1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Waktu mudik perlu banyak minum

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by gildaditya, Sep 25, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gildaditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Minum cairan perlu diperbanyak di saat mudik karena tubuh kita mengeluarkan sejumlah cairan, baik melalui urine, keringat maupun pernapasan. Di siang hari yang terik, cairan akan banyak keluar melalui keringat. Oleh karena itu, kendaraan sebaiknya dilengkapi dengan sistem pendingin (AC) agar suhu di dalam kendaraan tidak terlalu panas. Tubuh kita membutuhkan cairan sekitar 2,5 liter per hari. Jumlah tersebut tidak hanya berasal dari air putih, tetapi juga dari berbagai minuman (kopi, teh, susu, soft drink, dan lain-lain), sayuran, buah-buahan, serta dari berbagai jenis makanan lainnya.

    Kandungan cairan di dalam tubuh manusia rata-rata mencapai 65 persen atau sekitar 47 liter pada orang dewasa. Seseorang yang sehat dan dalam keadaan tanpa melakukan aktivitas yang berarti, akan mengeluarkan air sebanyak 2 liter per hari, yang terjadi melalui: urine 1.100 ml, feses 100 ml, pernapasan 200 ml, dan keringat 600 ml.

    Pada udara tropis seperti di Indonesia, kehilangan cairan tentu saja akan lebih besar lagi. Karena itu, normal bila kita minum 2 hingga 3 liter air per hari. Konsumsi cairan yang banyak sangat diperlukan untuk mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang dapat mengganggu kelancaran proses metabolisme tubuh. Jika memungkinkan, jus buah juga sangat baik untuk diminum karena jus selain mengandung air juga memiliki sejumlah mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kebugaran tubuh di saat mudik.

    Tidak ada saat terbaik untuk mengonsumsi cairan karena tubuh telah memiliki mekanisme untuk mengatur cairan tersebut. Keseimbangan cairan di dalam tubuh diatur oleh fungsi ginjal melalui sistem homeostasis.

    Kekurangan minum dalam waktu lama dapat mengganggu fungsi ginjal dan saluran kencing. Kurang minum akan menyebabkan berbagai mineral, asam urat, dan senyawa-senyawa hasil metabolisme lainnya berakumulasi dan mengendap, menyebabkan timbulnya batu ginjal dan penyumbatan di saluran kemih. Kondisi ini menyebabkan kencing tidak lancar dan timbul rasa sakit.

    Selain jus buah, jenis minuman lain yang juga baik untuk dikonsumsi adalah minuman isotonik atau sports drinks (minuman olahragawan) yang umumnya merupakan campuran glukosa dan elektrolit (glucose-electrolyte solution). Sports drinks umumnya terdiri dari: air, berbagai kombinasi dan konsentrasi elektrolit (natrium, kalium, klor, bikarbonat, sulfat, magnesium, kalsium, dan lain-lain), karbohidrat (glukosa, sukrosa, fruktosa) dan flavor. Konsentrasi karbohidrat dan elektrolit yang rendah dalam minuman dapat meningkatkan penyerapan air dari usus melalui efek osmotik menuju ke sirkulasi darah.

    Bila Anda mengalami kesulitan tidur dalam perjalanan maka ada baiknya untuk minum segelas susu hangat. Susu yang hangat telah diteliti dapat menimbulkan efek rileks dan nyaman pada tubuh. Susu hangat dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memunculkan perasaan kantuk. Mekanisme menuju pada kenyamanan dalam tidur merupakan hasil interaksi molekul-molekul dalam susu, yaitu mineral susu dan protein susu.

    Mineral susu yang berpengaruh langsung terhadap relaksasi tubuh adalah kalsium, magnesium, dan fosfor. Ketiga mineral tersebut merupakan mineral utama yang terdapat di dalam susu. Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor dapat mencapai 30 persen dari total mineral di dalam susu.

    Kalsium memiliki kemampuan dalam mengatur tekanan darah (blood pressure modulator). Tekanan darah yang stabil dapat membantu mencegah stres dan menimbulkan perasaan rileks pada tubuh sehingga memudahkan tubuh untuk beristirahat.

    Protein susu mengandung banyak triptofan. Triptofan merupakan asam amino esensial yang berfungsi sebagai prekursor pembentukan serotonin. Triptofan akan dikonversi menjadi serotonin di dalam tubuh. Konversi triptofan menjadi serotonin dibantu oleh vitamin B6 dan vitamin C.

    Serotonin merupakan neurotransmiter yang bertanggung jawab terhadap transfer impuls-impuls syaraf ke otak. Serotonin juga berperan dalam menginduksi rasa kantuk dan relaksasi serta memiliki efek meredakan rasa sakit (pain-killing effect). Fungsi serotonin dalam tubuh adalah sebagai modulator kapasitas kerja otak, termasuk juga regulasi stabilitas emosi, daya tangkap dan regulasi selera makan.

    Dalam tubuh serotonin kemudian diubah menjadi hormon melatonin. Hormon ini diproduksi secara alami dalam tubuh apabila matahari sudah mulai tenggelam (mendekati senja). Hormon melatonin memiliki efek regulasi terhadap relaksasi tubuh dan rasa kantuk. Produksinya merupakan alarm alami tubuh yang mengingatkan tubuh untuk beristirahat.

    Sebaliknya bila Anda takut mengantuk dalam perjalanan karena sedang mengemudi, disarankan untuk mengonsumsi minuman yang dapat membangkitkan mood dan semangat kerja, yaitu: satu atau dua cangkir teh hangat, kopi panas, atau cokelat panas. Teh dan kopi masing-masing mengandung kafein yang dapat meningkatkan daya pikir dan semangat kerja, serta mencegah rasa lelah dan kantuk karena menyetir yang terlalu lama. Aroma nikmat kopi yang berasal dari asam klorogenat merupakan faktor penting yang dapat mengobarkan semangat kerja anda.

    sumber kompas.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. valiant31 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    :niceinfo: tapi kayaknya pernah baca deh.. :piss:
     
  4. gildaditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    oh gitu.
    ya udah kalo repost di delete aja.
    gpp kok.
     
  5. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Cuaca sekarang udah:panas: tambah:hot:
     
  6. bowlingbash Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    klo ga minum bisa" dehidrasi wkwk
    tapi iy nih cuaca makin pnas
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.