1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips [Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Aug 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Bursa Ban Sepeda Motor, Jangan Sampai Botak!

    [​IMG]

    Ban merupakan komponen keselamatan terpenting di motor. Fungsi utama ban, selain peredam kejut dari kontur jalan yang bergelombang, juga menjaga keseimbangan serta menghindari pergesekan yang minim terhadap jalan yang mengakibatkan slip ban.

    “Kondisi ban jangan sampai botak! Maksudnya kembangan yang terdapat di ban habis terkikis ban. Segera ganti agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti, gedubrak saat ngerem akibat gigitan ban terhadap jalan jadi berkurang,” seru Agus Sigit Wicaksono, Instruktur Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati.

    Sebagai referensi MOTOR Plus ngasih beberapa pilihan ban yang beredar di pasaran.


    Duration
    Ban ini mungkin belum familar di kalangan roda dua. Namun keberadaannya mulai merabah jalanan Indonesia. Ban ini merupakan produk dari PT Topindo Atlas Asia, jadi ban ini masih satu keluarga dengan oli TOP 1. Pilihannya ada ukuran 250-17 Rp 125 ribu, 275-17 Rp 165 ribu, 80/80-17 Rp 170 ribu, 90/80-17 Rp 22 ribu. Tipe tubeless 80/90-14 sampai 100/80-14 siapkan Rp 200 ribu-242 ribu.



    [​IMG]

    FDR
    FDR merupakan ban resmi gelaran akbar balap MotoPrix 2012, sudah pasti sangat mumpuni bila diaplikasi di motor harian. Terbukti banyak digunakan pengendara doyan turing dan memiliki cengkraman lebih terhadap aspal. Pilihan tipe ban terdiri dari dua tipe, tipe tubeless dan tubetype. Tersedia ban diameter 14, 17 dan 18. Buat nebus 1 tipe ban yang mau dibeli, siapkan kocek Rp 120 ribu - 525 ribu.


    [​IMG]

    Michelin
    PT Michelin Indonesia, memberi pilihan segmen ban produknya seperti untuk bebek harian, bebek sport, skubek, drag atau sport, race atau sport, dual compound, off-road dan motocross. Tinggal disesuaikan kendaraan brother termasuk golongan segmen mana. Soal harga ban Michelin ini dijual di rentang harga Rp 262 ribu sampai Rp 3,570 juta.



    [​IMG]

    Mizzle
    Produk ban dari Mizzle sudah mendapatkan standar Amerika DOT dan standar Eropa E.4. Serta mendapat pengakuan Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk ukuran ban yang disediakan diameter 10, 14, 16, 17, 18, 19, dan 21. Untuk meminang ban Mizzle sesuai diameter dan ukuran pelek, siapkan kocek sekitar Rp 113 ribu sampai Rp 590 ribu.



    [​IMG]

    IRC
    Balapan sekelas IndoPrix menggunakan ban resmi IRC, ini sudah masuk ke dalam regulasi 2012. Boleh sekali tipe ban ini diaplikasi di besutan kesayangan. Buat motor harian IRC menyediakan ukuran 10, 14, 16, 17, 19, dan 21 sediakan budget Rp 108 ribu-Rp 370 ribu. Ban tipe racing sediakan Rp 215-Rp 410 ribu untuk pelek 14 dan 17.



    ========================================


    ban yg di sebut yg itu2 aja :sigh:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Diam-diam Motor Triumph Masuk Pasar Indonesia

    [​IMG]

    Jakarta - Tanpa wara-woro, merek legendaris Inggris, Triumph ternyata sudah masuk pasar Indonesia. Tipe legendaris seperti Triumph Bonneville pun sudah menghiasi jalanan Jakarta.

    Merek legendaris asal Inggris tersebut dibawa oleh PT Megahputra Sejahtera (MPS). Di tangan MPS, beberapa model terkenal Triumph merambah pasar roda dua Indonesia yang gemuk.

    Untuk varian terkenal seperti Benneville, MPS membawa beberapa tipe seperti Bonneville standar 900 (Rp 230 juta), Bonneville SE, Bonneville T100, Scrambler 900, Thruxton 900, dan Street Triple 675R.

    "Kita sebenarnya sudah jual Triump sejak 7 bulan lalu. Sudah ada sekitar 30 unit yang terjual. Tapi memang launching-nya mau kita lakukan November, bersama Lambretta," ujar Marketing Manager MPS Riezka Donalsha kepada detikOto.

    MPS yang memiliki markas di Jl. Abdul Majid 41B, Cipete, Jakarta Selatan sendiri juga berencana akan membawa varian lain seperti Tiger 800 XC dan Tiger Explorer, Triumph Rocket III hingga Thunderbird Storm 1.700 cc, Daytona 675R dan Speed Triple 1.000 cc.

    "Untuk pelayanan purna jual aman. Kita ada bengkel, ketersediaan part dan aksesoris. Kita juga kasih garansi 2 tahun di luar komponen elektrikal," paparnya seraya mengatakan kalau harga motor Triump di Indonesia dimulai dari angka Rp 200 jutaan.


