1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Tips Ujian Praktek SIM A (tips and trick)

Discussion in 'Otomotif' started by maxh1312, Jul 26, 2016.

  1. maxh1312 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    884
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,548 / -0
    [​IMG]

    Salah satu yang tak lepas dari dunia otomotif, yakni kepemilikian izin untuk mengemudi.

    Di Indonesia izin tersebut dikeluarkan oleh Satpas Ditlantas Polri dalam bentu Surat Izin Mengemudi (SIM) yang pelayanannya tersedia pada level Polres (Kab/Kota).

    Bukan rahasia bahwa area ini merupakan "lahan abu2 basah". Ekstrimnya pernah beredar kabar bahwa orang yang tidak bisa mengemudikan pun bisa memperoleh SIM. :D

    Secara umum SIM ada berbagai macam.

    Pada thread ini khusus dibahas untuk SIM A.
    Thread ini dibuat berdasarkan pengalaman TS jadi ruang lingkupnya terbatas.

    TS mengurus SIM di Satpas Ditlantas Polres Kediri yang berlokasi di Pare (Kabupaten). Pada Waktu dan tempat yang berbeda sangat mungkin kondisinya berbeda

    Cekidot aja deh...

    Syarat Pengurusan SIM A adalah

    - Formulir Permohonan
    - Fotocopy Identitas
    - Surat Keterangan Sehat
    - Membayar biaya pembuatan Rp 120.000 (data per Juli 2016)


    Alur
    Beberapa Satpas menetapkan alur yang berbeda. Kalo di Satpas Polres Kedri Sendiri

    - Menyerahkan map (warna hijau khusus SIM A, bisa berbeda tiap2 Satpas) berisi FC KTP dan Surat Keterangan Sehat
    - Langsung menuggu di ruang Tes Uji Teori
    - Ujian Teori
    - Jika gagal diminta mengulang kembali max 1 bulan setelah tes pertama
    - Jika lulus, diberi map kita tadi yang sudah berisi keterangan lulus dan diminta ke tempat tes praktik
    - serahkan pada penguji
    - nunggu antrian
    - Tes Praktik
    - Jika gagal mengulang lain hari max 1 bulan setelah tes pertama
    - jika lulus diberikan map kita tadi yang sudah berisi keternagan lulus praktek
    - bawa map lagi ke loket pendaftaran
    - antri bayar
    - bayar, lalu disuruh nunggu di ruang foto
    - foto sim
    - SIM jadi, diserahkan sambil ngisi buku register
    - selesai


    Ketentuan Penting

    - Kesempatan mengulang ujian adalah satu kali. Jika Ujian Kedua gagal baik teori ataupun praktik mengulang dari daftar baru
    - Pada satu kesempatan ujian praktek hanya diperkenankan satu kali percobaan. Pada beberapa satpas diberi 2-3 kali percobaan.
    - Tes praktik harus clean sheet. nyenggol pembatas walaupun tidak jatuh bisa dinyatakan gagal

    Ujian Teori ada 30 Soal terkait dengan SIM A, mulai dari Rambu, Marka, Etika mengemudi, Pengetahuan Umum, dll.

    1 soal sekitar 20 detik

    Soal ditampilan di proyektor, peserta memilih jawaban dengan menekan tombol.

    Nilai minimal adalah 60 (benar 18 soal)

    Tips:
    Jangan songong, jangan sombong, jangan sok tau, hahaha.

    beberapa soal bisa dinalar tapi ada saja yang soal di luar nalar.

    percaya saja akan ada soal2 yang kamu yakin jawabannya A tapi kuncinyan B atau C padahal kuncinya absurd.

    Berangkat ujian teori tanpa baca/latiahn soal adalah BLUNDER BESAR

    LATIHAN Soal.
    contoh soal bertebaran silahkan googling
    di playstore juga banyak contoh soal.
    bahkan Korlantas polri punya simulasi yang bisa diakses di Fokus.
    Waktu berjalan tanpa menunggumu.
    kalau tidak bisa jangan dipaksa berpikir mengingat2. biarkan saja. jaga konsentrasi untuk soal berikutnya.

