1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

waspada kanken paru-paru sejak dini!!!!

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by misa_gie, Oct 10, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. misa_gie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    Kanker paru-paru
    Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok .
    Menurut World Health Organization (WHO), kanker paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker baik pada pria maupun wanita. Sebagian besar kanker paru-paru berasal dari sel-sel di dalam paru-paru; tetapi kanker paru-paru bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru.
    Jenis kanker paru-paru
    Lebih dari 90% kanker paru-paru berawal dari bronki (saluran udara besar yang masuk ke paru-paru), kanker ini disebut karsinoma bronkogenik, yang terdiri dari:
    1. Karsinoma sel skuamosa
    2. Karsinoma sel kecil atau karsinoma sel gandum
    3. Karsinoma sel besar
    4. Adenokarsinoma
    Karsinoma sel alveolar berasal dari alveoli di dalam paru-paru. Kanker ini bisa merupakan pertumbuhan tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru.
    Tumor paru-paru yang lebih jarang terjadi adalah:
    1. Adenoma (bisa ganas atau jinak)
    2. Hamartoma kondromatous (jinak)
    3. Sarkoma (ganas)
    Limfoma merupakan kanker dari sistem getah bening, yang bisa berasal dari paru-paru atau merupakan penyebaran dari organ lain. Banyak kanker yang berasal dari tempat lain menyebar ke paru-paru. Biasanya kanker ini berasal dari payudara, usus besar, prostat, ginjal, tiroid, lambung, leher rahim, rektum, buah zakar, tulang dan kulit.
    Penyebab utama
    Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar resiko untuk menderita kanker paru-paru.
    Hanya sebagian kecil kanker paru-paru (sekitar 10%-15% pada pria dan 5% pada wanita) yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau terhirup di tempat bekerja. Bekerja dengan asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.
    Peranan polusi udara sebagai penyebab kanker paru-paru masih belum jelas. Beberapa kasus terjadi karena adanya pemaparan oleh gas radon di rumah tangga.
    Kadang kanker paru (terutama adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya, seperti tuberkulosis dan fibrosis.
    Gejala kanker paru
    Gejala paling umum yang ditemui pada penderita kanker paru adalah:
    1. Batuk yang terus menerus ataus menjadi hebat.
    2. Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak.
    3. Napas sesak dan pendek-pendek.
    4. Sakit kepala, nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas.
    5. Kelelahan kronis
    6. Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
    7. Suara serak/parau.
    8. Pembengkakakn di wajah atau leher.
    Gejala pada kanker paru umumnya tidak terlalu kentara, sehingga kebanyakan penderita kanker paru yang mencari bantuan medis telah berada dalam stadium lanjut. Kasusk-kasus stadium dini/ awal sering ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.
    Diagnosis dan pengobatan
    Beberapa prosedur yang dapat memudahkan diagnosa kanker paru antara lain adalah foto X-Ray, CT Scan Toraks, Biopsi Jarum Halus, Bronkoskopi, dan USG Abdomen.
    Pengobatan kanker paru dapat dilakukan dengan cara-cara seperti
    1. Pembedahan dengan membuang satu bagain dari paru - kadang melebihi dari tempat ditemukannya tumor dan membuang semua kelenjar getah bening yang terkena kanker.
    • Radioterapi atau radiasi dengan sinar-X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker.
    • Kemoterapi
    • Meminum obat or*l dengan efek samping tertentu yang bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup penderita.
     
    Last edited: Oct 10, 2008
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Satoru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,085
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +480 / -0
    Wuiiih Serem banget.
    Walo beberapa bagian gw gak ngerti (bukan Anak Kedokteran Sih)
    Tapi pesen utamanya jelas.
    JAUHI ROKOK.
    Karena 90% kasus kanker terjadi pada Perokok.
    Moga2 yang baca pada sadar.
     
