1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Zakat Penghasilan, Zakat Fitrah dan Zakat Mal Apa Bedanya dan Berapa Jumlahnya

Discussion in 'Money Talks' started by finansialku_com, May 10, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Apa saja jenis–jenis zakat itu? Bagaimana menghitung zakat secara akurat? Kali ini Finansialku akan membahas zakat penghasilan, zakat fitrah dan zakat mal apa bedanya dan berapa jumlahnya.

    [​IMG]

    Pengertian Zakat

    Secara etimologis, zakat memiliki arti sesuatu yang menyucikan dan bertumbuh. Artinya, meskipun secara fisik seseorang memberikan uangnya untuk orang lain, tetapi pada hakikatnya uang itu tidak hilang atau berkurang. Uang itu akan tumbuh menjadi kebaikan dan rezeki si pemberi pun juga akan bertambah karena keikhlasannya.

    Secara hukum agama, zakat merupakan salah satu dari rukun atau dasar Agama Islam. Artinya seorang Muslim wajib menjalankan zakat atau menjadi penerima zakat. Zakat berfungsi untuk membersihkan harta dari hak orang lain. Selain itu, zakat juga memiliki manfaat sebagai penghapus sifat buruk seperti kikir dan sombong dalam diri.

    Zakat sangat penting bagi kehidupan seseorang. Hal ini berkaitan dengan fungsi sosial di dalamnya. Jika seseorang memberikan zakat, maka akan ada orang lain yang menerimanya. Zakat yang diberikan berupa uang atau beras atau kurma akan bisa memperbaiki taraf hidup seseorang sehingga pemerataan ekonomi pun semakin baik.

    [​IMG]

    Jenis-jenis Zakat

    Secara fisik, ada 2 jenis zakat yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah adalah zakat yang diberikan saat bulan Ramadhan sebelum Idul Fitri. Zakat fitrah diberikan dalam bentuk uang ataupun beras atau kurma. Tujuan pemberian zakat fitrah adalah agar semua orang bisa makan makanan yang layak saat berlebaran.

    Sementara itu, zakat mal memiliki bentuk berupa uang. Di dalam zakat mal, terdapat beberapa kategori seperti pajak penghasilan, pajak hasil panen, pajak perhiasan, dan kekayaan lainnya. Syarat sebelum seseorang melakukan zakat adalah beragama Islam, merdeka atau bukan budak, berakal dan baligh, serta harta tersebut telah memenuhi nishab (takaran untuk berzakat).

    Perhitungan Zakat

    Untuk rumus perhitungan zakat, ada kelompok amil atau penyalur zakat yang akan membantu pemilik harta. Namun, ada baiknya Anda juga cukup memahami tentang hal ini sehingga proses pemberian zakat bisa dilaksanakan lebih cepat.

    Perhitungan 1: Zakat Penghasilan

    Zakat penghasilan dapat dihitung dengan mengurangi penghasilan total dengan utang. Setelah itu, kalikan hasil tersebut dengan 2,5%. Adapun nishab zakat penghasilan adalah 520 x harga makanan pokok (beras atau kurma) pada waktu itu. Jika seseorang memiliki penghasilan di atas nishab, maka zakat penghasilan harus dihitung.

    Sebagai contoh, seseorang memiliki penghasilan Rp10.000.000. Lalu utang cicilan mobilnya sebesar Rp3.000.000. Maka sisa penghasilan tersebut masih Rp7.000.000. Di sisi lain, harga beras 1 kg adalah rata-rata Rp10.000. Sehingga, 520 x Rp10.000 = Rp5.200.000. Oleh karena itu, jika penghasilannya Rp7.000.000 maka bisa diperoleh kesimpulan bahwa harta bulan itu mencapai nishab. Jumlah yang harus dibayarkan adalah Rp7.000.000 x 2,5% = Rp175.000.

    [​IMG]

    Perhitungan 2: Zakat Fitrah

    Menghitung zakat fitrah merupakan hal yang sangat mudah. Zakat fitrah jumlahnya sama setiap orang jadi tidak perlu penghitungan khusus setiap individu. Zakat fitrah adalah berupa bahan makanan pokok yang sesuai dengan makanan sehari-hari sang pemberi zakat. Misalnya di Indonesia rata-rata orang mengkonsumsi beras sebagai menu utama, maka beras adalah benda yang harus dijadikan media zakat fitrah.

    Setiap kepala baik bayi yang baru lahir hingga orang tua harus memberikan 3,5 Liter atau 2,5 kg beras. Apabila ingin dirupakan dengan uang, maka Anda harus memberikan sesuai harga dari 2,5 kg beras. Selanjutnya, penyalur zakat atau amil akan membelikan beras secara kolektif sebelum dibagikan pada orang yang membutuhkan. Jika perlu, biasanya lembaga amil zakat meminta beras seberat 2,7 kg atau uang senilai itu agar tidak sampai terjadi kekurangan jumlah zakat setiap individu.

    [​IMG]

    Perhitungan 3: Zakat Mal

    Perhitungan zakat mal adalah 2,5% x besarnya harta si pemberi zakat yang tersimpan selama 1 tahun. Harta tersebut dapat berupa emas, hasil panen, dan semua aset seperti tabungan, rumah, dan tanah. Orang yang memiliki kewajiban membayar zakat mal adalah apabila kekayaannya sudah mencapai 85 kali harga emas setiap gramnya.

    Contohnya, apabila panen dan emas yang dimiliki setahun adalah Rp100.000.000. Sementara itu, harga emas per gram adalah Rp500.000. Maka nishab atau batas minimal zakat adalah 85 x Rp500.000 = Rp42.000.000. Sehingga, harta orang tersebut di atas nishab. Ketentuan perhitungan yang harus diberikan adalah 2,5% x Rp100.000.000 = Rp2.500.000.


    Zakat mana yang harus Anda hitung mulai sekarang? Pada siapa Anda akan menitipkan zakat tersebut? Tentukan jawaban Anda dan bagilah informasi ini pada keluarga atau kerabat yang juga akan berzakat, terima kasih.


    Sumber:
    Zakat Penghasilan, Zakat Fitrah dan Zakat Mal Apa Bedanya dan Berapa Jumlahnya

    Baca Juga:
    5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney
    Donasi (Zakat, Perpuluhan, Derma) bersama Beruang Matahari
    Reksa Dana Syariah, Alternatif Produk Investasi
    5 Cara Positive Thinking yang Dapat Membuat Anda Lebih Sejahtera


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.