1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

People Antonio Gaudi, Maestro Art Nouveau Spanyol

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by jakefirst89, Oct 17, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    jakefirst89 Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    Cuma mau share aja bro tentang Antonio Gaudi
    Antonio Gaudi adalah arsitek yang merancang salah satu landmark kota Barcelona yang terkenal banget, Sagrada Familia

    [​IMG]


    nah ini profil Antonio Gaudi, tokoh art nouveau Spanyol

    Antonio Gaudi Cornet lahir pada tanggal 25 Juni 1852, di Reus, Catalonia. Gaudi dilahirkan dalam keluarga sederhana. Ayahnya adalah seorang pandai besi, seperti sebagian besar nenek moyang mereka.

    Ia adalah anak bungsu dari 5 bersaudara. Ketika kecil, Gaudi jarang bermain dengan teman-teman sebaya akibat kakinya yang lemah akibat rematik. Ia lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Karenanya waktu senggangnya lebih banyak digunakan utnuk mengamati lingkungan alam sekitar.

    Gaudi bersekolah di Reus. Sejak sekolah menengah, ia gemar menggambar dan bakat arsitektur terlihat dalam dirinya. Pada tahun 1869 ia kuliah di Escola Tecnica Superior d’Arquitectura di Barcelona. Ia memperoleh gelar kesarjanaannya delapan tahun kemudian. Masa studinya diselingi dengan kerja praktek.

    Setelah lulus di tahun 1878, ia bertemu dengan Eusebi Guell, salah satu orang berpengaruh di Barcelona, di sebuah pameran di Paris. Eusebi Guell tertarik dengan gaya Gaudi yang orisinil. Sejak itu mereka menjadi akrab. Eusebi Guell menjadi klien utama, patron, juga sahabat dekat Gaudi.

    Gaudi adalah seorang katolik yang taat. Di tahun-tahun kemudian, dia menolak mengerjakan proyek sekular dan mencurahkan hidupnya untuk Gereja La Sagrada Familia. Ketika ia mulai mendesain gereja ini, keluarga dekat dan teman-temannya mulai meninggal satu per satu. Pekerjaannya mulai melambat dan tingkah lakunya berubah. Di tahun 1914 Barcelona mengalami masa-masa ekonomi yang sulit. Konstruksi Gereja La Sagrada Familia dan La Colonia Guell terhenti.

    Mungkin karena rentetan peristiwa menyedihkan itu, Gaudi berubah. Dia menjadi tertutup dan menolak diwawancara ataupun difoto oleh wartawan. Ia lebih cenderung berkonsentrasi pada karya masterpiecenya, La Sagrada Familia.

    Pada tanggal 7 Juni 1926, Gaudi ditabrak trem. Karena pakaiannya yang compang-camping dan dompetnya yang kosong, banyak pengemudi taxi yang menolak mengantarnya ke rumah sakit karena takut tidak dibayar. Dalam keadaan terdesak, ia dibawa ke rumah sakit orang kurang mampu. Tidak ada yang mengenali Gaudi sampai teman-temannya menemukan dia keesokan harinya. Ketika mereka mencoba untuk memindahkannya ke rumah sakit yang lebih baik, Gaudi menolak dan berkata “ Disinilah tempat saya, di antara yang miskin”. Dia meninggal 3 hari kemudian (10 Juni 1926). Seluruh Barcelona berduka atas kematiannya. Dia dikubur di La Sagrada Familia.



    Karya2 Antonio Gaudi berada di sekitar Barcelona semua. Ada lima karyanya yang fenomenal dan sampe sekarang masih menjadi daya tarik wisatawan kalo dateng ke Barcelona


    1. Casa Mila
    Dibangun tahun: 1906-1910

    Lokasi: Paseo de Gracea

    Fungsi: apartemen

    Bangunan ini merupakan bangunan sekular terakhir Gaudi sebelum akhirnya ia mendedikasikan seluruh waktunya untuk gereja La Sagrada Familia. Casa Mila merupakan apartemen berjumlah lima lantai beserta atapnya.

    Casa Mila terkenal akan fasadenya yang bergelombang. Dimana proses pembuatannya menjadi sebuah ritual, dimana batu-batu yang digunakan dipotong satu per satu, lalu dibentuk sesuai gambar rencana.

    Selain fasadenya, karyanya ini mencuat karena bentuk atapnya. Atapnya penuh dengan bentuk cerobong asap yang berbentuk aneh. Di kemudian hari, atap ini menjadi semacam galeri bagi karya Gaudi.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]


    2. Casa Batlo
    Dibangun tahun: 1904-1906

    Lokasi: Passeig de Gracia, Barcelona

    Fungsi: rumah dan flat sewa

    Pada awalnya, Josep Batllo, pemilik bangunan ini berencana untuk merubuhkan bangunan ini. Namun ia akhirnya memutuskan untuk merombaknya menjadi rumah untuk keluarganya di lantai pertama, dan lantai lainnya disewakan.

    Perombakan mencakup interior, eksterior, serta atap. Untuk interior, Gaudi memperluas bagian patio dan mendekorasinya dengan protongan keramik berwarna gradasi biru, serta mendesain ulang denah.

