1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tindak kejahatan yang dapat dimaklumi hanya di indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by ireh, Sep 3, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    Tindak kejahatan yang dapat dimaklumi hanya di indonesia

    1. Pembajakan
    [​IMG]
    Studi IDC menyebutkan tingkat pembajakan di Indonesia dialami sebesar 85% dengan potensi kerugian sebesar US$544 juta pada 2008. Jika dibandingkan 2007 naik sebesar 1% dari 84% dengan potensi kerugian sebesar US$411 juta. Dengan hasil 85% tersebut, Indonesia berada di posisi ke-12 dari 110 negara di dunia yang menjadi subjek penelitian. Persentase Indonesia ini sama dengan Vietnam dan Irak.

    2. Pelangaran lalu lintas "yang ringan-ringan"
    [​IMG]
    Tingginya pelanggaran lalu lintas bisa dilihat dari angka pelanggaran yang terus meningkat. Data di Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya tercatat catat 589.127 kasus selama tahun 2008 hingga awal 2009, atau rata-rata sehari sekitar 1.000 lebih terjadi pelanggaran. Dari angka tersebut, sekitar 60% dilakukan pengendara sepeda motor, 30% angkutan umum baik Mikrolet, Bis, Metromini dan lainnya, 10% sisanya mobil pribadi. Angka pelanggaran yang tercatat di kepolisian tersebut jauh lebih rendah dari yang sesungguhnya.

    3. Pernikahan di bawah umur
    [​IMG]
    Laporan Pencapaian Millennium Development Goal’s (MDG’s) Indonesia 2007 yang diterbitkan oleh Bappenas menyebutkan, bahwa Penelitian Monitoring Pendidikan oleh Education Network for Justice di enam desa/kelurahan di Kabupaten Serdang Badagai (Sumatera Utara), kota Bogor (Jawa Barat), dan Kabupaten Pasuruhan (Jawa Timur) menemukan 28,10% informan menikah pada usia di bawah 18 tahun. Mayoritas dari mereka adalah perempuan yakni sebanyak 76,03%, dan terkonsentrasi di dua desa penelitian di Jawa Timur (58,31%).

    Angka tersebut sesuai dengan data dari BKKBN yang menunjukkan tingginya pernikahan di bawah usia 16 tahun di Indonesia, yaitu mencapai 25% dari jumlah pernikahan yang ada. Bahkan di beberapa daerah persentasenya lebih besar, seperti Jawa Timur (39,43%), Kalimantan Selatan (35,48%), Jambi (30,63%), Jawa Barat (36%), dan Jawa Tengah (27,84%).

    4. Main hakim sendiri
    [​IMG]
    Sebagai illustrasi kasus dapat kita segarkan kembali ingatan kita pada peristiwa hukum main hakim sendiri, antara lain : Perististiwa Pembunuhan dukun santet di Jawa-Timur, lebih kurang 200 orang dieksekusi mati tanpa proses hukum ; Komplik di Sambas dan Poso di Sulawesi ; Kerusuhan di Maluku ; Kekerasan di NAD ; Pengrusakan beberapa toko, kios dan rumah oleh mereka yang diketahui berpakaian ninja di DIY ; dan yang paling pahit untuk dikenang adalah perkelahian antara sesama anggota DPR RI pada pembukaan sidang tahunan 2001 pada tanggal 01 Nopember 2001 yang langsung disaksikan oleh ratusan juta rakyat Indonesia melalui layar kaca.

    Semua fenomena tersebut menunjukkan bahwa kelompok masyarakat kita cenderung menyiapkan kekuatan phisik sebagai langkah antisipasi dalam menyelesaikan setiap masalahnya ketimbang menggunakan jalur hukum yang mereka nilai tidak efektif. Budaya main hakim sendiri pada perkembangannya akan melahirkan cara-cara lain seperti teror baik dengan sasaran psikologis maupun phisik, atau yang lebih halus seperti intimidasi, pembunuhan karakter dan lain sebagainya.

    5. Buang sampah sembarangan
    [​IMG]
    Pemandangan yang namanya sampah itu sudah merupakan kenyataan sehari-hari. Banyak orang membuang sampah sembarangan, dari yang berpendidikan tinggi sampai yang rendah, dari yang kaya sampai yang miskin, dari mereka yang (maaf) menjabat sampai yang tidak menjabat. Sampai-sampai ada orang yang menyatakan bahwa buang sampah sembarangan sudah menjadi tradisi atau budaya.

