1. Anda bisa mengganti Theme sesuai dengan selera anda. Kami menyediakan beberapa Themes dengan warna yang bervariasi. Anda bisa merubahnya di pojok kiri bawah. Atau klik link INI
  2. Dalam menyambut Star Wars Day, Kami menghadirkan beberapa User Title bertema Star Wars. Anda akan menemukan Jedi, Stormtrooper dan juga Darth diantara kalian. "May The Force Be With You".

10 Budaya Indonesia Yang Di Klaim Malaysia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Aug 24, 2009.

   ShortURL:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Jedi Knight Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,619
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,958 / -0
    Sungguh sangat Menyakitkan hati bangsa indonesia atas ulah negeri tetangga yang telah banyak meng klaim budaya-budaya indonesia,mengapa negara tetangga tersebut begitu leluasa meng klaim budaya kita?apakah karena kita terlihat begitu lemah??mengutip perkataan bapak jero wacik selaku menteri budaya dan pariwisata sore tadi yang mengatakan bahwa "Kita adalah negara kaya kebudayaan,sedangkan negara tetangga miskin kebudayaan,makanya dia berusaha untuk memiliki sebagian kebudayaan tersebut"..sepertinya kok tenang-tenang saja dan cenderung pasrah begitu saja budaya kita dicomot dan di injak2 oleh negara tetangga.sungguh sangat ironis sekali,padahal yang namanya budaya itu adalah smbol suatu negara,jikalau budaya kita sudah dipermainkan serta di klaim,itu sama saja menginjak2 harga diri bangsa indonesia...dari semua budaya yang di klaim malaysia,saya menulis 10 besar yang telah di klaim ....

    1.Batik
    [​IMG]
    Klaim Malaysia atas batik sangat meresahkan perajin batik Indonesia. Bangsa ini harus segera menghapus bayang-bayang yang meresahkan itu agar perajin batik Indonesia di kemudian hari tidak perlu memberi royalti kepada negara lain.
    Perajin batik Pekalongan, Romi Oktabirawa, mengatakan hal itu dalam pembentukan Forum Masyarakat Batik Indonesia di Jakarta. Romi mengatakan, generasi batik masa lampau hanya melihat kompetisi antarperajin di dalam negeri. Kini, sudah saatnya perajin batik bersatu, menunjukkan eksistensi bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia.

    Untuk melestarikannya, Pemerintah Indonesia akan menominasikan batik Indonesia untuk dikukuhkan oleh Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage).
    2.Tari Pendet
    [​IMG]
    Geram dan marah muncul dari masyarakat Indonesia menyikapi klaim kebudayaan yang dilakukan Malaysia. Berbagai aset budaya nasional dalam rentang waktu yang tak begitu lama, diklaim negara tetangga. Pola pengklaimannya pun dilakukan melalui momentum formal kenegaraan. Seperti melalui media promosi ‘Visit Malaysia Year’ yang diselipkan kebudayaan nasional Indonesia.
    3.Wayang Kulit
    4.Angklung
    5.Reog Ponorogo
    6.Kuda Lumping
    7.Lagu Rasa Sayange
    8.Bunga Rafflesia Arnoldi
    9.Keris
    10.Rendang Padang

    Sepertinya Malingsia tidak ada puas-puasnya meng klaim kesana kemari terhadap budaya indonesia,malah belakangan ini bahasa Indonesia akan di klaim juga sebagai milik malingsia dengan nama bahasa melayu...sungguh suatu tindakan yang sangat tidak beretika.
    sepuluh budaya yang di klaim tersebut diatas masih sebagian kecil dari yang sudah di klaim,masih banyak lagi budaya serta milik bangsa indonesia yang di klaim malingsia...misalnya pulau sipadan dan ligitan,tenun ikat sambas,pulau gosong di kal-bar,tari poco-poco,sebuah lagu dari sumatra barat,rapa'i dan serunai dari aceh,dan yang masih heboh klaim pulau ambalat,dan masih banyak lagi...masihkah kita berdiam diri sementara negara telah di obok-obok oleh malingsia?sungguh sangat ironis sekali apabila pemerintah hanya terdiam dan cuma geleng-geleng kepala tanpa mengambil tindakan..


    Code:
    http://bughisy-anda.blogspot.com/2009/08/10-budaya-indonesia-yang-di-klaim.html
    Malaysia Bantah Klaim Budaya Indonesia sebagai Budaya Aslinya


    Code:
    http://www.antara.co.id/view/?i=1196868408&c=NAS&s=
    Lagu Untuk Malingsia


    [​IMG]
    Code:
    http://netzseek.co.cc/index.php/artikel/umum/44-lagu-untuk-malingsia.html
    Code:
    http://ctoonz.wordpress.com/2008/10/01/malaysia-miskin-budaya-megklaim-budaya-asli-indonesia/
    Sebab Musabab Klaim Malaysia menurut Dekan Universitas


    Code:
    http://www.animedie.com/forum/News-Politics/Sebab-Musabab-Klaim-Malaysia-menurut-Dekan-Universitas..
    Code:
    http://koalung.blogspot.com/2007/10/lagu-kebangsaan-malingsia-negaraku_30.html
    10 kegoblokan forumer malingsia

    Code:
    http://id-top.blogspot.com/2007/12/10-keegoblokan-forumers-malingsia.html
    enjoy!kalau ada yang salah mohon dimaafkan.