    ===================================


    makin banyak merk masuk :malu
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Pengendara Motor dengan Nomor Polisi di Tas Punggung

    [​IMG]

    Jakarta - Nomor polisi merupakan hal yang wajib ada di kendaraan sebagai identitas kendaraan yang kita miliki. Tapi kadang kala ada yang menempelkan pelat nomor di tempat yang kurang pas.

    Terlihat dari foto yang dikirim oleh Paul Johanes Sitompul. Karena tempat dudukan pelat nomor sudah hilang, pelat nomor terpaksa dipajang di tas punggung.

    "Betapa pentingnya nomor polisi pada saat berkendara membuat orang ini berpikir berbagai cara agar nomor polisi itu tetap ada pada saat berkendara," ujarnya sambil tersenyum.

    Apalagi kalau tidak ada pelat nomor, motor bisa ditilang. Di UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 280 tercatat kendaraan bermotor yang tidak dipasangi
    Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik
    Indonesia bisa kena pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

    ===============================


    dipasang di tas :facepalm:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Handle Rem dan Kopling, Unik Bisa Ditarik

    [​IMG]

    Ingin tampilan motor beda dari yang lain? Sebagai penunjang konsep modifikasi yang unik, harus diberi variasi pemanis agar motor bisa tampil maksimal. Seperti handel rem dan kopling milik Seven Speed yang bentuknya berbeda dari varian yang selama ini beredar.

    “Variasi ini unik. Ujung handel bisa ditarik. Jadi, ukurannya bisa dibikin panjang-pendek sesuai yang diinginkan pemiliknya,” buka Sugiyono dari Djayalina.

    Menurut pria asal Temanggung ini, variasi ini bisa digunakan untuk Yamaha Jupiter MX dan juga Honda Vario. “Untuk harga dijual Rp 160 ribu dengan tiga pilihan warna,” ujar pria yang toko variasinya berada di Jl. Kebon Jeruk II No. 99, A-B, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Telepon (021) 6009-565.


    ===================================


    enakan yg standar aja :malu
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Ini Tampang Kawasaki Ninja 300

    [​IMG]

    New York - Setelah menjadi bahan pembicaraan, kelahiran Ninja 300 akhirnya benar-benar terlaksana. Motor ini menggendong mesin 296 cc dan akan dipasarkan di negara-negara barat.

    Kawasaki Ninja model tahun 2013 ramai dibicarakan setelah akhir bulan lalu motor tersebut didaftarkan di United States Environmental Protection Agency atau semacam permohonan uji kendaraan.

    Seperti dilansir Motorcycle, motor Jepang itu nantinya tidak akan menggendong mesin 250 cc seperti yang ada di Indonesia, melainkan akan didukung oleh mesin 296 cc dengan empat katup yang diklaim berkekuatan 39 hp.

    Secara visual, Ninja 300 mendapatkan styling yang dengan Ninja 250 yang peluncuran dunianya dilaksanakan di Jakarta. Garis desainnya serupa, hanya mesin yang berbeda.

    Kawasaki Ninja 300 pun juga memiliki dua tipe yakni tipe standar dan tipe yang dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System) dari Nissin.

    Belum jelas kemana motor ini akan berlabuh meski banyak pihak menduga motor ini akan ada di line up Kawasaki model tahun 2013 yang akan diperkenalkan Kawasaki Amerika pada 13 September mendatang.

    Selain itu, motor ini kemungkinan juga akan dilepas di Eropa, sementara Ninja 250 akan dibiarkan untuk pasar Asia.

    =============================

    beda 50cc :garing:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Nih Wujud Kawasaki Ninja 300, Beda Mesin Doang!

    [​IMG]

    Kawasaki Ninja 300 akhirnya resmi diperkenalkan. Andalan Kawasaki ini ternyata hanya versi upgrade dari Ninja 250 injeksi yang dipasarkan di tanah air. Secara desain tidak berubah. Body styling-nya sama persis, bahkan bentuk fairing hingga pelek dan detail lainnya tidak ada yang berbeda.

    Perubahan memang hanya terjadi pada mesinnya. Kawasaki Ninja 300 yang sudah mengusung mesin dua silinder DOHC 4 klep tapi kapasitas ruang bakarnya menjadi 296cc. Mesin yang lebih besar ini menjanjikan tenaga yang besar pula. Kawasaki mengklaim tembus 39 hp!


    [​IMG]


    Sayangnya, Ninja 300 memang hanya akan dipasarkan untuk negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Sedang di Asia khususnya Indonesia memang tetap mempertahankan mesin 250 cc-nya.

    Fitur lain yang terdapat di Ninja 300 terbaru ini adalah slipper clutch dan back-torque limiter yang dikembangkan oleh divisi racing Kawasaki. Varian berfitur antilock brake system (ABS) juga disediakan. ABS keluaran Nissin ini diklaim lebih kecil 40 persen ketimbang perangkan ABS pada umumnya.



    [​IMG]


    Silahkan lihat fotonya, tuh persis kan bentuknya!