    Good luck

    Tes tulis susah? kamu bisa lulus? Congrats! But the real sh*t was just began... hahaha

    Tes praktik adalah nightmare dalam Ujian SIM. Kenapa?
    - Jalurnya sempit
    - kendaraan dirancang untuk 'sulit'
    - Patokan pembatas pendek.

    Jalur sempit.
    Ya, untuk tes parkir batas antara bodi mobil dengan pembatas adalah 60 cm (ga ada satu meter coy, hahaha).
    semua harus dilakukan sekali jadi. Kalo mundur ya mundur aja, kalo maju ya maju aja, ga boleh maju mundur. kecuali parkir paralel, satu kali maju satu kali mundur atau sebaliknya.

    Kendaraan dirancang untuk sulit.
    Umumnya kendaraan yang dipakai adalah tipe Van seperti s*z*ki a*v atau dai*a*su gr*and m*x. moncongnya pendek, bokongnya panjang, sudut putaran roda tidak banyak, dan manual (momok pengguna matic).
    Mesin bisa 2 alternatif, kalo ga super alus ya super kasar. saking alusnya peserta pertama tes bareng ane mencoba starter mobil yng lagi nyala. :D

    Patokan pembatas pendek. Bahkan lebih pendek dari ban mobil. jangan bayangkan orange cone semua. cone hanya untuk pojokan. sisanya diisi paralon sekitar 30 cm

    JANGAN SKIP bagian ini, karena mungkin ini adalah hal mendasar yang berpengaruh besar.

    cek kendaraan
    Peserta diberi kesempatan untuk 'kenalan' dengan medan ujian dan kendaraan.
    manfaatkan sebesar mungkin untuk mengetahui kondisi kendaraan seperti, kedalaman kopling, rem, sudut putar maksimal, luas haluan yang diperlukan, dsb. usahakan saat mencoba sudah tau atau punya strategi.

    Pilar Kunci
    beberapa sekolah mengemudi mengajarkan pilar kunci. Ini adalah teknik dasar membelokkan kendaraan.

    Apa itu pilar kunci? Pilar kunci adalah batas dimana ketika pilar kunci kendaraan telah melewati halangan, maka putaran penuh setir tidak akan menyebabkan kendaraan menabrak.

    contoh : mengeluarkan mobil dari garasi rumah ke jalan raya. Ketika pilar kunci kiri telah lewat pagar/tembok paling ujung, maka jika setir diputar penuh ke kiri dan berjalan maju, mobil tidak akan menabrak pagar.

    Pilar Kunci maju adalah tengah2 antara ban depan dan ban belakang, sementara pilar kuci mundur adalah ban belakang. Lihat gambar
    [​IMG]
    kebanyakan kendaraan, pilar kunci majunya adalah bagian body antara pintu depan dan pintu tengah. Misal ketika anda maju, ada penghalang di sebelah kiri, setelah pengahalang kiri melewati pilar kunci maju, setir anda putar maksimal ke kiri pun tidak belakang mobil tidak akan menabrak penghalang tersebut.
    ada baiknya dipahami dulu tentang pilar kunci ini sebab nanti akan berguna saat tes praktik.

    Spion
    Atur spion agar kamu bisa melihat pembatas. putar2 sajka sampai kamu bisa melihat pembatas paling dekat damn paling jauh sekaligus. ini penting, kalau tidak bisa melihat belakang, habis sudah.

    Seatbelt
    Sepele tapi krusial. kamu menjalankan kendaraan tanpa seatbelt langsung dipeluit. Gagal...

    Here it comes. Agar bisa lancar dalam ujian anda harus 'menguasai' kendaraan. Punya feel untuk haluan dan kecepatan.

    PELAN2 SAJA tidak usah buru2. anda hanya butuh gigi 1 dan R. anda cukup memainkan kopling dan rem. pedal gas hanya digunakan untuk menjaga RPM agar mesin tidak mati.

    ini layoutnya

    [​IMG]

    titik merah adalah Orange Cone, titik hitam adalah patok paralon. garis kuning adalah garis pembatas di tanah

    1. dari posisi awal anda harus memasukkan kendaraan ke area AB dengan kepala berada di A
    2. selanjutnya mundur kembali ke posisi awal
    3. parkir seri di area D dengan kepala berada di area D.
    4. dari posisi tersebut anda mundur masuk ke posisi AB dengan kepala di B
    5. Keluar area AB, memposisikan kendaraan di posisi F dengan kepala di F menghadap arah G
    6. Zig Zag maju ke posisi G
    7. Zig zag mundur gari posisi G kembali ke posisi F
    8. arahkan mobil ke posisi C dengan kepala menghadap G
    9. parkir paralale menuju area DE dengan kepala di D
    10. Ujian Tanjakan.

