1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other Bagaimana Mengubah Gagal Menjadi Sukses

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by mujito, Jul 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    mujito Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,874 / -0
    [​IMG]
    Kegagalan merupakan vonis yang seringkali dihubungkan dengan suatu tindakan yang tidak berhasil dan begitu diterapkan. Vonis ini membuat sekelompok orang dikatakan orang yang tidak mampu. Hal ini menurunkan semangat untuk menjadi orang yang sukses. Pada saat seseorang masih kecil, kegagalan tidak mempunyai makna, karena tidak mempunyai konsep “kegagalan”. Jika memiliki konsep kegagalan, maka tidak akan dapat berbicara, tidak akan dapat menulis dan tidak akan dapat berjalan. Karena untuk berbicara, menulis dan berjalan harus melalui kegagalan yang tak terhitung jumlahnya. Demikian juga dalam dunia bisnis, pendidikan, percintaan atau apapun perjuangan hidup lainnya juga dapat meniru kegagalan di masa kecil dan dapat belajar dari kegagalan tersebut.

    Contoh berbagai kegagalan yang merupakan awal sukses

    * Coca-Cola mengalami kegagalan pada tahun pertama penjualannya. Penjualan dilakukan dengan menempatkan Coca-Cola pada tempat minuman di Apotek dan menghabiskan dana 73,96 dolar untuk melakukan promosi lewat spanduk dan kupon iklan. Kegagalan tersebut membuat Coca-Cola membuat kesadaran adanya media lain, yaitu media massa yang mempunyai kekuatan lebih disbanding media lainnya saat itu dan mempromosikan Coca-Cola dengan suasana kegembiraan.
    * Matsushita memproduksi untuk pertama kali adalah adaptor steker. Adaptor ini sesungguhnya telah diusulkannya kepada majikannya terdahulu tetapi tidak memperoleh tanggapan. Untuk membuat produk ini, Matsushita bersama empat kawannya membutuhkan waktu empat bulan. Setelah produk ini jadi, ternyata tidak seorangpun mau membeli produk ini.
    * Pada tahun 1993, Compaq yang pada saat itu sebagai pemimpin pasar penjualan PC, melalukan pemotongan harga untuk menyaingi Dell. Hasilnya Dell Computer menderita kerugian 65 juta dolar pada enam bulan pertama, yang menyebabkan hampir bangkrut. Dell belajar dari kegagalan ini. Ia mencoba mencari cara lain untuk menjual komputer. Akhirnya Dell melakukan perubahan yang sangat mendasar dalam proses bisnisnya yang disebut rekayasa ulang. dalam bisnisnya dengan mengenalkan E-Commerce. Pada 1999, Dell dapat menjual 1,7 juta dolar per hari lewat situs E-Commercnya. Saham Dell naik 2000 persen dalam dua tahun. Dell mampu bersaing dengan perusahaan berkelas dunia seperti IBM, Compaq, HP, dan Bell-Nec. Bahkan pangsa pasar dan keuntungannya terus meningkat dan akhirnya menjadi penjual PC terbesar di dunia.

    Menyikapi kegagalan

    Anthony Robbins dalam bukunya Unlimited Power, menyatakan bahwa kebanyakan orang dalam kebudayaan kita diprogramkan untuk takut gagal. Padahal, kita semua pernah menginginkan sesuatu tetapi mendapatkan yang lain.

    Kita semua pernah gagal dalam tes, menderita dalam cinta yang membuat frustrasi yang tidak berhasil, menyususn rencana bisnis yang kemudian gagal. Kata hasil” itulah yang digunan orang sukses, mereka tidak melihat kegagalan. Mereka tidak percaya kepada kegagalan. Itu tidak masuk hitungan mereka. Sukses merupakan kebalikan dari gagal. Sukses sesungguhnya hanyalah status sosial atau hanyalah sebuah prestasi yang telah dicapai dari suatu tujuan atau sasaran