    Yah, memang masalah sampah bagaikan lingkaran setan yang tidak ada putus-putusnya. Penanganan sampah gampang-gampang susah. Gampang jika kita semua sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Gampang jika fasilitas persampahan untuk cukup dan terpelihara. Gampang jika semua aturan mengenai persampahan ditegakkan. Gampang jika semua petugas bekerja penuh semangat. Susah, ya jika sebagian besar masyarakat suka buang sembarangan. Susah jika aturan tidak ditegakkan. Susah kalau fasilitas tidak cukup dan tidak dipelihara. Susah kalau kita saling tuding, saling menyalahkan, saling berlepas diri.

    6. Pemukiman di sembarang tempat
    [​IMG]
    Pengaruh pertambahan penduduk di lingkungan perkotaan terhadap kehidupan masyarakat, dapat bersifat positif bersifat negatif. Yang paling banyak disoroti oleh para perencana kota adalah pengaruh negatif pertambahan penduduk, antara lain terbentuknya pemukiman kumuh, yang sering disebut sebagai slum area. Daerah ini sering dipandang potensial menimbulkan banyak masalah perkotaan, karena dapat merupakan sumber timbulnya berbagai perilaku menyimpang, seperti kejahatan, dan sumber penyakit sosial lainnya. Disamping itu, Mc Gee (1971) memandang bahwa perpindahan penduduk ke kota sering mengakibatkan urban berlebih yang pada akhirnya menimbulkan banyak masalah yang berhubungan dengan pengangguran, ketidakpuasan di bidang sosial dan ekonomi. Contoh : Pemukiman di pinggir kali, di sekitar rel kereta api, dll.

    7. Diskriminasi dan sara
    [​IMG]
    Sampai saat ini para pelaku diskriminasi dan SARA masih terbilang kurang terkena dampak hukum di Indonesia, makanya bisa dilakukan terus-menerus dan berkelanjutan. Tragedi 13-15 Mei 1998 yang terjadi merupakan peristiwa politik yang sadis, kejam dan melanggar Hak Asasi Manusia. Tragedi tersebut tentunya tidak berhenti hanya sebagai problematika rasial, tapi telah menjadi momentum pembenaran bagi lahirnya peristiwa kekerasan-kekerasan berikutnya. Peristiwa Trisakti, Semanggi I dan II, Ketapang, Kupang, Aceh, Maluku, Papua, Kalimantan Barat, Poso, Makassar, Medan, Mataram, Yogyakarta, Yayasan Doulos, Banyuwangi, dan banyak lagi lainnya, hanya dilihat sebagai peristiwa politik yang layak disesalkan, tapi tidak untuk dituntaskan penyelesaian hukumnya.

    8. Pengemis
    [​IMG]
    Tindakan tegas yang dilakukan Dinas Sosial terhadap pemberi sedekah kepada pengemis di jalan sesuai dengan Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Sanksi yang tercantum dalam perda cukup berat, kurungan tiga bulan atau denda maksimal Rp 20 juta. Dan untuk si pemberi sedekah akan didenda Rp 300 ribu.Operasi penertiban sosial sudah menjadi agenda Dinas Sosial dalam menekan angka pengemis jalanan yang terus meningkat tiap tahunnya, terutama menjelang puasa dan Lebaran.

    9. Kelakuan para pejabat
    [​IMG]
    Contoh : Sebanyak 75 mobil dinas anggota DPRD DKI Jakarta masa jabatan 2004-2009 belum dikembalikan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Padahal, para wakil rakyat itu sudah mengakhiri masa jabatannya pada Selasa (25/8). Para anggota Dewan kecuali empat pimpinan Dewan diberi fasilitas berupa mobil dinas Toyota Altis tahun 2007. Mobil itu dibeli dengan menggunakan APBD DKI dan berfungsi sebagai mobil operasional. Jadi, begitu anggota Dewan berhenti, mereka wajib mengembalikan mobil tersebut.

    Masih banyak lagi sebenarnya seperti : Tidur saat rapat paripurna, kasus suap dan korupsi, berkelahi sampai video P*rn*, kalau semuanya dibahas satu persatu tidak akan cukup. Setidaknya itulah gambaran negatif kelakuan para pejabat yang tidak perlu ditiru.

    http://akudansekitar.blogspot.com/2009/09/tindak-kejahatan-yang-dapat-dimaklumi.html

    comment:
    mohon jangan emosi bagi yang merasa melakukannya,
    ingat bulan puasa......
     
