1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other 5 Kendaraan Tempur Amerika Termahal Hingga Saat Ini

Discussion in 'Military Interest' started by blacksheep, May 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0
    Ketika perekonomian negara berada di jalurnya dan memberikan hegemoninya yang luar biasa, ketika anggaran keuangan negara surplus tak terkira, ketika diplomasi politik mencengkeram sudut dunia, ketika sumberdaya manusia, peralatan, dan bahan pada level superior, maka apa yang dapat dilakukan sebuah negara untuk menciptakan mesin perang mautnya dengan anggaran yang seolah tak terbatas? Berikut ini 5 mainan angkatan bersenjata Amerika yang termahal

    5. Kapal Perang Kelas Iowa
    [​IMG]
    Dalam kurun waktu tahun 1939 hingga 1942 seidaknya telah 4 unit kapal perang kelas Iowa. Kapal perang jenis ini dibutuhkan oleh pemerintah Amerika pada tahun 1939 sebagai senjata pemukul pamungkas untuk mengendalikan kekuatan armada laut di kawasan Samudera Pasifik saat berlangsungnya Perang Dunia II. Sejatinya pemerintah Amerika merencanakan membuat 6 kapal perang jenis ini, tapi karena mengingat besarnya biaya yang dibutuhkan pada waktu itu maka diputuskan hanya membuat 4 kapal saja. Kapal jenis Iowa memulai tugas untuk seluruh unit armadanya pada tanggal 22 Pebruari 1943 , dan kini kesemua unitnya telah memasuki masa pensiun pada bulan Maret 2006.

    Biaya pembuatan 1 kapal pada waktu itu (1943) adalah sekitar 1,8 Milyar USD (sekitar 17 Trilyun Rp). Biaya sebenarnya tentunya dirahasiakan, tetapi ini adalah kalkulasi dari beberapa pengamat ekonomi pada waktu itu yang telah memperhitungkan faktor inflasi dan depresiasi mata uang Dollar. Dengan dibuatnya 4 kapal senilai 1,8 Milyar USD, berarti biaya totalnya adalah 7,2 USD. (sekitar 68 Trilyun Rp.).

    Dengan uang sebanyak ini berapa bisa dibelanjakan?
    Berlangganan majalah dewasa Playboy untuk setiap pria dewasa di US selama 4 tahun, plus 1 botol pelumas vagina ukuran medium…

    4. Expeditionary Fighting Vehicle
    [​IMG]
    Masih ingat momen debat antara 2 kadidat presiden Amerika John Mc Cain dan Barrack Obama saat kampanye presiden membincangkan anggaran departemen pertahanan? Ingatkah anda ketika John Mc Cain bicara tentang program pembuatan kendaraan amphibi yang menyedot anggaran begitu besar yang dikutip dari pembayar pajak? Mengapa hal ini menjadi sangat menarik perhatian? Tidak lain karena besarnya biaya yang dianggarkan untuk membuat 1 mesin tempur ini.

    Proyek pembuatan kendaraan amphibi ini sejatinya sudah diawali sejak tahun 1970-an dan berlanjut hingga hari ini. Dengan body kendaraan dari almunium penuh, mampu mengarungi samudera dan superior saat bertarung di darat. Kendaraan ini dikendalikan 3 orang dan mampu membawa 17 personel. Total biaya yang sudah dikeluarkan hingga saat ini adalah 15,9 Milyar USD (sekitar 140 Trilyun Rp). Belum ada 1 pun amphibi ini yang telah jadi dan bertugas resmi di US Defence, hanya berupa prototip yang masih terus disempurnakan dan dikembangkan. Pihak US Defence masih belum puas dengan performa kendaraan ini karena hanya bisa beroperasi maksimal selama 4,5 jam.

    Dengan uang sebanyak ini, berapa bisa dibelanjakan?
    Memberi 1 unit mobil Ferrari F430 untuk tiap penduduk yang sudah layak punya SIM di negara bagian Kepulauan Virginia US.

