1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Yang Pertama Kali Memikirkan Alfabet

Discussion in 'History and Culture' started by Hyperangel, Jan 27, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Huruf-huruf dari suatu alfabet sebenarnya adalah tanda-tanda yang bersuara. Huruf-huruf alfabet Inggris didasarkan pada alfabet Romawi yang usianya kira-kira 2.500 tahun. Huruf-huruf besar hampir sama persis dengan huruf-huruf besar yang digunakan dalam prasasti Romawi pada abad ketiga sebelum Masehi.

    Sebelum alfabet-alfabet ditemukan, manusia menggunakan gambar-gambar untuk merekam peristiwa-peristiwa atau menyampaikan gagasan-gagasan. Sebuah gambar dari beberapa kijang bertanduk dapat berarti "Ini adalah daerah pemburuan yang baik". Jadi, ini sebenarnya adalah suatu bentuk penulisan. "Tulisan gambar" itu sangat dikembangkan oleh Bangsa-bangsa Babilonia, Mesir, dan Cina Kuno.

    Lambat laun, tulisan gambar mengalami perubahan. Gambar, bukan hanya berarti obyek yang digambar, juga mewakili gagasan yang berhubungan dengan obyek yang digambar. Misalnya, gambar kaki mungkin menunjukkan kata kerja "berjalan". Tingkat penulisan ini disebut "ideografik", atau "tulisan gagasan".

    Kesulitan dengan jenis tulisan ini adalah bahwa pesan-pesan dapat ditafsirkan oleh orang yang berbeda-beda dengan cara yang berbeda-beda. Jadi, sedikit demi sedikit metode ini berubah. Lambang-lambang muncul untuk mewakili gabungan-gabungan suara. Misalnya, jika kata untuk "lengan" adalah "id", gambar lengan berarti suara "id". Tingkat penulisan ini dinamakan "tulisan berdasarkan suku kata".

    Bangsa-bangsa Babilonia, Cina dan Mesir tidak pernah mengalami tingkat penulisan ini. Bangsa Mesir benar-benar menyusun semacam alfabet dengan menyertakan 24 tanda di antara gambar-gambar mereka yang mengandung huruf-huruf atau kata-kata yang berbeda dari masing-masing satu konsonan. Tetapi mereka tidak menyadari nilai dari penemuan mereka.

    Kira-kira 3.500 tahun yang lalu, orang-orang yang tinggal dekat pantai Mediterania bagian timur membuat langkah besar yang menuju pada alfabet kita. Mereka menyadari bahwa tanda yang sama dapat digunakan untuk suara yang sama dalam segala hal. Jadi, mereka menggunakan sejumlah terbatas tanda-tanda dengan cara ini dan tanda-tanda ini menjadi sebuah alfabet.

    Perkembangan alfabet mereka digunakan oleh Bangsa Yahudi dan kemudian Bangsa Phoenix. Bangsa Phoenix membawa alfabet mereka kepada Bangsa Yunani. Bangsa Romawi mengambil alfabet Bangsa Yunani dengan beberapa perubahan dan tambahan dan meneruskannya kepada orang-orang Eropa bagian Barat dalam alfabet Latin. Dari sinilah asalnya alfabet yang kita gunakan sekarang

    src:http://aku-ingin-tahu.blogspot.com/2008/11/siapa-yang-pertama-kali-memikirkan.html
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
    Last edited: Jan 29, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. aoi_azzura M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +61 / -0
    Alfabet memang breakthrough. Sama seperti angka arab (digit). Ilmu modern tidak akan maju tanpa alfabet dan angka arab.
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    kalo ga ada alfabet manusia ga bs komunikasi kali ya?
    paling cm ngomong uwa, uwa aja
     
  5. SanD5 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,932
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,717 / -0
    y iyalah, klo lom da alfabet berarti masi jaman prasejarah kan :piss:
     
    • Like Like x 1
  6. playmate M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +132 / -0
    sekarang ini alfabet sudah berkembang sampai mana yah?? :???:
     
  7. phunixid M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 6, 2010
    Messages:
    12,796
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,859 / -0
    dunia ini memang aneh

    huruf Arab bukan berasal dari Arab tetapi memang bangsa Arab yang menyebarkan ke seluruh dunia
    sejak kapan black box berwarna black (hitam)?
    apa hubungan Sandwich dengan Sand?
     
  8. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    cerita tentang alfabet dibawa novelis paulo cuelho ke dalam novelnya
     
  9. ifaikar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    705
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,789 / -0
    gila pinter juga tuh orang'a...
    sampe" bisa terpikirkan tentang alfabet...
    salut gwe sama tuh orang...
    :top:
     
  10. sinsisme M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    1,538
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,672 / -0
    Hebat yang menemukan huruf alphabet yang sampe sekarang kita gunakan ini :top:

    Lalu siapakah yang menemukan "angka" yang membuat kita menghitung banyak hal :bingung:

    Btw :niceinfo:
     
  11. Armandotop122 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    443
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +338 / -0
    tapi yang ane heran kenapa huruf mandarin walopun dia sulit bisa mengimbangin duniau ya?
    hebat
     
  12. auliozola Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    o jadi gitu....
    trus penyebarannya gimana ia ko bisa sampe di indonesia ??? :???:
    trus kenapa orang cina,jepang,korea dkk itu pake huruf g jelas gitu....
    apa g da penyebaran ke negara mreka ia?
    trus sapa yang nemuin huruf2 mereka???
     
  13. desmon91 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    404
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,078 / -0
    itu sesudah jaman bercocok tanam kaga gan?ato sesudah jaman berburu??:bingung:
     
  14. ranlulabie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 7, 2010
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Kalo tulisan China tu buanyak banget.... apalagi les mandarin, butuh 10 tahun baru bisa lancar..... awkakwkawkakw
     
  15. katsuhito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 24, 2010
    Messages:
    1,170
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +920 / -0
    ini alfabet udah ber evolusi bertahun2 dari huruf paku sampe jadi sekarang
    gw pernah belajar yang beginian di kampus.....
     
  16. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    klo di cina ada rasanya kok, mirip alphabet gitu abc-nya lah.. biasanya ditulis kecil di samping tulisan cina..
    boleh dikatakan mirip spt mesir itu tadi.. dan klo di jepang boleh dikatakan hiragana nya..

    cuman emang ga tiap hari di pake, itu hanya untuk membedakan tulisan bg mereka yang kurang hapal aj..
    :peace:
     
  17. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,883
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +744 / -0
    Wah memang tanpa mengenal alfabet bisa dikatakan tingkat intelejensi manusia masih rendah .. namun seiring makin majunya peradaban manusia maka dikenalah alfabet hingga saat ini .. :hmm:
     
  18. astro_black Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 6, 2008
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    Baru tahu ane bro, untungnya kita pake alphabet yg kaya gini coba pake alphabet kaya tulisan mandarin bisa pusing
     
  19. donvito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +54 / -0
    tapi kenapa orang Cina nggak pusing sama tulisan mereka?

    menurut gw, bahasa dan tulisan itu budaya, dan budaya itu di ukir lewat kebiasaan, alah bisa karena biasa....
     
  20. Bearny Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    mungkin karena unik n gak smua negara pake
     
  21. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    mantep bgd kaka...
    :top:
    klo ga ada alfabet gw ga bs belajar dah...
    :kecewa:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.