  4. misa_gie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    yupz bener bangget tapi dari semua yang paling parah terkena dampaknya adalah peroko pasif karena para peroko pasif ga bisa ngeluarin asep roko yang mereka hirup....
    [​IMG]
     
  5. dragonlord Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    alamak...g harus berhenti merokok ni. ga mo kena penyakit yg satu ni.
     
  6. sanzotaroshi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    713
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +411 / -0
    emang paleng ngeri klo nanti di ronsen ternyata paru2 udah kroak semua...

    untung saia ga merokok..

    padahal bokap tuh kerja di PT yang distributor rokok...
    tiap bulan dapet gratis, tapi selalu dikasi ke sodara yang suka merokok :haha:
     
  7. aralekun Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +127 / -0
    Saya nga merokok... tetapi sekitar saya perokok semua... hh~ mengerikan jadi perokok pasif.
     
  8. pika3pika M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    selain asap rokok, asap kendaraan jg berbahaya jd ada baiknya kl bepergian keluar rumah menggunakan masker
     
  9. TheSinister Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    pokoknya ati2 ma asep rokok or kendaraan bermotor
    jangan sampe kena kanker paru2 sewaktu kita masih muda
     
  10. sinaga86 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    308
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +43 / -0
    waduh..waduh....kalo ngerokok gw engga, tapi kalo asap kendaraan gmna hindarinya ya.....
    gw harus naik angkot kalo mau kuliah, mana lagi di jkt pas lagi macet....berarti gw mesti pake masker neh...(ntar disangka kena TBC lagi....)....gmna donk bro???
     
  11. Dhofire M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    470
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,040 / -0
    eh bro... kalo asap obat nyamuk gmana tuh? d rumah gue neh pada gak bisa idup tuh tanpa obat nyamuk... :swt:

    cuman gue yang nolak,,,, selain baunya ga enak kan menurut gue ampir gak ada beda ama asap rokok....:rokok:...
     
  12. Satoru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 28, 2008
    Messages:
    1,085
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +480 / -0
    Klo menurut gw obat nyamuk tetep bahaya bro.
    ya klo kita pake logika aja.
    obat nyamuk kan racun buat nyamuk yg notabene makhluk hidup.
    Nah klo kena manusia yg jg makhluk hidup, lam pasti ada efeknya.
    harusnya obat nyamuk itu jg dibilang racun bagi manusia.
    walopun mereka pada bilang gak papa, tp gw gak percaya.
    walopun emang sedikit pengaruh yg kena ke kita, tapi racun itu klo tertimbun terus di dalam tubuh, lama2 bisa bikin penyakit yg gawat juga.
    makanya cara utk ngusir nyamuk yg paling alami dan aman dr kesehatan kita ya di tepok pake tangan aja.
    atw klo mo lebih mudah, pake raket listrik aja
    skali sabet 10 nyamuk tewas :haha:
     
  13. andi msc Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,437
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,820 / -2
    rokok selain terjangkit dari perokoknya sendiri..

    juga asap2 nya sering dibuang entah kemana??

    ujung2 orang yang lewat juga kehisap asapnya
     
  14. oranggila M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 7, 2009
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +466 / -0
    buat para PEROKOK :
    tapi klo dImbangi ma OLAHRAGA minimal seminggu 1 kali.. kayakx bakal
    ngurangi RESIKO kena kanker !

    nguntung gw ngak ngerokok, mending maem Coki-Coki.. :hihi:
     
  15. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    syukurlah ane belom termasuk dalam tanda" dini diatas :sigh:

    nice info :top:
     
  16. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,629 / -0
    Tapi tetep aja walupun olahraga, kalo ngrokok udah ganggu pernapasan di paru-paru kita.

    Ayo buat para perokok...sekaranglah saatnya berhentii.... ingat-ingat keadaan kesehatan agan2 saat-saat masih belum merokok. :top:
     
  17. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    wah bahasanya kedokteran banget
    yang laen pada ngerti ga y
     
  18. nyu2 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    asep kendaraan berbahaya, asep rokok di jalanan berbahaya, kalo gitu nda bole keluar rumah dunk gan? biar aman ha ha ha
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.