1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Wanita Indonesia Pertama Pendaki Everest Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Oct 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,036 / -0

    [​IMG]
    MAGELANG, KOMPAS.com
    — Wanita Indonesia pertama pendaki Puncak Everest, Clara Sumarwati (44), kini dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof dr Soerojo, Magelang. Dia adalah warga Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang berhasil mencapai Puncak Gunung Everest pada 1996.
    Direktur Medik dan Keperawatan RSJ Prof dr Soerojo, Magelang, Bella Patriajaya mengatakan, Clara adalah pasien kambuhan yang sudah tiga kali ini menjalani perawatan di RSJ. Gangguan jiwa yang dideritanya beberapa kali kambuh karena dia tidak rutin mengonsumsi obat.
    “Namun, sejauh ini, kami belum bisa menyimpulkan faktor pemicu apa yang menyebabkan Clara mengalami gangguan jiwa,” ujarnya, Minggu (11/10).
    Clara pertama kali masuk dan dirawat di RSJ pada 1997. Selama di RSJ, dia pun kerap bercerita bahwa dia pernah mendaki Gunung Everest. Namun, ceritanya kerap diabaikan oleh para tenaga medis karena dianggap hanya sebagai bagian dari khayalannya.
    “Kami pun bertambah tidak percaya karena pihak keluarganya sendiri menyangsikan dia pernah mendaki gunung,” ujarnya.
    Prestasi Clara dan keberadaannya sebagai sosok istimewa yang pernah mengharumkan nama bangsa baru terungkap pada minggu lalu ketika ada sejumlah tim penilai pemuda pelopor dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga yang datang untuk menilai Poppy Safitri, wakil kontingen Jawa Tengah untuk lomba pemuda pelopor tingkat nasional. Salah satu aktivitas Poppy adalah mengajar tari di RSJ. Dalam kunjungan ke RSJ itulah, salah satu anggota tim mengenali sosok Clara.
    Sekarang ini, Clara sudah menjalani perawatan di RSJ selama dua minggu. Kendati kondisinya membaik, keluarga menolak menjemputnya karena khawatir sewaktu-waktu Clara kumat kembali.
    Surat penolakan menjemput ini bahkan dilampiri keterangan dari RT dan RW setempat dari alamat tempat tinggalnya di Minggiran, Sleman, DIY, yang menyatakan lingkungan sekitarnya juga menolak keberadaan wanita ini kembali.
    “Dengan kondisi tersebut, Clara tidak bisa dipulangkan, dan kami tampung dulu di sini,” ujarnya.
    Menurut Bella, ini merupakan kondisi yang rutin dialami pasien di RSJ. Dengan berbagai kejadian semacam ini, dapat disimpulkan bahwa selain beban gangguan jiwa yang dialaminya, pasien sebenarnya menanggung masalah yang lebih besar, yaitu beban sosial karena ditolak oleh lingkungannya.
    “Ini lumrah terjadi pada pasien gangguan jiwa mana pun, termasuk mereka yang berprestasi seperti Clara,” ujarnya.
    Dalam pencarian informasi di google.co.id, terdapat 889 keluaran yang menyebutkan bahwa Clara Sumarwati adalah pendaki asal Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang berhasil mencapai Gunung Everest di ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Atas prestasinya ini, dia mendapatkan penghargaan Bintang Nararya dari pemerintah.
    Code:
    http://ladythies.wordpress.com/2009/10/12/wanita-indonesia-pertama-pendaki-everest-dirawat-di-rumah-sakit-jiwa/
    Code:
    http://www.langitperempuan.com/?p=746
    Code:
    http://www.gatra.com/2006-07-20/artikel.php?id=96373
     
    Last edited: Oct 12, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,961
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,492 / -0
    bikin prestasi tapi kok gak ada perhatian ya, terutama dari pemerintah :yareyare:
    sampai-sampai ( disangka ato memang???) gila
    :swt:
     
