1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Mempersiapkan Masa Pensiun dengan Benar

Discussion in 'Career Talks' started by tukangbaso1234, Nov 9, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tukangbaso1234 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 1, 2016
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Pensiun. Pernah mendengar kalimat ini? Pensiun adalah keadaan dimana kita sudah berhenti dari pekerjaan formal dan menjalani masa santai. Biasanya orang mulai berpikir pensiun ketika sudah mencapai umur 40-50an atau setidaknya ketika anak sudah bisa mandiri.

    Sebenarnya pensiun sendiri tidak murni berhenti dari aktivitas sehari-hari, hanya saja berubah kegiatan dari bekerja seperti orang umum menjadi mempunyai banyak waktu. Kali ini kami ingin membahas Tips Mempersiapkan Masa Pensiun dengan Benar. Simak semua di bawah ini.


    1. Mulai Perencanaan


    Saat muda usia 20 hingga 30 tahun menjadi masa produktif dimana mampu bekerja sesuai target. Pada rentang umur ini justru harus memulai masa pensiun, mengapa? Ketika Anda masih kuat bekerja berarti target seberapa besar pun ada kemungkinan Anda bisa mencapainya dengan dukungan tenaga dan usia yang dimiliki.


    Saat masih memiliki pekerjaan, untuk apa saja uang gaji yang Anda dapatkan dari pekerjaan? Untuk bayar sewa rumah, listrik dan tagihan lainnya? jika iya, apakah ada uang tersisa dari gaji tersebut? Jika ada, apakah ada kesempatan melakukan sesuatu dengan uang tersebut?


    Sebaiknya uang sisa gaji tersebut mulai Anda simpan dan jangan pakai untuk hal-hal yang tak berguna buat Anda.


    2. Pertimbangkan Investasi


    Memasuki usia 40-50an, mungkin pada saat ini karir Anda sudah jauh lebih baik dan mapan, namun jangan lupa untuk tetap berinvestasi, pastinya di masa ini uang yang dihasilkan juga lebih banyak, sehingga Anda pun bisa menyimpan dan berinvestasi dengan lebih banyak juga.


    Misalnya Anda punya uang yang disimpan, sebaiknya pikirkan untuk berinvestasi di hal lain, seperti usaha kecil atau mungkin bisnis online seperti jasa pembayaran online PPOB. Atau hal-hal yang menghasilkan uang, sehingga memberi kesempatan pada Anda memperoleh tambahan uang lebih banyak di masa ini.


    3. Berhemat Saat Masa Pensiun Tiba


    Pada akhirnya, jika berada di usia akhir 50-an atau awal 60-an, namun Anda masih tidak memiliki cukup uang menghadapi masa pensiun, jangan khawatir.

    Sebaiknya ubah cara hidup Anda, jangan terlalu banyak menghabiskan uang dan lebih hemat dalam hal keuangan. Pada usia berapa pun, kuncinya Anda harus tetap pada rencana yang sudah dibuat.

    Kontrol emosi ketika sudah punya rencana dan realisasikan di hidup rencana keuangan yang sudah dibuat itu. Jika sudah bisa melakukannya, maka Anda pun dapat bekerja dengan rasa aman.

    Seandainya tidak menang lotre yang berhadiah miliaran pun, tapi Anda setidaknya bisa hidup lebih baik dan bisa menjadi kaya jika sudah bisa merencanakan keuangan sedari dini.

    Ada tiga langkah yang dapat dilakukan menghadapi masa pensiun dengan nyaman, tidak peduli berapa pun usia Anda sekarang
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.