    Anak Muda Malaysia Lebih Sreg Bahasa Gaul Indonesia
    Code:
    http://berita8.com/news.php?tgl=2009-08-24&cat=2&id=14401
    Code:
    http://attayaya.blogspot.com/2009/08/malaysia-murid-yang-murtad-dan-durhaka.html
    Code:
    http://news-choice.blogspot.com/2009/08/inilah-komentar-warga-malaysia-soal.html
    Malaysia Sampaikan Maaf Soal Pendet

    Code:
    http://www.antaranews.com/berita/1251375308/malaysia-sampaikan-maaf-soal-pendet
    Discovery Channel Inc Minta Maaf Soal Tari Pendet
    Code:
    http://www.koran-jakarta.com/ver02/berita-terkini.php?id=657
    Inilah pendapat mahasiswa indo s2 di malingshit (Yang sudah dicuci otaknya?

    Inilah pendapat mahasiswa indo s2 di malingshit (Yang sudah dicuci otaknya?)
    sekedar sharing2 pendapat seorang mahasiswa s2 yang percakapannya ga jelas deh :malu:
    media: y**** massanger
    4.00 P.M (dengan editan)

    M: orang indo tinggal di sby
    L : Mahasiswa s2 indo kul di malon
    percakapannya kya gni gan...:malu