    ======================================


    nanti sekalian keluarin 350cc :garing:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Simulator SIM Roda Dua, Simsalabim Simulator SIM

    [​IMG]

    Jika sebelumnya, setelah lolos ujian praktik SIM, pemohon keluar lapangan untuk segera ujian praktik. Kini, dengan adanya Simulator SIM, pemohon hanya perlu ujian secara virtual. TIdak perlu berpanas-panas. Tingkat kelulusan juga tidak bisa kongkalikong. Sebab, semua penilaian dilakukan melalui computerized. Tidak bisa ada penilaian like and dislike alias suka dan tak suka.

    Tujuan yang mulia itu kini menjadi musibah. Prosedur proyek Simulator SIM ditenggarai berbau korupsi. Masalah inipun masih jadi perebutan alot antara KPK dan Polri siapa yang memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan.

    Terlepas dari kasus itu, sebenarnya apa itu Simulator SIM? MOTOR Plus penasaran ingin melihat Simulator yang rencananya dipakai untuk kendaraan roda 4 dan roda dua. Di Satuan Pelayanan Administrasi (SATPAS) SIM Polda Metro Jaya di Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat terdapat dua ruangan Simulator SIM Roda Empat dan Simulator SIM Roda Dua.


    [​IMG]


    Untuk memasuki Simulator Roda Dua, pemohon mesti masuk terlebih dahulu ke dalam penjagaan. Sedang Simulator Roda Empat terletak di bagian luar gedung berwarna biru itu.

    Dalam ruangan Simulator Roda Dua terdiri dari sekitar 19 unit alat uji peraga. Alat uji terdiri dari sebuah unit motor Honda Tiger asimetris, layar datar berukuran 32 inci, sebuah CPU dan keyboard. Unit Tiger masih utuh terletak di sebuah papan model bike lift seperti yang terdapat di bengkel resmi.

    Seorang petugas jaga simulator menyebutkan untuk simulator ini pemohon diberikan kesempatan mencoba sekali. “Ada sensor penghubung dari motor ke dalam komputer. Tercatat berapa kecepatan yang digunakan,” jelas petugas itu.

    Dari pantauan MOTOR Plus, ada beberapa modifikasi di Tiger ini. Seperti penunjuk kecepatan di spidometer yang sudah menggunakan digital. Knalpot juga sudah dicopot. Tapi sayangnya, saat MOTOR Plus lihat langsung, simulator ini belum dimanfaatkan penggunaannya.

    “Belum. Tadi masih ujian praktik langsung di lapangan,” jelas Pian Ardianto, salah satu pemohon SIM C yang ditemui langsung MOTOR Plus. Dia juga mengaku sudah menunggu lebih dari 3 jam untuk mendapatkan SIM C baru.

    Ia juga mengaku setelah mengikuti ujian teori yang berlangsung di lantai 2, kemudian menunggu penilaian dan lulus lalu langsung uji praktik dengan menggunakan unit motor betulan.

    Salah seorang sumber MOTOR Plus yang dekat dengan Kepolisian menyebutkan, alasan simulator ini masih belum dimanfaatkan. “Masih terkendala pada sinkronisasi software. Proses pengerjaannya juga terkesan dipaksakan,” jelas sumber MOTOR Plus ini .

    Kabarnya lagi, harga untuk satu unit Simulator Roda Dua ini dipatok sekitar Rp 77 juta. Duit sebanyak itu digunakan untuk membeli satu unit Tiger asimetris (off the road), komputer, televisi layar datar serta software penunjang. Pantas dan nggak perlu heran kalau kemudian pengadaan simulator ini diduga kuat ada penggelembungan harga.

    NEMBAK RP 500 RIBU

    [​IMG]

    Praktik SIM nembak masih terus berlangsung. Padahal, ketika memasuki ruangan Gedung Satpas SIM di Jl, Daan Mogot, Jakarta Barat, tertera jelas dan besar tulisan bernada himbauan untuk tidak menggunakan jasa calo. Selain itu, pihak Kepolisian juga sudah menulis dengan jelas waktu dan prosedur pembuatan SIM baru hanya 120 menit alias dua jam.

    Salah seorang pemohon SIM C, Subiantoro mengaku ditawari pembuatan SIM ‘ekspres’. “Nunggu cuma satu jam, langsung jadi,” kata bapak yang datang dari Duren Sawit, Jakarta Timur ini.

    Toro panggilan akrabnya mengakui untuk bisa mendapatkan SIM seperti itu ia harus menebus sebanyak Rp 500 ribu. Lebih mahal tiga kali lipat dari harga resmi. “Kalau harga resmi sekitar Rp 160 ribu. Harga segitu untuk membayar asuransi sebesar Rp 30 ribu, kesehatan Rp 25 ribu dan pendaftaran melalui BRI sebesar Rp 100 ribu,” bilang Pian Ardianto lebih rinci.

    Sebagian yang tidak betah untuk berlama-lama menunggu akhirnya memilih menggunakan jasa calo. Pasalnya kalau satu ujian saja tidak lulus, pemohon mesti balik lagi untuk ujian dua minggu mendatang.


