1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Agar belajar jadi lebih efektif!

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by yahyaman, Jul 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    yahyaman Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +93 / -0
    Ane mau sharing nih gan, diambil dari blog ane dengan beberapa penyesuaian. semoga bermanfaat buat yang masih sekolah ataupun sudah tidak sekolah (formal)..:piss:

    Belajar buat kita sebagai pelajar merupakan sebuah kewajiban. Kita disebut sebagai pelajar pun karena
    kita melakukan aktivitas belajar di sekolah. Apalagi buat kelas 3 SMA atau SMP yang akan menghadapi ujian nasional nantinya. Mungkin dulu jauh sebelum sekarang, kita masih sering ‘main-main’ untuk belajar. Dulunya belajar buat ulangan kebanyakan pas H-1, bisa diartikan H-sehari atau pun H-sejam, hehe.

    Banyak di antara para pelajar yang merasa masih sangat kurang belajarnya, padahal udah ikut bimbel, privat, dll. Mungkin sudah sekian tumpuk buku soal dikerjakan atau berpuluh-puluh kali mendengar pembahasan soal dari teman/guru bimbel, tapi kalau menemukan soal baru yang belum pernah kita lihat, kita sering menemukan kesulitan untuk menjawabnya. Sebenarnya apa yang salah sih?

    Entah kitanya yang geblek atau emang soalnya yang susah banget ya. Atau mungkin kita sebenernya udah dihipnotis Romy Rafael supaya gak bisa ngerjain soal apa pun..hehe, gak mungkin banget ye. Perasaan masih kurang cukup belajar itu sebenarnya bisa jadi cuma sugesti aja, perasaan ketakutan yang berlebihan akan susahnya tes nanti, padahal kita udah overload belajarnya. Nah untuk itu ane bermaksud untuk sedikit berbagi/sharing bagaimana sih cara belajar yang lebih efektif supaya bisa lebih memanfaatkan waktu belajar yang tinggal sedikit ini.

    Persiapan Belajar

    Suatu kegiatan pasti butuh persiapan. Mau berangkat sekolah pasti ada persiapan, mau hang out bareng temen pun butuh persiapan kan, minimal ada duit. Pun begitu dengan belajar, persiapan harus dilakukan supaya bisa efektif belajarnya. Ada dua jenis persiapan, yaitu teknis dan nonteknis. Ane hanya bahas yang nonteknisnya aja, jangan protes ya..

    1. Tujuan -> AMBAK alias BASAHIN


    Kita harus pikirkan dan pahami dengan benar tujuan kita belajar. Tujuan belajar sangat penting untuk otak kita menyerap informasi. Kalau tujuannya gak penting, pasti otak kita akan ‘membuang’ informasi tersebut, akhirnya jadi lupa deh. Dalam buku yang ane baca, munculkan pertanyaan: Apa Manfaat ini BAgiKu? (ambak), yang kalau versi ane jadinya: Buat Apa Sih guA Harus belajar INi? Agak maksa ye, hehe. Dalam sebuah penelitian yang insya Allah emang bener, saat tidur otak akan memilah-milah informasi/ingatan, mana yang worth atau penting untuk diingat dan mana yang gak penting, yang akhirnya ‘dibuang’ alias dilupakan. Jadi, kita harus mempunyai alasan atau manfaat yang sangat kuat untuk belajar. Misal, gw belajar ini supaya bisa lulus SIMAK! Atau: dengan belajar ini gw bisa ngalahin si dia!

    Terserah kita mau apa alasannya, yang penting itu harus bisa membangkitkan motivasi belajar kita dan memberikan ‘tanda’ penting untuk informasi yang akan diserap, supaya bisa diingat dengan baik oleh otak kita.

    2. Siapkan otak Anda!


    Setelah kita menemukan arti/manfaat/alasan belajar di atas, berikutnya yang perlu disiapkan tentu saja organ terpenting dalam proses belajar, yaitu otak. Bagusnya, kita tidak boleh langsung belajar begitu aja. Tiba-tiba abis pulang jalan-jalan langsung belajar mat ipa misalnya, ngeliat nomor soalnya aja mungkin udah enek kali ya. Mobil aja kalau mau dipake bagusnya dipanasin dulu kan, alias disiapkan dulu.

    Persiapan otak diperlukan supaya siap untuk digunakan menyerap informasi, seperti halnya mobil diapanaskan agar siap pakai. Dalam hal ini ada sedikitnya dua hal yang bisa dilakukan, yaitu: Visualisasi dan Relaksasi.

    Visualisasi bertujuan untuk menyeimbangkan keaktifan otak kiri dan kanan karena kebanyakan dari kita, dalam keadaan normal, otak kirinya lebih aktif dari yang kanan. Cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah teknik melting snowman. Langkah2nya kira-kira gini:

    * Pejamkan mata

    * Tarik napas dalam2 dan hembuskan, sebanyak 3x

    * Bayangkan dengan sangat jelas sebuah snowman, lengkap dengan syalnya

    * Hitung mundur dari 30, lalu sambil menghitung bayangkan snowman tadi mencair dari atas kepalanya terus sampai snowmannya mencair semuanya. Usahakan saat hitungan habis, snowmannya juga pas udah mencair semua.

    * Tarik napas dalam2 dan hembuskan, sebanyak 3x

    * Buka mata


    Masih ada beberapa cara lain, tetapi yang cukup mudah en bagus hasilnya sih menurut ane yang ini.