    berikut percakapannya
    M: ati2 disandera bang
    M: haha
    L: huahahaha..
    L: gilak..
    L: gk ada apa2 kalee..
    L: di indonesia aja yg ngeboh2in
    M: gilak kmren masuk brita polis malingsit menghajar TKI
    M: ya malaysia takut sih
    M: malay kan pnyanya cma british
    L hahaha..
    M: malay emang pnya apa lagi?he
    L: ya byk lah..
    M: PM nya aja mah*
    L: terutama dlm hal hubungan bilateral...
    M: wkkw
    L: palagi polisi2 kita tuh..
    L: klo prang gk dpt lg sogokan dri ***** malaysia..hahaha
    M: dsini siap2 bwt angkat senjata
    M: :army:
    L: ah..
    L: gk caya ak bkl jd..
    M: gak baca orng malay jelek2in indo ya
    L: masalahnya pemerintah kita gk peduli ama nasib rakyatnya..
    L: udah lah..
    L: ngapain kw capek2 ngurusin gtuan..
    L: gk bakal terjadi deh..
    M: parah tu malay da g pnya apa2 lagu kebangsaan aja nyolong
    L: ngerugiin kita semua..
    L: klo perang ntar am****a bkl masuk ketengah2..
    M: emang kita di rugiin malingshit
    L: lgian jg yg nyiksa itu **** malay..
    L: harusnya mereka yg dberantas..hahaha
    M: koq bsa?
    L: makanya hrs dbedakan dl..
    L: kita perang ama malaysia..
    L: malaysia mayoritas ******..
    L: berarti kita perang ama sodara kita sendiri..
    M: keknya ada yg adu domba
    M: haha
    L: pdhl dsisi yg lain yg ngerugikan bkn melayunya..
    L: makanya..
    L: kita di indonesia keburu panas2 gk jelas..
    M: bkn gag jelas
    L: ngerugiin kita aja kali..
    M: panasnya jelas panas bner
    L: anggap lah kita menang..
    L: trs am****a kali yg bkl seneng..
    L: senjatanya jd laris djual..
    L: mumpung mereka lg kekurangan duit skrg kan..
    M: kalo perlu malay jadi bagian indonesia
    L: otomatis nambah pemasukan dr penjualan senjata..
    L: ya klo mw jd bagian caranya kan bisa dtempuh lwt jalan lain...
    L: mgkn ngerubah indonesia jd negara ******..
    L: jelas2 kita mayoritas ******..
    L: 90%..
    L: yg salah itu negara kita kali..
    M: mana bisa
    L: gk usah ngeliat negara luar..
    M: hmm..
    M: siapa yg ga panas
    M: kebudaayan direbut
    L: lbh bobrok kita dbandingkan ama malaysia..
    L: klo kita dh pebaikin negara kita..
    M: lagu dijelek2kan
    L: br lah bisa ngomong malaysia bobrok..
    L: skrg gini lah ..
    L: mereka itu dl bagian dr nusantara..
    M: prsaan hutang banyakan malingshit
    L: gk kw denger dl penjelasan ak..
    L: mereka ada melayu, jawa, bugis..
    L: kita jg ada melayu, bugis ama jawa..
    L: ya otomatis kebudayaan mereka sama dunk ama kebudayaan kita..
    L: trs merebut dan mengambil dr segi mana yg kw maksud..??
    L: yg dmaksud org indonesia??
    M: ya merebut lah kan itu da dipaten kan sma indo
    L: mana hak patennya..
    L: buktinya departemen kita gk bisa ngebantah kan..
    L: ya krn kita sendiri gk peduli ama kebudayaan kita..
    L: cth,,
    L: kita punya anak..
    L: trs kita buang anak kita..
    L: lalu diasuh ama malaysia mpe jd besar dan pintar..
    L: lalu pas dh terkenal lantas kita ngaku itu anak kita..
    L: skrg yg keliatan piciknya indonesia ato malaysia..??
    M: ya ngga gtu juga
    M: emang spa yg membuang n jadi terbuang ya
    L: ngeliat permasalahan jgn dr satu arah...
    L: gk org2 indonesia berpikiran itu kepunyaan dia..
    L: sedangkan malaysia jg berpikiran kepunyaan dia..
    L: ya masing2 punya hak, krn memang kebudayaan masing2..
    L: nah berarti solusinya kan sapa cepet dia dapet..
    L: kan gt...
    L: nah p********* kita yg dpimpin org2 tua itu dh ********* semua..
    L: gk ada yg cepet..
    L: makanya kalah kita ama malaysia..
    L: MRT, monorail mpe jembatan selat sunda aja gk kelar2..
    L: it dl diurusin...
    L: cthnya lg gini lah..
    L: kita bersodara kan M..
    L: misalnya..
    L: trs meninggal org tua kita..
    L: lantas harta ortu itu ke siapa..
    M: haha
    L nah permasalahn indo ma malaysia itu kek gt..
    L: marah2 gk jelas abisnya..
    M: oke
    L: dasar kita marah gk jelas..
    M: haha
    L: klo mslh ligitan ama sipadan..
    L: itu wajar klo kita marah..
    L: tp klo kebudayaan mah gk sepantasnya..
    L: sebab gk ada unsur kedaulatan..
    M: ngga juga si mnrutku
    M: kebudayaan tu hasil rasa karsa suatu daerah yg ditempati yg mnjadi ciri khas daerah itu
    L: cth satu lg la gini..
    L: bunga bangkai..
    L: bunga bangkai itu ada dmn menurut kw??
    M: bkn diambil dri daerah orng lain
    M: kebudayaan tu hasil rasa karsa suatu daerah yg ditempati yg mnjadi ciri khas daerah itu
    M: contohnya reog..ya emang buyutnya dri ponorogo
    L: ok, berarti malaysia berhak jg kan mengklaim, krn apa??krn memang kebudayaan itu ada di daerah mereka
    M: koq bsa smpe malay
    L: ya memang ada di malaysia kali...
    L: kwnya aja yg gk taw..
    M: iya makanya itu dia namanya malingshit
    M: brrti malingshit trully indonesia
    L: reog ponorog dh jd kebudayaan tradisional di malaysia dri jaman kakek kakek kita blom lahir..
    L: dan memang ada bukti menyatakan bhwa jaman penjajahan inggris reog menjadi salah satu hiburn pagi petinggi inggris..
    M: iya itu sebelum buyutnya malingshit lahir jga ada di ponorogo
    L: sekitr abad ke 17
    L: ya trs jaman itu kan blom ada indonesia...
    L: blom ada malaysia..
    L: yg adanya suku jawa, suku batak..
    L: nah konek gk kw skrg..
    M: zzz
    L: dan suku jawa itu ada di malaysia..
    L: begitu jg suku minang, suku melayu...
    L: sama kek bunga bangkai..
    M: iya itu cma pengungsi aja
    L: kutnyalah kw?? ada dmn??
    M: sedangkan ponorogo termasuk indo
    M: regional malaysia itu bner2 orng malay kan di kaskus brrti mereka ngeliat tulisan orng indonesia kan
    L: ok skrg kutanya ama kw..
    L: bahasa indonesia itu bahasa siapa??
    L:: klo argumen kw menyatakan bahwa segala sesuatu berdasarkan daerah..
    M: ya orng indonesia lah
    L: tu lah kw dah salah kan..
    L: bahasa indonesia ini berasa dri bahasa melayu...
    L: dan bahasa melayu adalah bhs utama org malaysia..
    L: kemudian berdasarkan konferensi bahasa seindonesia dtetap kan aturan2 tertentu..
    L: utk mengakomodasi banyaknya suku di indonesia..
    L: mk beberapa kata2 tertentu dmasukkan kedalam bahasa melayu tersebut..
    L: dgn mengubahsesuaikan berdasarkan keputusan bersama..
    L: maka bahasa tersebut menjadi bahasa indonesia..
    L: nah hrsnya org indonesia malulah dh ngambil bahasa malaysia...
    L: hahahaha...
    M: zz
    M: malaynya lah yg malu
    M: ngomongnya aja gak bener
    L: ya itu dr sisi kw kan.
    L: tp dr sisi historis..
    L: bahasa kita memang bahasa melayu..
    L: gk usah mutar2 ke gk bisa ngomong lah, gk bisa apa lah..
    L: makanya klo masalah kebudayaan..
    L: itu menjadi bias, krn mereka berhak mengklaim..
    L: dan kita jg berhak mengklaim..
    L: krn memang kita satu rumpun dan bersaudara dgn mereka..
    L: dr jaman sriwijaya mpe majapahit...
    L: tp kemudian dpisahkan setelah kekalahan belanda ama pemerintah inggris..
    L: berdasarkan perjanjian KMB wilayah indonesia hanyalah wilayah belanda...
    L: makanya malaysia gk masuk...
    L: TP klo kita ngomongin kedaulatan...
    L: wilayah negara dan batas2 negara...
    L: itu baru bisa..krn memang dh jelas perjanjiannya...
    L: jd,,,KLO org indonesia mw marah2,,,marahnya yg betul..
    L: jgn marah2 gk jelas..
    M: apa ne ksimpulannya?
    L: kesimpulannya, kesalahan ada di pemerintah kita dlm hal kebudayaan..
    L: klo soal TKI memang di pihak malaysia..
    L: dan kebayakan itu memang dilakukan oleh kaum ******* dan jg krn kekurang cakapan TKInya..
    L: so pihak malaysia dan indonesia hrs kerja sama dlm hal itu..
    L: terutama pihak malaysia, krn kjadian berlaku di daerahnya
    L: ak mwnya org2 kita ngeliat mslh ini dgn kepala dingin..
    L: jgn membabi buta gk jelas.
    L: kek anak2 malahan jdnya
    L: hahaha
    (8/2*/2009 4:04:46 PM):

