1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

10 Tipe Penonton Bioskop

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by gendel, Apr 14, 2009.

?

Kamu termasuk dalam tipe yang mana ?

  1. Penonton cari perhatian

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Penonton Piknik

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Penontopn Pacaran

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Penonton Pembajak

    0 vote(s)
    0.0%
  5. Penonton Spoiler

    0 vote(s)
    0.0%
  6. Penonton Kritikus Film

    0 vote(s)
    0.0%
  7. Penonton Ponsel

    0 vote(s)
    0.0%
  8. Penonton Tidur

    0 vote(s)
    0.0%
  9. Penonton Telmi

    0 vote(s)
    0.0%
  10. Penonton Perfeksionis

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    gendel Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,050 / -0
    Ente kalo di Bioskop termasuk kategori yg mana?

    Masih ingat kapan terakhir kali lo pergi ke bioskop?

    Di tanah air, yang namanya bioskop sudah muncul sejak lebih dari seabad lampau. Ini dihitung dari pemutaran “gambar idoep” pertama kali di bioskop Batavia pada tanggal 5 Desember 1900, tepatnya di kawasan Kebon Djahe, Tanah Abang. Film pertama yang diputar kala itu adalah sebuah dokumenter tentang perjalanan ratu Olanda dan Raja Hertog Hendrik di kota Den Haag.
    Dari data yang disampaikan Ketua Umum DPP GPBSI (Dewan Pengurus Pusat Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia) H Djonny Syafruddin, SH, akhir 2007 silam, jumlah total bioskop di tanah air mencapai 248 dengan 681 layar. Paling banyak berlokasi di ibukota. Tentu saja jumlah ini masih akan terus bertambah.

    Ngomong-ngomong, tau gak ternyata kebiasaan para pengunjung bioskop ini bisa dikelompokkan dalam tipe-tipe tertentu. Dan ternyata lagi, dari dulu hingga kini tipenya nyaris serupa. Hanya saja, perkembangan teknologi yang belakangan muncul menyebabkan penambahan tipe-tipe penonton baru.

    Beberapa tahun lalu, sineas Joko Anwar sempat membuat pengelompokan ini dalam filmnya Janji Joni. Secara jenaka dia menggambarkan tipikal penonton dari kebiasaan mereka saat berada di bioskop. Jika di sana digambarkan secara singkat dalam versi visual, berikut ini penjelasan sedikit lebih jauh dari tipe penonton yang dimaksud. Sebuah paparan dalam versi main-main sebagai kado atas hari lahirnya pertunjukan bioskop di tanah air.

    1. Penonton Cari Perhatian

    Tak bisa dipungkiri sejak dulu kebiasaan nonton di bioskop merupakan ajang sosialisasi dengan teman-teman dan handai taulan. Seen and to be seen, demikian kata seorang rekan sosialite. Tak heran jika ada orang yang tampil maksimal dengan penampilan wah saat nonton di bioskop. Kalau bukan dengan busana yang bermerek mahal, dandanan menor atau aroma tubuh nan wangi. Tujuh kali tujuh sama dengan empat sembilan. Setuju tidak setuju yang penting penampilan. Dalam filmnya, Joko menggambarkan lewat perempuan yang bicara dengan volume suara keras.

    2. Penonton Piknik

    Siapa yang tidak sepakat jika bioskop adalah tempat tamasya? Terutama jika sedang ada pemutaran film anak-anak, banyak orangtua yang memboyong mereka nonton bersama. Penulis mengalami sendiri naik becak bersama adik-adik dan tetangga nonton film macam Ira Maya dan Kakek Ateng (tentu saja dibintangi Ira Maya Sopha dan almarhum Ateng) atau Anak-anak Tak Beribu (dibintangi kakak beradik Santi Sardi, Lukman Sardi dan Ajeng Triani Sardi). Sebuah piknik yang mellow lantaran film yang ditonton sungguh mengharukan.

    3. Penonton Pacaran

    Terserah mau dengan lain jenis ataupun sejenis. Bagi mereka yang berusia remaja, nonton bioskop adalah alasan ampuh untuk pergi dari rumah. Selanjutnya, lokasi wakuncar (so 80’s ya…) dipindahkan di tengah gelapnya bioskop. Bukan masalah pula, mau kelas atas atau kelas kambing, kelas AC atau kelas kipas angin. Yang penting bisa kencan. Taglinenya: film main, penonton main.

    4. Penonton Pembajak
    Tipe ini termasuk yang muncul belakangan. Teknologi baru melahirkan tipe penonton jenis ini. Dengan seperangkat kamera video mini, penonton pembajak merekam film dari awal sampai akhir. Maka tak heran, jika anda membeli VCD atau DVD bajakan berkualitas buruk, acapkali terdengar suara penonton ataupun bayangan tubuh penonton yang sedang melintas. Tentu saja tidak untuk ditiru, secara harga karcis bioskop jaringan 21 sudah murah sekali, paling murah kira-kira dua mangkok mie ayam.

    5. Penonton Spoiler

    ”Nanti habis ini jagoannya ditembak, eh malah kena temannya”. Kalimat macam ini tentu saja sangat mengganggu kenikmatan saat menonton film. Maklumlah, umumnya penonton datang ke bioskop untuk mendapatkan cerita. Jadi jika ujungnya sudah diketahui buat apa lagi datang dan memelototi gambar. Biasanya penonton spoiler ini mereka yang sudah nonton film sebelumnya.

