1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Trauma Penyebab Utama Keretakan pada Gigi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Jul 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,166
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    GIGI memang tercatat sebagai organ terkeras jika dibandingkan dengan bagian lain tubuh manusia. Toh, sekuat-kuatnya gigi, organ untuk mengunyah itu bisa retak. Beberapa hal, terutama trauma, bisa memicu keretakan gigi.

    Menurut drg Rudy M. Comentas, kondisi traumatis bisa disebabkan kecelakaan atau mengunyah makanan yang terlalu keras. Rudy mencontohkan kacang-kacangan. ''Atau, kita nekat memecahkan cangkang seafood yang keras dengan gigi. Kepiting, misalnya,'' katanya.

    Banyak orang yang tak menyadari kemampuan giginya. Saat harus beradu dengan cangkang seafood yang keras, gigi kalah kuat dan retak. ''Keretakan gigi juga bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan berbeda suhu ekstrem secara bergantian. Misalnya, setelah mengunyah bakso yang panas, gigi langsung diguyur es jeruk,'' ungkap dokter gigi dari Klinik Kecantikan Gigi D-Arts itu.

    Bila keretakan tak begitu parah, hanya terjadi di area enamel (lapisan terluar gigi), biasanya tidak ada masalah. Paling penampilan fisik gigi menjadi buruk. Namun, jika keretakan sampai menyentuh lapisan dentin atau pulpa (ruang yang berisi saraf dan pembuluh darah), gigi akan menjadi sangat sensitif. ''Sedikit saja terkena makanan panas atau dingin, gigi langsung ngilu. Begitu pula saat terkena makanan yang terlalu manis, asam, atau asin,'' ujar Rudy.

    Dia menyarankan keretakan gigi tak dibiarkan tanpa perawatan. Sebab, bagian gigi yang retak dan bercelah itu bisa menjadi tempat sisa-sisa makanan. Buntutnya, kuman dan bakteri bersarang di sana. Apalagi, bagian celah itu biasanya sulit dijangkau sikat gigi sehingga sulit dibersihkan. ''Bakteri dan kuman akan membusukkan sisa makanan di bagian yang retak itu,'' jelasnya.

    Bila itu terjadi, lanjut dia, gigi bisa mengalami karies (lubang). Bahkan, bila sudah parah, pembusukan bisa merambah ke area pulpa dan memunculkan abses. Kondisi itu biasanya amat menyiksa. Bila pembusukan telah merambah area pulpa, pembuluh darah dan saraf akan terkena imbas. ''Rasanya cekot-cekot. Nggak enak makan dan tidur. Karena itu, sebelum keretakan menjadi parah, gigi sebaiknya segera ditambal. Namun, bila retak telanjur sampai ke dalam, solusinya ya perawatan saraf atau endodontik,'' terangnya.

    Pada perawatan saraf, kata dia, ruang pulpa yang berisi bakteri disucihamakan. Baru setalah itu, gigi yang retak ditambal agar sisa makanan tak bisa masuk lagi. ''Sebaiknya segera lakukan screening saat mengalami kondisi traumatis. Tujuannya, mengetahui ada tidaknya gigi yang retak,'' tutur Rudy. Tes bisa dilakukan dengan foto rontgen atau panoramik. (ai/c7/soe)

    sumber:jawapos
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Kite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    kalau sarafnya telah diangkat/dibuang gmn?
    karena dulu saya pernah kecelakaan dan mengakibatkan 1/2 gigi saya hancur...
     
  4. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,574
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +116,856 / -9
    memang bener bos. walaupun tidak secara langsung dengan keretakan gigi tapi lambat laun akan terlihat. dan itupun ada pencegahannya menurut ane dengan cara sering2 ajjah makan gula2 Game.

    atau kalau dengan cara tradisional kita memakan Pinang, Sirih atau Jambe (orang jawa)

    dan bisa juga karena kecelakaan yang vatal yang bisa membuat retak atau hancurnya gigi,

    hal itu yang sangat dan sering sekali orang melakukannya. tanpa sepengetahuan mereka. banyak orang yang memakan-makanan yang panas dan langsung minum-minuman dingin terutama es. ya langsung ngilu gigi.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.