    kesimpulannya: kayanya kita lagi diadu domba nih, damai itu indah n jangan liat suatu masalah dari satu sisi,,n jangan generalisasi dosa dri beberapa orang,,kita bangsa yg kuat dan tidak mudah terprovokasi hidup indonesiaku

    Code:
    http://www.kaskuserz.com/forum/Inilah-pendapat-mahasiswa-indo-s2-di-malingshit-Yang-sudah-dicuci-otaknya
    Inilah Politisi Malaysia Yang Sangat Menghargai Bangsa Indonesia
    Orang hebat dari negeri jiran malaysia gan... Namanya Anwar Ibrahim
    Di adalah sedikit dari masyarakat malaysia yg masih menghormati dan menghargai jasa-jasa 'GURU' mereka, bangsa Indonesia. Dia secara tegas berani mengkritik pedas pers mereka yang menurutnya terlalu kaku karena dikontrol penuh oleh pemerintah. Dia juga berani mengkritik masalah seni & kebudayaan indonesia yang diakui oleh pemerintah malaysia. Tapi di negaranya sendiri malaysia, dia dianggap orang sinting / tidak waras..

    Spoiler for anwar1:

    [​IMG]
    Spoiler for anwar2:
    [​IMG]

    Anwar Ibrahim juga pernah jadi bintang tamu di acara Kick Andy! Metro TV. Waktu itu gw juga liat dan itu udah lama banget kayaknya. Pertama gw liat acara tsb gw langsung heran masih ada orang malaysia yg begitu berbangga hati punya negara tetangga seluhur Indonesia.


    Rekaman acara Kick! Andy tersebut dapat juragan lihat di youtube


    ANWAR IBRAHIM @ KICK! ANDY


    Spoiler for kick!andy:




    “Saya tidak dendam pada Mahathir. Saya sudah memaafkan dia,” ujar Anwar Ibrahim. Pernyataan itu berkaitan dengan “penderitaan” yang harus dia tanggung di masa pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Muhamad. Datang langsung dari Malaysia dan tampil di Kick Andy, Anwar Ibrahim bicara blak-blakan tentang apa yang dialaminya waktu itu. Termasuk tuduhan dia melakukan perbuatan bejat yakni menyodomi supir istrinya dan saudara angkatnya. Mantan wakil perdana menteri Malaysia ini juga menceritakan bagaimana penyiksaan yang dilakukan polisi pada saat penangkapan atas dirinya dan kehidupannya selama di penjara. “Saya disingkirkan oleh Mahathir karena saya melawan praktek korupsi yang dilakukannya. Saya dulu wakil perdana menteri jadi saya tahu banyak penyelewengan yang terjadi. Itu salah satu alasan mengapa saya disingkirkan,” ujarnya. “Kalau mau aman, saya bisa saja diam. Toh tinggal satu langkah lagi saya jadi perdana menteri. Tapi, hati saya menolak untuk diam.” Soal tuduhan bahwa dia melakukan perbuatan sodomi juga diakuinya sebagai salah satu cara keji yang digunakan Mahathir untuk mendeskreditkan dirinya. Bahkan lebih jauh, dia dilaporkan melakukan perselingkuhan dengan istri salah satu stafnya. “Tuduhan itu tidak pernah bisa dibuktikan. Bahkan pelapor mencabut laporannya,” ujar Anwar yang ketika itu merupakan anak emas Mahathir dan dipersiapkan menggantikan orang nomor satu Malaysia itu.

