1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Anti Galau dengan Gaji Pas-pasan

Discussion in 'Career Talks' started by chkrmdhn, Jan 12, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. chkrmdhn Members

    Offline

    Joined:
    Oct 15, 2015
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Anda fresh graduate dengan gaji standar UMR? Atau sudah bekerja beberapa tahun, tapi pendapatan hanya segitu-segitu saja? Tidak perlu sedih dan galau. Gaji pas-pasan bukanlah akhir dari segalanya. Anda masih bisa nongkrong atau jalan-jalan ke mall bersama teman-teman kok. Selain itu, bukan berarti juga Anda tidak mempunyai masa depan cerah. Berikut adalah tips menangani keuangan yang pas-pasan agar Anda bisa tetap hepi dan sukses dalam karier.

    1. Buat rancangan keuangan sederhana
    Sebelum mulai mengucurkan sedikit demi sedikit gaji yang Anda dapat, buatlah perhitungan berapa banyak uang yang akan Anda rutin keluarkan setiap bulannya. Anda bisa mulai dari menghitung uang transport dan makan siang, kemudian usahakan Anda alokasikan minimal 10% dari penghasilan untuk ditabung. Nah, nantinya akan terlihat berapa banyak uang Anda yang tersisa untuk 'jajan'.

    2. Bawa bekal ke kantor
    Yang satu ini memang jurus jitu untuk berhemat, apalagi dengan kondisi keuangan yang kurang memuaskan. Nah, supaya masih bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman kantor, Anda bisa membagi waktu dalam seminggu, misalnya dari Senin sampai Jumat Anda tentukan kapan saja saatnya makan siang di luar bersama mereka, dan kapan saatnya Anda membawa makan siang sendiri dari rumah.

    3. Coret hal-hal yang tidak perlu
    Anda harus lebih pintar membedakan mana saja hal-hal yang Anda butuh dan mana yang Anda mau. Kesampingkan hal-hal yang hanya memenuhi kemauan Anda, padahal sebenarnya tidak terlalu berguna. Nongkrong bersama teman-teman di cafe yang lagi ngetren sih boleh. Tapi Anda bisa mengakali dengan makan di rumah sebelum berangkat, jadi sewaktu nongkrong Anda cukup mengeluarkan uang untuk minum.

    4. Ubah mindset
    Besaran gaji tidak selalu mencerminkan kualitas kerja seseorang. Apalagi perusahaan tertentu kebetulan memang punya standar gaji yang lebih rendah dari perusahaan lain. Anda bisa liat di sini untuk tahu rata-rata gaji di tiap perusahaan. Nah, banyak loh karyawan yang bertahan dengan gaji kecil, tapi mereka kerja sesuai passion dan sangat berprestasi di kantor. Kecualiii kalau Anda sadar bahwa gaji pas-pasan ini diakibatkan Anda kurang aktif dan berprestasi di kantor. Kalau itu masalahnya, berarti Anda sudah tahu kan harus berbuat apa?

    5. Berhenti mengintip rumput tetangga
    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih indah. Tapi mengurusi rumput mereka terus-terusan tidak akan membuat rumput kita jadi makin indah. Anda mungkin kecewa karena tahu gaji teman Anda lebih tinggi dari Anda, padahal sepertinya dari segi pengalaman tidak jauh berbeda. Tapi Anda tidak boleh membiarkan hal itu menurunkan semangat Anda. Justru Anda perlu menjadikan kondisi tadi sebagai motivasi supaya bisa lebih berprestasi di kantor. Kalau atasan terkesan, Anda bisa mendapat promosi jabatan sekaligus kenaikan gaji kan?

    6. Pandai-pandailah melihat peluang
    Berpenghasilan pas-pasan bukan berarti Anda harus diam mengasihani diri setiap hari. Tidak ada salahnya kok Anda coba explore kesempatan di luar. Anda bisa cari usaha sampingan yang tidak mengganggu waktu kerja dan produktivitas di kantor. Kalau Anda punya bakat di bidang desain, misalnya, Anda bisa menawarkan teman terdekat kalau mereka punya project yang bisa Anda bantu. Siapa tahu ternyata jalan sukses Anda ada di bidang ini.

    Tapiii kalau gaji yang kecil ini tidak didukung oleh faktor-faktor lain, seperti lingkungan kerja yang kondusif, karier yang menjanjikan, dll, Anda bisa mulai cari peluang di perusahaan lain. Tapi sebelumnya cari tahu dulu di website ini berapa gaji untuk posisi Anda di perusahaan baru tersebut. Harapannya Anda bisa mendapat penghasilan yang lebih baik, yang sesuai dengan kinerja Anda.

    Semoga membantu!
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. startupjobsindonesia Banned User

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2015
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    bener banget gan...
    jujur ane sendiri masih kuwalahan ngatur keuangan...kok berkurang sekian buat apa ya kemaren..haha
    sering kayak gitu..



    ------------------------------------------
    info loker terbaru 2016
     
  4. masganteng89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 5, 2016
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    yang penting hidup berkecukupan gan, jangan terhasut sama gaya hidup yg hedonis atau hura hura. ane sih alhamdulillah, merasa cukup. kalo ada keinginan di tahan dulu, nabung dan nabung hehehe.

    Kalo agan butuh pencerahan buat artikel yang bisa bikin wawasan nambah luas dan mengembangkan diri agan. Monggo mampir baca trit ane di http://forum.idws.id/threads/artikel-pengembangan-diri-talents-on-demand.567153/ semoga bermanfaat gan buat ke depannya di dunia kerja salam sukses :omgatot:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.