    ====================================


    wah hebat benar, sudah jadi sarang tikus untuk proyek pengadaannya, juga bikin makin sering kecelakaan di jalan dengan sim nembak, juara 1 deh!! :top:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Virus Plus Arm Fino Thailand, Stabil Juga Tetap Gaya

    [​IMG]

    Ini dia! Virus atau tren buat dijadikan acuan pemilik skubek Tanah Air. Seperti dilakukan Arief Rahman Hasyim. Di pakai lengan ayun milik Yamaha Fino di Fino milik istrinya.

    “Iya. Itu gara-gara melihat Yamaha Fino versi Thailand dilengkapi swing arm. Tapi, anehnya kok di kita malah enggak aplikasi. Jadi, kayak ada yang hilang di sisi kanan atau knalpot,” ujar pria yang akrab disapa Billy dan bisa diajak ngobrol di HP 0816-1601160.

    Menariknya, langkah yang dilakukan Billy yang juga pemilik gerai modif Billy Speed itu juga diikuti beberapa rekan-rekannya. Seperti Fahrul Rozy yang pemilik Yamaha Fino kelir kuning ini.

    "Habisnya Yamaha terkesan tanggung banget menghadirkan Fino tanpa arm. Sedang versi Thailand saja pakai arm. Sebagai penyuka modif, ya akhirnya saya berkiblat ke Thailand,” ungkap Fahrul yang tinggal di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

    Langkah Fahrul dan Billy juga mengenai Mathias yang pemilik Yamaha Mio Sporty. Pemilik workshop TB Airbrush ini kenal dekat dengan Billy. Ketika disodorkan virus arm Fino pun dia ikut pasang.


    [​IMG]


    "Selain bikin tampilan lebih beda, yang pasti bisa bikin handling lebih stabil. Buat ikutan contezt, rasanya juga punya nilai lebih,” sebut pria yang motornya tampil di atas tulisan ini.

    Begitunya ada perbedaan selera diantara mereka bertiga. Buat Fahrul, lebih suka lengan ayun standar Fino langsung nempel di besutannya. Beda dengan Mathias dan Billy yang sudah memodifikasi arm itu.

    "Kalau saya sih lihat arm standarnya sudah enak. Jadi, buat apa dipotong-potong. Lagi juga, sayang kalau dipotong karena belinya sudah cukup mahal dari Thailand,” beber Fahrul.

    Tetapi buat pasang arm ini, as roda mesti pakai milik Yamaha Nouvo satu set dengan sil-nya. "Karena as roda Fino Indonesia masih kurang panjang,” sebut Billy yang workshop-nya di Jl. Taruna Jaya 2, No. 39C, Kemayoran, Jakarta Pusat.


    =======================================


    sperti biasa, kalo versi indonesia sengaja di persimpel, demi menekan harga :hmm:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Bursa Oli Sokbreker, Perhatikan Demi Kenyamanan

    [​IMG]


    Sokbreker memiliki fungsi penting pada kendaraan bermotor. Baik roda empat maupun roda dua fungsinya sama. Sok untuk meredam guncangan ketika kendaraan melewati jalanan bergelombang atau rusak.

    Bukan cuma itu, tugas sokbreker juga untuk menjaga stabilitas berkendara dan mengurangi getaran yang ditimbulkan dari gerakan pelek, roda, swing arm, mesin, rem dan juga pengendara.

    Tapi motor bisa jadi kurang nyaman kalau sokbreker mengalami kerusakan. Utamanya pada sok depan yang sangat mempengaruhi handling berkendara. “Penggantian oli sok agar lebih awet idealnya dilakukan sekitar 15.000-20.000 km,” bilang Tjahja Tandjung, dari Toda di Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan.


    [​IMG]


    Oli sok lama nggak diganti bisa menyebabkan fungsi peredaman juga jadi berkurang. Apalagi ketika motor diajak melintas di jalananan berlubang atau melewati polisi tidur. Saat ini pabrikan telah menyediakan oli isi ulang yang bisa kita dapat di bengkel resmi maupun bengkel non resmi.”Untuk melihat kondisi sok bagus lihat rembesan oli di batang sok,” saran Tjahja lagi.

    Untuk mengganti oli sok, banyak beredar di pasaran merek oli khusus. Selain bisa pakai oli atau pelumas orisinal yang dikeluarkan setiap pabrikan, juga banyak beredar pelumas sokbreker dari luar.
    Berikut tabel kapasitas oli sok


    TABEL UKURAN
    SUZUKI
    Shogun 125: 51 ml
    Smash: 51,5 ml
    Satria F-150: 103,5 ml
    Spin 125: 55 ml
    Skydrive: 55 ml
    Skywave: 55 ml
    Thunder 125: 150 ml
    Thunder 250: 200 ml

    BAJAJ
    Pulsar 180: 145 ml
    Pulsar 200: 165 ml
    XCD 125: 140 ml

    HONDA
    Grand: 52 ml
    Supra-X/Fit: 64 ml
    Revo: 72 ml
    Blade/Karisma: 68 ml
    Supra X125: 70,5 ml
    Vario: 75 ml
    Vario CBS: 68 ml
    BeAT: 75 ml
    Win: 81 ml
    Mega Pro: 159 ml
    Tiger 2000: 126 ml
    Tiger Revo: 135 ml