    Anwar yang tidak bisa menutup mata atas penyimpangan keuangan yang terjadi pada masa itu, lalu turun berdemo di jalanan. Akibatnya, dia ditangkap. Tuduhan resminya, Anwar melakukan “korupsi” karena menggunakan kekuasaannya untuk mengancam saksi pelapor agar mencabut laporan mereka. Waktu itu supir istrinya dan saudara angkatnya melaporkan Anwar atas perbuatan sodomi yang mereka alami. Mereka kemudian mencabut laporan itu. Alasannya, dalam pemeriksaan mereka disiksa untuk mengakui telah disodomi Anwar. Namun, hakim yang mengadili perkara “korupsi” itu tetap pada keyakinannya dan memvonis hukuman enam tahun penjara bagi ayah empat anak ini. Selama di dalam penjara, istri Anwar, Datin Wan Azzisah mengambil alih perjuangan dengan mendirikan Partai Keadilan. “Saya beruntung mendapatkan istri seperti dia. Jelita wajahnya, jelita hatinya.”

    Anwar beruntung. Pada saat dia diadili untuk kasus sodomi, pemerintahan berganti. Perdana menteri yang baru, Abdullah Badawi, secara terbuka mengatakan tidak akan mencampuri urusan pengadilan itu. Ujung-ujungnya Anwar divonis bebas. “Saya berterima kasih pada Badawi. Dia orang baik. Tapi, dia terlalu lemah sehingga saat ini perekonomian Malaysia merosot tajam,” ungkap mantan menteri keuangan ini.

    Anwar yang sewaktu muda dulu pernah belajar di Indonesia mengaku memiliki hubungan emosional dengan Indonesia. Teman-temannya juga banyak. Antara lain Fahmi Idris, Adi Sasono, Amin Rais, Adnan Buyung Nasution, Taufiq Ismail, dan Rendra. “Itu sebabnya saya dibenci karena dianggap lebih pro Indonesia. Saya dituduh tidak nasionalis karena sering membela kepentingan Indonesia,” ujarnya. Salah satu yang paling sering dia kritik adalah perlakuan Malaysia terhadap tenaga kerja Indonesia. “Saya sering protes atas perlakukan terhadap TKI. Sering terjadi penyiksaan. Saya tidak ada urusan dengan nasionalisme. Saya melihat persoalan ini dari kacamata kemanusiaan,” dia menegaskan. Kondisi tersebut, menurut pria yang selalu tampil rapih ini, belakangan semakin menjadi-jadi. “Ini yang selalu saya kritisi. Sebab kalau pejabat tinggi seperti saya saja dipukuli, apalagi TKI,” ujarnya masgul. Karena itu, dia bertekad untuk memperbaiki keadaan dengan mencalonkan dirinya dalam pemilihan perdana menteri mendatang.

    Anwar mengaku tidak gentar pada berbagai cara yang dilakukan penguasa saat ini untuk mengganjalnya. Termasuk dengan adanya upaya mempercepat pemilihan pada 2008 nanti agar dia tidak bisa ikut bertanding. Pasalnya, akibat dihukum penjara enam tahun, hak poilitik Anwar dicabut.

    Selama lima tahun dia tidak boleh berpolitik. Karena baru dibebaskan 2004, maka kakek satu cucu ini baru boleh terjun ke politik pada 2009 nanti. “Saya akan maju terus. Saya sudah siapkan strategi kalau pemilihan dipercepat,” ujarnya. Kalau lawan politiknya menggunakan cara-cara kekerasan, apakah anak dan istri siap menanggung risiko untuk kedua kalinya? “Mereka sudah siap. Kami sudah berikrar. Saya akan maju terus.”





    Andai saja semua orang malaysia masih waras dan gak congak kayak dia ya gan..



