1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

People Tokoh Wanita Peduli Lingkungan

Discussion in 'Official and Free Talk' started by aiana, Jun 1, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. aiana MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,332
    Trophy Points:
    197
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,560 / -1

    [​IMG]


    Tanggal 5 Juni, adalah hari lingkungan hidup sedunia,,,
    Ada yang belum tahu?
    Lingkungan hidup Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 199, adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
    Dari pengertian itu kita sudah tau pentingnya lingkungan untuk kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Sudah seharusnya kita peduli dan memperhatikan lingkungan karena lingkungan yang kita tinggali sekarang akan menjadi warisan untuk generasi mendatang.
    Nah untuk mengawali kecintaan kita, mari kita lihat sosok-sosok wanita yang masih dan mau mencintai lingkungan ini...

    Lets see our hero!


    1. Aleta Baun,

    [​IMG]


    Seorang perempuan dari Nusa Tenggara Timur, meraih penghargaan Goldman Environmental Prize 2013 atas jasa-jasanya di bidang konservasi alam. Goldman Environmental Prize 2013 merupakan Hadiah Lingkungan Hidup yang diberikan setiap tahun kepada pahlawan lingkungan hidup, masing-masing mewakili enam kawasan besar di dunia.

    Wanita yang akrab disapa Mama Aleta berhasil menggerakkan Masyarakat Adat Mollo untuk kembali percaya pada kekuatan ritual sebagai media yang mempersatukan perjuangan bersama antara masyarakat adat dengan para leluhurnya, salah satunya melawan agresi pembangunan yang masuk dalam bentuk tambang marmer. Suku Mollo berabad-abad bertahan hidup dari keanekaragaman hayati di Gunung Mutis, Timor, Nusa Tenggara Timur yang disakralkan. Mereka mengumpulkan makanan dan obat-obatan dari hutan, menanam di tanah subur dan menenun baju dari serat alami.

    Perjuangan Mama Aleta telah dimulai pada 1990-an ketika Gunung Batu Anjaf dan Nausus mulai dirambah industri tambang dan industri kehutanan. Gunung Batu Anjaf untuk dikeruk (dibelah) dan diolah menjadi batu marmer. Batu, bagi orang Timor adalah batu nama. Nama marga ada pada batu-batu itu. Kalau batu nama itu dihilangkan, maknanya sama dengan menghilangkan identitas orang Timor.

    Dia pun bertindak, menyatukan komunitas untuk sama-sama menolak upaya korporasi itu demi mempertahankan identitas Suku Mollo. Keinginannya sederhana, agar masyarakat setempat tidak kehilangan sumber pangan, identitas dan budaya daerah

    2. Ully Sigar Rusady
    [​IMG]
    Perempuan yang lahir di Garut, 4 Januari 1952 merupakan musisi yang juga mendirikan sekolah musik terkenal bernama Vini Vidi Vici. Siapa sangka wanita ini juga seorang aktivis di dunia pelestarian lingkungan hidup.

    Dedikasi Ully memang pantas mendapat apresiasi setinggi-tingginya. Meski usianya telah memasuki setengah abad lebih, semangatnya dalam "menghijaukan" Indonesia tak pernah meredup. Ia gencar melakukan kegiatan pemeliharaan alam seperti dengan menjadikan hutan sebagai rumah. Atas kiprahnya itu, berbagai penghargaan pun berhasil diraihnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Antara lain, penghargaan Asean Development Citra Awards 1999-2000 dan Piagam Penghargaan Global 500 dari Badan PBB UNEP 1988.

    Kepeduliannya terhadap lingkungan juga ia salurkan lewat Yayasan Garuda Nusantara (YGN) yang ia dirikan pada 1985. Melalui yayasan itu, Ully membuka kelompok-kelompok pecinta alam dan lingkungan. Pandu Lingkungan Hidup (PLH) merupakan salah satu kelompok pecinta lingkungan yang pertama kali dibentuk dan berada di Balikpapan. Selanjutnya YGN terus berkelana membentuk kelompok serupa. Menurutnya, tujuan utama dibentuknya kelompok pecinta alam adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Hasil akhir yang diharapkan adalah perubahan perilaku setiap manusia terhadap lingkungannya.

    3. Kholifah,
    [​IMG]
    Wanita penerima kalpataru kategori Perintis Lingkungan tahun 2010
    Perempuan dari desa Kedungringin, Beji, Pasuruan, Jawa Timur ini layak jadi pahlawan lingkungan. Sejak tahun 1999 Kholifah merintis pembuatan trichogramma, pupuk organik cair, pupuk organik padat, pengembangan tanaman hias, dan pengembangan jamur antagonis dengan peralatan sederhana. Program ini dapat membantu meningkatkan produksi petani dan berhasil menurunkan penggunaan pupuk buatan dan pestisida kimia.


