, bukan didalam bumi. Seluruh massanya didukung oleh colom batuan. Air dipompa ke atas dan dibiarkan mengalir menuruni lereng, mengairi tumbuh-tumbuhan.

    Penggalian archeology terbaru berhasil menemukan pondasi dari istana Nebuchadnezzar. Penemuan lainnya yang mendukung adanya taman bergantung termasuk kolong bangunan dengan dinding yang tebal dan irrigasi yang dekat dengan istana selatan.

    Sekelompok archeologist melakukan survey di istana selatan dan merekonstruksi kolong bangunan sebagai taman bergantung. Ahli sejarah Yunani, Strabo, mengatakan bahwa taman bergantung terletak di sungai Euphrates.

    Yang lainnya berpendapat bahwa lokasinya sangat jauh dari sungai Euphrates berdasarkan penemuan dari kolong bangunan yang terletak beberapa ratus yard dari sungai.

    Tempat beradanya istana telah direkonstruksi dan diperkirakan taman bergantung terletak didaerah yang merentang dari sungai ke istana. Dinding yang massif, tebal 25 kaki baru-baru ini ditemukan di pinggir sungai, yang kemungkinan merupakan langkah untuk membentuk teras yang dideskripsikan dalam referensi yunani.

    Sampai saat ini, legenda Taman Bergantung masih belum bisa dipastikan kebenarannya dan masih belum bisa dikatakan juga itu hanya dongeng belaka. Archeologist masih sedang berusaha mencari bukti peninggalan zaman Nebuchadnezzar.

    [​IMG]

    Pada tahun 538 BC, pemimpin terakhir Babylonia menyerah kepada Cyrus Agung dari Persia. Dan ini adalah pertanda berakhirnya dinasti Chaldean dan Babylonia.

    Hammurabi

    Hammurabbi adalah raja Babylonia yang memerintah sejak 1792-1750 BCE. Permulaan lahirnya Babylonia dianggap dimulai sejak pemerintahan Hammurabi, walaupun sebenarnya dia adalah raja ke 6 dari dinastinya.

    Hammurabi dikenal dengan kitab undang-undangnya yang kemungkinan bukan hasil ciptaan dia, tetapi kelanjutan dari system resmi yang telah ada sebelumnya.

    Walaupun Hammurabi berhasil memenangkan banyak peperangan semasa periode akhir pemerintahannya, dia tetap bukan seorang state builder yang hebat. Dia tidak mendirikan fungsional birokrasi dan memilih untuk mengikuti pendekatan total dalam pemerintahannya.

    Hammurabi sangat aktif dalam membangun dan memperbaiki tempat ibadah, dinding kota dan gedung publik, membangun kanal untuk irigasi dan juga berperang. Hal utama yang menjadi perhatian Hammurabi semasa pemerintahannya adalah untuk menjamin penguasaan penuh bangsa Babylonia atas sungai Euphrates, sumber kehidupan negaranya.

    Selama 25 tahun pemerintahannya, bangsa Babylonia merupakan korban dari desakan dan gangguan dari kota dan Negara tetangganya. Saingan utamanya adalah Larsa, Mari, Ashur dan Eshnunna, Negara yang pada saat suatu saat nanti akan menjadi temannya.

    Mungkin Hammurrabi adalah penguasa yang paling terkenal di masa awal munculnya peradaban Mesopotamia, tetapi salah jika menganggap dia adalah yang paling berperan dan yang paling penting.

    Nebuchadnezzar

    Merupakan raja Babylonia yang memerintah sejak 605 BC – 561 BCE dan merupakan raja kedua dari Dynasti Chaldean. Nebuchadnezzar adalah salah satu dari raja terhebat yang pernah memerintah di Timur Tengah, tetapi di dunia barat hanya dikenal sebagai penakluk jerussalem dan memulangkan kembali raja Judah, Jehoiakim dan pengikutnya ke Babylonia.

    [​IMG]

    Keberhasilan utamanya adalah berhasil membangun kembali Babylonia setelah kehancurannya, membangun taman Bergantung (yang kemungkinan tidak pernah ada dan merupakan dongeng belaka), membangun kembali temple Marduk dan Ziggurat .

    Untuk mendukung pertahanan kota Babylon, Nebuchadnezzar juga berhasil membangun Dinding Median. Dinding ini dibuat untuk mencegah aksi penyerangan dari bangsa Medes di Utara, bangsa yang tumbuh menjadi sangat kuat semasa pemerintahannya.

    Ayahnya adalah Nabopolassar, yang merupakan pendiri dari dinasti Chaldean. Nebuchadnezzar mengklain bahwa dirinya adalah keturunan dari raja Akkadian, Naram-sin. Dia juga memploklamirkan bahwa ia telah dijamin kekuasaannya oleh Dewa Marduk.

    sumer:apakabardunia.com

    maaf kalu repost...
    :maaf:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ishel8 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    957
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +6,012 / -0
    ehm...hamurabi yang sering gw denger waktu smp... tentang hukum gitu...

    tapi nebu keknya baru denger...padahal dia lebih baik dari hamu..

    :niceinfo:
     
  4. Offline

    black_caterpilar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    536
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +66 / -0
    bukannya pernah masuk 7 keajaiban dunia bro...
    berarti ga mungkin fiktif dunk..
    orang yg ngakuin dunia...
    tapi ga tau dah...
     
