1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

What is love. Penyebab manusia merasakan cinta

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by mazznoer1, Apr 14, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mazznoer1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,225 / -0
    [​IMG]
    Ya...ya...sekarang saya akan mengulas artikel yang cukup menarik karena ini menyangkut aktivitas manusia pada umumnya (dan aktivitas yang penting).

    Bagaimana manusia jatuh cinta. Kira-kira, jawaban apa ya yang keluar ketika anda ditanyakan, "Mengapa kita bisa jatuh cinta ya?" (silakan jawab melalui komentar, kita akan buka diskusi mengenai ini)

    Mungkin beberapa orang akan mengatakan, "Ya...memang sudah takdir manusia seperti itu". Tidak salah memang. Lalu mungkin ada juga yang menjawab dengan pertanyaan, "Ya...bagaimana bisa tercipta manusia-manusia yang lain?" Luar biasa, jawaban inipun tidak salah. Rupanya akan ada banyak jawaban yang sekiranya proporsional untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, disamping jawaban yang kedengarannya umum, kita bisa mencari penjelasan yang sifatnya scientific. Ada beberapa penjelasan mengenai aktifitas emosi (karena cinta termasuk bagian dari emosi manusia) berdasarkan sudut pandang ilmu biologi (atau mungkin kedokteran).

    Dengan dasar "segala kegiatan yang dilakukan manusia baik secara sadar maupun tidak sadar, ada peran hormon dibalik itu semua". Ok, mungkin dari pembaca artikel ini ada yang memiliki background biologi atau kedokteran yang cukup kuat. Namun, saya tetap akan memberikan penjelasan tentang apa itu hormon (sebenarnya anda bisa langsung cari di wikipedia, namun karena saya begitu baik, saya akan carikan untuk anda).

    Berdasarkan definisi yang tercantum pada wikipedia, hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel. Nah, dari definisinya saja sudah terlihat, pesan. Tiap rangsangan yang ada dalam tubuh kita tentunya melibatkan reaksi kimia.

    Sekarang kita akan membahas satu persatu hormon yang memengaruhi atau merangsang kegiatan yang dinamakan cinta.

    Hormon pertama dopamine. Dari situs di atas, dijelaskan bahwa hormon ini bekerja selayaknya kokaine. Ketika anda bertemmu seseorang yang anda sukai, hormon dopamine ini bekerja dan sifatnya addictive. Mereka yang menyukai pasangannya seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengan orang yang disukainya itu.

    Pernahkah anda mendengar rayuan gombal dan tak bermutu berikut ini?

    "Jantungku berdetak kencang saat aku melihatmu (hoekhh)". Selain itu, nafas orang yang mengidap "cinta" ini menjadi lebih cepat (atau istilahnya ngos-ngosan)

    Menurut anda, siapa dalang dibalik aktifitas tak lazim tersebut? Jawabannya adalah fenylethilamin. Rupanya, rayuan gombal dan tak bermutu di atas merupakan efek dari hormon tersebut (selamat kepada anda sang pengguna rayuan tersebut. anda rupanya mengetahui efek dari fenylethilamin).

    Berikutnya ada peran hormon adrenalin didalamnya. Sebagian pengaruh dari adrenalin ada yang mirip dengan fenylethilamin, yaitu mempercepat nafas. Selebihnya ada lagi hubungannya dengan , lagi-lagi lirik-lirik tak bermutu, "makan tak nafsu karena mu" . HUAAAAHAHAHAHA.

    Inilah penjelasannya mengapa lirik dan rayuan sampah terkadang ada betulnya. Membahas lirik di atas, hal itu dipacu oleh kerja hormon adrenalin. Ketika hormon ini bekerja, efek yang ditimbulkan dapat menghilankan nafsu makan karena organ pencernaan jadi bekerja lebih lambat (lagi-lagi selamat kepada mereka yang menggunakan kalimat seperti itu).

    [​IMG]
    Nah, yang berikutnya rada-rada menakutkan. Rupanya, selain hormon dopamine yang bekerja selayaknya kokaine, ada juga hormon yang bekerja selayaknya morphine.

    Hormon ini bernama endorpin. Hormon ini dikatakan adalah morfinnya tubuh karena memang sifatnya yang seperti morfin. Dan hormon hanya akan muncul ketika kita merasakan sakit, kegembiraan, dan orgasm. Namun, rupanya ketika kita jatuh cinta, hormon ini juga bekerja, oleh karena itu orang yang jatuh cinta merasa bahagia (kadang-kadang jadi berlebihan).
    Pada kaum pria yang suka melakukan m*sturb*si, nih, lagi-lagi hormon ini bekerja. Namun, jika dilakukan dalam frekuensi yang tinggi (terlalu sering) memiliki dampak pada penurunan ingatan jangka pendek
    Ketika anda makan cokelat, hormon endorpin ini juga akan dihasilkan.