    3. AYE (Activate Your Emotion)


    Coba deh duduk di kursi atau sofa, terus bayangkan berbagai persoalan yang sedang menimpa. Terus langsung bayangkan kalau kita lagi bermain tinju atau bola yang pertandingannya itu seru banget, biasanya sih kita langsung ngerasa pengen bergerak, memperagakan bayangan kita. Hm, mungkin kurang dapat dimengerti ya contoh di atas, hhe. Intinya, apa yang sedang kita rasakan itu akan mempengaruhi perbuatan atau keinginan kita. Gampangnya gini,

    Emotion <-> Motion

    Sebelum belajar, coba bayangkan saat kita berada dalam masa2 kejayaan kita. Misal pernah dapet nilai 10, menang lomba, atau bayangkan kita udah keterima di ptn, dll. Yang penting itu harus bisa membangkitkan emosi positif kita.


    Langkah2 di atas ane rangkum dari sebuah buku berjudul Be An Absolute Genius, mungkin udah pernah ada yang baca? Mantap dah isi bukunya.. oya, ada lanjutannya lho, kalau banyak yang minat nanti ane tambahin part 2 nya.
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    andrypsp Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,519 / -0
    Besok Praktekin Ahh, Semoga Bisa Belajar Lbh Serius, 9 Bln Lagi UN......
    :onfire::onfire::onfire:
     
  4. Offline

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,241
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,346 / -0
    wah cocok buat yang males2
     
  5. Offline

    eka23 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +1,628 / -0
    baru sadar saya ternyata selama ini nilai saya jelek karena saya ga punya tujuan....pantesan nilai waktu smp lebih bagus...
     
  6. Offline

    arcanine Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,998 / -0
    Tujuan (Niat) --> Persiapan (Planning) --> Action with brigh emotion
    :top: :top:
     
  7. Offline

    payied Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,130 / -0
    siiip dah infonya :top:
    belajar memang kebutuhan kita, bukan lagi menjadi kewajiban kita.
    maksudnya apa ya???
    ya kira2 gitu lah.
     
  8. Offline

    laluabdrahman Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    1,488
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,653 / -0
    tidak cocok buat semua orang... setiap orang punya "bawaan"..
     
  9. Offline

    payied Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,130 / -0
    betul kata bang lalu, semua orang punya tabiat masing masing yang membuat nyaman.
    mungkin diatas pengalaman dari TS.
     
  10. Offline

    dittovalen Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +994 / -0
    Ane banget :suram: Tapi sekarang udah mulai enggak lagi mikir kayak gitu, nginget katanya cari sekolah sekarang makin susah kalo gak keinget NEM yang tinggi :suram:

    Kalau saya lebih ke meditasi/mediasi :suram: resiko terbesar = kerasukan

    Yang ke 3 :suram: No comment, memang anak-anak sekarang kan inginnya enak, kalau disuruh seperti yang dijabarkan di no 3 :suram: kayaknya enggak bakal ada 50% yang mau ngelakuin :suram:

    Swt ngerasain anak2 jaman sekarang :swt:
     
  11. Offline

    indriyati Beginner Members

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    316
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +343 / -0
    bener banget tuh tujuan bisa membuat kita termotivasi dan jadi lebih semangat buat belajar...

    biasanya tuh yang paling males adalah memulai belajarnya itu sendiri...niat belajar emang udah ada, tapi biasanya mulainya itu yang susah. untuk bisa memulainya itu kalo gw sih biasanya bilang "ah, ntar 5 menit aja belajarnya". setelah 5 menit biasanya gw malah lanjut sendiri belajarnya...
     
  12. Offline

    hamztaro Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +7 / -0
    bagaimana kalo mood kadang berubah ?kadang tujuan itu ada -> langsung di expresikan -> ada hasil . .
    Mood turun -> hasil dari expresi macet ditengah jalan -> mental down:mental:

    tujuan awal yg saya buat kadang hilang,kadang muncul kembali.

    mohon pencerahan :maaf:

    menunggu part 2:lalala:
     
  13. Offline

    bayoo Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    boleh nih dicoba dulu bang bro....
     
  14. Offline

    taengz09 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 24, 2011
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah boleh jg dicoba..mumpung lagi musim UAN..hahahha
     
  15. Offline

    xyzcjdw Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Mantap, Gan nise share..
     
  16. Offline

    orochi0000 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    May 6, 2011
    Messages:
    43,728
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,008 / -1
    jadi inget pesan tum desem waringin tetapkan tujuan menjadi no1 beri alasan yg kuat kenapa harus dilakukan, contoh alasan jika tidak dilakukan susah cari pacar hehehehehe, jadi pengen balik lagi ke masa sekolah, masa untuk bermimpi.
     
  17. Offline

    Madhan016 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +469 / -0
    setuju sama agan ini....
    sebenarnya bisa kecuali ada niat dari pelakunya
     
  18. Offline

    prampam Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 22, 2011
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    top dah tipsny.ane coba ah
     
  19. Offline

    avianto6300 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -0
    nomor satu itu penting lho... meningkatkan motivasi belajar.....
     
  20. Offline

    ryuzakix7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +577 / -0
    :niceinfo: klu ane biasanya smbil dengerin musik
    :listen: biar lbih tenang,mungkin metode tiap org berbeda2.
     
  21. Offline

    aling_cool Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 22, 2011
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +237 / -0
    kalo gw sih supaya bisa fokus (kalo b elajar matematika aja sih,.......), harus dengerin music..........
    dan harus keras-keras musiknya..........
    supaya otak dipacu buat bisa ngingat hitungan ( misalnya perkalian)/ perhitungan dengan sangat cepat........:elegan:
     
    • Thanks Thanks x 5
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.