    4. Dra. Endang Sulistyowati,

    Wanita penerima Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan tahun 2010
    Perempuan yang juga guru biologi dan pendidikan lingkungan hidup SMAN 2 Kota Probolinggo, Jawa Timur ini juga pahlawan lingkungan. Aktif dalam berbagai organisasi masyarakat, Endang mengajak penduduk setempat menanam 23.000 pohon bakau di lahan seluas 5 ha di pesisir utara Kota Probolinggo. Ia juga menggagas penanaman pohon SAJISAPO (Satu Jiwa Satu Pohon) di lingkungan sekolahnya.

    5. Sriyatun Djupri,
    [​IMG]
    Wanita penerima Kalpataru kategori Perintis Lingkungan 2008
    Wanita sahabat sampah yang tinggal Jl. Jambangan Rt 004/003 Kel/Kec Jambangan Kota Surabaya, Jatim ini layak disebut sebagai pahlawan lingkungan. Mulai tahun 1986, Sriyatun mulai menggerakkan warga sekitar untuk melakukan pemilahan sampah, penghijauan pekarangan dan jalan warga di sepanjang Kali Surabaya serta membuat saluran WC di sekitar rumah. Kegiatan ini dilakukan melalui Kelompok Dasa Wisma yang memanfaatkan anggota kelompok PKK, Karang Taruna dan para kepala keluarga sebagai kader lingkungan.
    Di tahun 2004 Sriyatun mendirikan Kelompok Kader Lingkungan Sri Rejeki, aksinya berupa pelatihan bagi warga sekitar untuk memilah dan mengolah sampah, pembibitan tanaman, penghijauan pekarangan, jalan dan pinggir sungai, serta membuat dan menggunakan jamban umum. Pengeloaan sampah dilakukannya dengan metode 3R.

    6. Theresia Mia Tobi
    [​IMG]
    Perempuan penerima Kalpataru kategori Perintis Lingkungan 2008
    Perempuan yang tinggal di RT 13 RW 06, Dusun Bawalatang, Desa Nawokote, Wulanggitang, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur juga layak menyandang gelar pahlawan lingkungan. Ibu Theresia tanpa kenal lelah memberdayakan masyarakat melalui penanaman pohon dengan semboyan “bila satu pohon ditebang, akan diganti dengan penanaman seribu pohon”. Kepercayaan masyarakat kepada Ibu Theresia dapat diukur dari keikutsertaan seluruh warga Desa Nawakote kemudian melakukan pembitan, penangkaran dan penanaman gaharu di pekarangan rumah maupun areal hutan.


    7. Wayan Sutiari Mastoer,

    Perempuan penerima Kalpataru kategori Perintis Lingkungan 2006
    Wanita satu ini juga layak jadi pahlawan lingkungan. Dengan dibantu pegawai dan anggota keluarganya ia mengumpul sisa-sisa tumbuhan dan sampah anorganik untuk di daur ulangmenjadi hiasan berupa bunga kering, hiasan dinding, bros, giwang dan sebagainya. Wanita yang juga bendahara POPRI (Perkumpulan Olahraga Pernapasan Indonesia) ini tidak henti-hentinya mendemonstrasikan dan melatih masyarakat sekitar. Hasil karyanya diminati oleh banyak kalangan hingga Bali dan mancanegara.



    daannn masih banyak yang lainnya :hmm:



    What Should We Do?

    Kita tidak harus menjadi seperti mereka kok, yang melakukan perubahan besar seperti itu. Perubahan bisa dimulai dari hal terkecil, apa saja itu?

    Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Secara aktif
    Perempuan dapat dilibatkan secara langsung dalam pengelolaan sampah rumah tangga dengan cara memisahkan sampah rumah tangga berdasarkan jenisnya. Sampah dapat digolongkan dalam dua jenis, yaitu sampah organik dan nonorganik. Sampah organik adalah sampah yang mudah diuraikan oleh alam (proses penguraiannya memerlukan waktu singkat). Contohnya adalah sisa makanan dan sayuran. Sampah nonorganik adalah sampah yang sulit teruraikan oleh alam (proses penguraiannya memerlukan waktu lama). Contoh sampah nonorganik adalah plastik. Penanganan yang paling sesuai bagi sampah nonorganik adalah daur ulang (recycle) dan pemakaian ulang (reuse)

