1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

6 Tip Tidur Berkualitas

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by raza_anguy, Mar 23, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    raza_anguy Silent Reader Members

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    TERIMALAH kenyataan bahwa kita hidup dalam dunia serba cepat; pekerjaan padat dengan deadline ketat, konsumsi makanan cepat saji, dan sebagainya. Sampai akhirnya juga jam tidur yang supersingkat.

    National Sleep Foundation (NSF) menemukan fakta bahwa 74 persen orang dewasa Amerika hanya tidur beberapa malam dalam sepekan, 39 persen di antaranya tidur kurang dari 7 jam tiap malam, dan lebih dari 37 persen mengantuk sepanjang hari hingga akhirnya mengganggu aktivitas seharian.

    Berikanlah jawaban benar atau salah untuk beberapa pertanyaan berikut:
    1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.
    2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan.
    3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang.
    4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam.
    5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur.

    Jika Anda menjawab "benar" pada dua atau lebih pertanyaan-pertanyaan tersebut, berarti Anda harus melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan diri secara optimal. Kenyataannya, kurang tidur berefek buruk pada ketajaman daya ingat, proses belajar, dan logika berpikir sehingga berpotensi menurunkan kualitas siswa di sekolah ataupun pekerja di kantornya. Dari segi kesehatan, tubuh dalam jangka panjang bisa mengalami gangguan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kegemukan, depresi, penyakit jantung, dan banyak lagi.

    Para ahli menyarankan, tidurlah 7-9 jam untuk setiap malam, tapi mungkin akan lebih banyak untuk orang yang sangat aktif ataupun sedang sakit. Bagaimana agar waktu tidur yang tersedia dapat Anda maksimalkan? Berikut tipnya, seperti dikutip dari Sheknows:

    Jangan menonton televisi sebelum tidur

    Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.

    Coba bantal atau alas tidur baru

    Pernahkah bertanya, sudah berapa tahun Anda menggunakan bantal dan alas tidur yang sama? Apakah Anda sering bangun dengan punggung nyeri? Apakah tempat yang ada cukup lega untuk tidur Anda dan pasangan? Jika semua jawabannya "iya", mungkin Anda perlu mengganti bantal dan alas tidur dengan kualitas yang lebih baik.

    Jangan mengonsumsi kafein menjelang tidur

    Tahukah Anda, sedikit saja mengonsumsi minuman berkafein, dapat menyebabkan masalah tidur. Bahkan 10-12 jam sebelum tidur. Karenanya, cobalah hindari mengonsumsi minuman teh, soda, dan cokelat.

    Mendengarkan alunan musik lembut

    Matikan lampu kamar dan dengarkanlah alunan musik lembut sebagai pengantar tidur. Musik ini akan menenangkan tubuh dan pikiran hingga Anda akan memperoleh tidur nyenyak.

    Teknik menenangkan tubuh dan pikiran

    Setelah berjam-jam diajak bekerja, otak dan tubuh Anda butuh ditenangkan. Lakukan sebuah ritual sebelum tidur, seperti berendam air hangat, meditasi, ataupun yoga. Lakukan ritual tersebut dengan cara, tempat, dan jam yang sama setiap malam. Pengulangan ritual ini akan "mengingatkan" tubuh dan pikiran, bahwa inilah waktunya untuk santai dan tidur.

    Minum racikan herbal

    Untuk banyak orang, tip di atas mungkin tidak efektif. Jika Anda tetap tak bisa tidur, Anda bisa minum racikan herbal. Obat-obat tidur berbahan kimia memiliki efek samping bagi kesehatan. Risiko tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan herbal. Caranya, cuci bersih dua genggam kangkung, dua genggam seledri, dan pala secukupnya. Rebus ketiga bahan dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai airnya tinggal satu gelas. Bisa ditambahkan satu sendok teh madu bila suka. Minum ramuan ini setelah makan malam atau sebelum tidur.

    http://lifestyle.okezone.com
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    yusuf_th3cupu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    575
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +8,909 / -0
    Q tidur dari jam 9 mlm - 6 pagi itu aja kurang , apalagi cuman 6 jam..hehehe
    bakal ngantuk banget Q:P
     
  4. Offline

    notox Post Hunter Veteran

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,840
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,007 / -0
    Wah klo gw dikmr ada tv pas lg ntn sring ketiduran tuh...
    Btw knp klo mw bobo gak blh minum kafein yah??
     