    Orang selalu sukses mendapatkan semacam hasil. Sukses-sukses super dari kebudayaan kita bukanlah orang yang tidak gagal, melainkan orang yang tahu bahwa mereka mencoba sesuatu dan tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka mendapatkan pengalaman belajar. Mereka gunakan apa yang telah mereka pelajari itu dan mencoba sesuatu yang lain saja. Mereka ambil tindakan-tindakan baru dan menghasilkan hasil-hasil baru. Abraham Lincoln paling tidak mengalami minimal 11 kegagalan besar sebelum menjadi Presiden. Asa Candler pembeli hak kemasan Coca-Cola pernah gagal memasarkan minuman pada pabrik soda pada 1899. Steve Jobs dengan tidak melisensikan sistem operasi Macintosh kepada pihak lain menjadi gagal menguasai sistem operasi dunia yang sekarang dipegang oleh Microsoft, bahkan Steve Jobs sendiri pernah didepak dari Apple. Akio Morita dari Sony juga pernah gagal karena tidak mau melisensikan video Betamax yang lebih baik dari VHS buatan Matshushita. Sekarng video yang ada adalah VHS, karena Matshushita mau melisensikan teknologinya kepada pihak lain. Warren Bennis dari Xerox pernah gagal karena memutuskan tidak menjual PC, padahal Xerox mempunyai teknologi lebih baik dibandingkan yang lainnya. Henry Ford gagal dalam memproduksi dan memasarkan kapal dan pesawat terbang dibandingkan dengan memproduksi dan memasarkan mobil. Soichiro Honda menyatakan bahwa yang diketahui orang lain tentang kesuksesannya itu hanya 1 % padahal kegagalannya 99% yang tidak diketahui orang.

    Salah satu aset yang bermanfaat hari ini dibandingkan hari kemarin adalah pengalaman. Orang yang takut gagal akan berperilaku untuk tidak berbuat sesuatu yang mungkin tidak efektif. Inilah yang menghalangi mereka dari mengambil tindakan yang sebetulnya bisa menjamin tercapainya keinginan mereka. Orang yang percaya pada kegagalan itu hampir dijamin biasa-biasa saja keberadaannya. Kegagalan adalah sesuatu yang pokoknya tidak dipersepsikan oleh orang-orang yang mencapai kebesaran. Mereka tidak terpuruk oleh kegagalan. Mereka tidak melekatkan emosi-emosi negatif kepada sesuatu yang tidak efektif. Maka sesungguhnya kegagalan itu tidak ada, tetapi yang ada adalah hasil yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan dan kesuksesan sejati adalah apabila kita dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan Tuhan

    Tidak akan pernah habis membahas mengenai pebisnis yang sukses dan gagal dalam kehidupan kita. Jujur saja bagaimana mau dibahas lagi. Sesungguhnya sukses atau gagal dalam pekerjaan kita terutama bisnis internet berada di tangan kita sendiri.

    Well, tidak ada salahnya membahas lagi dengan pandangan sendiri. Dari ratusan website maupun ribuan newsletter yang telah membahas kisah sukses dan gagal bisnis internet. Bagi yang belum pernah membaca atau sekadar membaca lagi agar menambah wawasan lebih luas lagi dari beragam orang.

    Sebenarnya sih kita sukses atau gagal berbisnis internet. Tidak ada yang tahu. Hanya pada diri kita sendiri yang menentukan sukses atau gagal. Seperti kita dihadapkan dua pilihan jalan bercabang, yang satu menuju sukses dan satu menuju gagal. Di depan jalan yang bercabang terdapat berbagai kejadian yang tidak bisa kita tebak.

    Ada perbedaan antara orang yang sukses dan gagal yang akan menentukan jalan hidup kita. Inilah perbedaannya dalam pandangan saya sendiri.

    Karakteristik Orang yang sukses

    1. berani keluar dari zona aman dan nyaman.
    2. berani mencoba meski gagal terus.
    3. berani menerima resiko meski kecil sekalipun.
    4. berani menghadapi tantangan dan rintangan walau sejengkal.
    5. Melangkah ke depan dengan mantap tanpa menoleh ke belakang.

    Rasanya menyenangkan jika menjadi orang yang sukses ketika kita selalu berusaha menggapai impian yang sebetulnya berada di depan mata kita sendiri. Sungguh menyenangkan.