    YAMAHA
    Vega R: 61 ml
    Vega ZR: 67 ml
    Jupiter-Z: 61 ml
    Jupiter-MX: 64 ml
    V-Ixion: 230 ml
    Scorpio-Z: 252 ml
    Scorpio-Z CW: 244 ml
    RX-King: 177 ml
    Mio, Soul: 53 ml
    Nouvo: 63 ml

    KAWASAKI
    Blitz: 52,7 ml
    Kaze 110: 52,7 ml
    Kaze ZX 130: 64 ml
    Ninja 150: 220 ml


    ===============================


    diganti dong pelumas nya :malu
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Gantungan Barang Bebek dan Matik

    [​IMG]

    Gantungan barang, terlihat sangat sepele dan kurang penting. Padahal, selain berfungsi menggantungkan barang juga mendukung faktor keamanan dan kenyamanan pengendara. Jadi, jangan anggap remeh fungsi gantungan ini.

    Banyak beredar gantungan variasi. Apalagi menjelang Lebaran lalu, gantungan barang seakan menjadi idola selain boks penyimpanan barang. Itu yang membuat Bikers Shelter Modifikator (BSM) di Ruko Green Hills Blok B No. 4, Jl. Aria Putra No. 89, Serua, Ciputat kebanjiran order gantungan barang. Ditawarkan dengan bentuk kepala kelinci model Playboy.

    Produk lokal dengan bahan aluminium ini cukup menarik, selain bentuknya, juga kombinasi warna yang disediakan. Kombinasi kepala kelinci, biru-hijau, hitam-merah, hitam-biru dan sebagainya.

    Cara pasangnya gampang, lepaskan baut yang ada di sayap motor untuk bebek atau di dek bawah setang untuk motor matik. Lalu pasangkan gantungan, pasangkan baut aslinya dan kencangkan. Fungsi penggantung bisa ganda. Digantung di bagian telinga kelinci atau pada besi yang dipakai sebagai rumah baut.

    Satu piecenya dilego Rp 20 ribu. Murah ya? Bisa lihat langsung di BSM atau kontak dulu di nomor (021) 4635-7787. Katanya buruan stok terbatas. Walah.


    ====================================


    wah bisa gantung tas laptop juga kah :obhehe:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Relaksasi Untuk Bikers, Lancarkan Aliran Darah

    [​IMG]

    Perjalanan bermotor pastinya akan menguras tenaga dan pikiran. Makanya setelah kembali dari perjalanan jauh, sempatkan melakukan relaksasi untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

    Relaksasi tubuh bisa dilakukan dengan santai. Untuk urusan ini, banyak tempat yang bisa dituju. Relaksasi juga bisa memberikan solusi mengembalikan kebugaran tubuh.

    Untuk refleksi tidak hanya bagian telapak kaki yang dipijit, tetapi dilanjutkan ke bagian punggung, tangan dan kepala. "Agar aliran darah tubuh kembali lancar. Tidak bisa satu bagian yang direfleksi, tetapi harus keseluruhan badan," ucap Andi, therapis Shogun, relaksasi ala Jepang di Ruko Prisma Kedoya, Jakarta Barat ini.

    Selain refleksi di sini juga bisa dengan menggunakan alat seperti bantal elektrik yang memberikan rasa hangat di bagian tubuh. "Bisa dengan laser. Tujuannya bantu lemaskan otot," lanjutnya.

    Yang membedakan dengan tempat lain setelah refleksi, kaki direndam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan rempah-rempah ala Jepang. "Kandungan rempah ini selain menyegarkan kulit juga membantu mengendurkan otot-otot kaki," promosinya. Komplet bikin bugar dan sehat.


    =========================================


    wah enaknya mah relaksasi plus2, yg mijit cewe igo :obmesum:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Kulit Asli di Jok Motor, Mewah dan Berkelas

    [​IMG]



    Bagi beberapa rider, alasan pemilihan jok kulit asli adalah kemewahan yang bisa dijangkau. Menurut mereka, kulit punya wibawa tersendiri. Kental dengan filosofi dan unsur ‘kesejarahan’ bahwa motor adalah kepanjangan dari kuda di era wild west.

    “Nah sadel kuda kan dari kulit asli, Bro. Makanya kalau motor berjok kulit, nuansanya akan jadi beda,” yakin Billy ‘The Kid’ pengrajin jok kulit dari bengkel Outsiders Shop, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

    Selain Billy, pengrajin kulit yang kerap mendapat order jok motor urung rembuk. “Jok motor kulit memang disukai rider choppers, motor gede ataupun aliran jap’s style. Karakternya lebih alami dan macho,” tambah Ikman Setiadi, pengrajin kulit dari Buretos Leather Work, Bandung.