  5. Offline

    silverpanda Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 1, 2008
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +819 / -0
    di kamar saia ada pc conect ke internet, ada tivi, ada ps, makanya saia insomnia >,<
     
  6. Offline

    alotez Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    1,000
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +626 / -0
    Owh,,gtu ya...
    klu misalnya sebelum tidur lihat tv tu resikonya pa ya....
     
  7. Offline

    Marco86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,817
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,133 / -0
    Sama kk..hahahaha
    Insomnia parah, jam segini aja gw ms ol.. hahahhaa
     
  8. Offline

    Marco86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,817
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,133 / -0
    Kyana resikony keterusan nonton n ga tidur2..hhehehehehe
     
  9. Offline

    CottonBud Senpai Veteran

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,589
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,539 / -0
    LOL :lol:

    nice reason :top:, cuman kebanyakan anak kost, TV dan kompi jadi 1 ruangan bahkan kulkas ma dapur juga seringkali jadi 1 ruangan.

    Mungkin bener juga, kadang ngerasa bahwa daya ingat menurun di banding zaman skul dulu waktu masih di rumah ortu.

    kebiasaan sikap waktu zaman skul
    1. Tidur lima jam semalam sudah cukup. tidur 9 jam sehari
    2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan. gk mungkin hemat tidur, yg ada malah boros. 9 jam malam dan 1-2 jam tidur siang
    3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang. gk mungkin kurang tidur, boros
    4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam. gk demen kopi, sampe sekarang pun
    5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur. Dipenggal ma ortu kalo bawa tv masuk ke kamar

    :D
     
  10. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,606
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,506 / -0
    wkwkwkwk thx banget udah sharenya om:top:
     
  11. Offline

    jHony Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,606
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,506 / -0
    6 Tips Tidur Berkualitas

    [​IMG]

    Terimalah kenyataan bahwa kita hidup dalam dunia serba cepat, pekerjaan padat dengan deadline ketat, konsumsi makanan cepat saji, dan sebagainya. Sampai akhirnya juga jam tidur yang supersingkat.

    National Sleep Foundation (NSF) menemukan fakta bahwa 74 persen orang dewasa Amerika hanya tidur beberapa malam dalam sepekan, 39 persen di antaranya tidur kurang dari 7 jam tiap malam, dan lebih dari 37 persen mengantuk sepanjang hari hingga akhirnya mengganggu aktivitas seharian.

    Berikanlah jawaban benar atau salah untuk beberapa pertanyaan berikut:
    1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.
    2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan.
    3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang.
    4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam.
    5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur.


    Jika Anda menjawab "benar" pada dua atau lebih pertanyaan-pertanyaan tersebut, berarti Anda harus melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan diri secara optimal. Kenyataannya, kurang tidur berefek buruk pada ketajaman daya ingat, proses belajar, dan logika berpikir sehingga berpotensi menurunkan kualitas siswa di sekolah ataupun pekerja di kantornya. Dari segi kesehatan, tubuh dalam jangka panjang bisa mengalami gangguan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kegemukan, depresi, penyakit jantung, dan banyak lagi.

    Para ahli menyarankan, tidurlah 7-9 jam untuk setiap malam, tapi mungkin akan lebih banyak untuk orang yang sangat aktif ataupun sedang sakit. Bagaimana agar waktu tidur yang tersedia dapat Anda maksimalkan? Berikut tipnya, seperti dikutip dari Sheknows:

    Jangan menonton televisi sebelum tidur
    Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.

    Coba bantal atau alas tidur baru
    Pernahkah bertanya, sudah berapa tahun Anda menggunakan bantal dan alas tidur yang sama? Apakah Anda sering bangun dengan punggung nyeri? Apakah tempat yang ada cukup lega untuk tidur Anda dan pasangan? Jika semua jawabannya "iya", mungkin Anda perlu mengganti bantal dan alas tidur dengan kualitas yang lebih baik.

