1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Intermezo Tradisi Unik Pernikahan Negara Jepang dan Korea Selatan

Discussion in 'Wedding' started by uutchi29, Jan 31, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. uutchi29 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    15,955
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +83,830 / -1











    Tradisi Unik Pernikahan Negara Jepang dan Korea Selatan​

    [​IMG]

    Jepang
    Pernikahan di Jepang diadakan pada musim semi dan musim gugur yang memang dianggap sebagai hari baik. Masyarakat di jepang masih percaya dengan kalender Jepang yang menerangkan mana hari baik dan mana hari buruk.

    [​IMG]
    Tata Cara Tradisional Pernikahan di Jepang
    Pernikahan tradisional Jepang merupakan pernikahan sistem budah, biasa juga disebut pernikahan Shinto. Karena pernikahan tradisional ini menganut agama Shinto dan dilakukan di kuil. Dalam upacara pernikahan ini, kedua mempelai memakai baju tradisional Jepang yaitu kimono. Untuk perempuan pakaian tradisionalnya disebut kimono dan laki-laki disebut hakama. Dalam upacara pernikahan tradisional Jepang, pada umumnya seluruh tubuh mempelai perempuan dicat putih mulai dari ujung kaki sampai wajah sebagai lambang kesucian.
    Di awal upacara pernikahan pengantin disucikan terlebih dahulu oleh pendeta Shinto. Kemudian pasangan melakukan ritual yang bernama san-sankudo. Dalam ritual ini kedua mempelai bergantian menghirup aroma sake yang disajikan. Pada saat kedua mempelai mengucapkan janji pernikahan mereka, kedua keluarga mempelai saling berhadapan dan bergantian meminum sake sebagai wujud penyatuan dan ikatan dalam suatu proses pernikahan.

    Tata Cara Modern
    Pernikahan Jepang ala modern merupakan pernikahan yang menganut adat barat. Biasanya diadakan di gedung-gedung. Untuk upacara pernikahan cara modern, kedua mempelai bebas memiih upacara menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

    Souvenir pernikahan Sujeo
    Dalam adat pernikahan Jepang juga terdapat souvenir yang dibagikan ke tamu undangan. Souvenir tersebut disebut Hikidemono. Souvenir ini dimasukkan ke dalam tas untuk dibawa pulang oleh tamu. Dalam kehidupan adat Jepang ada yang disebut Sujeo. Sujeo adalah satu set alat makan yang dalam tradisi makan ala korea yang terdiri dari sendok dan sumpit. Sujeo dalam adat Jepang melambangkan kehidupan yang makmur.








    Korea Selatan
    Pernikahan Tradisional Korea disebut dengan Honrye. Pada zaman dahulu kala, pernikahan diadakan di rumah keluarga pengantin wanita. Secara tradisional, keluarga pengantin pria harus membawa sekeranjang penuh hadiah untuk keluarga pengantin wanita.
    Bebek dalam pernikahan merupakan simbol untuk pernikahan yang lama dan bahagia. Burung bangau merupakan simbol dari kehidupan yang panjang direpresentasi dari ikat pinggang si wanita.
    Kemudian ada yang namanya ritual pukul kaki. Biasanya, setelah upacara pernikahan, sepatu dan kaos kaki sang mempelai pria akan dilepas oleh teman-temannya. Lalu mengikatkan tali di sekitar pergelangan kakinya.
    Saat inilah teman-teman sang mempelai pria akan mulai memukul telapak kakinya dengan ikan Corvina kuning. Secara bergantian mereka akan terus mendaratkan pukulan tanpa henti. Tujuannya adalah, agar pengantin pria kuat saat malam pertama.
    [​IMG] Busana Pengantin Wanita
    Busana pengantin wanita terdiri dari jeogori (jaket pendek dengan lengan baju yang panjang) dengan 2 pita panjang yang terikat membentuk otgereum. Sepatu (chima) mirip seperti perahu yang terbuat dari sutra. Busana pengantin wanita mencakup ikat pinggang putih dengan simbol bunga. Digunakan pula mahota hiasan kepala. Kemudian dipakainya hiasan hanbok, norigae.

    Busana Pengantin Pria
    Terdiri dari jaket jeogori, dan celana panjang serta mantel. Jaketnya memiliki lengan yang panjang, celana panjang yang longgar dan pada angkel bawah diikat dengan tali pengikat. Rompi digunakan setelah kemeja, dan memakai topi hitam tradional. Busana pengantin ini disebut gwanbok.