    “Banyak desain dan detail yang apik saat ngerjain jok kulit. Variasi warna dengan cat bahan akrilik, teknik anyaman jahit, engraving atau tooled, hiasan dipadu ring koin. Makin sip, anyaman atau jahitan bisa memakai bahan kulit lagi. Misal untuk sadel plus pelat cost yang dikeluarkan sekitar Rp 1,2 jutaan,” tambah Indra Bluessmann, builder yang juga ahli menyamak kulit dari Razzle Dazzle Chopper Work. Ia dan Ikman adalah senior di klub motor Bikers Brotherhood MC.

    Sekarang tinggal tergantung selera!

    ======================


    jok kulit jangan pilih yg panas bahannya :hot:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Honda Resmi Luncurkan Zoomer X, Harga Rp 16 Jutaan!

    [​IMG]

    Setelah bocoran potongan-potongan desain Honda Zoomer X, akhirnya Honda resmi meluncurkan matik berbentuk unik ini. Negara pertama yang mendapatkan giliran memasarkan Honda Zoomer X adalah Thailand.

    Secara desain motor ini memang terlihat macho, berotot juga mewakili karakter aktif sang pemakainya. Suspensi depannya sengaja dipasang tipe upside down panjang. Boleh jadi ini adalah matik pertama yang pakai suspensi khas ayam jago heee..


    [​IMG]


    Masih soal kaki-kaki, kedua pelek depan belakangnya pakai roda berukuran 12 inci. Sedang bannya cukup tebal 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang.

    Desain bodi yang minimalis juga dipertahankan. Paling khas adalah area di bawah jok yang dibuat berlubang. Fungsinya bisa untuk membawa perlatan out door activities berukuran besar seperti skate board atau tas yang berisi peralatan olah raga.


    [​IMG]


    Sedang mesinnya, Honda menggunakan mesin yang serupa dengan Scoopy injeksi. Mesinnya tetap satu silinder memiliki kapasitas ruang bakar 108 cc, SOHC 2 klep dan berpendingin udara. Meski begitu, mesin baru ini sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar PGM-FI. Konsumsi bahan bakarnya diklaim tebus 53 km/liter.

    Di Thailand, motor ini dipasarkan dengan harga 51 ribu Bath atau sekitar Rp 16 jutaan. Wah, seandainya di rakit dan dipasarkan di Indonesia laku gak ya???


    =================================


    berasa motor mainan :hihi:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Pelek IRD, Lokal Setara Import

    [​IMG]

    Tingginya minat biker pada modifikasi fashion sangat membantu pertumbuhan industri. Part-part lokal banyak memenuhi pasar variasi di berbagai daerah. Salah satu yang paling disukai pelek.

    Bahkan banyaknya pelek lokal di pasar variasi membantu meningkatkan kreativitas biker dalam modifikasi. Pelek yang diproduksi pengusaha lokal enggak kalah kualitasnya dengan pelek import.

    Salah satunya merek IRD ini. Pelek produk lokal dengan bahan aluminium yang sekelas dengan aluminium yang dipakai pelek buatan Thailand. Selain itu, desain dibentuk CNC bikin futuristik, sesuai dengan tren yang ada.

    Warna yang tersedia juga bermacam-macam. Krom, oranye, merah dan hitam. Untuk ukuran, hanya tersedia 1,60-17 inci. "Meski produk lokal tetapi kualitasnya hampir sama dengan produk luar," promosi Acien dari R-59 Racing yang ada di Jl. Dewi sartika No. 32, Ciputat, Tangerang.

    Dari segi harga, sangat bersaing. Satu piecenya dilego dengan harga Rp 135 ribu, atau satu pasang depan-belakang Rp 270 ribu. Nggak menguras kantong, motor tetap bisa modis.

    Tertarik? Langsung saja geber ke R-59 Matic Shop, atau telepon dulu di (021) 7430062, sebelum kehabisan. Siapa tahu bisa nego.


    ==========================================


    lokal lebih murah :nikmat:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Spesialis Bajaj Pulsar, Ngetop di Kalangan Anak Klub

    [​IMG]

    Di Bandung, Masto bisa dikatakan paling ngelotok urusan mesin Bajaj Pulsar. Maklum, pria berngaran asli Randi Turangan ini boleh dibilang suhu dari seluruh mekanik spesialis menangani mesin Bajaj Pulsar di kota Priangan ini.

    Itu bukan isapan jempol. Soalnya, sejak awal Bajaj Pulsar masuk sekitar 2007 silam ke wilayah Jabar, Masto didaulat Johan Kartawidjaja, Managing Director PT Surya Primatama Megah main dealer Bajaj Jabar untuk mengupas dan memahami jeroan mesin dari seluruh produk Bajaj Pulsar.

    Buat pria kelahiran 21 Desember 1956 ini, tantangan cukup berarti. Terlebih, Bajaj Pulsar baru dikenal di Indonesia. “Cukup mengkerut juga dahi untuk berpikir. Karena, pada waktu itu mesin Bajaj Pulsar sarat teknologi modern,” kata Masto.

    Untungnya, berbekal sebagai mekanik yang telah nyemplung sejak 1972, dalam waktu 2 bulan kelemahan dan kelebihan mesin, kelistrikan dan tetek bengek lain dari motor produk India tadi mampu ditundukan.

