1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Usia pernikahan masa kini : 8 tahun saja

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Aug 20, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    VIVAnews - Ketika mengucapkan ikrar pernikahan, semua pengantin pasti berharap mahligai rumah tangga akan awet selamanya. Namun banyak juga yang penasaran seberapa lama sebuah pernikahan dapat bertahan?

    Penelitian di Australian Institute of Family Studies menunjukkan, pasangan menikah dan akhirnya memutuskan berpisah rata-rata setelah 8,7 tahun hidup berumah tangga. Semakin lama dibandingkan 7,5 tahun pada era 1980. Waktu yang diperlukan bagi pasangan untuk bercerai juga meningkat dari 10,2 tahun menjadi 12,3 tahun.

    Seperti yang dikutip dari The Herald Sun, angka perceraian pasangan menikah kurang dari 10 tahun menurun dari 49 persen pada tahun 1990 menjadi 43 persen pada tahun 2000 dan 41 persen pada tahun 2009.

    Statistik menunjukkan, pasangan dengan usia pernikahan lebih dari 20 tahun lebih banyak daripada dekade lalu. Jumlah pasangan menikah dalam waktu panjang, meningkat dari 20 persen pada tahun 1980 menjadi 24 persen pada tahun 2000, dan 28 persen pada tahun 2009.

    Namun, hasilnya berbeda bagi pasangan yang berusia lebih muda dan sering disebut generasi Y. Wanita yang menikah pada umur 25 – 29 akan lebih cenderung berakhir dengan perceraian daripada generasi yang berusia lebih tua.

    Misalnya, pada tahun 2006, 20 dari setiap 1.000 wanita menikah pada umur 25–29 bercerai. Sedangkan pada tahun yang sama, perceraian terjadi pada 18 dari 1000 wanita menikah pada usia 35 – 39 tahun. Hal sebaliknya terjadi pada pria. Angka perceraian tertinggi terjadi pada pria berusia 30 – 34 tahun, dengan catatan, wanita menikah di usia yang lebih muda daripada pria.

    Bagi pasangan yang hidup bersama, angka perpisahan bahkan lebih tinggi 3-5 kali lipat (25 – 38 persen) daripada pasangan yang menikah (7–9 persen).

    Penulis studi, Dr Lixia Qu dan Ruth Weston mengatakan hal ini tidaklah mengherankan, mengingat hubungan tanpa ikatan pernikahan lebih labil daripada pernikahan.

    “Beberapa pasangan hidup menganggap kebersamaan merupakan latihan pernikahan atau ‘pemanasan’ sebelum menikah. Beberapa lainnya tinggal bersama tanpa menikah karena kurang komitmen,” kata mereka. (Rudy Bun, umi)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/241477-usia-pernikahan-masa-kini--8-tahun
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. hero4dohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    1,624
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,849 / -0
    gw dulu jarang banget ketemu pasangan bercerai sih..

    tp sejak gw mulai kerja.. uda banyak kejadian begini dari lingkungan sekitar..
    ntah dari temannya teman

    atau dari lingkungan tetangga

    menurut gw sih karena manusia jaman sekarang kan lebih banyak menuntut.. kl jaman dl kan rata2 ga banyak maunya..
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    @atas gw

    Iya dan budaya orang jaman dulu lebih ke "coba terima pasangan apa adanya dan jangan protes... Karena perceraian adalah aib".

    Nah kalo sekarang pemikirannya dah beda... Asal dirasa tidak cocok lagi ya sudah. Dan prinsip skrg lebih meyakini bahwa manusia yg saat ini cocok dgn kita suatu saat bisa jadi tidak cocok lagi.

    Padahal kalo dipikir... Jaman dulu justru ketika perjodohan keluarga masih sering, manusia berpikir sebaliknya. Manusia yg saat ini belum kita kenal namun "dipaksakan" jadi pasangan kita, suatu saat pasti bisa berubah jadi cocok sama kita.

    Pemikiran dibalik dan inilah fenomena yg tampak.

    ==sent from zz11's taplak==
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. nungguibu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2009
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65 / -0
    sama kyk tante gw ini, waktu sd dulu dah nikah =s skrg anaknya 2 orang dah punya anak lg
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.