1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Titik Api Meningkat, Kabut Asap Ancam Sumatera

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by sai0506, Sep 21, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sai0506 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 25, 2011
    Messages:
    7,650
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,281 / -0
    BMKG mendeteksi 399 titik api tersebar di beberapa wilayah di Sumatera

    [​IMG]

    VIVAnews - Ancaman kabut asap di Sumatera makin serius. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah hotspot (titik panas) di sejumlah daerah. Menurut Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), jumlah hotspot di beberapa provinsi mengalami peningkatan, termasuk provinsi Riau.

    Kepala Bidang Data BNPB Agus Wibowo menjelaskan, satelit Terra dan Aqua Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 399 hotspot di Sumatera. Dari jumlah tersebut, 257 terdapat di Sumatera Selatan dan Jambi 38 titik. Sementara di provinsi Riau hotspot juga meningkat.

    "Sebelumnya terpantau 9 titik, hari ini di Riau terdapat 45 titik," kata Agus Wibowo. Dia menambahkan, sisa hotspot lainnya tersebar di beberapa provinsi lain di Sumatera.

    Maraknya hotspot ini menyebabkan visibility (jarak pandang) terganggu. Terutama di daerah dimana asap mengarah. Seperti beberapa hari sebelumnya, kabut asap dari Sumatera Selatan mengarah ke Jambi dan Riau. Hal ini menyebabkan Riau sempat diselimuti kabut asap dan mengganggu penerbangan.

    "Hari ini jarak pandang beberapa daerah di Riau terganggu akibat kabut asap. Namun kondisinya tidak separah dua hari yang lalu. Seperti di Indragiri Hulu, jarak pandang hanya 3 kilometer akibat asap. Begitu juga halnya Pelalawan dan Dumai, akibat kabut jarak pandang masih terbatas 4 kilometer," ujarnya

    Menurut Agus Wibowo, dari 45 hotspot yang terdapat di Riau, 20 titik berada di kabupaten Indragiri Hulu, 10 titik masing-masih berada di Pelalawan dan Indragiri Hilir. Sedangkan di kabupaten Kuantan Singingi terdapat 3 titik, Kampar dan Kepulauan Meranti masing-masing 1 titik. (ita)

    sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/538312-titik-api-meningkat--kabut-asap-ancam-sumatera
     
    Last edited: Sep 21, 2014
  2. Darkwedangga12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +18 / -0
    Hari ini jarak pandang beberapa daerah di Riau terganggu akibat kabut asap.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.