    “Bahkan cukup dengan mendengar atau gejalanya saja sudah tahu kerusakannya,” tandas pria ngetop di kalangan klub-klub penunggang Bajaj Pulsar di Jabar.

    Makanya Masto kerap jadi tempat curhat pemilik Pulsar. “Terlebih jika mereka telah melakukan turing. Rata-rata pemilik Pulsar ini masuk dalam satu komunitas. Jika jauh, cukup pake telepon kok membantunya,” jelas pria dimasa lalu lebih ngetop sebagai jawara tukang ngobok mesin motor balap buatan Jepang.


    SPM. Jl. Peta No. 42A, Bandung
    Telepon 0812-231-6141 atau 022-934-81224


    ==============================


    imba bajaj :sembah:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Tampang Yamaha Byson Baru, Lebih Dominan Hitam?

    [​IMG]

    Selain menyiapkan Yamaha New V-ixion, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga akan meremajakan tampilan motor sport terbarunya. Hal ini terendus dari foto yang diperoleh tim redaksi dari seorang pembaca. Lewat foto yang dikirimkannya, terlihat jelas bentuk Byson baru.

    Secara desain memang tidak ada yang berubah, tapi Yamaha mengubah konsep warnanya. Kali ini malah jadi dominan hitam. Bodi samping yang dulu berwarna silver jadi gelap. Secara keseluruhan jauh lebih gagah dengan kombinasi gelap ini.

    Perubahan lainnya ada pada detail seperti striping dan jok yang dibuat duo tone. Makin keren kan! Sayangnya untuk mesin tidak ada perubahan. Sistem pengkabutan bahan bakarnya juga masih karburator.

    Waktu peluncurannya bisa jadi mulai dipasarkan akhir 2012 ini. Tunggu saja!


    ================================

    akhirnya keluar juga foto benerannya :hihi:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Kenali Penyebab Bensin Banjir

    [​IMG]


    Banyak hal penyebab motor alami mogok di jalan. Salah satunya jika karburator banjir. Disebut banjir karena bensin keluar dari mangkuk karbu. Bahkan masuk ke dalam ruang bakar membuat mesin tidak mau hidup.

    Jika hal ini menimpa tunggangan, pasti jengkel. Apalagi jika tidak mengerti cara mengatasinya. Berikut langkah sederhana mensiasati karburator banjir. Tapi, sebelumnya ketahui dulu ciri-cirinya, tercium bau bensin dan sedikit basah pada busi juga moncong karbu.

    Nah, jika karbu benar-benar banjir, jangan paksa menghidupkan mesin. Sebab bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan bertambah banyak.

    Namun akan cepat teratasi jika baut penguras bensin pada karburator dibuka. Kemudian pasang kembali. Akan lebih sempurna jika slang filter udara dibuka. Lalu bersihkan bensin yang terdapat pada mulut atau ujung karburator pakai kain.

    Langkah berikutnya buka busi bila terlihat agak basah. Terus bersihkan kepala busi menggunakan lap hingga kering. Namun biar aman, jauhkan kabel busi dari busi dan lubang busi untuk menghindari percikan api dari kabel busi.

    Kalau semua sudah kering, memastikan tak ada lagi bensin di ruang bakar, gerakan seher dengan cara menekan kick starter berulang-ulang tanpa menghidupkan kunci kontak. Baru deh semua komponen yang dilepas bisa dipasang kembali.


    ===========================


    nice tips ni, oh ya sering banjir juga dikarenakan jarum pada karbu udah jelek kondisi nya, cepet di ganti :unyil:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Indian Gorila V4, Klasik dan Futuristik

    [​IMG]

    Vasilatos Lanis coba menggabungkan konsep modern yang futuristik dengan gaya klasik. Itu terpancar dari motor konsep yang coba didesainnya. Mengambil basis dari Indian Motorcycle yang notabene motor klasik asal Amerika Serikat, pacuan ini mengusung sistem pengerak bertenaga listrik.


    Begitunya desainer yang tinggal di Rumania ini ogah melepaskan konsep Indian yang legendaris. Maka itu, konsep tuas persneling yang terdapat disisi kiri tangki tetap dipertahankan.

    Begitu juga sasis yang seolah membungkus bodi. Ya, bukan bodi yang membungkus sasis. Lewat kesan itu, pacuan modern ini tetap terlihat klasik bergaya motor Indian yang popular. Ditambah lagi instrumen seperti spidometer yang diletakkan di bagian setang.


    [​IMG]


    Tetapi Vasilatos coba dimasuki unsur modern dari pemakaian pelek dan ban besar 32 inci. Pelek yang seolah usung sistem hubless ini juga ditemani desain knalpot dan cover mesin V yang juga tampil dominan. Buat mengisi ulang baterai pacuan, ada dua soket yang bisa dipakai. Yaitu disisi kiri dan kanan tangki.

    Pacuan yang bersistem suspensi belakang rigid ini, tetap andalkan rantai sebagai penerus daya dari mesin buat gerakkan roda belakang. Toh, jika konsep ini diwujudkan, bukan tanpa alasan kalau inilah salah satu chopper listrik!