    Jangan mengonsumsi kafein menjelang tidur
    Tahukah Anda, sedikit saja mengonsumsi minuman berkafein, dapat menyebabkan masalah tidur. Bahkan 10-12 jam sebelum tidur. Karenanya, cobalah hindari mengonsumsi minuman teh, soda, dan cokelat.

    Mendengarkan alunan musik lembut
    Matikan lampu kamar dan dengarkanlah alunan musik lembut sebagai pengantar tidur. Musik ini akan menenangkan tubuh dan pikiran hingga Anda akan memperoleh tidur nyenyak.

    Teknik menenangkan tubuh dan pikiran
    Setelah berjam-jam diajak bekerja, otak dan tubuh Anda butuh ditenangkan. Lakukan sebuah ritual sebelum tidur, seperti berendam air hangat, meditasi, ataupun yoga. Lakukan ritual tersebut dengan cara, tempat, dan jam yang sama setiap malam. Pengulangan ritual ini akan "mengingatkan" tubuh dan pikiran, bahwa inilah waktunya untuk santai dan tidur.

    Minum racikan herbal
    Untuk banyak orang, tip di atas mungkin tidak efektif. Jika Anda tetap tak bisa tidur, Anda bisa minum racikan herbal. Obat-obat tidur berbahan kimia memiliki efek samping bagi kesehatan. Risiko tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan herbal. Caranya, cuci bersih dua genggam kangkung, dua genggam seledri, dan pala secukupnya. Rebus ketiga bahan dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai airnya tinggal satu gelas. Bisa ditambahkan satu sendok teh madu bila suka. Minum ramuan ini setelah makan malam atau sebelum tidur.
     
    Last edited: Apr 5, 2009
  12. Offline

    bHell Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +42,934 / -0
  13. Offline

    chavizlophe Members

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tips yang perlu dicoba..
     
  14. Offline

    buxbux Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +540 / -0
    berita yang bagus nih
     
  15. Offline

    buxbux Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +540 / -0
    mungkin gw jadi o'on sekarang
    akibat kurang tidur yah
    mo tidur cepet males sih
    acara tv bagusnya kalo dah malem tuh
     
  16. Offline

    devil88 Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +263 / -0
    bener ngak tu...
    tapi biasanya aq paling sering sebelum tidur nonton tv,,,
    coz biar cepat ngantuk....
    [​IMG]
     
  17. Offline

    shinobi32 Forza Inter! Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,344
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +70,817 / -10
    "Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan."

    jadi klo tiap hari kita tidur cuman 2 jam, pas akhir minggu kita harus tidur 12 jam dong?
    hha...
     
  18. Offline

    chamame Beginner Members

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,093 / -0
    sebisa mgkn tidur 8 jam sehari, ga lebih, jgn kurang.
    tp gw sering bermslh dgn bantal, jd kadang susah tidur, pdhl uda ngantuk berat ^^
     
  19. Offline

    dimastechies Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +146 / -0
    @shinobi
    yang dimerahin itu yang harus dihindari deh kayaknya
     
  20. Offline

    Hell_Raiser Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,021
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,886 / -0
    Mendengarkan alunan musik lembut
    Masak iya, aku malah pernah tidur ndengerin musik heavy metal bangun seger tuh

    Jangan mengonsumsi kafein menjelang tidur
    aku pernah minum kopi pekat 2 jam sebelum tidur, malah buatku minum kopi buat ngabisin tenaga di tubuh

    Teknik menenangkan tubuh dan pikiran
    Biasanya kalo aku gak bisa tidur, cukup dengan mengulangi kalimat dalam hati "Jangan berpikir apa-apa, ayo tidur"
     
  21. Offline

    lerak Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 22, 2009
    Messages:
    1,232
    Trophy Points:
    246
    Ratings:
    +6,715 / -0
    Waduh
    TV di kamar kan buat menenangkan tubuh dan pikiran :haha:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.