1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Tips Lari Pagi Yang Baik Dan Benar Dan Manfaatnya

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by suparman1, Feb 13, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. suparman1 Members

    Offline

    Joined:
    Aug 29, 2014
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Informasi Manfaat Lari Pagi Untuk Kebugaran Tubuh Dan Beberapa Tips Nya​


    Lari pagi merupakan olah raga yang paling murah dan mudah dibandingkan dengan olah raga lain yang membutuhkan fasilitas khusus. Dikatakan murah, karena kita tidak perlu menyediakan alat khusus untuk lari pagi. Meskipun murah, jangan meremehkan manfaat dari olahraga yang satu ini, karena lari pagi memiliki banyak manfaat yang membuat tubuh kita lebih bugar. Ingin tahu beberapa manfaat lari pagi untuk kebugaran tubuh ? Berikut ini adalah ulasannya.

    Manfaat Lari Pagi Untuk Kebugaran Tubuh

    [​IMG]

    Sebenarnya Manfaat lari pagi untuk tubuh itu sangat bermacam-macam, salah satunya adalah untuk menguatkan kondisi tulang.
    Melakukan aktivitas lari pagi secara rutin akan membantu Anda terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

    Sehingga, tulang Anda akan tetap kuat sampai lansiaa. Hal tersebut karena ketika kita melakukan lari pagi, tulang akan menjadi lebih padat dan kuat. Manfaat jogging atau lari pagi lainnya adalah untuk membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal tersebut disebabkan karena aliran darah yang menuju jantung menjadi lebih lancar.

    Dengan aliran darah yang lancar, maka kinerja jantung juga akan semakin lancar. Lari pagi juga sangat bermanfaat untuk kekebalan system imun menjadi lebih baik lagi. Melakukan lari pada pagi hari akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Hal tersebut karena system imun kita yang semakin aktif.

    Tips Lari Pagi Yang Baik Dan Benar

    Pakai sepatu lari
    Secara umum, kita tidak jarang sekali memperhatikan sepatu yang baik dan nyaman untuk jogging. Alhasil, kaki jadi terasa berat, cedera, atau menapak kurang tepat. Sepatu lari memang khusus diciptakan untuk berlari. Sehingga saat gerakan Anda menapak, Anda akan ditopang dengan sponge yang elastis dan mencegah cedera kaki. Selain itu, umumnya sol sepatunya fleksibel, tidak keras dan tidak melukai kaki Anda.

    Mengatur nafas
    Atur nafas itu penting untuk membuat Anda tidak cepat lelah. Buat hitungan 1-8, dan dalam hitungan 1-3 tarik nafas, hitungan ke 4 hembuskan. Berlanjut dengan hitungan ke 5-7 tarik nafas, dan 8 dihembuskan. Baiknya menarik nafas dan menghembuskannya lewat hidung. Kunci mulut rapat-rapat sehingga Anda bisa merasakan keluar masuknya udara lewat hidung. Cara ini akan membantu Anda tidak mudah merasakan lelah, serta bisa melatih pernafasan dan jantung Anda dengan baik.

    Posisi kaki saat lari
    Posisi saat berlari yang ringan dan membuat Anda tidak mudah lelah adalah setengah berjinjit. Jadi di sini bukan seluruh telapak kaki Anda yang harus menyentuh tanah, tetapi ujung kaki saja. Dengan begini berlari akan lebih ringan dan Anda tak mudah lelah.

    Minimal lari selama 45 menit
    Lari pagi itu jangan hanya 10-15 menit saja. Untuk melakukan pembakaran yang lebih efektif, maka Anda harus lari konstan selama 45 menit. Dengan demikian, pembakaran lemak pada tubuh akan efektif. Bagian yang terbakar adalah bagian yang paling mudah gemuk. Jadi, periksa kembali apakah tubuh Anda menyusut setelah 3-4 kali latihan jogging.

    Merilekskan kaki setelah lari
    Setelah berlari, jangan langsung duduk atau bersila. Tetapi, bawa kaki Anda berjalan setidaknya 5-10 menit. Isi kembali tenaga Anda dengan minum air putih secukupnya. Kemudian mandi di air hangat agar otot-otot tetap rileks dan tidak kaget.

    Berikut ini adalah beberapa manfaat lari pagi secara rutin

    1. Membakar Lemak Jahat

    Jogging di pagi hari dapat memberikan manfaat psikologis dan fisiologis tambahan, termasuk untuk menurunkan berat badan. Olahraga pertama di pagi hari sangat efektif untuk membakar lemak.

    Hal ini karena setelah tidur tubuh dalam keadaan semi puasa dan persediaan karbohidrat habis. Karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh, sehingga ketika persediaannya menipis, tubuh akan membakar jaringan lemak untuk bahan bakar saat berolahraga sebagai gantinya.

    Asalkan kita terus berlari pada intensitas rendah sampai sedang, tubuh akan membakar lemak terutama untuk bahan bakar, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

    Selain itu, ketika kita tidur metabolisme tubuh melambat sepenuhnya. Lari pagi merupakan cara terbaik untuk memulai meningkatkan metabolisme. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang yang terbiasa lari di pagi hari secara rutin memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik.

    2. Memperbesar Otot

    Selain dapat membantu menurunkan berat badan, jogging di pagi hari juga dapat meningkatkan komposisi tubuh dan membantu membangun otot.

    3. Mengurangi Stress

    Satu manfaat dari lari di pagi hari yaitu sebagai penghilang stress. Mengapa demikian ? Dalam jangka panjang dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih santai dan rilex.

    4. Segar Sepanjang Hari

    Lari pagi juga sangat bermanfaat untuk paru-paru, tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah dalam tubuh. Serta menciptakan kordinasi yang baik antara pikiran dengan jiwa.

    Pikiran yang segar akan membuat suasana hati menjadi lebih baik yang secara otomatis akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi kesehatan. Serta gerakan tubuh yang melibatkan semua otot akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

    Nah itulah informasi tentang manfaat lari pagi untuk kesehatan, semoga artikelnya bermanfaat untuk kita semua terutama yang baca.

    Sumber : manfaat lari pagi untuk kesehatan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. 12345678 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    2,303
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +12,188 / -0
    hoo...
    thanks for the tips :top:

    ane br bulan februari ini belajar running/jogging.. hohoho
    biar sehat senantiasa...... :semangat:
     
  4. bayusinarmas4 Members

    Offline

    Joined:
    Mar 3, 2015
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Nice info gan~~ :niceinfo:
    Ane jadi rajin joging lagi nih gara-gara thread ini. hehehe

    Oia gan. Kemarin ane liat cerita-cerita seru tentang hidup sehat nih walau kebanyakan buat yang diet dan nurunin berat badan. Coba nih agan/aganwati buka Klik untuk pengguna PC dan klik untuk pengguna HP
    Agan/aganwati juga bisa sharing dan dapet banyak hadiah. Ayo gan ke tkp biar lebih sehat!! ^^
     
  5. karinabeluci Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2015
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    Nice info banget ...
    Luangin waktu buat lari pagi emang paling buat badan jadi sehat. Apalagi kalau lagi stress saya suka lari keliling lapangan berkali-kali gitu buat melepas stress dan tiba-tiba jadi relaks.

    Yuk Share pengalaman hidup sehat kalian di http://goo.gl/j2YW4y dan untuk mobile di http://goo.gl/zgqHb0. Bisa juga dapetin hadiah yang menarik loh....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.