    Produk Rumah Tangga Ramah Lingkungan
    Perempuan memiliki peran dengan menentukan produk rumah tangga yang ramah lingkungan. Untuk memilih produk rumah tangga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, memilih produk pembersih yang menggunakan bahan aktif biodegradable. Bahan ini termasuk dalam kategori ramah lingkungan karena dapat terurai oleh pengolah limbah dan proses alamiah. Kedua, menghindari produk yang mengandung merkuri. Merkuri merupakan logam berbahaya yang sering ditambahkan dalam beberapa produk, seperti kosmetik, cat, dan baterai.Selain memilih produk rumah tangga ramah lingkungan, kepedulian perempuan dalam mengelola lingkungan juga dapat dilakukan dengan memilih alat-alat rumah tangga yang ramah lingkungan. Dalam memilih peralatan rumah tangga, utamakan untuk produk yang hemat energi. Sebaiknya, pilih juga alat pendingin (AC, kulkas) non-CFC karena bahan tersebut berpotensi merusak ozon.

    Pendidik Lingkungan
    Seorang perempuan atau ibu merupakan media edukasi pertama bagi anak-anak. Melalui ibu, pendidikan dan penyadaran mengenai kepedulian terhadap lingkungan dapat ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Dari penerapan pola pengelolaan sampah dan pemilihan produk yang ramah lingkungan yang dilakukan dalam sebuah keluarga, anak akan ikut terbiasa dalam menjaga lingkunganya. Dan jika nantinya kebiasaan dan kesadaran ini mengakar dalam diri anak-anak, maka pada masa depan akan terbentuk generasi yang peduli pada lingkungan.
    [​IMG]


    Nah, ini seperti yang dijelaskan oleh KTT Bumi Rio de Jeneiro dalam prinsip ke 20 deklarasi Rio; “Perempuan mempunyai peran penting dalam pengelola lingkungan dan pembangunan.Partisipasi penuh mereka sangat penting untuk meningkatkan pembangunan berkelanjutan”

    So, lets keep our earth to save our world!
     
    Last edited by a moderator: Aug 6, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,506
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,477 / -0
    Harus lebih bnyak lagi org yg peduli nih,, biar lingkungan kita makin asri dan nyaman :rokok:
     
  4. iniririn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 13, 2014
    Messages:
    95
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +37 / -0
    wah keren banget nih, semoga banyak perempuan indo yg kayak gini. bisa makin maju deh indo, semua dimulai dr perempuan dulu. kl perempuan nya sukses n makmur pasti negara bakal maju
     
  5. akufay Members

    Offline

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    setuju bangget sama komen ini moga2 indo bs maju terus
     
  6. OXYCANTHAA Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +22 / -0
    jempolan dah orang-orang yang memiliki kepedulian ama lingkungan :ogtop:
    hal macam ini, perlu dimulai dari hati dan punya kepedulian yang besar sama lingkungan sekitarnya
    semoga makin banyak orang-orang yang peduli, ga kebayang 50 tahun lagi lingkungan di hampir seluruh pelosok Indonesia bakal seperti apa :ogmantau:
     
  7. xerces Members

    Offline

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    semoga semakin banyak org kyk gini
     
  8. samuel11 Members

    Offline

    Joined:
    May 4, 2015
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
  9. muskam Members

    Offline

    Joined:
    Dec 7, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    semoga mereka ga lupa kalau mereka wanita
     
  10. fhierha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2014
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    167
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,575 / -0
    Subhaanallaah yaa perempuan Indonesia, walaupun usia lanjut namun tetap menorehkan prestasi yang bertema lingkungan. Malu deh, masih muda kontribusi lingkungan masih sedikit... :sigh:
     
  11. spasticchair Members

    Offline

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    kayaknya banyak juga perempuan di Indonesia yang ga tercatat prestasi di bidang lingkungan :oblisten:
     
  12. liem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +10 / -0
    wanita2 yang luar biasa memang wanita jaman sekarang kemampuannya tidak kalah dari pria
     
  13. adpit31 Members

    Offline

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    semoga generasi muda dapat meniru hal - hal baik
     
  14. komodozman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +195 / -0
    yang saya tw baru Uli Sigar Rusadi...
    yang lainnya baru tau dr thread ini
    memang mereka wanita2 yang luar biasa

    thank TS
     
  15. fajrimnugrah Members

    Offline

    Joined:
    Jun 22, 2015
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    ayo, yang cowok juga jangan mau kalah buatpeduli lingkungan
     
  16. ragitasari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +17 / -0
    ga cuman cewek juga, cowok juga harus peduli lingkungaan
     
  17. arthamis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +218 / -1
    nah yang begini nih, cantik rupa dan hatinya.. harus dibudayakan nih gan :oghoho:
     
  18. unwell Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    168
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +56 / -22
    tetangga ane nyapu pekarangan tiap pagi termasuk ga
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.