    ===================================

    konsep nya :kaget:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Analisis Safety Kecelakaan Ducati 1000S, Efek dari Salah Antisipasi

    [​IMG]

    Kegagalan antisipasi kondisi jalan diduga kuat menjadi penyebab kecelakaan Ducati Sport 1000S yang dikendarai almarhum Andre Mamuaya. Faktor human seperti kelelahan, melamun atau tidak konsentrasi turut menyumbang sehingga estimasi mampu melewati yang diperkirakan ‘dapat’ menjadi gagal.

    Jusri Pulubuhu, Training Director, Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) memberikan analisis terkait kecelakaan yang terjadi pada H+2 Lebaran 2012 lalu di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta. “Perlu diketahui, kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh faktor perilaku yang tidak aman juga lingkungan yang tidak aman,” bilang Jusri.

    Di antara faktor itu, faktor lingkungan tidak aman merupakan elemen yang tidak dapat dikontrol pengendara. “Seperti misalnya, mobil tiba-tiba berbelok tanpa sein atau binatang yang tiba-tiba lewat. Ini di luar kekuasaan pengendara. Sedangkan faktor perilaku tak aman seluruhnya berada dalam diri si pengendara,” kata instruktur yang beralamat di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

    Dalam kejadian itu, menurut Jusri, berdasarkan keterangan dari 4 orang saksi mata menyebutkan Toyota Kijang Innova yang dikendarai Mahendra Tarigan sudah melakukan perlambatan, dengan kecepatan sekitar 10 km/jam. Lampu sein juga sudah hidup. Jarak antara mobil dan trotoar sekitar 1 meter.


    [​IMG]



    “Patut diduga pengendara memprediksi bisa melalui mobil dengan menambah kecepatan. Sebab, Ducati Sport 1000S dengan power yang besar, memiliki akselerasi kuat. Namun faktanya, si pengendara gagal melewati mobil dan malah menabraknya,” analisis Jusri.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan ini. “Pertama kondisi pengendara fatique alias kelelahan, atau sedang melamun atau kurang konsentrasi. Sehingga perkiraan pengukuran yang dilakukan melesat,” jelas Jusri lebih jauh.

    Kelelahan dan tidak konsentrasi atau melamun ini menyebabkan koordinasi antara otak yang memberikan sinyal ke gerakan jadi tidak sinkron. Jusri menilai penyebab fatal kecelakaan ini karena benturan di tulang leher atau whiplash. “Saat terjatuh bagian belakang korban membentur pembatas hidran yang ada di sisi jalan,” ungkapnya.

    Dari sisi safety gear yang digunakan menurut Jusri, juga sudah cukup memenuhi standar keselamatan dengan helm dan jaket yang baik. Namun sekali lagi, ia mengingatkan safety gear yang baik tidak memberikan jaminanan keselamatan optimal. Begitu pula dengan skill berkendara yang mumpuni hanya nomor ke sekian. Penting untuk diingat bermotor merupakan aktivitas dengan potensi bahaya paling tinggi.


    ==============================


    ngebut biang nya maut :hmm:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,061
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +702,576 / -0
    [Info & Tips] Cegah Ban Bocor Karena Karat

    [​IMG]

    Mungkin pernah mengalami ban bocor tanpa sebab, tapi terdapat lubang kecil di ban dalam. Bukan karena ada setan yang nusuk ban dalam. Itu kemungkinan tertusuk karat pelek yang sudah mulai banyak.

    Walapun sudah terdapat pelindung karet yang terbuat dari karet ban dalam dengan ukuran yang kecil seperti tali G-string, ternyata kurang bisa melindungi ban dalam dari pecahan kerak karat yang runcing.

    “Berikut tips buat pelek yang masih menggunakan pelek jari-jari kaleng alias besi yang sudah mulai banyak terdapat kerak karat,” kata Dedi Ahmad Setiawan, penasehat dari Honda Karisma Club Kuningan (HKCK). Dengan memperbesar perlindungan karet yang terdapat di pelek, bisa meminimalisir kebocoran akibat tertusuk kerak karat yang runcing.

    Untuk bikinnya sediakan 2 ban dalam bekas, yang ukurannya sesuai lingkar pelek yang digunakan di motor. Gunting bagian atas secara membusur agar ban bisa terbelah. Ratakan sisi ban dalam sejajar bibir pelek, menggunakan gunting atau pisau agar bisa rapi. Setelah itu, masukkan ban dalam yang baru atau yang sudah lama dalam kondisi baik.

    Dilanjut pasangkan ban luar, lalu pompa. “Dengan begitu karat yang berada di dalam permukaan pelek sekarang terperangkap dan ban dalam terlindungi oleh lapiasan ban dalam yang tadi dibuat,” jelas Dedi, sapaan akrab bikers asal Jakarta ini.

    Jadi, intinya tinggal memperlebar ban dalam yang biasanya kecil. Agar karat yang terdapat di pelek tidak langsung bergesekan dengan ban dalam. Semoga membantu, bro.


    ================================

    hari gini masi karatan karena velg :lol:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.