1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

10 Kekacauan Mental Mengerikan Karena Makanan

Discussion in 'Lifestyle' started by blacksheep, Jun 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,962 / -0
    kalau repost maafkan saya

    Ada beberapa orang yang mengidap penyakit mental yang berhubungan dengan makanan (ED=Eating Disorder). Kemungkinan ada kelainan dalam sistem hormonal tubuh, atau ada kelainan pada otak mereka yang membuat mereka menjadi bertingkah aneh terhadap makanan, atau terobsesi oleh suatu kondisi yang berhubungan dengan makanan.
    Apabila Anda mengidap salah satu gangguan mental ini, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan ahlinya dan jangan menganggapnya hanya merupakan lelucon, tingkah aneh atau keyakinan dan prinsip. Untuk itu lihat saja daftar berikut ini.
    1. Orthorexia
    Ciri-cirinya adalah terobsesi dengan makan makanan-makanan sehat, penyakit ini bisa dikacaukan dengan diagnose sebagai anoreksia di mana perbedaan utamanya adalah alasan di balik kebiasaan makan ini. Anorexics (pengidap anarexia) terobsesi dengan pengurangan berat badan, sedangkan orthorexics (pengidap orthorexia) merasakan suatu kebutuhan akan makanan yang sehat atau makanan "murni" atau alami. Orthorexia tidak dikenal oleh DSM IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders) dan secara umum tidak terdiagnose, tetapi gejalanya sedang mewabah dewasa ini. Anda dapat membaca cerita tragis tentang seorang gadis yang pada akhirnya menyerah pada orthorexia ini.
    2. Prader-Willi Syndrom (PWS)
    PWS disebabkan adanya cacat chromosomal. Ini bukanlah penyakit turunan dan penyakit ini bisa menyerang laki-laki atau perempuan semua ras. PWS dapat membawa serta sejumlah gejala-gejala termasuk kekurangan ketrampilan gerak motorik tubuh, pertumbuhan yang tidak sempurna, dan keterbelakangan mental. Sebagai tambahan, PWS juga menyebabkan selera yang tak terpuaskan. Meninggalkan sifat tidak terkendali, yang mana si penderita memakan – arti sebenarnya – diri sendiri sampai mati. Perawatan dengan hormon pertumbuhan dan diet kalori rendah mutlak harus dilakukan. Pada film serial televisi CSI tahun 2005, sindrom Prader-Willi diangkat sebagai salah satu tema cerita.
    3. Pica
    Pica barangkali penyakit paling menarik di daftar ini. Ini adalah gabungan antara kekacauan mental mengenai makanan dan masalah kejiwaan umum. Orang-orang dengan pica merasakan adanya paksaan untuk memakan benda yang bukan makanan dan bukan bahan nutrisi. Seperti memakan puntung rokok, obat nyamuk bakar, rambut, tanah, atau kaca dan benda tajam lainnya. Penderita pica beresiko sakit atau bahkan kematian disebabkan masuknya bahan-bahan berbahaya ke dalam tubuh.
    4. Bigorexia
    Bigorexia dikatakan sebagai lawan dari anorexia. Bigorexia adalah satu-satunya kekacauan mental disebabkan makanan di daftar ini dengan penderitanya lebih banyak pria dibanding wanita. Bigorexics adalah latihan penuh paksaan, mengambil suplemen tambahan, dan sangat memperketat diet mereka. Bagaimana pun berotot dan kekarnya tubuh mereka, mereka tetap merasa malu untuk memperlihatkan tubuh mereka karena mereka pikir tubuh mereka belum cukup bagus. Karena gangguan mental jenis ini sudah lama diihat sebagai penyakit anak perempuan sehingga banyak kaum yang mengidap gangguan malu untuk mengakuinya.
    5. BED (Binge Eating Disorder=gangguan kesenangan berlebihan dengan makanan)
    BED adalah suatu kondisi yang terpisah dibanding bulimia. Kondisi ini dianggap sebagai kekacauan yang umum karena makanan, namun ditetapkan di dalam DSM IV sebagai suatu bagian dari EDNOS (Eating Disorder Not Otherwise Specified=Kekacauan makan bukan oleh sebab-sebab yang spesifik). Ini adalah suatu kategori yang luas dari kekacauan mental disebabkan makanan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
    - Pada perioide tertentu mengonsumsi makanan secara tidak terkontrol, baik jumlahnya maupun temponya, di luar serangan bisa normal kembali.
    - Makan dengan gelisah, dan biasanya makan dalam jumlah berlebihan saat bosan, stres atau depresi.
    - Makan dalam jumlah besar walaupun tidak benar-benar lapar.
    - Takut makan di depan orang lain karena malu dengan kelainan ini.