    Kemudian vasopresin. Hormon ini juga memiliki peranan dalam kegiatan sexual. Hormon ini dapat dapat menekan sekresi air. Hormon ini juga bekerja ketika seorang pria mengalami ejakulasi. Hormon ini juga berperan sebagai antidiuretik yang dapat mengatur pengeluaran urin (atau mengatur proses sekresi air). Tanpa hormon ini, anda sudah pasti memerlukan bantuan pampers.

    Dan yang terakhir adalah oxytocine. Ketika anda memeluk atau membelai pasangan anda, hormon ini akan dihasilkan di hipotalamus. Hormon ini dihasilkan dalam jumlah yang besar ketika seorang wanita masuk dalam fase menyusui.

    Nah, rupanya cinta bukan hanya bisa diliat dari sudut pandang sinetron saja, (dengan segala lika-liku cerita yang membuat leher pegal), namun bisa juga dibahas dari segi science.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Ken M V U

    Offline

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,366
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +57,513 / -0
    m*sturb*si memperlemah ingatan??
    baru tau gw..
    hati2 yang sering m*sturb*si..
    :lol:
     
  4. pangerankodok M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2009
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +107 / -0
    Pantesan bro akhir2 ini kok gw gampang bgt lupa. Twny gr2 para calon presiden d buang percuma.

    Hrs d kurangi sepertiny.

    Bwat TS :top: Menambah pengetahuan ane tentang hormon.
     
  5. hentai09 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,226 / -0
    wkwk... calon presiden dbuang percuma,
    klo punya gw mungkin malah calon teroris...

    bohahaha:hahai:

    klo menurut gw c, biarin aj cinta berjalan apa adanya, toh tanpa mengetahui asal, arti, n penyebab, cinta akan tetap menjadi cinta,, perasaan yg misterius n asik,, he3
    seperti kata pepatah "something are better left unsaid"
    :piss:
    no effense lho!! ni kan menurut gw,h3
     
  6. bagaimana M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +40 / -0
    brarti klo abis dapet pengalaman buruk yang pengen dilupain mnding masturbate aj kali y
     
  7. soulhunter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,890
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,935 / -0
    :top:
    terlalu sering m*sturb*si bikin pusing mulu
    makanya sekarang dah jarang :hihi:
    semoga saja nanti dapet penyaluran yg bener :haha:
     
  8. Red_Tomato M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +328 / -0
    cinta :sigh:

    ternyata berhubungan dengan hormon yaaa..
     
  9. y0sh1tsune M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2009
    Messages:
    1,324
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +16,240 / -0
    Wakakakakaka m*sturb*si memperlemah ingatan..
    tapi memperkuat stamina?wakakakaka
     
  10. mazznoer1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,225 / -0
    Tapi kalo tuh calon presiden kagak dikeluarin ntar akan menambah resiko kanker prostat loh
     
  11. didody M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    1,648
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,340 / -0
    ha... memperlemah daya ingat... klo gk dilepas malah kanker prostat.
    solusinya, cepet2 married. halal , aman & nyaman :haha:
     
  12. modjokujo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    1,191
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,558 / -0
    :haha::haha:
    bener2, solusi kongkrit banget niihh..

    itu penjelasannya ilmiah banget yaa..
    berasa lagi belajar di sekolah..
    :hehe::hehe:


    ane mah selalu berpkir cinta itu sesuatu menyenangkan..
    selalu berfikir positif dan mengeluarkan energi positif..
    jadi banyak2lah kita menimbulkan rasa cinta kepada sesama..
    banyak manfaatnya kok..

    lagian juga gratis kok..
    dan ga ribet juga..
     
  13. fazacaa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 27, 2010
    Messages:
    847
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +354 / -0
    jadi serbasalah gw
    hahahahah
     
  14. DanEEL M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +212 / -0
    ternyata benar apa yg guru ane bilang dulu, m*sturb*si itu melemahkan daya ingat
    waspadalah:awas: waspadalah:awas: :boong:
     
  15. benih M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,285 / -0
    nice info

    :top: marko:top:
     
  16. zpamunzas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    1,817
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,894 / -0
    wadow klo begitu ane harus buru-buru ne ...
    takunya nanti lupa ingatan ...
    bisa-bisa lupa diri ..
     
  17. tygrex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +336 / -0
    :top: jdi bgitu y???
    mkasih infona........
    subhanallah.....





    klik me :matabelo:"[​IMG]"
     
  18. assyouwiss M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 19, 2008
    Messages:
    347
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +21 / -0
    wow.. emang hormon manusia keren abis... btw endorpin bisa bikin kecanduan dong klo keseringan...:panda:
     
  19. vadamayer M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +31 / -0
    ha...ha...ngakak baca trheat ni...
    emg connect tuh?
     
  20. Hexos M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    351
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +67 / -0
    hmm susah juga kalo m*sturb*si bikin gampang lupa
    lah kalo yg gk punya pacar ato istri kalo dah pengen terus gimana ya????
    jadi penasaran hehehehe
     
  21. susukacang12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    buset dah... m*sturb*si memperlemah ingatan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.