1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fauna 9 Jenis Monyet Dunia Lama yang Unik, Yuk Tengok!

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by daeanca, Oct 23, 2016.

  1. Offline

    daeanca Beginner Members

    Joined:
    Apr 14, 2009
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +39 / -0
    Monyet adalah anggota primata selain lemur, tarsius dan kera. Berbeda dengan kera, biasanya monyet berukuran lebih kecil namun memiliki ekor yang panjang.

    Terdapat 264 jenis-jenis monyet yang hidup di berbagai negara di dunia. Ratusan jenis monyet itu dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu monyet dunia lama dan monyet dunia baru.
    Namun kesempatan kali ini kita hanya akan membahas 15 jenis monyet dunia lama.

    **Monyet Dunia Lama:**
    ----------------------

    Monyet dunia lama memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan monyet dunia baru. Puluhan ribu tahun yang lalu mereka berasal dari daerah Afrika sama seperti [kera][1], berbeda dengan monyet dunia baru yang berasal dari Amerika Selatan.

    **Berikut contohnya:**

    1. Blue Monkey

    [​IMG]

    Walaupun bernama monyet biru, namun warna bulu mereka tidak benar-benar biru. Warna bulu mereka didominasi warna abu-abu.
    Blue monkey hidup di hutan cemara dan hutan bambu. Mereka biasa tinggal di kanopi hutan dan sangat jarang turun ke tanah.
    Makanan favorit mereka adalah buah ara, ranting, daun dan bunga.

    2. Wolf's Mona Monkey

    [​IMG]

    Monyet ini mirip dengan superhero fiksi dari marvel yaitu wolferine. Wolf’s mona monkey memilik rambut runcing di sekitar telinga, dengan warna bulu dominan biru dan kuning.
    Mona dewasa mampu tumbuh hingga 50 cm, dengan berat mencapai 6 kg. Mereka termasuk hewan arboreal yang menghabiskan seluruh hidupnya diatas pohon.
    Lincah dan cepat saat melompat dari pohon ke pohon lain adalah kelebihan dari wolf’s mona monkey. Mereka makan kecambah, daun, serangga dan buah-buahan.
    Tiap kelompok mona, mendiamin wilayah seluas 50 hektare. “Sneezing” adalah bentuk peringatan kepada sesame anggota kelompok yang menandakan ada bahaya yang akan datang.

    3. Celebes Crested Macaque

    [​IMG]

    Monyet ini berasal dari daerah Sulawesi, seperti namanya. Penduduk sekitar menyebut mereka yaki atau wolai.
    Primata ini memiliki penampilan seperti kera karena memiliki ekor yang hampir tidak kelihatan dengan ukuran hanya 2 cm.
    Mereka dapat hidup hingga 20 tahun di alam liar. Saat dewasa ukuran tubuh mereka mencapai 44 cm, membuat mereka termasuk salah satu spesies macaque terkecil.

    4. Japanese Macaque

    [​IMG]

    Monyet asli Jepang ini adalah perenang handal, mereka dapat berenang setengah kilometer tanpa henti. Monyet yang dikenal sebagai snow monkey ini kuat menahan dingin sampai suhu -4 derajat celcius.
    Meski kuat terhadap suhu dingin, snow monkey sangat suka berendam di kolam air panas alami yang biasanya terdapat di gunung-gunung
    Japanese Macaque memakan apa saja, mulai dari serangga, buah, akar pohon, kentang, telur burung, ikan bahkan tanah. Sebelum makan, mereka mencuci dahulu makanannya, hal ini sangat unik karena hanya monyet jenis ini yang melakukan hal tersebut.
    Monyet Jepang ini dianggap sebagai hama dan menyebabkan kerugian pada industri agrikultur hingga $15,4 juta. Untuk menanggulangi hal tersebut, sekitar 10.000 ekor Japanese macaque dibunuh tiap tahunnya.

