1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Uji Jaringan, Smartfren Kini Tidak Pakai Speedtest Lagi

Discussion in 'Free Talk Zone' started by youthmuda, Nov 13, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. youthmuda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 3, 2015
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Speedtest selama ini menjadi aplikasi favorit untuk menguji jaringan atau layanan internet di smartphone. Selain Speedtest ada OpenSignal yang juga banyak dipakai pengguna di Indonesia.

    Dua aplikasi tersebut juga dipakai beberapa operator seluler untuk menguji kecepatan jaringan.

    Smartfren Telecom yang sebelumnya selalu menggunakan dua aplikasi tersebut kini punya "jagoan" baru untuk menguji jaringan. Aplikasi tersebut bernama Nperf yang tersedia untuk Android dan iOS.

    Penggunaan Nperf oleh Smartfren terungkap pada acara pengujian jaringan 4G Smartfren di wilayah Jabodetabek pada Rabu (11/11/2015) yang turut dihadiri KompasTekno.

    "Sebelumnya Smartfren selalu menggunakan Speedtest dan OpenSignal untuk menguji jaringan. Hari ini, Npref ikut disertakan dalam pengujian," kata Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren di sela-sela acara drive test yang dimulai dari jalan Sabang, Jakarta.

    Menurut Munir, saat ini Nperf lebih dipilih Smartfren karena lebih komprehensif.

    Alasannya, Npref ikut menguji kualitas layanan internet, sepertibrowsing ke situs web dan streaming video YouTube. Sedangkan, Speedtest hanya menguji menampilkan kecepatan download danupload data.

    "Pengujian jaringan tak melulu soal speed. Yang terpenting, apakah layanannya bisa digunakan dengan baik. Npref ikut menguji pengalaman saat browsing dan streaming," kata Munir.

    Npref menguji kecepatan browsing dengan mengunjungi beberapa situs, seperti Google, Facebook, Blogspot, Yahoo, dan situs lokal Kaskus.

    Untuk pengujian streaming, Npref mengakses YouTube dalam tiga resolusi yaitu 240p, 360p, dan 720p.

    Bisa membandingkan operator

    Selain lebih komprehensif, menariknya lagi, hasil pengujian Npref dapat dibandingkan dengan sesama operator yang beroperasi di Indonesia. Jadi pengguna bisa melihat seberapa kencang koneksi internet yang dipakainya dibanding operator lain di satu lokasi.

    "Smartfren merekomendasikan Npref untuk digunakan pengguna untuk mengetes kinerja jaringan, sebagai alternatif Speedtest dan OpenSignal," ujar Munir.

    Meski merekomendasikan Npref,Smartfren tentu saja tidak menggunakan aplikasi ini untuk keperluan pengujian di internal.

    Smartfren sendiri menggunakan sebuah software pengujian danmonitoring khusus, yaitu Drive Test Tools.

    Paket software berbanderol 24.000 euro (sekitar Rp 350 juta) ini berguna memantau jaringan Smartfren di seluruh Indonesia.

    Software inilah menjadi jantung di Network Monitoring CenterSmartfren yang berlokasi di wilayah Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangerang Selatan.

    Menurut Saut P. Sianturi Head of Technical Assistance Center.Smartfren Telecom, Drive Test Tools digunakan sebagai sistem pendeteksi gangguan, mulai dari gangguan di BTS, transmisi, hingga bandwidth dan jalur internet.

    Gangguan yang dideteksi software ini akan ditindaklanjuti dengan keperluan perbaikan dan peringatan dini untuk pengguna.

    via http://tekno.kompas.com/read/2015/1...gan.Smartfren.Kini.Tidak.Pakai.Speedtest.Lagi
     
  2. funkyjerryc M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +61 / -0
    mantep nih nperf. jadi ga perlu buka webnya speedtest lagi
    wkwkw
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.