    3. Kapal Selam Nuklir Kelas Ohio
    [​IMG]
    Kapal selam nuklir kelas Ohio ini merupkan penerus dari seri Kapal Selam Nuklir sebelumnya, seperti Kelas Trident. Kapal Selam ini diawaki oleh 155 crew. P{embuatan kapal selam ini sangatlah rahasia, apalagi reaktor nuklirnya, tidak ada satupun dokumen yang bisa terlacak. Tapi, yang jelas, semua perangkat penggerak kapal selam ini berikut sistem mekanis penunjang kehidupan di dalamnya (pemisah air menjadi udara, pemurni air laut) didesain untuk mampu beroperasi hingga 100 tahun usia kapal selam. Apa artinya? Misalkan kapal selam ini diisi penuh bahan makan, dan berlayar mengelilingi samudera, maka kapal selam ini baru berhenti bila bahan makanannya habis, bukan karena bahan bakarnya habis.

    Biaya pembuatan kapal selam ini adalah sekitar 2 Milyar USD (sekitar 19 Trilyun Rp.) per unitnya. Saat ini Amerika memiliki 18 unit kapal selam nuklir kelas Ohio. Jadi, total senilai 18 Milyar USD (sekitar 165 Trilyun Rp.)

    Dengan uang sebanyak ini, berapa bisa dibelanjakan?
    Dalam taraf ini, bersiaplah anda untuk membayangkan sesuatu yang lebih. Bila biaya sebesar itu dianggarkan untuk benua Afrika, maka tiap orang termasuk bayi hingga tua renta akan mendapat Double Cheese Burger dan segelas Coca Cola tiap hari selama sebulan.

    2. Kapal Induk Kelas Nimitz
    [​IMG]
    Pemberian nama Kapal Induk Kelas Nimitz diberikan untuk mengenang pahlawan Amerika Marinir Penerbang Admiral Chester W. Nimitz. Semua kapal induk Amerika rata-rata dinamai pahlawan dari kalangan militer, dan Presiden US sperti USS John. Stennis, USS Carl Vinson, dan USS Ronald Reagan. Dengan diperkuat reaktor nuklir sebagai motor penggeraknya, Kapal Induk USS Nimitz pertama kali memperkuat armada Angkatan Laut Amerika pada 3 Mei 1975. Hingga saat ini terdapat 10 unit kapal induk kelas Nimitz yang beroperasi. Dengan panjang sekitar 400 meter, dan diawaki 5700 personel, daya jelajah kapal induk ini sama dengan kapal selam kelas Ohio, mampu berlayar mengelilingi samudera tanpa henti. Biaya pembuatan 1 kapal induk ini adalah sekitar 4,5 Milyar USD (sekitar 40 Trilyun Rp), sehingga bila ditotal harga seluruh armada kapal ini adalah 45 Milyar USD (sekitar 400 Trilyun Rp).

    Dengan uang sebanyak ini, berapa bisa dibelanjakan?
    Cukup untuk dibelikan 1 unit iPod Nano untuk seluruh di warga Amerika mulai bayi hingga tua renta.

    1. Pembom Siluman B-2
    [​IMG]
    Bayangkan, seandainya rumah anda di sebelah markas Angkatan Bersenjata, dan saat itu pula negara anda sedang konfrontasi dengan Amerika. Saat anda duduk-duduk santai, tak terdengar suara sekaligus tak tampak di keheningan… Tiba-tiba saja di kejauhan sejarak kurang dari 1 mil sudah terlihat pesawat pembom B-2 Spirit yang sudah membuka lambungnya untuk menjatuhkan bom di tetangga anda.

    Itulah pembom siluman, yang menghantui dimanapun lokasi konflik dengan Amerika. Selama buertugas, tidak satupun dari armada pesawat ini ditembak jatuh musuh. Pesawat ini sudah diproduksi sebanyak 21 unit, dimana 1 unit telah jatuh bukan karena pertempuran di pangkalannya, Guam. Secara undang-undang, Amerika tidak akan menjual pesawat siluman (B-2 Spirit, F-22, F-117) ke negara manapun.