    PUTRI SULUNG ANWAR IBRAHIM
    Spoiler for BOUNS:
    [​IMG]
    Code:
    http://www.kamusmalesbanget.com/forum/Inilah-Politisi-Malaysia-Yang-Sangat-Menghargai-Bangsa-Indonesia
    Code:
    http://www.berita8.com/news.php?tgl=2009-09-01&cat=18&id=14660
    Surat Perintah Pembubaran Malaysia
    dapet dari facebook
    [​IMG]

    Code:
    http://www.malonte.co.cc/2009/09/mengapa-indonesia-lebih-berjaya.html
    [​IMG]
    HUBUNGAN Indonesia dan Malaysia kembali memanas beberapa waktu yang lalu. Pemicunya lagi-lagi gara-gara Malaysia yang menggunakan kebudayaan Malaysia dalam iklan pariwisatanya. Kali ini giliran tari Pendet yang digunakan sebagai iklan Enigmatic Malaysia di Discovery Channel. Publik Indonesia langsung panas melihat iklan ini. Apalagi ditambah media yang gencar mengekspos berita ini. Memang iklan kali ini agak berbeda karena bukan dibuat semacam Departemen Pariwisata Malaysia, melainkan oleh pihak Discovery Channel. Dan mungkin itulah pula kenapa iklan itu bertajuk Enigmatic Malaysia bukan Visit Malaysia seperti yang biasanya. Kalau diartikan harfiyah Enigmatic Malaysia artinya ‘Malaysia yang Membingungkan‘. Jadi sebenarnya rakyat Indonesia tidak perlu terlalu marah karena bisa jadi sebenarnya iklan itu menunjukkan krisis identitas dalam kebudayaan yang sedang dialami oleh Malaysia sehingga mengambil budaya-budaya Indonesia:D

    Berbicara mengenai konflik Indonesia Malaysia, hal itu sudah lama terjadi bahkan ketika Malaysia baru berdiri. Seperti yang kita tahu kemerdekaan Malaysia adalah ‘pemberian’ Inggris sebagai penjajahnya. Secara nama, Malaysia yang berasal dari kata Malaya itu tentu saja logikanya jika akan dibuat Negara tentu ya wilayah jajahan Inggris di Semenanjung Malaya. Pertamanya memang seperti itu dan Indonesia tidak mempermasalahkan bedirinya Malyasia itu. Negara Malaysia atau yang lebih tepatnya Federasi Malaysia adalah negara federasi gabungan dari beberapa kerajaan local di wilayah Semenanjung Malaysia. Kalimantan Utara yang terdiri dari tiga wilayah yaitu Sabah, Sarawak dan Brunei tidak termasuk ke dalam wilayah Malaysia namun masih tetap berupa koloni Inggris.

    Namun ternyata Inggris memepunyai rencana lain tentang Negara Malaysia. Inggris hendak menggabungkan Kalimantan sebelah Utara bersama wilayah Semenanjung Malaya dalam satu Negara bernama Malaysia. Terang saja Soekarno selaku Presiden Indonesia saat itu sangat marah dan tidak terima. Bukan masalah Kalimantan Utara yang tidak masuk wilayah Indonesia itu tapi keberadaan Negara itu justru akan mengancam kedaulatan Indonesia karena hanya merupakan boneka Inggris. Jika wilayah Kalimantan Utara itu diisi Negara bentukan Inggris tentu peluang Inggris menguasai Indonesia, terutama Kalimantan, sangat besar. Tinggal lintas darat sudah sampai Kalimantan. Disamping itu semangat yang sedang berkembang di dunia adalah anti neo imperialism dan neo kolonialisme sedangkan penggabungan wilayah Inggris itu bisa dikatakan neokolonialisme.

    Soekarno tidak sembarangan beralasan seperti itu karena fakta memang membuktikan demikian. Indonesia mempunyai pengalaman yang tidak mengenakkan dengan percobaan neokolonialisme. Saat sekutu datang ke Indonesia, yang saat itu Indonesia sudah merdeka, dengan dalih melucuti Jepang ternyata sekutu diboncengi Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia. Bukan tidak mungkin kelak Negara Malaysia yang terletak di utara Kalimantan itu bisa diboncengi kepentingan Inggris. Kalau sampai Federasi Malaysia dan Kalimanan Utara bergabung tentu control Inggris di wilayah Asia Tenggara itu bisa menjadi semakin kuat.

    Dan ternyata ketidaksetujuan penggabungan itu juga dirasakan oleh rakyat di sekitar Kalimantan Utara itu. Mereka mempunyai alasan berbeda dengan pemerintah Indonesia yang cenderung beralasan politik keamanan. Rakyat Kalimantan Utara ingin membentuk Negara sendiri karena mereka merasa berbeda baik secara ekonomi, politik, sejarah bahkan juga kebudayaan dengan rakyat di Semenanjung Malaya. Ketidaksetujuan itulah yang mengantarkan terjadinya peperangan diwilayah Kalimantan Utara sana. Peperangan itu praktis bukan antara Indonesia melawan Malaysia, tapi antara pasukan Tentara Nasional Kalimantan Utara (TNKU) melawan Tentara Inggris baik dari Komando Timur Jauh maupun Brigade Gurkha yang aslinya adalah orang-orang Nepal. Ketika ada segelintir TNI yang terlibat itu bukan tindakan resmi pemerintah. Tentara Malaysia? Tidak ada kabar dan semakin membuktikan bahwa Kalimantan Utara memang hanya hendak dijadikan boneka Inggris.

