1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Body and Mental Health Waspadai Penyakit Jantung Koroner Pada Perempuan

Discussion in 'Beauty and Body Care' started by asihwidya, Mar 5, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. asihwidya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2015
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Penyakit jantung umumnya dianggap sebagai penyakit kaum pria. Namun kenyataannya, satu dari empat perempuan meninggal karena penyakit kardiovaskular. Jumlah ini lebih banyak dari kematian yang disebabkan oleh semua jenis penyakit kanker. Hal tersebut menjadikan penyakit jantung koroner (PJK) salah satu penyebab kematian utama pada perempuan.

    PJK pada perempuan memiliki risiko penyebab kematian yang lebih besar dibandingkan terhadap pria. PJK pada perempuan umumnya ditemukan pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan pria. Hal itu disebabkan oleh:

    1. Terjadi penurunan hormon esterogen yang selama ini berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan saat pasca menopause, sehingga risiko penyakit jantung pada perempuan meningkat dua kali lipat. Penurunan hormon estrogen ini juga menambah kadar lemak dalam darah sehingga menimbulkan penebalan pembuluh darah yang dapat menyebabkan PJK
    2. Perempuan dengan PJK biasanya mengalami komplikasi yang lebih serius, karena lebih sering ditemukan adanya penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan gangguan ginjal.
    3. Penyumbatan pada pembuluh darah kecil atau mikrovaskular lebih banyak terjadi pada perempuan. Penyumbatan yang seperti ini lebih sulit dideteksi dengan pemeriksaan standar yang ada pada saat ini.
    4. Kurangnya pengetahuan kaum perempuan akan bahaya penyakit jantung, umumnya membuat mereka tidak menyadari gejala penyakit tersebut, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam mendiagnosa.

    Gejala penyakit jantung yang timbul pada perempuan berbeda dari gejala yang timbul pada pria. Pada wanita, gejala yang timbul antara lain nyeri ulu hati, nyeri pada punggung atau leher, sesak napas, cepat capai serta gangguan irama jantung. Gejala-gejala inilah yang tidak disadari oleh kebanyakan perempuan sehingga seringkali menyebabkan keterlambatan dalam mencari pertolongan pada saat terjadi serangan jantung.

    Beberapa faktor risiko utama PJK pada kaum perempuan antara lain:
    1. Perempuan dengan diabetes mellitus atau kencing manis memiliki risiko 2 kali lipat untuk menderita PJK, dan mempunyai komplikasi yang lebih berat dibandingkan pria
    2. Perempuan yang merokok mempunyai risiko PJK 6-9 kali lipat, sedangkan pada pria adalah 4-6 kali lipat
    3. Perempuan yang obesitas atau kegemukan
    4. Riwayat keluarga
    5. Penurunan dan berhentinya produksi hormon estrogen, namun terapi sulih hormon pada perempuan menopause juga menimbulkan risiko PJK

    Langkah awal adalah dengan melakukan deteksi dini seperti mengukur tekanan darah, mengetahui kadar gula darah dan kolesterol, serta mulai melakukan hidup sehat. Hidup sehat dapat dimulai dengan melakukan olah raga teratur yakni minimal 30 menit sebanyak 4 kali seminggu seperti jalan cepat atau jogging, berhenti merokok serta menjaga tekanan darah di bawah 120/80 mmHg, kadar kolesterol total kurang dari 175 mg/dL, kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL dan kadar gula darah puasa kurang dari 100 mg/dL.

    Segera konsultasikan kesehatan jantung Anda apabila mengalami gejala PJK, serta jalani pemeriksaan lebih lanjut. Kesadaran diri sendiri untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini dapat mengurangi angka kematian PJK pada perempuan. Link

    sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. krisna44 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Mungkin wanita yang terkena penyakit jantung koroner disebakan oleh karena memiliki suami perokok, sehinggga si wanita itu tadi sebagai perokok pasis. Namun sudah menjadi pemandangan yang lumrah dimana wanita merokok.
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Jul 22, 2015
  4. jeanngriffin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2011
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27 / -0
    Tidak ada salahnya mengambil paket2 checkup di RS. Sekarang ini sudah banyak RS yang menawari berbagai paket checkup dengan harga yang terjangkau.
    Dengan Check up kita dapat tahu kondisi badan.

    Seperti pengalaman pribadi, aku selalu curiga punya penyakit asma. Saat duduk di bangku kuliah tahun pertama, aku memberanikan diri untuk check up.
    Dari Spesialist Paru dan Asma, maalh di refer ke Spesialist Jantung.
    Dan ternyata aku ada sakit Jantung. Jatung yang lemah juga berpaket dengan Paru yang lemah.
    takut dengan kenyataan? tentu saja tidak ^^, malah aku lega tahu sebuah kebenaran, sehingga tidak nyasar dalam berbagai pengobatan.

    Saran aku, lakukan check up dini, sehingga tidak terlambat dalam penanganan apapun.
    Hidup sehat dan rajin olahraga sesuai kebutuhan ^^
     
  5. Fanny1306 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 13, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    lebih neresiko prang yang menghisap asap rokok dari pada yang merokkok..:madesu:
     
  6. jeanngriffin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2011
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27 / -0
    Benar sekali
    Orang indonesia masih sangat minim pengetahuan tentang bahaya merokok, padahal di tiap iklan dan kemasan nya sudah ada peringatan, tapi masih tetap diabaikan.
    Ada pula perkataan "Cowo ga merokok, ga jantan" sungguh lucu dan menggelikan.

    Resiko perokok pasif jauh lebih berbahaya daripada perokok aktif.

    Apalagi wanita, sekarang ini di cafe2 sudah banyak wanita yang merokok dan mereka malah merasa keren.
    ada juga yang bilang merokok bisa kurus hahaha tentu saja bisa kurus toh banyak sekali sel yang sehat terbunuh didalam tubuh nya.
     
  7. niaagustin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 2, 2015
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    ngeri yah thanks untuk bagi infonya gan



    Dengan makin dikenalnya Kasiat jamu bersalin Alami tentu membuat masyarakat makin banyak tertarik
     
  8. ojekcinta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 27, 2016
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    OjekCinta.com - Sangat berbahaya ya penyakit jantung koroner ini kalau menyerang, akan berdampak sangat buruk pada Kesehatan, jadi harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan diri, terima kasih infonya,min. . . .
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.