    Biaya pembuatan pesawat ini mulai dari ide, prototip hingga produksi 1 pesawat adalah 23 Milyar USD (sekitar 205 Trilyun Rp.). Tetapi, harga 1 pesawat ini adalah 1,3 Milyar USD (sekitar 10,5 Trilyun Rp.). Bila 21 unit pesawat yang siap beroperasi ke seluruh penjuru dunia manapun dikali 1,3 Milyar USD plus
    biaya Riset senilai 23 USD, maka kesemuanya itu senilai 50,3 Milyar USD (sekitar 490 Trilyun Rp).

    Dengan uang sebanyak ini, berapa bisa dibelanjakan?
    Membeli seluruh daratan Afghanistan untuk mengakhiri perang sekalian pulangnya mampir membeli negara Honduras, lalu ada kembalian sedikit untuk bersenang-senang sepuasnya di Giant Central American theme-park.

    sumber: kapanlagi.com
    Code:
    http://tak-disangka.blogspot.com/2010/05/5-kendaraan-tempur-amerika-termahal.html
     
    • Like Like x 10
    • Thanks Thanks x 8
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    apple0093 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    42,686
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +17,369 / -0
    io setau ane unit pesawat pembom paling mahal ya B2 Spirit tu :dead:

    ane suka quote yg ini

    Dengan uang sebanyak ini, berapa bisa dibelanjakan?
    Membeli seluruh daratan Afghanistan untuk mengakhiri perang sekalian pulangnya mampir membeli negara Honduras, lalu ada kembalian sedikit untuk bersenang-senang sepuasnya di Giant Central American theme-park.


    :top:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    sayang yang kelas Iowa, battleship terakhir era PD2 yang beroperasi
    B2 harganya :lol:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    rudot Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    1,577
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,132 / -0
    :matabelo:
    Wow, biar mahal tapi sakti2.
    Pembom Siluman B-2 ini yang paling mantap, no sound no shadow tiba2 duar :dead:
    Pantes aja ni gak dijual ke negara lain, selain mahal ini juga senjata pamungkas.
    Btw dulu pernah liad di thread mana gitu, B-2 pernah ancur & termasuk ke daftar kecelakaan dengan kerugian terbesar.
     
  6. Online

    sniper89 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    1,031
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,091 / -0
    kalo SR71 ga ad infonya yah? :???: katanya projek rahasia gitu :maling:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    naboo88 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 17, 2007
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    Kok Expeditionary Fighting Vehicle mahal ya..
    Padahal tank doang..
    Dibanding yg laen kapal ma pesawat kan harusnya mahalan kapal??
     
  8. Offline

    pejagalan Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    5,622
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,774 / -0
    itu kan amerika,
    klo mw tepat dr mana uangnya,
    tinggal cetak ndiri :haha:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    SR-71 bukannya pesawat mata2 yang dah diketahui umum :???:
    [​IMG]
    Pesawat recon paling cepat, mach 3 lebih

    itu kan tank marinir yang baru, bisa nyebrang laut terbatas.

    tergantung pesawatnya apa dulu & kapalnya apa dulu:hihi:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  10. Offline

    Fusilier Beginner Members

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +21 / -0
    Sebenernya Iowa-class yang paling mahal. Coba interpolasikan 1943 USD ke 2009 USD, hasilnya bisa berlipat 20
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    pramz_izttz Members

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info, dari pada membangun peralatan perang semahal itu, mending membahagiakan orang2 sekitar
     
  12. Offline

    myth73 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,371 / -0
    Yang bikin mahal itukan proses "penelitian dan pengembangannya" agar benar2 dihasilkan peralatan tempur yang sesuai keinginan.
    Dan dana tersebut akan terus bertambah bila hasil yang dicapai belum terpenuhi, seperti kasusnya tank amphibi yang gak jadi2 tapi terus minta duit buat riset.
     