    Peperangan di wilayah Kalimantan Utara itu terus berlangsung dengan tanpa keterlibatan pemerintah Indonesia aktif secara resmi. Untuk mengatasi peperangan itu secara diplomasi, para calon Negara-Negara anggota Malaysia dan pemerintah Indonesia serta Filipina berunding di Manila 31 Juli 1963. Akhirnya dicapai kesepakatan pembentukan Negara Malaysia baru itu boleh terjadi asalkan diadakan referendum apakah wilayah yang disengketakan itu [Sabah, Sarawak, Brunei] ingin bergabung dengan Malaysia atau tidak. Sayangnya ternyata kesepakatan itu dikhianati oleh Malaysia yang secara sepihak menyatakan bahwa calon Negara-Negara bagian yang ada, termasuk Sabah dan Sarawak , bergabung dengan Malaysia. 16 September 1963 dijadikan hari persatuan mereka meskipun hari kemerdekaan tetap dianggap 31 Agustus 1957 saat semenanjung Malaya dimerdekakan Inggris. Soekarno benar-benar marah atas keputusan sepihak ini. Ketika Malaysia bergabung dengan PBB dan menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesiapun dibawa Soekarno keluar dari PBB 7 Januari 1965.

    Sementara Sabah Sarawak dinyatakan bergabung dengan Malaysia, peperangan masih saja berlangsung di wilayah itu. Peperangan itu juga disertai demonstrasi di masing-masing kedutaan. Puncak peperangan itu adalah ketika terjadi serangan di wilayah Tebedu [perbatasan Indonesia Malaysia]. Versi lain menyebutkan adanya terjadinya perobekan foto Soekarno disertai diinjaknya Garuda Pancasila oleh Tunku Abdul Rahman, PM Malaysia pada tanggal 18 September 1963 atau dua hari setelah penggabungan itu. Meskipun tindakan itu dilakukan atas paksaan demonstran namun Soekarno terlanjur marah dan Indonesia secara resmi dan terbuka melakukan konfrontasi militer dengan Malaysia. Militer Indonesia menyerang Kalimantan Utara dan Semenanjung Malaya dengan slogan yang sangat terkenal bernama Ganyang Malaysia. Perseteruan dan konflik itu baru selesai setelah presiden Soekarno digantikan Soeharto sekitar tahun 1966.

    Jadi sebenarnya konflik Indonesia Malaysia boleh dibilang atas kuasa adu domba Inggris sekaligus terlalu patuhnya Malaysia pada Inggris. Soekarno sama sekali tidak ingin menganeksasi Sabah Sarawak [Kalimantan Utara] sebagai bagian dari Negara Indonesia. Ketidaksetujuan penggabungan Sabah Sarawak menjadi Malaysia itu lebih dikarenakan menghindari adanya control yang sangat berlebihan dari Inggris apabila Negara bonekanya bersatu. Iu adalah bentuk imperialism dan kolonialisme baru. Bersatunya wilayah jajahan Belanda menjadi Indonesia tidak bisa disamakan dengan persatuan Malaysia itu karena bersatunya Indonesia adalah dengan kuasa dan usaha rakyat Indonesia sendiri, bukan sekedar penyatuan tanpa keinginan rakyat. Soekarno mempersilahkan jika wilayah-wilayah Kalimantan Utara mendirikan Negara sendiri. Hal itu paling idak ditunjukan Indonesia dengan mempersilahkan rakyat Kalimantan Utara bereferendum menentukan nasibnya sendiri. Yang amat disayangkan lainnya Federasi Malaysia juga diam-diam saja waktu itu saat akan penggabungan Kalimantan Utara menjadi Negara Malaysia, padahal secara sejarah politik, ekonomi dua wilayah itu sangat berbeda.

    Sekalipun praktis secara perang terbuka sudah selesai namun ternyata bibit-bibit permusuhan itu masih ada sampai sekarang. Dan sayangnya lagi-lagi dipicu oleh Malaysia. Kalau dulu disebabkan imperialisme dan kolonialisme baru Inggris atas nama Malaysia kepada wilayah Kalimantan Utara, sekarang dilakukan sendiri oleh Malaysia tanpa bantuan Inggris dengan berbagai klaim budaya Indonesia dan pelanggaran perbatasan dalam usaha ekspansi wilayah sampai yang paling sering berupa tindakan represif structural terhadap TKI yang bekerja di sana. Ketika perseteruan itu mencapai puncaknya haruskah peperangan itu terjadi lagi? Padahal Indonesia dan Malaysia adalah Negara serumpun, Negara bertetangga yang bahkan sampai kiamatpun akan terus bertetangga.