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,903 / -0
    [​IMG]

    ini yg paling bikin gw !%#&^$& :onion-34:

    ups,, ga boleh emosi :onion-76: ,, nice info deh bro, nambah pengetahuan tentang keburukan indonesia lagi neh [​IMG]
     
  4. cahyo_pwkm M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,536
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +265 / -0
    setuju bos...
    bajakan emg paling dianggap biasa
    pengen sih beli yg asli, cman nanti ga makan sebulan..
     
  5. henzai M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    302
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +2 / -0
    para pejabta tuh yg paling enak....
    tidur aja gajinya gede hehehe
     
  6. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Menurut ane yg no.9 paling parah :D
     
  7. om3gakais3r M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,045
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,621 / -0
    yeah.. tul banget, bro...
     
  8. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    ^
    wah...wah...
    pada reaktif banget ya kalo menyinggung soal kekurangan(keburukan) para pejabat. apa karena memang kebencian masyarakat indonesia pada pejabat2 busuk sudah begitu mengakar:???:
     
  9. mbahedan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    2,577
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +60,436 / -0
    bro... ada pepatah Barang yang sudah diberi tidak bisa dikembalikan

    :lol:

    menurut gw yang jadi sumbernya ya ini nomer 9...
    coba aja yang nomor 9 itu bener.. pasti bisa merembet ke yang laen...

    Betul?
     
  10. hanimon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    1,927
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,196 / -0
    bener
    kayak masa muda kurang bahagia saja
    pake berkelahi dsb :swt:
     
  11. DDDgw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    1,905
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +21,905 / -0
    Pembajakan klo menurut gw bukan masuk golongan kejahatan bro

    justru menurut gw, yang melakukan kejahatan itu perusahaan2 yang menjual software/musik/film yang semakin lama semakin mahal atas nama karya seni, hak cipta dsb.

    Jadi menurut gw pembajakan itu cuma salah satu bentuk perlawanan aja, bukan kejahatan
     
  12. afarzain M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 30, 2009
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +227 / -0
    yg pling gw sering lakuin___

    BAJAKAN!!
    :lol:

    sehari2 aja make windows bajakan__:shoot:
     
  13. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    wahahah, pejabat yang pake baju coklat, :lol:
    tidur tapi pegag hape di tangan, biar gak ketahuan tidur yah:lol:
    ga kaya disebelahnya, bisa tidur dengan pulas kaya bayi yang gak berdosa:lol:
    parah nih orang indo kalo soal langgar hukum :lol:

    BTW, peringkat 12 dari 110 negara, untung gak masuk 10 besar,
    mong omong 3 besarnya mana aja yah:???:
     
  14. tehkotak88 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,654 / -0
    Masih banyak ga sih org sampah ky gini?!

    No offense buat knalan pejabat tp banyakan pejabat mang ga tau aturan...

    Gmn yg bodo2 suru ngikutin aturan klo yg berpendidikan ky gini?!? :ngupil:
     
  15. RedH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    436
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    Kayaknya emang gitu deh Bro, buktinya waktu pemilu legislatif kemarin, banyak yg pada golput tuh...
     
  16. nguonggg M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +97 / -0
    susah memang, soalnya sudah mengakar, sudah dianggap kebudayaan dan kebiasaan
     
  17. rdpdpdpdp M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 20, 2009
    Messages:
    2,680
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +18,087 / -0
    klo w seh dukung yg pertama aja.
    secara w pemakai barang bajakan. hehehe...........:haha:
     
  18. Cress M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 18, 2008
    Messages:
    4,908
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +16,719 / -0
    [​IMG]

    nice example gan :top:

    bukan cuma mahasiswa ternyata yg hobi nya tidur saat jam kerja :ngacir:
     
  19. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,883
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,434 / -0
    [​IMG]

    malah ada yang menjadikan "mengemis" sebuah pekerjaan
    sungguh ironis [​IMG]
     
  20. xanderlinkz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    619
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,123 / -0
    jadi rada malu gw ngaku orang indo,,,:madesu:
     
  21. anko_66 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +259 / -0

    Tapi kok kebudayaan yang ini ga di comot ma MALAINGSIA ya...???? :th_102_::hihi::hihi:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.