  13. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    yah siapa yang kuat dia bisa lebih punya pengaruh di dunia

    setahu wa klo di U.S. u model begitu bisa kena tuntut perusahaannya, trus biasanya mereka ngadain peralatan tempur baru itu mesti kompetisi dengan perusahaan2 lainnya melalui test2. nggak bisa langsung nunjuk ke satu perusahaan
     
  14. Offline

    fehily Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Battleship kelas Iowa kalo dibandingin ama Battleship Yamato, unggul siapa ya? secara tuh Battleship bobotnya aja 68.000 ton sama dengan kapal induk Nimitz
     
  15. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    Nimitz bukannya 100.000 ton lebih :???:?

    kelas Yamato unggul di diameter senjatanya :hihi:
    laras senjata Iowa paling besar 40an cm,
    Yamato 46 cm
     
    Last edited: May 23, 2010
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 1
  16. Offline

    mbahnoname Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +334 / -0
    gw saranin tu pesawat b-2 jadi pesawat pengantar pizza :hihi: ( budget triliunan cumen buat nganter pizza :swt: )

    nuklir nggak termasuk kendaraan tempur ye :lol: ( ada org yang mau naikin nuklir ? <= Goblok mode on )
     
  17. Offline

    nurend Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,972
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,609 / -0
    gw sih pengen komen...

    lagi2 standar ganda Amerika.
    ketika negara2 lain dia larang untuk melakukan pengayakan nuklir (yg katanya untuk tenaga listrik), dia dengan seenaknya memanfaatkan tenaga nuklir untuk kendaraan2 perangnya

    ckckckck
     
  18. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    yah itu sih tergantung negara mana dulu.
    klo yang agresif2 biasanya memang nggak bakal dipercaya. soalnya ada kemungkinan bahaya kalau yang tadinya buat kebutuhan listrik diam2 di buat senjata.
    lagi kalau alasannya listrik itu sebenarnya masih banyak pilihan selain nuklir


    sebenarnya beli yang bekas pakai itu nggak cuma Indo kok, negara2 lain juga banyak yang beli bekas pakai.
    Singapore > beli Leopard 2A4 bekas pakai Jerman

    cuma memang klo dari segi umur yang disini dah parah :swt:
    mestinya masuk museum tp masih dipakai juga...
     
  19. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0
    10 Kapal Pengangkut Pesawat (aircraft carrier)milik Amerika kelas Nimitz
    Code:
    http://bloggue-blog.blogspot.com/2010/05/10-kapal-pengangkut-pesawat-aircraft.html
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  20. Offline

    joefrizz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,483
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,326 / -1
    salah satu wujud kemajuan teknologi yg dampaknya menghancurkan dan membinasakan, tipikal manusia, dikasih otak sama tuhan malah dipake bwt membinasakan sesamanya, perlu dipikir lagi apa bener kita itu mahkluk sosial ?? kok hobinya bikin alat pembunuh masal ..CMIIW


    btw, pantes aja amerika itu tengil bgt yah, wong alat tempurnya canggih bgt, susah ditandingin :cambuk:
     
    • Like Like x 2
  21. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0
    Pesawat Mata-mata Masa Depan AS Resmi Diperkenalkan Ke Publik
    Code:
    http://blogneforfree.blogspot.com/2010/05/pesawat-mata-mata-masa-depan-as-resmi.html
    RS Terapung Terbesar Dunia Datangi Ambon
    [​IMG]
    AMBON, KOMPAS.com — Pelabuhan Yos Sudarso Ambon siap dikunjungi kapal rumah sakit terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USNS MERCY T-AH91, yang dijadwalkan tiba pada 29 Juli 2010 guna mendukung Operasi Surya Baskara Jaya di Maluku.

    Administrator pelabuhan (Adpel) setempat, Benny Tangkuman, mengatakan, Jumat, pelaksana kepelabuhanan, polsek, agen pelayaran, dan pengurus Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) telah mematangkan kesiapan untuk kunjungan kapal USNS Mercy yang dijadwalkan ditinjau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 4 Agustus 2010.

    Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon juga disiapkan untuk puncak kegiatan Sail Banda yang dijadwalkan dihadiri Kepala Negara pada 3 Agustus 2010.

    Tangkuman mengemukakan, menjelang Sail Banda yang rangkaian kegiatannya dijadwalkan Juni-Agustus 2010, Pelindo akan mengaspal jalan-jalan dalam kawasan Pelabuhan Yos Sudarso sepanjang 6.000 meter.

    Selain itu, berkoordinasi dengan Pelindo, PT Pelni, agen pelayaran, dan pengurus TKBM agar kegiatan bongkar muat dijadwalkan pada H-3 dan H+3 tidak mengganggu kegiatan Operasi Surya Baskara Jaya karena kapal USNS MERCY juga didukung sejumlah armada dari Selandia Baru, Malaysia, Singapura, dan Australia serta kapal rumah sakit KRI dr Soeharso.

    Angkatan Laut Singapura akan mengirimkan satu unit Landing Ship Tank (LST) dan Angkatan Laut Australia dua unit Landing Craft Heavy (LCH). Sementara Angkatan Laut Selandia Baru mengirimkan satu tim kesehatan dan Angkatan Laut Malaysia sedang menunggu konfirmasi jumlah personel ataupun peralatan pendukungnya.

    "Jadi diatur agar menjelang dan pasca-puncak Sail Banda tidak ada kapal PT Pelni maupun kontainer dari tiga unit perusahaan pelayaran yang bongkar muat di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon," ujar Tangkuman.

    Khusus untuk KM Lambelu yang dijadwalkan tiba di Ambon pada 26 Juli 2010, menurut dia, sedang dikoordinasikan untuk berlabuh di Pelabuhan Districk Navigasi setempat atau Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon.

    "Kami berusaha agar kegiatan Operasi Surya Baskara Jaya dan Sail Banda tidak mengurangi stok bahan pokok masyarakat," katanya.

    Untuk itu ada pengaturan kapal PT Pelni ataupun kontainer pada H-3 dan H+3 yang berlabuh di bagian timur Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, dengan panjang 560 meter, untuk bongkar muat dengan agen pelayaran dan pengurus TKBM sepakat menambah jam kerja.

    Ia juga mengatakan, tenda untuk kegiatan puncak Sail Banda yang dijadwalkan dihadiri Kepala Negara telah disiapkan sejak pekan ketiga Juli 2010.

    Pemantapan intensif dilakukan untuk menyukseskan Operasi Surya Baskara Jaya dan Sail Banda, termasuk berkoordinasi dengan direksi PT Pelni untuk pengoperasian KM.

    "Bukit Siguntang menjadi hotel terapung yang berlabuh di Teluk Dalam Ambon dijadwalkan sejak 26 Juli 2010," ujar Benny Tangkuman.

    Kapal USNS MERCY dengan panjang 273 meter akan membawa 956 tenaga medis dan paramedis guna memberikan pelayanan gratis, terutama terkait operasi kecil hingga besar dari kegiatan Operasi Surya Baskara Jaya.

    Sekretaris Kementerian Koordinator Kesra Indroyono Susilo mengatakan, dukungan sejumlah negara untuk Operasi Surya Baskara Jaya ini merupakan program kemitraan Pasifik 2010 yang diemban sebagai rangkaian bantuan kemanusiaan oleh Armada Pasifik Amerika Serikat.

    Hal itu dengan tujuan memperkuat hubungan regional bersama negara-negara penyelenggara ataupun mitra, antara lain, di wilayah Asia Tenggara.
    Code:
    http://www.maju-indonesia-ku.co.cc/2010/05/rs-terapung-terbesar-dunia-datangi.html
    http://occazane.blogspot.com/2010/05/rs-terapung-terbesar-dunia-datangi.html
    
     
    Last edited: May 29, 2010
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.