  5. Offline

    Van Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 30, 2008
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +122 / -0
    Jd keingat ama hukum hammurabi pas di smu dulu.
    Kalo ga salah mata dibalas mata gitu hukumnya.:???:

    Btw,kalo taman bergantung Babylon masih blom jelas eksistensinya kok uda dimasukin ke dalam 7 keajaiban dunia ya.:???:
     
  6. Offline

    kucinglistrik Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,226
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,552 / -0
    wah klo ay mah percaya aja adanya taman gantung itu....
    kerna dari hasil2 penemuan yg masih ada sampe sekarang kek piramid, itu menunjukkan klo bangsa2 jaman dahulu iut punya kebudayaan yg sangat maju di banding sekarang.....


    [​IMG]
    trus poto ziggurat ini ^ poto beneran apa sotosop?
    klo beneran berarti ay semakin yakin klo hasil kebudayaan dulu yg taman gantung itu ada....
     
  7. Offline

    royal_h Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,669 / -0
    katanya udah nggak ada jejaknya y
    jadi sulit menentukan apa emang pernah ada ato gak pernah ada
    tapi dibayangin aja udah ajaib bgt, gimana kalo ada aslinya
    :yahoo:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    anzai_89 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +11 / -0
    Perasaan dulu pernah dikasih tau deh tentang babylonia..

    Pas ane belajar sejarah dulu di smp atau sma... hehehehe...

    Tapi ane gak tau itu beneran ada atau gak?? tapi kalo dah diajarin di pelajaran sejarah, kyknya ada deh...^^
     
  9. Offline

    daisuki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    846
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,152 / -0
    Gambar ilustrasi jaman dulunya banyak pohon dan keliatan subur, tapi menurut keterangan kan itu di daerah irak selatan. Bukannya irak selatan padang pasir gitu ya? :???:
     
  10. Offline

    aoki Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    692
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,468 / -0
    Hmmmm kaya nya gada jejak nya coz masih menggantung dech, cuma gak kasat mata ma kita kaya ada medan elektromagnet nya gitu dech....
    Jadi kaya film aja yaaak... :piss:
     
  11. Offline

    bulebulukan Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    388
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,983 / -0
    kalo Nebuchadnezzar ceritanya ada di Kitab Suci nya Nasrani bro <--- gak bermaksud apa2 lho... cuma info :haha:
     
  12. Offline

    kim_sora Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    jadi inget peljarang smu a few years ago,, hahaha XD
    keren bgt y,, orng" zaman dulu mikirnya lebih maju... terlepas dr beneran ato nga nya, buat gw c taman gantung Babylonia tetep mengaggumkan ^^
     
  13. Offline

    azurashine Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +83 / -0
    wah,gw bayangin kalo taman tu bener-bener ada malah bikin gw merinding :shock:

    tapi kok gw baru tau yak kalo ternyata taman tu penah jadi salah satu 7 keajaiban dunia, mungkin karena gw bener2 benci pelajaran IPS yg bikin gw ga bs mengingat n mudheng pelajaranya mpe sekarang :hihi: but :niceinfo:
     
  14. Offline

    a1d12s88 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    24,359
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +73,032 / -0
    jadi bingung dengan teknologi yang di buat untk membangun kayak gitu ...lha orang jaman sekarang gak tau bisa pa gak buat begituan
     
  15. Offline

    fallofthe3rdreich Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,976 / -0
    kalo ga salah ya,
    taman tergantung di babilonia termasuk 7 keajaiban "KUNO" dunia, termasuk diantaranya candi borobudur.
    kenapa disebut taman tergantung, soalnya terdapat taman diatas menara babel (yang pada saat itu dianggap menara tertinggi dan saking tingginya sampai puncaknya menyentuh awan). Sehingga terlihat kalo tamannya tergantung, soalnya bagian penyangganya (lantai teratas) tertutup awan...
    CMIIW
     
  16. Offline

    aqzu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +84 / -0
    gambar2nya keren2 y gan.. ga nyangka orang jaman dulu bisa sehebat itu..

    jaman sekarang mana ada yg berpikir kea gtu.. :hot:
     
  17. Offline

    ian_xander Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    622
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +380 / -0
    koq bisa disebut "taman gantung" sih?:???: kirain kaya' jembatan golden gate yang bner2 tergantung...:hahai:

    btw klo blum pasti ada koq pernah jadi salah 1 dari 7 keajaiban dunia ya?:???:
     
  18. Offline

    Animers Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    4,533
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,846 / -0
    kalau gw sih percaya aja, menurut pelajaran sejarah sih emang pernah dibuat, lagipula kan banyak penemuan2 bangunan jaman dulu yang bener2 bikin ilmuan kagum, kayak piramid
     
  19. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    mnurut gw tiap peradaban punya teknologi masing-masing... tapi gw bingung kok bisa teknologi dalam peradaban tersebut hilang yah :???:
    :belajar::belajar::belajar::belajar:
    gw butuh pencerahaaaan..... :angel3:
     
  20. Offline

    diti Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,069
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +62 / -0
    kalo saya percaya sama taman gantung ini.. cuman belum ditemukan hingga sekarang.. taman itu masih menggantung d suatu tempat d atas sana menunggu untuk d temukan...
     
  21. Offline

    junojuno Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    menurut gw bener bener aja sih.
    jaman dulu itu emang masih menyimpan sejuta misteri kook :hahai:

    tapi tega juga ya, bangunan keren kayak gini ampe dihancurin ama musuhnya. padahal kalo masih ada keren banget pastinya :panda:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.