    Sumber:

    Source 1
    Source 2
    Source 3
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Feb 2, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. rede9095 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 6, 2013
    Messages:
    2,828
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +19,779 / -2
    kalo pernikahan tradisional Jepang pernah liat di drama :hoho:
    lucu aja rasanya pas pertama kali liat kimono ceweknya dengan tutup kepala yg unik :hihi:
    dicat putih itu kayak makeupnya Geisha ya? aku lupa pernah liat apa gak, tapi sepertinya udah jarang diterapin :bloon:




    kalo tradisi Korsel sering liat di WGM :oghoho:
    eh? aku baru tau yang ini "Tujuannya adalah, agar pengantin pria kuat saat malam pertama."
    aku taunya pengantin pria dipukul terus2an sampe pengantin wanita gak kuat ngeliatnya, sebagai gantinya pengantin wanita harus melakukan sesuatu yg diminta sama temen2 pengantin.
    atau jangan2 itu versi WGM doang ya :lol:




    mungkin nanti bisa ditambahin juga macem2 ritual/simbolisasi yg dilakukan pas upacara pernikahan :hmm:
     
  4. uutchi29 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    15,955
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +83,830 / -1
    iya kalau pernikahan tradisional jepang saat ini sedikit sekali yang melakukannya :hmm:
    biasanya sih di daerah pedesaan atau orang tuanya yg kepingin pake yg tradisional :XD:
    dan kalaupun ada biasanya ada unsur modern-nya :XD:

    iya kok re. tujuannya dipukul2 pake ikan itu kan biar kuat pas malam pertama buat si pria.
    tapi kalau temennya sendiri yg mukul sih emang seneng aja nyiksa temennya :hihi:

    kalau itu kamu buat aja re thread barunya :maling:
     
    • Like Like x 1
  5. Garnet_IX M V U

    Offline

    .:: 陳玉蓮::.

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    7,466
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +536,854 / -1
    sayang sekali tradisi unik pernikahan di jepang diikuti dengan piramida penduduk terbalik [​IMG]
     
  6. yoonz14 MODERATOR

    Offline

    ❤邓邓伦伦❤邓论❤

    Joined:
    Apr 27, 2012
    Messages:
    13,682
    Trophy Points:
    308
    Ratings:
    +27,977 / -0
    Unik juga ya di korea dan jepang..

    yg ini "ikan Corvina kuning." yg dipukulkan ke kaki pengantin pria
    itu kecil2 kan ikannya? entah kenapa yg kepikiran kok ikannya segede tongkol gitu :XD: :gembel:

    Aq cm inget waktu married atau bukan ya? kalau di Korea, pakai kayak dilemparin benda macam2..
    dgn nenek / org yg lebih tua lalu pengantin wanita'nya menangkap pakai bajunya dia itu
    jadi kayak dilempari uang, dilempari makanan
    bukan dilempari juga sih (kesannya kok kasar dilempari) :XD:
    nanti kalau ketangkap, besok2nya sejahtera dll gitu hehehehe

    thanks for share btw
     
  7. lugly_ia MODERATOR
    Adventurer

    Offline

    Day Dreamer

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    6,284
    Trophy Points:
    343
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,187 / -0
    piramida penduduk terbalik? :???:
    emangnya knapa ka? :bloon:



    bebeb rede9095rede9095; terlalu bnyk nonton WGM :maling:
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  8. rede9095 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 6, 2013
    Messages:
    2,828
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +19,779 / -2
    iya ut, walopun dari setting, upacara sampe resepsinya pake konsep tradisional, tapi acara pas resepsinya sendiri udah cenderung lebih modern :hehe:
    aku beneran baru tau lho yang dipukul2 itu buat malam pertama :hihi:
    kalo itu mah temen2nya aja yg kesenengan :XD:
    ntar deh ya aku bikinnya :hihi:


    tau aja sih beb :maling:

    itu maksudnya piramida terbalik kan karna pertumbuhan jumlah anak2/orang2 yang berusia muda (bahkan mungkin sampe usia produktif) lebih sedikit daripada yg manula.
    tau sendiri kan di jepang banyak yang gak mau berkeluarga, apalagi wanita2nya, banyak yg memilih jadi wanita karir dan hidup selibat :hmm:
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  9. uutchi29 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    15,955
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +83,830 / -1
    ikannya malah gede loh yoonz. gak kecil2 gitu :lol:
    dan udah gitu setauku tuh ikannya kering gitu, tapi keras, jadi tetep aja sakit kalau dipukulin pake itu :oglol:
     
  10. ddupsdee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 17, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    iya aku kemarin liat di WGM nya Julien Kang, dia dipukulin kakinya pake ikan corvina itu pas ngelakuin pernikahan tradisionalnya korea. itu mah gede banget ikannyaa dan kaku pula, kayak tongkat kasti.
     
  11. jengkelinih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    9,380
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,082 / -1
    Yang Jepang sering liat di dorama :hehe:

    penasaran sama totol merah di pipi pengantin wanita Korea itu maksudnya apa ya? :iii:
     
  12. andidarusalam Members

    Offline

    Joined:
    Oct 23, 2015
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
  13. mlxjakarta Banned User

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 13, 2012
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -1
    Wah, semuanya begitu tuh pas nikah? Kalo di sini mah macem-macem ye gan, tergantung darimana asal kita. Lebih berwarna :D
     
  14. ADANO Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +6 / -2
    Bangga jdi orng Indonesia,Jepang ma Korea anda bisa katakan unik padahal trdisinya umum untuk satu negara, tpi coba bayangkan brp bnyk dan ragam adat serta tata cara pernikahan di Indonesia, pasti lebih Unik bukan!??
     
  15. tasyiii Members

    Offline

    Joined:
    Apr 23, 2012
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo adat jepang sih masih sering liat di dorama, kalo korea engga :p
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.