1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Learning Tips Belajar Saat Akan Menghadapi Ujian/ Ulangan

Discussion in 'School and Campus Zone' started by jacklist, Apr 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jacklist Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +112 / -0
    Belajar adalah hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah baik dengan maupun tanpa pr / pekerjaan rumah. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik.

    Berikut ini adalah tips yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian :

    1. Belajar Kelompok
    Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

    2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
    Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.

    3. Membuat Perencanaan Yang Baik
    Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.

    4. Disiplin Dalam Belajar
    Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah.

    5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
    Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. Selain itu

    6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
    Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

    7. Hindari Belajar Berlebihan
    Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

    8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
    Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan.

    Semoga tips cara belajar yang benar ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, amin.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. jacklist Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +112 / -0
    semoga hal ini bisa membantu kalian semua
    good luck bro!!!!!
     
  4. jacklist Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +112 / -0
    Semoga tips cara belajar yang benar ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, amin.
     
  5. ckdoubleyou M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,248
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,013 / -0
    paling ampuh belajar karna kemauan sendiri deh, percuma kalo lo belajar karna dipaksa
     
  6. arlong0 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    344
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    pas banget lagi UTS
     
  7. nitho Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +722 / -0
    ya ampuun... gw udah selesai UAS, UN, US baru nongol nih thread...
    btw.. keep it up bro..
     
  8. compatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 17, 2009
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    thanks, moga2 bisa tipsnya bisa bantuin gw


    thankas ya bro, map cm bisa kasi thanks
     
  9. break777 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    1,163
    Trophy Points:
    196
    Ratings:
    +5,141 / -0
    thx mga bs bntu gw. . .
    tp g stuju yg no.8. . .
    it snjata trakhr hahahaha. . .
     
  10. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,249 / -0
    boleh saya tambahin

    9. Persiapan yg matang
    Kumpulin dlu smua materi yg Bapak/Ibu guru/dosen berikan sebelum hari H :lol:....
    (terkadang bnyk yg males mencatat catatan sehingga materi kurang lengkap) >> contohnya saya :XD:
     
  11. ahmadhussein M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    630
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +500 / -0
    bagus nih info, tapi kayaknya TS anak baik, kalo kepepet kan g papa nglakuin diluar itu hehehe :piss:
     
  12. passat M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    2,475
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +227 / -0
    kalo belajar kelompok malah jadi ajang bermain-main, malah gag fokus ama pelajaran.....
    kalo ujian akhir sih mending belajar sendiri aja deh, gag peduli ada yg ngajakin belajar bareng ato gag.......
    kecuali kalo ada makanannya/cemilannya... :hihi:
     
  13. TheKucingMaru Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    emang belajar kelompok bikin banyak bercanda, tapi terbukti efektif labih cepat menyerap pelajaran (pengalaman waktu smp)..
    temenku aja sampe ketagihan belajar bareng, cos yang dipelajarin keluar waktu ujian.. senangnya..
     
  14. royal_h M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,684 / -0
    saia lebih suka SKS
    sistem kebut semalam :hahai:
    btw nice info, semoga bermanfaat kk :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.