    [​IMG]
    [​IMG]

    Dari posisi start anda harus menuju posisi goal tanpa menyentuh / menjatuhkan pembatas.

    Tips :

    [​IMG]

    Ambil haluan selebar mungkin. posisikan ban depan sejajar pilar pembatas. putar setir perlahan sambil maju.

    [​IMG]

    usahakan ujung kiri depan mobil semepet mungkin dengan pilar pojok. silahkan melongok dan dikira2.
    atur kecepatan. selaraskan belok dan lurus untuk mengatur posisi mobil ke goal.

    kalo kamu bisa masuk harusnya kamu bisa keluar. hahaha.
    mundur aja biasa. begitu ban belakang lewat cone kanan putar setir ke kanan sambil perhatikan pembatas sebelah kiri. terlalu membelok bisa mengenai pembatas.

    [​IMG]
    [​IMG]

    PENTING. Posisi goal menentukan proses setelah ini. Jika posisimu tidak sesuai gambar maka kamu akan kesulitan pada tahapan berikutnya. seharusnya tidak ada kesulitan utuk masuk miring. yang terpenting atur posisi semirip mungkin dengan goal.

    [​IMG]
    [​IMG]

    jika posisi pada tahap 3 sesuai gambar maka yang kamu lakukan hanya. pindah gigi mundur. putar setir maksimal ke kanan. mulai mundur. harusnya langsung masuk tanpa halangan. setelah pantat mobil masuk tinggal mengatur kelurusan. maka dari itu posisi pada tahap 3 sangat krusial. By far ini adalah tahap tersulit menurutku.

    Tinggal keluar dan puter balik ke posisi start zig - zag

    [​IMG]
    [​IMG]

    Zig zag itu gampang. Serius! kalo kamu bisa lolos tahap 3-4 harusnya kamu bisa zig - zag dengan mudah.
    Kunci utama adalah spion dan pilar kunci.

    [​IMG]

    jika zig zag ke kanan jaga jarak sedekat mungkin dengan pembatas kanan dan selebar mungkin dengan pilar depan.
    jalan saja lurus, jika PILAR KUNCI DEPAN sudah lewat pembatas segara belok ke kanan sampe ujung depan kiri mobil melewati pembatas selajutnya.
    luruskan setir sambil balas perlahan.
    begitu PILAR KUNCI MAJU sudah lewat pembatas lagi segera belok kiri sampe ujung depan kanan melewati pembatas selanjutnya.
    luruskan setir sambil balas perlahan. begitu seterusnya.

    [​IMG]
    [​IMG]

    Tidak jauh beda dengan zig zag maju hanya saja kita gunakan pilar kunci belakang yakni sejajar roda belakang
    CEK SPION

    [​IMG]

    tengok SPION KANAN, posisikan ban belakang sejar pembatas. putar setir ke kanan sambil mundur. biarkan sebelah kanan, TENGOK SPION KIRI. ketika pembatas belakang sudah terlihat. putar setir kearah berlawanan sampai lurus

    [​IMG]

    mundur lurus sampai belakang sejar pembatas. putar setir ke kiri sambil mundur. biarkan sebelah kiri, TENGOK SPION KANAN. ketika pembatas belakang sudah terlihat. putar setir kearah berlawanan sampai lurus lagi

    [​IMG]

    begitu seterusnya. Intinya adalah tengok spion kanan kiri bergantian

    Penguji akan mengarahkan ke posisi persiapan parkir paralel
    [​IMG]

    [​IMG]
    [​IMG]

    Tips : sebanarnya posisi awal parkir paralel itu bebas.
    anda boleh memulai pada posisi ini
    [​IMG]

    pastikan ban kiri sejajar dengan pembatas pojok speerti gambar. putar setir ke kiri sambil mundur sampai pembatas tengah terlihat di spion

    [​IMG]

    mundur lurus sampai ban belakang sejajar dan semepet mugnkin dengan pembatas tengah

    [​IMG]

    putar setir ke kanan untuk memasukkan mobil ke zona e.

