1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by One_Two_Bet, Nov 13, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. One_Two_Bet Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 15, 2013
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +23 / -0
    Musim hujan sudah tiba. Musim yang dinanti oleh sebagian banyak orang. Akan tetapi musim hujan ternyata memberikan kesulitan tersendiri untuk para pendaki memenuhi kepuasan mereka untuk mendaki gunung. Pasalnya tingkat kesulitan akan berlipat ganda. Meski begitu Anda bisa tetap mendaki ketika musim hujan tiba. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan !

    Menjaga kesehatan

    Anda harus menjaga kesehatan dan juga mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang. Hal ini bisa dimulai dari fisik, mental hingga perlengkapan ketika Anda mendaki gunung. Kesehatan jelas yang paling penting. Caranya dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dan menambah vitamin C agar daya tahan tubuh semakin terjaga.

    Memilih jalur pendakian yang ringan

    Ketika musim hujan tiba disarankan untuk memilih jalur pendakian yang cukup ringan. Dan disarankan pula untuk langsung turun ketika sudah sampai di puncak. Jangan berkemah di area bumi perkemahan. Pasalnya curah hujan yang tinggi akan membuat perlengkapan Anda mudah basah.

    Mempelajari jalur pendakian

    Mempelajari jalur ketika Anda hendak melakukan pendakian ternyata sangat penting. Ketika hujan turun, tentu saja bisa memberikan risiko yang sangat tinggi dan juga sangat berbahaya. Kala hujan, area pegunungan akan sangat rawan longsor dan juga licin. Ada baiknya Anda mempelajari dan mengenali kawasan pendakian tersebut.

    Memantau prakiraan cuaca

    Sebelum Anda memulai untuk mendaki, ada baiknya untuk memantau prakiraan cuaca melalui situs BMKG atau juga di berbagai aplikasi di gadget Anda untuk melihat kondisi cuaca yang terjadi di hari pendakian. Hal ini untuk menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pendakian.

    [​IMG]

    Bawa barang yang dibutuhkan

    Disarankan untuk membawa barang yang Anda butuhkan ketika hendak mendaki gunung. Siapkan pakaian ganti dan juga makanan secukupnya ketika Anda hendak mendaki. Jangan membawa barang yang cukup banyak yang akan membuat Anda akan kesulitan bergerak.

    Siapkan trash bag

    Disarankan untuk menyiapkan trash bag untuk melindungi bagian dalam tas dari air hujan. Meski sudah tahan air, akan tetapi ada beberapa bagian yang bisa dilalui air dengan mudah. Hal ini untuk menahan air agar tidak membasahi barang-barang yang Anda miliki.

    Sumber : http://panduanwisata.id/2015/11/13/tips-mendaki-gunung-saat-musim-hujan/
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.