    Untuk fasade, Gaudi mendesain jendela-jendela berbentuk asimetris, serta mengubah bentuk balkonnya, serta railing dan kolom-kolomnya menjadi bentuk seperti tulang. Fasade ini menciptakan nama panggilan untuk bangunan ini seperti “la casa dels badalls” (house of yawns) ataupun “la casa dels ossos” (house of bones).

    Pada bagian atap, Gaudi menempatkan 2 elemen yang memecahkan kesimetrisan tampak, yaitu sebuah teras dan menara. Kemudian dilapis dengan potongan kaca-kaca.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]


    3. Colonia Guell

    Sebenarnya, Colonia Guell merupakan salah satu desain gereja yang tidak sempat di selesaikan oleh Antonio Gaudi. terletak di daerah sub urban Santa Coloma de Cervello di daerah Barcelona. Walaupun tidak sempat di selesaikan, namun sebagian besar telah selesai walau belum sempurna. Pada tahun 2000, sejumlah arsitek lokal mencoba menyelesaikan rancangan tersebut

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    4. Parc Guell
    Dibangun tahun: 1900-1914

    Lokasi: Muntanya Pelada (Bald Mountain)

    Fungsi: taman umum

    Guell awalnya berencana untuk menciptakan sebuah “garden city”. Kemudian ternyata peraturan daerah menyatakan hanya 1/6 bagian dari tanah tersebut yang bisa digunakan untuk dibangun bangunan. Karenanya, hanya ada 3 rumah di sana, yaitu 2 rumah miliki keluarga Guell, dan yang terakhir milik Gaudi, yang sekarang dijadikan museum.

    Parc Guell terletak di Bald Mountain. Namanya cocok dengan keadaannya, karena di sana sangat minim vegetasi. Yang ada hanya rerumputan, semak-semak dan beberapa pohon. Gaudi menginginkan agar taman ini menyatu dengan alam. Karenanya ia menanam tanaman lokal mediterania yang kuat, namun hanya membutuhkan sedikit air dan perawatan.

    Selain itu, dari topografi tapak, Gaudi mempelajari bahwa banyak rencana awal yang dapat merusak keindahan lahan. Karenanya ia mendesain viaduk yang mempertahankan bentuk natural alam gunung ini. Jalan menuju ke taman ini terdiri dari 6% jalan kendaraan, dan 12% pedestrian.

    Desain taman ni didominasi oleh “trencadis” yaitu tipe mosaik dari pecahan keramik. Taman ini juga memiliki 7 gerbang. Gerbang utamanya berada di Carrer d’Olot. Paviliun yang ada di taman ini berbentuk telur dan tidak memiliki garis lurus maupun sudut. Bahan utama yang digunakan adalah batu bata.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    5. Sagrada Familia
    Dibangun tahun: 1883 -

    Lokasi:

    Fungsi: gereja

    Saat ini, gereja La Sagrada Familia menjadi simbol kota Barcelona. Gereja ini dibangun sejak tahun 1883 secara bertahap karena kemunduran ekonomi kota Barcelona. Secara umum, dasar gereja ini adalah gaya neo-gothic.

    Perancang pertamanya adalah vilar De Pilar di tahun 1882. Akibat pergolakan politik, tahun 1883, ia digantikan oleh Gaudi, sehingga rencana asli Del Pilar yang sangat konvensional dan neo-gothic berangsur-angsur berubah manjadi bentuk yang luar biasa.

    Gaudi merencanakan La Sagrada Familia dengan 12 menara lancip (pinaches), yang dirangkai menjadi 4 bagian, merupakan simbol murid-murid Yesus. Ornamen-ornamen di gereja ini memperingati kehidupan Yesus, mulai dari dilahirkan, disalibkan, dan kemudian bangkit kembali.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    sumber:
    www.greatbuildings.com
    www.wikipedia.org
    www.margarita-architecture.blogspot.com


    fiuh akhirnya beres juga ni thread....

    semoga aja g repost
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Redd87 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 28, 2008
    Messages:
    2,429
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,923 / -0
    :niceinfo: bro.. samar2 sih gw pernah denger namanya tapi baru sekarang gw bisa liat hasil karya dia.. btw pic ke satu itu bikinnya berapa lama ??
     
  4. Offline

    jakefirst89 Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    pic pertama bahkan belum bener2 beres ampe sekarang bro..
    sekarang lagi di lanjutin ama pemkot Barcelona..
    moga2 aja cepet kelar
     
  5. Offline

    Tidusx Beginner Members

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +833 / -0
    jadi inget pernh presentasiin casa batlo buat uts....:swt:
    niatnya sih bikin maket juga....tapi ga jadi karena susahnya minta ampun....:sedih:
    mastah gaudi....:sembah:
    bagian dalemnya dahsat bgt y...kaya bagian dalam tubuh binatang idup....wajar ni yg punya rela bayar pajak lebih tiap tahun tuk bangunan ini...soalnya bagian depan bangunan ngambil tanah pemerintah....:haha:
     
  6. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    pictnya ga muncul tuh...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.