1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Waduh, Ini Nih 5 Faktor Penyebab Obesitas

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by sadboy_03, Sep 8, 2021.

  1. sadboy_03 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 6, 2021
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0

    [​IMG]

    Obesitas bukan hanya memperburuk penampilan, namun juga meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke, diabetes, hingga kanker. Bahkan pada masa pandemi ini, orang dengan obesitas berisiko besar untuk mengalami gejala Covid-19 yang berat.

    Untuk itu, penting bagi kita untuk menjaga berat badan ideal agar risiko penyakit tersebut bisa direduksi. Mulai dengan melakukan diet sehat dikombinasikan dengan aktivitas fisik seperti berolahraga. Melansir Mayo Clinic, ada sejumlah faktor yang menyebabkan obesitas, berikut diantaranya :

    1. Faktor genetik

    Gen yang diwarisi dari orang tua dapat memengaruhi jumlah lemak tubuh yang kamu simpan, dan di mana lemak itu didistribusikan. Genetika juga dapat berperan dalam seberapa efisien tubuh mengubah makanan menjadi energi, bagaimana tubuh mengatur nafsu makan, dan bagaimana tubuh membakar kalori selama berolahraga. Obesitas cenderung menurun dalam keluarga. Itu bukan hanya karena gen yang mereka bagi. Anggota keluarga juga cenderung memiliki kebiasaan makan dan aktivitas yang sama.

    2. Pilihan gaya hidup

    Pola makan yang tidak sehat, diet yang tinggi kalori, kurang buah dan sayuran, sering mengonsumsi makanan cepat saji, dan sarat dengan minuman berkalori tinggi berkontribusi pada penambahan berat badan. Ditambah lagi jika kamu tidak aktif alias tidak banyak bergerak. Melihat layar komputer, tablet, dan ponsel adalah aktivitas yang tidak banyak bergerak. Jumlah jam yang dihabiskan di depan layar sangat terkait dengan penambahan berat badan.

    Baca : Mewaspadai Henti Jantung yang Bisa Bikin Nyawa Melayang

    3. Penyakit dan obat-obatan tertentu


    Pada beberapa orang, obesitas dikaitkan dengan kondisi medis seperti sindrom Prader-Willi, sindrom Cushing, dan kondisi lainnya. Masalah medis, seperti radang sendi, juga dapat menyebabkan penurunan aktivitas yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Beberapa obat dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika kamu tidak mengimbanginya melalui diet atau beraktivitas. Obat-obatan ini termasuk beberapa antidepresan, obat anti kejang, obat diabetes, obat antipsikotik, steroid, dan beta blocker.

    4. Masalah sosial dan ekonomi

    Faktor sosial dan ekonomi bisa dikaitkan dengan obesitas. Menghindari obesitas sulit dilakukan jika kamu tidak memiliki area yang aman untuk berjalan atau berolahraga. Demikian pula jika kamu tidak punya cukup uang untuk membeli makanan sehat dan lebih sering membeli makanan instan.

    5. Faktor usia

    Obesitas dapat terjadi pada semua usia, bahkan pada anak kecil. Namun seiring bertambahnya usia, perubahan hormonal dan gaya hidup yang kurang aktif meningkatkan risiko obesitas. Selain itu, jumlah otot di tubuh cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Umumnya, massa otot yang lebih rendah menyebabkan penurunan metabolisme. Perubahan ini juga mengurangi kebutuhan kalori dan dapat mempersulit kita untuk menahan kelebihan berat badan.

    Adapun faktor lain yang juga bisa menyebabkan obesitas adalah kehamilan, berhenti merokok, hingga kurang tidur. Nah, sudah tahu kan beberapa penyebab obesitas. Jangan lupa menerapkan gaya hidup sehat dan aktif bergerak ya.

     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.