1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Biology Tinggi badan pengaruhi risiko kanker

Discussion in 'Science and Technology' started by ghombalz, Jul 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ghombalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,467 / -0
    [​IMG]

    Penelitian terhadap lebih dari satu juta wanita mengindikasikan ada hubungan antara tinggi badan dan kanker.

    Tim peneliti di Universitas Oxford, Inggris, mendapati wanita yang tinggi badannya 10cm di atas rata-rata menghadapi risiko mengidap kanker lebih tinggi.

    Hasil penelitian ilmiah tersebut mengindikasikan orang berbadan tinggi lebih berisiko untuk mengidap sepuluh jenis kanker umum, termasuk kanker usus besar, payudara, ginjal, dan otak.

    Penelitian ilmiah ini memantau 1,3 juta wanita tengah baya di Inggris dalam periode antara 1996 dan 2001.

    Penelitian yang telah dipublikasikan jurnal ilmiah Lancet Oncology mendapati untuk setiap kenaikan 10cm di atas tinggi badan 152,4cm, risiko kanker wanita naik 16%.

    Dame Valerie Beral, direktur Unit Epidemiologi Oxford Epidemiological yang mengadakan riset tersebut, mengatakan, ''16 persen ini cukup konstan untuk seluruh jenis kanker.''

    Menurut Beral, hal yang sama juga terjadi pada pria dan di seluruh dunia. Namun, dia menyatakan tim peneliti masih belum tahu penyebab kenaikan risiko kanker tersebut.
    Hormon pertumbuhan

    Teori utama mengenai kaitan antara tinggi dan risiko kanker tertuju ke hormon pertumbuhan.

    Para peneliti menduga, namun belum bisa membuktikan bahwa hormon pertumbuhan, termasuk faktor pertumbuhan seperti insulin - mungkin merupakan penyebab.

    Semakin tinggi faktor pertumbuhan, mungkin semakin tinggi pula laju pembelahan dan regenerasi sel, dan itu memperbesar risiko kanker.

    Para peneliti mengatakan orang berbadan tinggi tidak perlu khawatir, sebab dampak tinggi badan relatif kecil jika dibandingkan dengan faktor-faktor lain.

    Pakar onkologi klinis Dr Tom Powles di pusat kanker Saint Bartholomews di London mengatakan, ''Risiko relatif, risiko yang meningkat jika dibandingkan dengan hal-hal seperti merokok, sebenarnya sangat kecil.''

    Kegemukan atau obesitas juga merupakan faktor yang lebih besar dalam perkembangan kanker, kata peneliti.

    Menurut mereka, kenaikan Body Mass Index sebesar 10 poin memperbesar risiko kanker payudara sekitar 40%.

    Sumber : [​IMG]
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. wilstreak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +55 / -0
    wah, wanita pebasket bisa" hampir pasti kena kanker y ?
     
  4. commeDieu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2011
    Messages:
    157
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +103 / -0
    kyknya ya karna yg dah di jelasin itu karna semakin tinggi pembelahan semakin banyak resiko mutasi semakin besar.
    ntah deh haha. btw nice info.
    mestinya di SF kesehatan neh ya.
     
  5. cutterline M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    520
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    Ini kaga valid di Indonesia karena tinggi rata-rata berbeda di tiap daerah.
    Ngomong-ngomong tinggi rata-rata wanita di Indo berapa?
     
  6. rico_rexx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    Wahh..
    Cewe ane tingginya kira 164an..
    Berarti cewe ane potensi kangker lebih tinggi donk..??
    :madesu:
     
  7. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,884 / -0
    untunglah faktor tinggi tubuh cuman berkontribusi kecil pada kanker...
    asalkan hidup sehat dan back to nature mungkin bisa sedikit menguranginya...
     
  8. lolol M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,359 / -0
    bukanya klo yg seperti ini yg dimaksud itu tinggi badan yg g proprosional, jadi klo berat badan ama tingginya imbang itu bukanya g bahaya...:???:
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. GenocideR M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +675 / -0
    knp hrs org yg tinggi? :takut:
    kasian nih bt para pemain basket, tp kekny mereka sehat2 aj tuh :bingung:
     
  10. synx7 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2009
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Jadi kesimpulannya sebenernya pendek ataupun tinggi sama' beresiko

    Semua nya tergantung kepada gaya hidup orang tersebut masing'
     
  11. Nadiar429 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    820
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +4,307 / -0
    bentar. itu kan di inggris.

    tinggi rata2 tiap negara kan beda, kalo gitu peluang kena kankernya juga beda2 tiap negara.

    apa mungkin yang dimaksud tinggi rata2 penduduk bumi.
     
  12. bilnity M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    661
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +150 / -0
    cukup masuk diakal. Karena terlalu sering membelah, bisa jadi meningkatkan resiko pembelahan menjadi tidak terkendali dan menyebabkan kanker
     
  13. yasop_usop Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 3, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    mungkin resikonya lebih gede tapi kalo hidupnya sehat gimana bro? apakah masih resikonya gede
     
  14. ryrien MODERATOR

    Offline

    The Dark Lady

    Joined:
    Oct 4, 2011
    Messages:
    6,404
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,099 / -55
    ini terjadi hanya untuk wanita...
    atau pria juga?
     
  15. sherlock1524 MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    7,033
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +22,119 / -147
    Emangnya orang tinggi sering terkena resiko kanker yaaa???

    berarti aman dong jadi orang pendek ... hehehe
     
  16. gsharktale Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    ternyata masih di daerah inggris belum dari segi dunia
    ngeri juga soalnya saya tinggi sih
     
  17. evangelistvahala Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    Pertanyaan yang bagus neh sebenrnya... gimana neh TS... ane laki-laki... risknya sama juga gak yah sama cewe???

    kalo melihat alesannya hormon pertumbuhan sih kayaknya kemungkinan besar pria juga sama... cuma mungkin average tinggi badannya beda... kalo cewe kan 152, mungkin kalo cowo 162 ato 172... (kira-kira lah yah)
     
  18. Venneta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 20, 2012
    Messages:
    502
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    berarti makin tinggi resiko makin gede ? :kaget:
    tp untungnya dampak nya masih relatif kecil ya :swt:
     
  19. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,613
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +755,155 / -5
    kalo cuma 164 bukannya masih standar ya,
    berarti dirimu aja yang kependekan, hehehehehehe
    --
    tapi, aneh aja kalo menghubungkan ini dengan kanker,
    menurut ku ini kebetulan aja dah,,
     
  20. putracl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    akhirnya ada juga keuntungan jadi orang bertinggi standar
    ternyata tuhan maha adil

    tapi resiko dari tinggi badan sangat tipis,ane rasa lebih banyak pengaruh keturunan dan gaya hidup deh
     
  21. NABILA6768 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    2,145
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +6,947 / -0
    bujubuneng,,,, beneran nih??? kasian mbkq mah,,,,

    ya elaahhh bneran yaahh??? kasian orng2 barat2 yg tnggi2 ntuu,,,, :bloon:

    so bruntung deh jadi orng asia yg imut2 plus kcil2 :haha: :peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.