    - Timbul perasaan bersalah, menyesal diakhiri dengan depresi pada pasca serangan.
    6. Anorexia Athletica
    Sementara tidak secara teknis digolongkan sebagai penyakit terkait dengan makanan, karena orang yang menderita kekacauan ini hampir tidak pernah didiagnose tanpa kehadiran dari kekacauan yang lain. Seperti namanya, seseorang dengan anoreksia athletica melampaui perasaan yang normal dari kebanyakan kita setelah mereka menempuh sebuah latihan lari panjang yang bagus atau suatu sesi yang berhasil di dalam ruang senam atau fitness. Perasaan ini bukanlah pilihan untuk mereka pada penyakit ini, dan mereka sering kali mendorong diri mereka sendiri untuk melakukan tindakan berlebihan atau bahkan rasa sakit serius hanya untuk mendapatkan tubuh yang sempurna.
    7. NES (Night Eating Syndrome=sindrom makan malam)
    NES adalah jenis kekacauan baru, mirip seperti orthorexia dalam diagnosa cepat. Korban makan malam berupa kegemukan biasa atau kegemukan berlebihan, yang hampir tidak makan apa pun di pagi hari dan sepanjang hari atau makan kurang dari separuh kalori yang dimakan pada malam hari. Mereka sering kali mengalami kesulitan untuk tidur atau terjaga pada malam hari untuk memenuhi hasrat untuk makan. Seperti orang dengan ED lainnya, orang-orang dengan NES sering tertutup tentang kebiasaan makan mereka dan tidak suka mengakui bahwa ada masalah.
    8. BBD (Body Dysmorphic Disorder=kekacauan tubuh dysmorphic)
    Sementara BDD bisa saja didiagnose tanpa kehadiran suatu ED. Orang-orang dengan BDD diyakinkan mereka mempunyai sejumlah cacat-cacat, tidak hanya termasuk perasaan kegemukan yang jelek, tapi juga karena mempunyai rambut, gigi yang jelek, atau bau badan yang sangat tidak enak. Hal ini melampaui kegelisahan remaja secara umum tentang penampilan. Ketika seorang penderita BDD melihat bayangan dirinya di dalam cermin, mereka melihat sosok yang benar-benar berbeda dibanding orang di sekitarnya.
    9. Bulimia Nervosa
    Bulimia dicirikan ditandai oleh lingkaran kesenangan berlebihan akan makanan dan pembersihan. Ketika kebanyakan orang berpikir tentang bulimics (pengidap bulimia), mereka berpikir tentang diri sendiri yang terbujuk memuntahkan makanan dengan maksud membersihkan. Selain dengan cara memuntahkan untuk membersihkan, para bulimics juga melakukan pembuangan air seni dan berak. Selain itu, para bulimics menggunakan sirop ipecac atau gerakan menggelitik kerongkongan untuk memuntahkan. Seorang bulimics sangat menyadari perilaku mereka itu adalah hal yang tidak biasa atau tidak benar, dan mereka akan bersusah payah untuk menyembunyikannya. Yang menarik, seorang bulimics dengan siklus pembersihan yang tidak berlebihan akan mempunyai berat badan yang normal. Hanya mereka yang membersihkan lebih dari ukuran normal yang memperlihatkan tanda-tanda suatu ED.
    10. Anorexia Nervosa
    Penelitian-penelitian terbaru memperkiraka ada 1 dari 100 gadis remaja menderita anorexia, yakni kekacauan berupa kesediaan untuk tidak makan dan lapar dalam jangka waktu lama, dengan hanya makan sedikit sekali disebabkan stres untuk menjaga berat badan. Anak-anak perempuan berusia 8 tahun-an sudah ada yang diopname dengan kondisi ini. Pemetaan otak pada penderita anorexia menunjukkan kecanduan mereka untuk tidak makan adalah sama besarnya seperti orang yang kecanduan narkoba atau alkohol berat. Anorexics (penderita anorexia) beresiko lebih besar untuk berbuat lebih parah disebabkan anorexia itu sendiri dan kemungkinan mengidap ED yang lain, seperti kebanyakan rasa kecanduan, tidak pernah hilang begitu saja. Mereka yang mengalami perawatan dan tidak lagi menunjukkan gejala-gejala atau tanda-tanda kekambuhan mereka dipertimbangkan di dalam penyembuhan dan harus menjaga diri dari dorongan-dorongan di luar kendali. Bahkan orang sembuh setelah bertahun-tahun, hanya karena suatu peristiwa dapat memicu ulang penyakit ini. Bagaimanapun, mereka yang sungguh-sungguh mengatur untuk memelihara datangnya penyakit dapat memulihkan diri secara penuh dan dapat hidup dan makan secara normal.
    http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=14458&post=1
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    ronibadakh Beginner Members

