1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Upgrade Search IDWS menggunakan Lucene

Discussion in 'Kotak Suara IDWS' started by teutons001, Jul 28, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. teutons001 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2008
    Messages:
    1,372
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +20,174 / -0
    Beberapa hari yang lalu gw ngusulin ini ke om dono di IRC, tapi kayaknya mending ditulis rada panjang di sini :)
    Di bawah ini akan banyak menggunakan Jargon Programming, jadi yang awam diharap jangan komen "gak ngerti ni apaan" or such, karena cuma akan manjangin tret gak jelas.... ;)

    Latar Belakang
    IDWS pake MySQL untuk mengindex data uploadan teman2 semua, namun sayangnya search yang digunakan (terakhir kali saya pakai) menggunakan klausa OR sehingga menyulitkan untuk mencari file yang spesifik.

    Sekilas Lucene
    Lucene dari Apache Foundation adalah library untuk indexing yang saya pelajari di Matkul Teknologi Mesin Pencari. Dokumen yang diindex dengan lucene akan dapat menggunakan query dengan operator yang beragam seperti
    - OR
    - AND
    - gabungan kata
    "teutons ganteng" akan mencari record yang memiliki "teutons ganteng" secara berurutan bukan teutons dan ganteng yang posisinya berjauhan
    - (+)
    +chuck => harus ada kata chuck
    - (-)
    -makanan => tanpa kata makanan
    -in field
    pencarian berdasarkan field, contoh populer adalah intitle:, site: dan inurl:

    Kira2 pokoknya kayak Google la.....

    Kendala dan Usulan Solusi
    Lucene berbasis Java, jadi umumnya outputnya menggunakan JSP, namun hal ini bisa diatasi dengan SOA, saya pernah mengimplementasikan Lucene yang tampilannya dipanggil dari PHP. Jadi tidak akan mengubah struktur IDWS secara signifikan

    Ebook Lucene
    Hidden Content Hide Thanks:
    **Hidden Content: You must click 'Like' before you can see the hidden data contained here.**
    sayangnya buku ini rada2 kurang update (pake lib versi lama) sehingga banyak salah syntax, tapi ngetracenya gampang kok asal baca Docs nya

    Contoh source code sederhana
    Hidden Content Hide Thanks:
    **Hidden Content: You must click 'Like' before you can see the hidden data contained here.**
    Library, docs dan demo dapat diambil dari situs resminya.
    Code:
    http://lucene.apache.org/
    Source Code ini menggunakan Lucene 2.3.2
    Learning curve hingga dapat mengedit web search (JSP) yang ada di demo kira2 1-2 hari ( well tergantung orang si ;) )

    Hasil yang diharapkan
    Dengan ini diharapkan pencarian IDWS semakin berkualitas, saya puas (walaupun staf lemas)
    whoa it's a rhyme.................:ngacir:
    Trus kan orang jadi makin banyak mampir ke search n generate banyak iklan :haha:

    segini dulu aja, semoga IDWS makin mantap

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 6
    • Like Like x 3
    Last edited: Jul 28, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,936
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,859 / -15
    Usulnya boleh juga. :top: Ini buat diterapkan di forum ataukah indowebster.com ya? :???: Soalnya kalo diterapin di indowebster.com, entar ada orang yang bingung nyari password kayak di thread ini...

    http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=32654

    Penyebabnya tidak semua file yang ditaro di indowebster.com diindeks di forum. Ada juga blog ato forum lain yang ikutan naro di server idws. :D Nah, kalo filenya berpassword .... ya begitulah kayak kejadian di thread yang saia sebutkan di atas.

    IMO, forum idws saia rasa sudah cukup memadai untuk mengindeks file-file di indowebster.com. Tapi kalo memang teknologi Lucene ini bisa bikin indowebster.com menjadi lebih baik, mengapa tidak. :D
     
    • Like Like x 1
  4. dono Administrator

    Offline

    Tukang Sapu

    Joined:
    Apr 16, 2007
    Messages:
    1,587
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +11,311 / -8
    thanks sarannya, cuman untuk versi 4 kita tidak akan berubah dulu soalnya untuk research 2-3 bulan untuk satu technology uji stabilitas dan kekuatan pada server kami dan lain hal nya.. mungkin untuk versi-versi idws berikutnya, ada ahlinya untuk mencobakan ini :) .. mudah mudahan.. thanks sekali lagi
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.