1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Usia pernikahan masa kini : 8 tahun saja

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Aug 20, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Ketika mengucapkan ikrar pernikahan, semua pengantin pasti berharap mahligai rumah tangga akan awet selamanya. Namun banyak juga yang penasaran seberapa lama sebuah pernikahan dapat bertahan?

    Penelitian di Australian Institute of Family Studies menunjukkan, pasangan menikah dan akhirnya memutuskan berpisah rata-rata setelah 8,7 tahun hidup berumah tangga. Semakin lama dibandingkan 7,5 tahun pada era 1980. Waktu yang diperlukan bagi pasangan untuk bercerai juga meningkat dari 10,2 tahun menjadi 12,3 tahun.

    Seperti yang dikutip dari The Herald Sun, angka perceraian pasangan menikah kurang dari 10 tahun menurun dari 49 persen pada tahun 1990 menjadi 43 persen pada tahun 2000 dan 41 persen pada tahun 2009.

    Statistik menunjukkan, pasangan dengan usia pernikahan lebih dari 20 tahun lebih banyak daripada dekade lalu. Jumlah pasangan menikah dalam waktu panjang, meningkat dari 20 persen pada tahun 1980 menjadi 24 persen pada tahun 2000, dan 28 persen pada tahun 2009.

    Namun, hasilnya berbeda bagi pasangan yang berusia lebih muda dan sering disebut generasi Y. Wanita yang menikah pada umur 25 – 29 akan lebih cenderung berakhir dengan perceraian daripada generasi yang berusia lebih tua.

    Misalnya, pada tahun 2006, 20 dari setiap 1.000 wanita menikah pada umur 25–29 bercerai. Sedangkan pada tahun yang sama, perceraian terjadi pada 18 dari 1000 wanita menikah pada usia 35 – 39 tahun. Hal sebaliknya terjadi pada pria. Angka perceraian tertinggi terjadi pada pria berusia 30 – 34 tahun, dengan catatan, wanita menikah di usia yang lebih muda daripada pria.

    Bagi pasangan yang hidup bersama, angka perpisahan bahkan lebih tinggi 3-5 kali lipat (25 – 38 persen) daripada pasangan yang menikah (7–9 persen).

    Penulis studi, Dr Lixia Qu dan Ruth Weston mengatakan hal ini tidaklah mengherankan, mengingat hubungan tanpa ikatan pernikahan lebih labil daripada pernikahan.

    “Beberapa pasangan hidup menganggap kebersamaan merupakan latihan pernikahan atau ‘pemanasan’ sebelum menikah. Beberapa lainnya tinggal bersama tanpa menikah karena kurang komitmen,” kata mereka. (Rudy Bun, umi)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/241477-usia-pernikahan-masa-kini--8-tahun
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    hero4dohl Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +3,833 / -0
    gw dulu jarang banget ketemu pasangan bercerai sih..

    tp sejak gw mulai kerja.. uda banyak kejadian begini dari lingkungan sekitar..
    ntah dari temannya teman

    atau dari lingkungan tetangga

    menurut gw sih karena manusia jaman sekarang kan lebih banyak menuntut.. kl jaman dl kan rata2 ga banyak maunya..
     
  4. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    @atas gw

    Iya dan budaya orang jaman dulu lebih ke "coba terima pasangan apa adanya dan jangan protes... Karena perceraian adalah aib".

    Nah kalo sekarang pemikirannya dah beda... Asal dirasa tidak cocok lagi ya sudah. Dan prinsip skrg lebih meyakini bahwa manusia yg saat ini cocok dgn kita suatu saat bisa jadi tidak cocok lagi.

    Padahal kalo dipikir... Jaman dulu justru ketika perjodohan keluarga masih sering, manusia berpikir sebaliknya. Manusia yg saat ini belum kita kenal namun "dipaksakan" jadi pasangan kita, suatu saat pasti bisa berubah jadi cocok sama kita.

    Pemikiran dibalik dan inilah fenomena yg tampak.

    ==sent from zz11's taplak==
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. Offline

    nungguibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2009
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +63 / -0
    sama kyk tante gw ini, waktu sd dulu dah nikah =s skrg anaknya 2 orang dah punya anak lg
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.