1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips kesehatan dari timur supaya panjang umur

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ccinneke, May 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ccinneke Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +47 / -0
    Usus dan lambung adalah organ pencernaan penyerap gizi bagi tubuh manusia, alat pencernaan ini terjaga dengan baik maka dapat menangkal segala penyakit dan membuat tubuh fit. Maka bagaimana seharusnya memeliharanya? Prinsip pemeliharaan alat pencernaan ialah apa yang disukai oleh usus dan lambung maka berikanlah kepada mereka, usus dan lambung takut akan apa, maka anda jangan melakukannya. Hal ini mudah diucapkan tapi sulit dilaksanakan! Kebanyakan orang di kala usia masih muda, kadang-kadang secara tidak sadar menyiksa pencernaannya sendiri, misalnya: Makan dan minum berlebihan, gemar mengkonsumsi makanan yang mentah, dingin, pedas dan panas, dengan begitu merugikan pencernaannya sendiri, itu sama saja dengan merusak kesehatan.

    Usus dan lambung paling suka kepada anda yang mau makan dan minum dengan perlahan dan mengunyahnya sampai lembut. Dengan demikian bisa mengurangi bebannya, itulah sebabnya makanan yang mudah dicerna dan ber-suhu sedang paling disambut gembira oleh usus dan lambung, sedangkan makanan yang terlalu keras, terlalu panas, terlalu pedas, terlalu lengket, gorengan/deep frying dan berbahan pengawet seharusnya dijauhkan dari mulut kita.

    Usus dan lambung menyukai waktu makan yang tepat waktu, takaran terukur dan teratur. Coba perhatikan para manula yang panjang umur, mereka selamanya tidak makan dan minum berlebihan, senantiasa makan dan tidur dengan tepat waktu, dan pola makannya sangat teratur. Maka dari itu, tepat waktu dan takaran terukur harus dimulai semenjak usia dini/balita, dipertahankan terus hingga tua.

    Usus dan lambung lebih suka lagi dengan perasaan hati yang positif. Semua orang pasti pernah mengalami di saat marah tak ada nafsu makan, ini disebabkan: Sewaktu marah, unsur api di dalam lever menjadi subur, sesuai dengan prinsip Lima Unsur (tanah, air, api, logam dan kayu) yang saling menghidupi dan saling mengekang, bahwa lever adalah api, limpa dan lambung adalah tanah, kayu adalah mengekang tanah, sewaktu api-lever menguat, bisa langsung menghambat daya usus dan lambung, membuat orang menjadi tidak bernafsu makan lagi, oleh karena itu merelaxkan suasana hati adalah sebuah aspek yang sangat penting dalam peningkatan pencernaan dan penyerapan.

    Usus dan lambung paling takut dengan dingin. Orang yang berpenyakit pada alat pencernaannya pada mengetahui, ketika usus dan lambung tidak sehat, dikompres sebentar dengan kantong panas pasti terasa lebih nyaman. Itu menandakan unsur dingin di dalam badan cukup berat, karena lambung termasuk tanah, yang kebanyakan berwarna kuning, sewaktu raut muka ke-kuningan itu menandakan daya pencernaan tidak baik, sebaliknya kalau berubah gelap menandakan unsur dingin lebih kuat, saat itu, tidak boleh lagi mengkonsumsi makanan dingin dan yang bersifat dingin. Benda dingin bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada usus dan lambung dikarenakan dingin bisa membuat saluran darah di usus dan lambung mengkerut, menghambat makanan yang menembus dinding saluran pencernaan diubah menjadi darah.

    Yang dimaksud dengan "dingin", selain yang dimaksud ialah temperatur dari makanan itu sendiri, juga adalah sifat/karakter makanan tersebut, misalnya anda memakan pisang yang dipanasi, ia masih saja bersifat dingin, makan terlalu banyak tidak baik untuk pencernaan, cuma numpang lewat dengan tergesa-gesa saja, itulah sebabnya memakan pisang terlalu banyak bisa murus-murus, maka dari itu, sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang bersifat dingin, perbanyak makanan yang bersifat sedang
    dan hangat.

    Ada orang yang berpendapat mengapa orang bule seringkali meminum air dingin dan makanan dingin (tanpa dipanasi) toh tidak terjadi apa-apa, malah bisa tumbuh perkasa? Hal ini tak dapat dilihat dari satu sisi saja, tetapi pernahkah anda memperhatikan, perbedaan apakah susunan makanan mereka dengan kita? Mereka mengkonsumsi daging, mentega/margarin, keju dlsb. yang ber-energi dan berkalori tinggi, kebetulan ber-efek menetralisir. Sedangkan makanan orang Asia pada umumnya lebih sederhana, energi dan kalorinya sendiri tidak memadai, malah anda tambahkan meminum air es dan makanan dingin, sama saja mencari penyakit.

    Ber-olahraga membuat selera makan anda bertambah. Ada orang yang merasakan anggapan ini terlalu subyektif, karena ada sebagian orang sesudah berlatih selera makan bertambah, sedangkan sebagian lagi sesudah berlatih malahan tidak ingin makan lagi, orang type ini kekurangan darah dan Qi (baca: Ji. Hawa murni di dalam tubuh). Karena, seusai berlatih, darah dan Qi kebanyakan menyebar ke seluruh anggota badan, jikalau kekurangan darah dan Qi, maka usus dan lambung akan kekurangan darah juga, setelah supply darah berkurang, maka daya pencernaan jadi menurun, malah tidak ingin makan lagi. Sewaktu menjumpai hal semacam ini, selain kurangi intensitas latihan, juga sebisa mungkin perbanyak mengkonsumsi makanan yang agak halus, lembek dan empuk, tunggu sampai ketika darah dan Qi terasa mantap baru perbanyak lagi latihan, maka tak akan terjadi lagi ketidak-nyamanan seperti tersebut di atas.

    Usus dan lambung paling suka dipijat. Ketika seringkali menderita perut kembung dan gangguan pencernaan, pijatlah perlahan-lahan bagian kanan-kiri dan atas-bawah di sekitar perut, rasa tidak nyaman tadi berangsur akan berkurang, maka itu bagi orang yang daya pencernaan usus dan lambungnya tidak baik, perlu sering pijat. Di area perut terdapat 9 batang meridian terpenting dari tubuh manusia, apabila dipijat sama saja telah mencakupi perawatan terhadap 9 meridian tersebut, betul-betul adalah resep kesehatan yang jitu.

    Penulis: Zheng Shunqian.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. boljug M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +110,269 / -0
    nais info gan.. :)
     
  4. a_wa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    perut perlu dipijat juga ya.. btw, mijatnya gimana ya? diurutkah ato ditekan2 aja? :???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.