    5. Guinea Baboon

    [​IMG]

    Setiap kelompok dari Guinea baboon memiliki anggota hingga 200 ekor. Dengan pasukan sebanyak itu mereka mampu menghadapi predator alami mereka seperti singa dan hyena.
    Guinea baboon termasuk omnivore sehingga mereka tetap mampu hidup dengan baik di daerah yang sedikit sumber dayanya.
    Monyet ini termasuk dalam jenis monyet terbesar. Saat dewasa berat mereka bisa mencapai 26 kg. Harapan hidup mereka juga panjang, mencapai 45 tahun.

    6. Mandrill

    [​IMG]

    Mungkin kamu pernah mengira mandrill sebagai baboon. Mereka memang mirip tetapi merupakan jenis yang berbeda.
    Dinobatkan sebagai jenis monyet paling besar di dunia. Berat pejantan saat dewasa mampu mencapai 34 kg.
    Selain ukurannya yang besar, mereka juga hidup berkelompok dalam jumlah besar. Bahkan ada yang mencapai 1300 ekor dalam satu kelompoknya.
    Hubungan antar anggota kelompok sangat erat. Mereka banya menghabiskan waktu bersama untuk bermain, mengobrol, hingga saling merawat. Karena kuatnya persahabatan mereka, jarang sekali ada konflik antar anggota.
    Nafsu makan mandrill sangat besar, mereka makan apapun yang bisa ditemukan disekitar tempat tinggalnya. Pernah ditemukan sekelompok mandrill yang berburu kijang kecil untuk dimakan.

    7. Javan Lutung

    [​IMG]

    Merupakan hewan endemic Indonesia. Monyet yang disebut juga lutung budeng ini memiliki ukuran tubuh sekitar 55 cm dan panjang ekornya mencapai 80cm. Berat tubuh mereka saat dewasa mencapai 6 kg.
    Habitatnya di Jawa Timur, Pulau Sempu, Nusa Barung, Bali dan Lombok. Mereka hidup di hutan rawa, hutan meranggas, hutan dataran tinggi maupun rendah dan hutan bakau. Namun akibat deforestasi hutan populasi javan lutung berkurang.
    Pemerintah berusaha mencegah lutung punah dengan menjadikan habitat mereka sebagai cagar alam, seperti di Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Dieng dan Meru Betiri.

    8. Proboscis Monkey

    [​IMG]

    Kamu pasti tahu proboscis monkey kan?
    Kalau masih asing dengan namanya, bagaimana kalau kita ubah pertanyaannya.
    Apakah kamu tahu monyet bekantan?
    Ya, kamu pasti tahu. Apalagi salah satu theme park di Jakarta menggunakannya sebagai ikon dan mascot.
    Ciri khas bekantan tentu hidung panjangnya. Ukuran hidungnya bisa mencapai 18 cm. Semakin panjang hidung pejantan, maka semakin mudah mereka menarik si betina untuk menjadi pasangannya. Hidungnya yang besar menyebabkan suara mereka lebih keras, bila dibandingkan monyet lainnya.
    Bekantan termasuk monyet yang ahli dalam berenang. Mereka biasanya berenang untuk menyeberang antar pulau.
    Monyet yang suka memakan tunas bakau ini hidup di hutan-hutan Pulau Kalimantan. Mereka hidup berkelompok. Uniknya mereka bisa berpindah-pindah kelompok sesuka hati. Sangat berbeda dengan jenis monyet lain yang setia pada satu kelompok.

    9. Langur Chato

    [​IMG]

    Hewan ini sangat menggemaskan bukan?
    Sayangnya langur chato memiliki status terancam punah, meski tidak diketahui secara pasti jumlah populasinya. Perusakan hutan alami mereka adalah penyebab utama menurunnya jumlah monyet ini.
    Termasuk hewan yang sangat penyendiri, sehinggaa jarang sekali dilihat oleh manusia. Mereka tinggal di beberapa pegunungan yang tingginya di atas 13.ooo kaki di Asia.

    sumber:

    http://disekitaryuzarsif.com/jenis-jenis-kera/
    http://disekitaryuzarsif.com/jenis-jenis-monyet/
     
  2. Offline

    gagahsinaga Members

    Joined:
    Apr 7, 2013
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +4 / -0
    yang terakhir lucu banget
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. jenis kera

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.