1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Mobil

Discussion in 'Otomotif' started by gerisukma, May 25, 2018.

  1. gerisukma Members

    Offline

    Joined:
    Apr 12, 2018
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Mobil - Saat musim mudik tiba, sebagian masyarakat Indonesia memilih menggunakan mobil pribadi ketimbang kendaraan umum. Hal ini menurut saya sangat tepat, karena lebih efisien dalam biaya dan waktu. Beda halnya jika menggunakan transportasi umum,anda harus membayar tiket yang biasanya mengalami kenaikan 2x lipat dari hari biasa.

    [​IMG]

    Mudik merupakan agenda yang selalu ada di setiap tahun. Umumnya mudik dilakukan beberapa hari sebelum lebaran tiba. Momen setahun sekali ini tentunya tidak akan dilewati oleh masyarakat Indonesia, karena pada saat itulah semua sanak keluarga bisa kumpul jadi satu dan saling meminta maaf.

    Untuk anda yang tahun ini mudik menggunakan mobil pribadi, ada tips aman, nyaman dan selamat sampai tujuan untuk anda. Karena situasi jalan tidak bisa diprediksi saat musim mudik tiba, alangkah baiknya anda menggunakan tips berikut ini sebagai acuan saat mudik.

    Servis Mobil
    Karena mobil akan digunakan untuk menempuh perjalanan jauh saat mudik, maka sebaiknya servis terlbih dulu mobil anda. Lakukan servi mobil di bengkel yang resmi agar seluruh bagian mobil di periksa dengan benar. Setelah selesai mudik, sebaiknya mobil di servis kembali agar mobil tidak cepat rusak.

    Bawa Peralatan Mobil
    Saat mudik wajib juga bagi anda untuk membawa berbagai macam peralatan untuk mobil, terutama peralatan untuk melepas dan mengganti ban. Gunanya jika suatu saat mobil bermasalah dan di area sekitar tidak ada bengkel, maka anda bisa memperbaiki mobil sendiri.

    Tentukan Kapan Akan Berangkat
    Mobil yang terlalu lama terjebak di kemacetan lebih cepat panas dan dampaknya kurang bagus untuk kesehatan mobil. Sebaiknya anda berangkat beberapa hari sebelum hari lebaran agar tidak terkena macet yang parah.

    Bawa Surat-Surat Kendaraan
    Surat kendaraan seperti SIM dan STNK jangan lupa anda bawa dan pastikan kedua surat tersebut dalam kondisi belum mati. Polisi lalu lintas pada musim mudik biasanya menggelar operasi ketupat yang bertujuan untuk menindak pengemudia yang tidak taat aturan. Nah agar anda tidak kena tilang dan perjalanan bisa lancar, jangan lupa yang untuk mebawa surat kelengkapan kendaraan anda.

    Jangan Melaju Terlalu Kencang
    Mobil yang dipacu dengan kecepatan tinggi lebih susah untuk dikendalikan, sehingga sangat membahayakan keselamatan anda dan keluarga. Santai saja dalam memacu kendaraan, utamakan selamat meskipun sedikit lebih lama sampai ditujuan.

    Jangan Over Kapasitas
    Satu hal yang membahayakan keselamatan saat mudik ialah mobil membawa penumpang dan barang yang melebihi kapasitas. Pahami dulu berapa kapasitas maksimal mobil anda, jika menggunakan mobil toyota agya yang maksimal hanya untuk 7 orang penumpang, jangan membawa penumpang lebih dari 7. Akan ada banyak kerugian yang anda jumpai jika mobil mengelami over kapasitas.

    Gunakan AC Secara Bijak
    AC merupakan salah satu penyebab mesin cepat panas dan mobil boros bahan bakar. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan AC mobil. Jika malam hari sebaiknya matikan saja AC dan buka jendela dan nyalakan saat lagi siang hari. Penggunaan AC yang terlalu lama juga menyebabkan mata cepat kering.

    Jangan Melawan Kantuk dan Lelah
    Mengantuk dan lelah merupakan faktor penyebab seringnya terjadi kecelakaan di jalan raya. Kondisi badan yang kelelahan dan mengantuk dipaksa untuk mengendarai mobil menjadikan konsentrasi berkurang. Istirahat sejenak jika badan mulai lelah, rebahkan tubuh dan pejamkan mata beberapa jam agar kembali bugar.

    Sediakan Sopir Cadangan
    Tidak ingin istirahat yang terlalu lama ? Ajaklah satu orang yang bisa mengemudi agar bisa menggantikan anda disaat anda lelah. Dengan begitu perjalanan bisa dilanjutkan tanpa perlu istirahat yang panjang.
     
    Last edited: May 30, 2018
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. rambo3 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    1,043
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +31 / -0
    Sebaiknya istirahat sebentar per 2 jam. Maksimal per 3 jam. Lakukan peregangan sebentar. Lalu lanjut lagi.
     
  4. lionfairway Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    terima kasih tipsnya gan, banyak membantu dalam perjalanan kemarin
     
  5. blackdonkey2018 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 16, 2018
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    terima kasih tipsnya gan, banyak membantu dalam perjalanan kemarin... mantap
     
  6. alpha_q2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2019
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    tipsnya menarik. kalau pengalaman saya, saya biasa menentukan mau titik pit stop seperti mampir ke kuliner lokal yang cukup ternama.
     
  7. smartshop Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Terimakasih gan info nya
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.