    6. Penonton Kritikus Film

    Kritikus film atau kritikus bukan ini-atau itu atau wartawan film terserah. Merekalah yang biasanya sibuk sendiri saat film diputar. Dengan bantuan penerangan dari ponsel mereka mencatat bagian-bagian yang dianggap penting dari film yang mereka tonton. Namun kini peran ponsel itu sudah tergantikan dengan perangkat gadget yang lebih canggih, entah PDA, communicator atau blackberry.

    7. Penonton Ponsel

    Penggunaan ponsel marak sejak satu dekade silam, tepatnya akhir 1990-an. Ketika masih jarang pemiliknya, wajar saja jika dia bersikap pamer dengan bicara keras-keras saat menjawab telepon. Sekalipun saat nonton di bioskop. Ternyata, perilaku kampungan ini masih juga belum hilang sama sekali. Sekalipun sudah dibuatkan himbauan larangan penggunaan ponsel saat film diputar, masih banyak yang lempeng aja tak perduli siapa yang di sebelahnya.

    8. Penonton Tidur

    Tipe penonton ini terbagi lagi atas ada dua macam. Pertama, sang penonton yang sudah kelelahan entah darimana hingga jatuh terlelap. Kedua, film yang ditonton sungguh membosankan hingga lebih baik tidur saja. Atau kata lainnya film itu dibuat khusus untuk mereka yang sulit tidur atau insomnia.

    9. Penonton Telmi

    ”Kok jagoannya mati?” Jika pertanyaan macam ini datang dari penonton sebelah kita ini namanya malapetaka. Masih mending jika dia yang membayari karcis untuk nonton filmnya. Kata telmi alias telat mikir, bisa juga dari bahasa Inggris tell me, atau ceritain lagi dong. Tentu saja sungguh bikin repot dan mengurangi kenikmatan nonton.

    10. Penonton Perfeksionis

    Konon penonton macam ini sungguh mengerti seluk-beluk film. Ciri-cirinya: selalu memelototi layar yang ada di depan matanya. Dia akan protes jika gambarnya tidak fokus, apalagi jika sampai rol yang belum datang-datang lantaran harus menunggu si Joni. Nah, jika ada yang teriak-teriak saat terjadi kondisi yang disebut belakangan boleh juga termasuk penonton perfeksionis.

    Pertanyaannya sekarang, lo termasuk tipe penonton yang mana???
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    -LichKing- Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2008
    Messages:
    441
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +50 / -0
    kok ga ada tipe gw ye? --> mencerna seluruh elemen yang ada di film tersebut tak peduli jelek or buruk...
     
  4. Offline

    Nawainruk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,164 / -0
    lebih suka nonton dvd, kalo ada bagian lewat ato gak ngerti bisa diulang
     
  5. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,962 / -0
    nda ada tipe penikmat film termasuk saya itu haha
     
  6. Offline

    refreshdudu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 19, 2008
    Messages:
    938
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +297 / -0
    lebih sering donlot di sini tapinya...
     
  7. Offline

    Sandykun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    1,238
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,070 / -0
    Sepertinyaa.... Sudah pernah liat ini.. :???:

    Dimana ya... :D
     
  8. Offline

    Izan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    2,885
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,751 / -0
    kalo gwa termasuk yg no 8 ga tau napa gwa kalo no bioskop pas ngantuk

    kalo yg no 7 pamer :lol:
     
  9. Offline

    chamame Beginner Members

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,094 / -0
    setuju
    tipe2 yg diatas, ga ada yg pas sama gw tuch.... :D
     
  10. Offline

    astroboy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 16, 2009
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    klo gw pasti yg no.10 donks :haha: super mega narsis :lol:
     
  11. Offline

    achnime Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2007
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    saya penonton penikmat film, bagus gak bagus di tonton. :onion-03:
    sayang dah bayar :haha:
    tapi kalau filmnya sangat jelek, mungkin saya akan :scooter:
     
  12. Offline

    k3yn3s Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,650 / -0
    gw pastinya yang no.10
     
  13. Offline

    taishou Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2009
    Messages:
    2,949
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +33,922 / -0
    kalo ga bagus2 amat males jalannya.. :D
    mending nonton hasil donlotan IDWS.. ^^v
     
  14. Offline

    mikaru Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2008
    Messages:
    290
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +143 / -0
    kayaknya gw yang nomor 10 gan ^^
     
  15. Offline

    gendolok Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    kl penonton biasa masuk kategori yg mana gan?
     
  16. Offline

    fukka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    462
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +82 / -0
    pacaran, kalo ga ga seru.. ciakakka
     
  17. Offline

    kulocaki Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,008
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,660 / -2
    wakakka gue banget...
     
  18. Offline

    Sine Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +638 / -0
    1/2 yg 6 and 1/2 yg 10 deh..
     
  19. Offline

    achnime Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2007
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
  20. Offline

    FazaMeonk Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +31 / -0
    wah gw no 3 donk, manfaatkan fasilitas gelap2an :haha:
     
  21. Offline

    kiva88 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 2, 2009
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,811 / -0
    Gue td vote sebagai penonton piknik, karena selama ni gue ke bioskop emang cuma ama kluarga ato temen, padahal gue ngarep jadi yg no 3, tp gak bisa soale lg jomblo :madesu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.