    Karakteristik Orang yang gagal

    1. Tidak mau keluar dari zona aman dan nyaman serta ingin terus berada di zona tersebut.
    2. Tidak mau mencoba lagi ketika gagal untuk yang pertama kalinya dan menyerah begitu saja.
    3. Tidak mau mengambil resiko dan hanya memilih yang bebas dari resiko.
    4. Jarang atau tidak mau menerima tantangan di depan mata. Selalu menghindari.
    5. Banyak melihat ke belakang yang membuat langkah menjadi mundur.
    6. Menolak peluang besar yang mengandung resiko dan tantangan.

    Well, ini menyedihkan kalau melihat orang yang memilih gagal atau tidak mau melanjutkan harapan ketika gagal berusaha menggapainya. Lebih menyedihkan lagi tidak mau bangkit dari kegagalan dan tetap berada dalam jurang kegagalan.

    Fakta yang kita sering kita temui atau dengarkan bahwa orang yang sukses selalu bangkit dan terus mencoba hingga tujuan tercapai meski harus mengorbankan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

    Saya masih ingat perkataan Dylan Wilk bahwa orang yang sukses selalu banyak mencoba sesuatu hingga berhasil, orang yang gagal tidak berani mencoba lagi. Kata-kata filosofi ini memiliki makna berarti bagi saya untuk terus mencoba meski gagal lagi. Tidak hanya mengalami kegagalan, tetapi apa yang didapat dari kegagalan adalah PENGALAMAN yang berharga untuk masa depan. Sebab pengalaman adalah guru kita yang lebih bijak dibanding orang lain. Jadi, untuk mengatasi kegagalan tentunya menggunakan guru pengalaman ketika mencoba atau berusaha sesuatu.

    Lihat saja, saya tersentuh dengan Leanna Archer, kisah gadis belia yang sukses memasarkan produk perawatan rambut yang awalnya mencoba memanfaatkan peluang memasarkan produk tersebut hingga sukses. Meski usia terbilang masih belia dan sudah mampu mengelola perusahaan dan kini menjadi CEO Leanna Inc.

    Anda tidak ingin ketinggalan begitu saja dan tetap menjadi orang yang gagal? Untuk mengawali kesuksesan dalam berbisnis internet tentunya dibutuhkan persiapan awal matang dan berbekal keyakinan yang kuat. Tidak ada alasan sukses tanpa persiapan atau keyakinan sama sekali.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    reazon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,564
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,014 / -0
    tentu saja gw ingin sukses.....
    tapi dalam pencapaina suatu kesuksesan memerlukan kesabaran yg tinggi,,
    gw kan berusaha....:onfire:
     
  4. Offline

    rungga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    997
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,858 / -0
    intinya usaha yg ga pnh kenal nyerah dan berdoa tuh intinya smuanya. hohohooo sotoy bgt aye
     
  5. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +56,975 / -0
    yg penting itu tekat dan kemauan untuk maju :rokok:
     
  6. Offline

    bo_chama Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    837
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    KEEP SPIRIT N KEEP TRYING!!!
    nais inpoh kk
     
  7. Offline

    passat Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +226 / -0
    dua ungkapan yang saling bentrok........

    kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.... >> tidak selalu orang gagal terus menerus, coba perbaiki cara pencapaiannya agar sukses
    kesuksesan adalah kegagalan yang tertunda.... >> tidak selalu orang sukses terus menerus, maka selagi sukses jangan pernah sombong, persiapkan diri suatu saat pasti kegagalan akan datang

    hidup harus selalu balance :top:
     
  8. Offline

    thefallen Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    bagaimana dengan teori persentase resiko???
     
  9. Offline

    lightme Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    1,090
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,754 / -0
    setuju kk... :top:
    hidup itu naik turun, tidak selamanya kita di bawah, tidak selamanya pula kita di atas...
     
  10. Offline

    oranggila Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +464 / -0
    USAHA DAN SABAR AJA UDAH GAMPANGKAN.... :hehe:
     
  11. Offline

    tamaguci Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +80 / -0
    experience is the best teacher
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.