1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Tips & Tutorial Tips agar sukses meraih banyak viewer saat melakukan live streaming

Discussion in 'Free Talk Zone' started by Aisyifa, May 2, 2017.

  1. Aisyifa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 14, 2017
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2 / -0
    Berkat aplikasi seperti Periscope, Facebook Live dan YouNow, streaming video dari ponsel kini menjadi menyenangkan, mudah, dan dapat membuat kita memperoleh popularitas. Tetapi sebelum memulai anda harus memastikan memiliki konten menarik yang pasti memerlukan beberapa ide sebelum memulainya. Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat Live Stream Anda terlihat bagus dan keren, dan kemudian menggali sedikit lebih dalam untuk membahas tentang firewall, privasi, dan hak cipta. Dengan sembilan tips ini, Anda akan memiliki dasar yang kuat untuk menjadikan proyek live streaming mobile Anda menjadi sukses.

    1. Bandwidth

    [​IMG]

    Wi-Fi biasanya lebih disukai dibanding 4G, 3G atau koneksi mobile data lainnya karena lebih stabil. Selain itu yang sering di perhatikan adalah biaya melakukan video streaming melalui sambungan mobile data da[at membuat tagihan membengkak karena biaya yang harus dibayar sangat tinggi. Namun Apa pun koneksi yang anda gunakana, entah itu menggunakan Wi-Fi atau data selular, Anda akan mengirim streaming berkualitas tinggi dari perangkat mobile Anda ke server layanan streaming (seperti Wowza Cloud Streaming atau mesin pencari Wowza Streaming), yang kemudian akan mengkonversi konten Anda ke beberapa tingkat kualitas yang lebih rendah dan berbagai format untuk memastikan setiap penampil bisa mendapatkan streaming yang terbaik. Jika Live Streaming Anda sedang dalam tahap direncanakan, Anda bisa melakukan coba uji kecepatan bandwidth Anda terlebih dahulu (biasanya menggunakan aplikasi gratis, seperti Speedtest) dan streaming terlebih dahulu, memastikan Live Stream keluar dari perangkat mobile Anda menggunakan 80% atau kurang dari bandwidth yang tersedia.

    2. Pencahayaan

    [​IMG]

    Menangkap video dari sebuah acara live tidak akan memiliki banyak / arti nilai jika pemirsa Anda tidak dapat melihat subject nya baik. Di beberapa video ada yang sudah terang, tetapi beberapa orang (seperti wawancara secara langsung di dalam ruangan atau di malam hari) masih membutuhkan sedikit bantuan tentang pencahayaan. Untungnya, kini pilihan LED Portable semakin banyak, semakin murah, terang, ringan tersedia di banyak penjual online.

    3. Kestabilan

    [​IMG]

    Kecuali jika Anda akan menampilkan video dengan tampilan gemetar secara sengaja seperti The Blair Witch Project, maka Anda harus memastikan video yang merekam aktivitas anda stabil sehingga audiens Anda tidak merasa pusing. Banyak aksesoris yang murah memungkinkan Anda untuk menempatkan ponsel anda pada tripod. Atau menggunakan jenis yang sama seperti monopod mungkin pilihan yang baik jika Anda melakukan gerakan sesekali. Untuk gambar yang full-motion, pilihan terbaik adalah membeli perangkat seperti Steadicam Smoothee agar kamera stabil ketika Anda bergerak.

    4. Audio

    [​IMG]

    Audio berkualitas tinggi sangat penting untuk mempertahankan penonton — audio yang buruk hingga menyebabkan audiens sulit mendengar atau terputus menjadi salah satu penyebab orang mengganti saluran lebih cepat daripada video yang bergetar atau video yang gelap. Anda memerlukan mikrofon eksternal, untuk memastikan audiens dapat mendengar semua kalimat yang anda ucapkan.