    ______

    Sumber inspirasi: http://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia-Malaysia_confrontation dan beberapa sumber lainnya.

    Sumber gambar: http://media.photobucket.com/image/konfrontasi indonesia malaysia/tajudinhadiyono/tni1.jpg dan http://www.inilah.com/kartun/pop_editorial.php?id=148753
    Code:
    http://yasiralkaf.wordpress.com/2009/09/06/sejarah-asal-usul-konflik-indonesia-malaysia/
     
    Last edited: Sep 7, 2009
    • Like Like x 3
  2. Online

    lyneard Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    653
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +245 / -0
    pulau sipadan dan ligitan gak di masukin juga???
     
  3. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +95 / -0
    Emang Malaysia ini kalau belum perang sungguhan ga bakal kapok. Saking aja pemerintah kita kebanyakan nunggu di forum-forum internasional melulu tanpa buat tindakan pencegahan.
     
  4. Offline

    dolka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +984 / -0
    sekali lg. cm liat pemerintah yg manyun. btw nurdin m top gk masuk?
     
  5. Offline

    nrevolve Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    g bingung, emg pemenrintah indo ga ngadain pendekatan internasional terhdp pemerintah malaysia tentang masalah ini?
    kalo kayak gini terus2an kan bisa abis budaya indonesia ama mereka....
     
  6. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +95 / -0
    Kabarnya para teroris yang ngebom disini juga organisasinya ada di Malingsia ya?
     
  7. Offline

    RedH Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    454
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +35 / -0
    Emang susah bro, klo ngomong sama orang Goblok..... :onion-70:
    Klo kita ngajakin perang jg ntar Kita yg keliatannya salah :onion-45:
     
  8. Offline

    ninkin Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +184 / -0
    apa lagi yang mau diklaim malingsia??
    mreka memang ga tau diri, dulu aja waktu baru bebas dari inggris baek2 ama kita, minta tolong sgala macem
    nah skarang pas udah maju, malah kita diinjek2 :voodoo:
     
  9. Offline

    moron Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +21 / -0
    truly asia my as*...
    ganyang maling...:onfire::voodoo:
     
  10. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +95 / -0
    Truly Asia Thief kali maksudnya, bro. Kan emang maling. :haha:
     
  11. Offline

    Mamba Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +23 / -0
    **** off.....!!
    For maling!!!!
    :gunsmilie::devil2::gunsmilie:
     
  12. Offline

    iaquinta Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +3 / -0
    lam knal...

    se7 ma Virgo_shaka... emang bner2 truly thief asia... denger2 mau ngeklaim bahasa Indonesia dan akan ngeklaim sb bahasa melayu... yg bener aj?!
     
  13. Offline

    dmanska Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    402
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +87 / -0
    heran deh,itu negara emang ga punya yang namanya budaya apa????nyolong mulu dari punya orang!!!:onion-61::onion-61::onion-61:
     
    • Like Like x 1
  14. Offline

    witheblack Silent Reader Members

    Joined:
    May 22, 2009
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +16 / -0
    eiiit, Maling maling maling

    waspada ada maling, ada sabotase dari para maling, ada teror dari maling

    q orang Bali, ga tega tari pendet yang jelas2, nyata2, dan teramat sangat pasti ciptaan orang Bali diklaim sebagai milik MALINGSIA.

    tari pendet, batik, reog, dll adalah rasa INDONESIA
    bukan ala Malingsia
    (saksikan tari pendet ala malingsia)

    WKAKAKAKAKAKAKAKAKaaaaa................

    emang SEKALI MALING TETAP MALING
    bilangnya orang indo ga beradab, ga beragama, ga beretika
    nah lo ndiri maling
    ga tau malu

    TAIII lo .....
     
  15. Offline

    blademaster Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +92 / -0
    Iya nih......
    Gw juga sekarang udah gak suka sama malaysia....
     
  16. Offline

    AndhikA7X Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    518
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +190 / -0
    Stuju . .

    Truly Asia Thief
     
  17. Offline

    runth3 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 27, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +58 / -0
    ya ampun, si maling maunya ap sih???
     
  18. Offline

    jerukno15 Stormtrooper Executive VIP

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    2,681
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,358 / -0
    apa mungkin sebenarnya malaysia pingin bersatu sama indonesia?
    satu nusa satu bangsa kepulauan indonesia gitu....
    wkwkwkkwkwkwk......
    :haha:
     
  19. Offline

    n_iz_are Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,388
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,258 / -0
    wah..... Indo masuk 13 besar pasukan terkuat di dunia.....
    ak baru tau tu.....
    kalo perang harusny kita menang....
     
  20. Offline

    Virgo_shaka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +95 / -0
    Indonesia kalau mau perang sih bisa aja, tapi sekarang liat dibelakangnya malaysia ada siapa, bro.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. dr Wan Azzisah

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.