1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Physics and Chemistry Tikungan Miring

Discussion in 'Science and Technology' started by rumahmode, Jul 30, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rumahmode M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 3, 2008
    Messages:
    346
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +106 / -0
    Apakah anda menyadari bahwa setiap tikungan yang kita lalui sebenarnya miring? Perhatikan lintasan-lintasan balap dunia atau jalan layang yang menikung, mereka mempunyai kemiringan tertentu. Bila tikungan mengarah ke kanan, maka lintasan akan semakin tinggi di sisi kiri, demikian pula sebaliknya.

    Mengapa setiap jalur menikung dibangun miring? Jawabnya adalah gaya sentrifugal yang dialami setiap objek setiap kali menikung. Gaya sentrifugal adalah gaya dorong ke arah luar lingkaran. Semakin besar kecepatan suatu kendaraan ketika menikung, semakin besar gaya sentrifugal yang terjadi.
    Hal ini menjelaskan mengapa suatu kendaraan yang menikung dengan kecepatan tinggi dan tidak terkendali ke arah kiri akan terguling ke arah kanan.

    Bidang miring tikungan dibangun untuk mengurangi gaya sentrifugal. Seorang arsitek harus memahami tujuan lintasan yang dibangun dan kendaraan-kendaran seperti apa yang akan melalui lintasan tersebut. Jalur melingkar monoton, yaitu jalur panjang menikung yang sudut tikungannya konsisten sampai pada jarak tertentu, akan dibangun dengan kemiringan lebih tinggi dan badan jalan yang lebih luas. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan jalur tersebut dilalui oleh kendaraan-kendaraan dengan kecepatan tinggi. Contohnya adalah jalur balapan mobil Nascar. Persimpangan jalan akan dibangun dengan jalur tikungan relatif datar karena diasumsikan kendaraan-kendaraan yang lewat berada pada kecepatan relatif rendah.

    Sebagai tambahan, bila titik A lebih rendah dibanding titik B dan berjarak 10 meter, maka seorang arsitek pembangun jalan mungkin saja akan membuat desain jalur layang dengan panjang 100 sampai 120 meter atau bahkan lebih. Hal tersebut bertujuan untuk memperbesar sudut tikungan menanjak dari A ke B (semakin besar sudut tikungan, semakin lurus suatu lintasan). Dengan demikian pengendara dapat berkendara lebih nyaman dan efek gaya sentrifugal akan lebih sedikit dialami.

    Selain tikungan miring, ada satu cara lagi yang dapat digunakan untuk mengurangi gaya sentrifugal, yaitu konsep drifting seperti yang ada di film-film yang menampilkan tema balapan mobil. Namun cara ini tidak disarankan apalagi bila anda berada di jalan raya umum. Hal terbaik adalah berkendara pada kecepatan yang disarankan dan patuhi rambu-rambu yang ada.
     
    Last edited: Jul 30, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. grahitas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 24, 2009
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +18 / -0
    nice inpo bro,,
    jd inget pelajaran fisika,,
    konsepnya kyk tong setan di pasar malem itu yah,,
     
  4. Loki134 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    BTW, setau g yg bikin jalanan itu bukan arsitek deh, tp insinyur teknik sipil..
     
  5. erha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,387
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +941 / -0
    Salah satu cara juga kalo belok itu mesti memiringkan motor ala Valentino Rossi
     
  6. hadigenta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +17 / -0
    kalo di jkt ... di tiap tikungan emang dah dibuat agak miring. tapi karna sering lubang n trus ditambal sana-sini, malah jadi gak rata n super duper bahaya banget ... :((
     
  7. blademaster M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +108 / -0
    ya..ya..ya....
    Emang seharusnya dibuat kayak gitu......
     
  8. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    wah musti ati2 tuh....
     
  9. Anecdot M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    pantesan klo mo belok kita harus miringin motor sedikit biar pas..
     
  10. zagazz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +2,392 / -0
    wedew..
    nice inpo gan..
    sya klo menggok jua hrus tiru" rossi..
    hhaha..
     
  11. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,883
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,434 / -0
    yupss untuk jalan yang menikung tapi tidak mereng, alias datar-datar aja :D
    kalo sudah mereng jalannya, gak usah terlalu miringin badan lagi. Nanti malah hantam jalan lohh.. :lol:
     
  12. archarvel M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    ga terlalu ngerti ni
    uun fisika si aq --"

    tapi kalo soal gini2an
    kayanya emank arus belajar n bertapa sama bang rossi
    di lomba dia da miring bgt tuh cara belokna --a
    makanya alhir2 ini selalu menank di lap2 terakhir (ato sengaja yah?)
     
  13. pitiex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +842 / -0
    wah, fisika banged....
    eniwei, jadi taw knapa kita harus miring di tikungan....
     
  14. Rush_Sykes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,724 / -0
    nice info:top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.