    Joined:
    Sep 18, 2008
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,966 / -0
    thank buat infomasinya bro.......

    gw rasa ini merupakan satu hal yang mesti di perhatikan... karena makan adalah kebutuhan primer...
     
  4. Offline

    d3n17y Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    609
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,431 / -0
    wah, jadi ngeri klo dipikirin. thax infonya . penting banget nioh
     
  5. Offline

    BaronTrance Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +37 / -0

    hhhh.. ini paling banyak ane temuin d tipi2...

    tapi mereka katanya klo ga makan itu.. malah pusing2.. ~_~
     
  6. Offline

    kill_willys Silent Reader Members

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -1
    waduh yang ini kok mendekati kebiasaan gw
    jangan" gw kena yang satu ini :onion-66:
     
  7. Offline

    nanda_abiz Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 4, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    ini gw banget tuh... tapi kok sayangnya gw ga gemuk² ya... jangan² ada varian lain nih....:em0800:
     
  8. Offline

    debridementist Beginner Members

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +25 / -0
    jd ngidam pada wanita hamil itu jg termasuk metal disorder krn makanan yach ???
     
  9. Offline

    greenteanovi211 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    Wah gw masuk apa ya...
    Udah hampir 1 tahun gw makan cuma 1x sehari (tapi makan normal satu porsi),, gw cuma makan siang aja..
    Alasannya juga bukan takut gemuk.. tapi cuma karena malas makan aja.. Gw pernah gak makan 1 hari lebih karena gw males makan (males keluar nyari makan)...
     
  10. Offline

    harvester Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    137
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    Makan tengah malam....sering tuh saia, tapi sindrom lapar terus... Pagi, Siang, Malam makan teratur juga...emang saia rakus kayaknya gan... :D
     
  11. Offline

    poypoy17 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    wwkwkwk .. gw ada dari beberapa point tuh ..
    gw juga sering makan malam ..
    namanya juga anak internet susah x ..
    pagi waktunya tidur
     
  12. Offline

    NeverShowNever Silent Reader Members

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ih ngeri2 sakit mentalnya
    semua hanya karena makanan ?
    gila juga...
     
  13. Offline

    rubah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    825
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +29 / -0
    ngeri..karena makanan jadi kayak gitu..:onion-94::onion-94:
     
  14. Offline

    alexjhon Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +73 / -0
    wew.. gw kira gw ampirkena salah satu dari itu .. T__T hu9
     
  15. Offline

    peter82 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    3,524
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +39,413 / -0
    kalo vampir maunya makan n minum darah doang termasuk bagian mana?.......:???:
    di harapkan jawaban dari TS......... :onion-65: :onion-65:
     
  16. Offline

    nungguibu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2009
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +63 / -0
    wah sama kk, mirip kyk gw, bedanya gw makan malem doank skitar jam 9-10. sebelom2na pagi2 doank makan roti.. ini bahaya ngga yah? waktu cek ke dokter gara2 flu sih katanya lambungna juga sakit.. tapi udah kebiasaan jg sih
     
  17. Offline

    darkArf Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 12, 2009
    Messages:
    695
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +289 / -0
    Wah, ternyata bisa kaco juga karna makanan..

    Harus hati - hati nih. Thanks infonya..
     
  18. Offline

    black_log Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    :swt: gw NES !
    gra" bioskop T**ns tv..
    jd kbiasaan
    dn gw jg g gemuk"
    kali aj gw cacingan jg ya ??
     
  19. Offline

    logila Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +159 / -0
    BED (Binge Eating Disorder=gangguan kesenangan berlebihan dengan makanan)

    hii! yang ini serem banget! tunggu perut pecah kali yah!
     
  20. Offline

    eXcImEr Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,264
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +35,906 / -1
    yang terobsesi pada makanan sehat itu biasanya orang2 kaya gan :hehe:
     
  21. Offline

    reki_to_yuri Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    234
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +29 / -0
    waktu kecil gw doyan nelen kertas ama lem, kira2 termasuk penyakit ini gak ya?? btw, skarang sih udah enggak..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.