    Pelan2 saja. harusnya bagian depan tidak akan menyentuh pembatas. jika pojok depan kana sudah masuk, rem luruskan ban. selesai.

    tugas anda adalah naik ke tanjakan. berhenti di tengah tanjakan. jalan naik lagi tanpa mundur tanpa mesin mati.

    tips. gunakan gigi satu. saja. tancap gas naik langsung tarik handrem dan injak pedal rem. lepas pedal rem pelan. kalo terasa mundur tambahi handrem lagi.

    here the tough part. lepas kopling tapi jangan full, injak pedal gas sampai mesin mengerang. Kombinasikan lepas handrem sedikit, dan tambah pedal gas. No trick, no shortcut. yang ini murni butuh feel.

    That's it. I hope that could help. Tes atau bayar silahkan pilih sendiri ya... hahaha

    ===================================================================​

    kalau salah kamar silahkan dipindah
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mckenthus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +14 / -0
    Ane pernah lihat ujian praktek sim A, serem... Ternyata lihat thread ini, lebih serem lagi wkwkw.. Soalnya di tempat ane ujian prakteknya cuma paralel, jalur sempit, tanjakan & zigzag.. Klo mobilnya pake mobil van susi... Ane kebeneran mau bikin sim a, tapi masih perlu belajar banyak...
     
  4. eagle_1304 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -1
    Dulu zaman Ane kuliah pernah ikut ujian, udah jauh naik bus, lupa pake sepatu pinjem bayar, lupa pake kemeja pinjem bayar, ujian nya serem, akhirnya minta bantuan ke polwan cantik bayar juga, nyeteples dokumen bayar juga, alhasil dapet tp pas di photo ketahuan stress berat....
     
  5. keminter Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2012
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +33 / -0
    berguna banged ne buat yang mau cari SIM A, kemaren ane cari SIM A belom ada ne trit, alhasil baru ujian teori aja udah gagal (ngulang)....
    buat yang mau cari SIM perlu banyak-banyak latihan dulu, percaya diri, semoga diperlancar dan akhirnya berhasil dapat SIM...Aamiin...
     
  6. allenkurniawan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 20, 2015
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Ane pernah liat si tes SIM A di Daan Mogot tapi ujung-ujungnya ane pake biro jasa juga biar cepet hahaha... tapi thanks uda sharing pengalamannya... jadi tau gimana detailnya.
     
  7. alf14 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 13, 2017
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    buat yang baru pengen bikin, bisa cek daftar harga pengurusan sim terbaru tahun 2017 disini gan
     
  8. mastah Members

    Offline

    Joined:
    Jan 18, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +250 / -0
    susah gan, disuru mundur cmn boleh liat spion, masuk ke posisi parkir hanya boleh sekali jadi, ga boleh maju mundur maju, mobil dikasi tinggi, jd susah liat bawah, dulu 10 taun yang lalu di bandung, hahaha
     
  9. johnfafa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info gan :top:
     
  10. dona2452 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 5, 2011
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -1
    Sim ane kalo ujuan normal. Kayanya susah lulus
     
  11. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,535 / -3
    sekarang susah buat sim baru, untung saya dulu udah buat pake jalur kilat cuma disuruh test drive doang langsung photo cekrek cekrek ujian teori saya di isiin sama ob sana
    http://hddgames.com/

    yang susah itu di teori harus hapal rambu2 sama kode tangan polisi

    dulu saya disuruh test drive pake toyota kijang jadoel dan alhamdulillah lancar lewatin lika liku rintangan sama parkir tapi pas parkir gak sampai segitunya disuruh liat lewat spion tapi gak tau juga sih atau mungkin saya pake jalur kilat makanya dipermudah
     
  12. emu_2_pains Members

    Offline

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Eeehhh... keren abis info & trik2nya brooooo.....
    bagi ane, ini baru tutorial lengkap ttg test sim... GBU yah broooo....
    :ogblink:
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. gagal ujian praktek sim a

    ,
  2. trik zig zag sim a

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.