  4. jaacoozee M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    3,472
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,677 / -0
    ya ampun kasian bgt si..kok keluarga nya gtu ya.. :sepi: parah
     
  5. kucinglistrik M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,194
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,594 / -0
    ya ampun.... :apa:
    kesian amaat ya.... :terharu:

    padahal prestasinya itu kan keren lho... jadi wanita pertama dari asia tenggara yge menaklukkan gunung everest..... :hot:
     
  6. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    :swt:
    udah bener2 naik mount everest malah disangsikan keluarganya sendiri,
    keluarga macamapa itu:voodoo:
    kok malah yg membuktikan Kementerian Negara Pemuda sih:voodoo:
     
  7. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,717 / -0
    keluarganya aja nggak tau,
    lantas selama ini keluarganya anggap dia itu apa :swt:

    bener2 keluarga yang menyedihkan
     
  8. yukimura_sanada Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +7 / -0
    kok ada ya... keluarga kayak gitu..
    padahalkan itu prestasi yang membanggakan...
    WANITA PERTAMA di INdonesia lho !!!:yareyare:
     
  9. Alex_Kaharudin_ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    326
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +298 / -0
    cuma setidaknya dia dapat penghargaan dari pemerintah
     
  10. ngilerman M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,916 / -2
    jahat amad - -'

    udah mengharumkan indonesia kok ga dianggap gitu sih, sampe keluarganya aj ga tau
     
  11. Chopsuey03 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +134 / -0
    duh tega bener si...
    dia kan pernah mengukir prestasi yang cemerlang yang belum tentu setiap orang bisa melakukanya ampun dah :terharu:
     
  12. cybearn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 2, 2009
    Messages:
    276
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    ini gilanya kenapa ya? apa karena ga dipercaya sama orang2 ya? tapi masak keluarganya bener2 ga ada yang tau kalo dia punya prestasi seperti itu.. emangnya dia waktu berangkat ke everest ga pamitan apa? aneh.. :yareyare:
     
  13. chicken_little M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,222
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,581 / -0
    berprestasi tapi koq nasibnya malang gitu yah.. kesiaann..:nangis:
     
  14. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,242 / -0
    udah baru 10 tahun lebih baru pada (agak) percaya sm cerita si Clara..
    parah dah :swt:
    klo gak ad yg bs ngbuktiin, entah prestasi dia mgkin cm dianggap bner2 khayalan..
     
  15. Piececoz2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +38 / -0
    Kasian ea,
    pnya prestasi tp gag dipercaya:swt:
     
  16. renkinjutsushi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    1,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,282 / -0
    kalo ngeliat kasus ini kita harus bersyukur
    karena telah di beri kesehatan secara rohani dan jasmani

    coba atlit ini
    ia gak sakit secara rohani

    moga-moga ia lebih diperhatikan
     
  17. Abagnale M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 22, 2009
    Messages:
    620
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,797 / -0
    Kenapa bisa masuk RSJ gitu ya :???:
    Harusnya dapet perhatian khusus dari pemerintah, secara dia udah harumin nama bangsa :pinch:
     
  18. rivaldy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,433 / -0
    Wah tragis gitu ya nasibnya, udah gitu jangan tanya pemerintah deh keluarganya aja kurang peduli lagi :tega:
     
  19. jashinsamael M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,253
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,272 / -0
    kasihan banget ya ni orang...
    mengharumkan nama bangsa tapi diabaikan orang, negara, bahkan keluarga sendiri....
     
  20. MiniMaximA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Tabiat orang indonesia, kalo gak liat tv gak tau berita. Gw yakin dalam usaha pendakian si clara memanjat gunung everest gak ada kru film yg merekam, makanya dia gak punya bukti nyata untuk ngeyakinkan orang.
     
  21. ocean87 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kecian banget baca crita kisah hidupnya... ko aneh banget keluarganya aja ga tau kalo dia berprestasi, bahkan meragukan... jangan2 dia jadi stress gara2 gada orang yang percaya kalo dia uda daki gunung everest...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.