    5. Baterai

    Mengkompresi video mentah dari kamera ponsel Anda menjadi sesuatu yang dapat di siarkan biasanya membutuhkan banyak editing yang menghabiskan daya, yang dapat menyebabkan baterai smartphone dengan cepat habis. Jika Anda sedang melakukan live streaming dengan durasi yang cukup lama, sebaiknya anda menyambungkan ponsel anda ke pengisi daya plug-in atau bisa juga powerbank untuk memastikan siaran anda tidak berhenti tiba tiba karena ponsel kehabisan baterai.

    6. Gangguan Internal

    [​IMG]

    Pastikan tidak ada panggilan telepon masuk atau pop-up pemberitahuan dari pesan singkat seperti WA atau notif BBM yang menyebabkan terhentinya streaming live video anda. Untuk memastikan Anda tidak mendapatkan gangguan, anda bisa menempatkan perangkat mobile Anda dalam modus jangan ganggu se atau Do Not Disturb sebelum Anda mulai melakukan live streaming.

    7. Firewall

    [​IMG]

    Jika Anda berencana untuk menyiarkan video dari ponsel melalui Wi-Fi, Anda mungkin perlu untuk mendapatkan port outbound yang firewall jaringannya sudah dibuka sehingga video Anda dapat menjangkau server eksternal streaming atau layanan Anda. Penyiaran melalui aplikasi sering menggunakan RTMP, RTSP, atau (dalam kasus Wowza GoCoder) WOWZ protokol untuk mendorong arus mereka. Jika firewall dan jaringan yang di konfigurasikan tepat, risiko keamanan membuka port outbound ini akan sangat rendah.

    8. Privasi

    [​IMG]

    Terlepas dari lokasi yang Anda rencanakan untuk menyiarkan, pastikan tidak ada kebijakan privasi yang mungkin membatalkan rencana Anda.

    9. Hak cipta

    [​IMG]

    Jika Anda siaran akan menyertakan konten milik orang lain seperti musik, game, video, atau pembacaan karya tertulis, Anda mungkin perlu untuk memperoleh izin dari pemilik untuk menggunakannya. Memiliki CD, DVD atau buku yang berisi konten tidak berarti Anda memiliki hak untuk menyebarkannya secara digital.

    Itu saja tips dari saya , semoga membantu ...
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. babyZoom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 17, 2017
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    Kurang satu kayaknya tipsnya : Dandan yang cakepppp
    kalo dari tampang aja udah malesin siapa yg mau nonton juga ?
     
  4. inibudi17 Members

    Offline

    Joined:
    Apr 3, 2017
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    sekarang medsos lagi gencar fitur siaran langsung.....dulu pernah pake fb hasilnya jelek :oggajes:. Mungkin ngangkat topik yang lagi booming dan jumlah follower juga nambah viewer
     
  5. babyZoom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 17, 2017
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    berita cagub gan biar rame banyak yg nonton hahahaha
     
  6. kurang_ganteng Members

    Offline

    Joined:
    Mar 13, 2017
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Nah ini, mesti cakep juga yang bikin acara, supaya penonton betah. Apalagi rada sexy sexy dikit wkwkwkwk
     
  7. rizkywiraa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2013
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    Kalau youtubernya cewe usahakan pakai baju agak gmana gt, pasti banyak viewnya :oggenit::oghoho:
     
  8. babyZoom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 17, 2017
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    nah bener juga nih wkwkwkwkw

    Tapi kemaren liat Asus keluarin hape baru buat live streaming kek nya keren tu, zenfone Live
     
  9. GeblehAddict Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Kalo cowo? pake baju kek gimana juga.. :oglol:
     
  10. kyoshiro-mibu M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2008
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +22 / -3
    salah satunya diiklanin di youtube, pasang thumbnail yang menarik (pretty, sexy, dll). Nah setelah mereka masuk, tergantung mereka tertarik dengan content kita apa nda. Strategi click bait salah satunya dengan menaruh judul atau gambar youtuber terkenal di thumbnail kita.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.