1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tiga Solusi Atasi Macet Jakarta

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Shuichi, Jul 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,517
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +154,599 / -3
    [​IMG]

    VIVAnews - Pakar perencanaan kota Marco Kusumawijaya mengusulkan pemerintah melakukan sejumlah tindakan untuk mengatasi macet di Jakarta. Solusi pertama adalah membatasi penggunaan mobil.

    "Jadi harus mengurangi penggunaan mobil, bukan kepemilikan mobil," kata Direktur Ruang Jakarta (Rujak), Center for Urban Studies itu, seperti dilansir di akun Twitternya, Senin 26 Juli 2010.

    Mengapa membatasi penggunaan mobil, karena sebenarnya, kata Marco, jumlah mobil di Jakarta masih kalah dengan jumlah mobil di Singapura. Namun, warga Singapura lebih sedikit melakukan perjalanan dengan mobil, tidak seperti di Jakarta.

    "Percaya atau tidak, jumlah mobil di Jakarta itu "rendah", masih sedikit di bawah angka di Chicago tahun 1930-an yakni 300 mobil per 1.000 penduduk."

    Meski begitu, Marco menyarankan, pemilikan mobil tetap harus dibatasi. Di Singapura, katanya, pemilikan mobil sangat sulit, harus memiliki syarat seperti harus punya garasi dan membayar pajak.

    Tata Guna Tanah

    Kemudian, fokus pemerintah seharusnya bukan membangun infrastruktur mobilitas seperti jalan dan angkutan baru. "Terus menerus memenuhi "demand" infrastruktur mobilitas hanya akan mendorong suburbanisasi dan naiknya jumlah komuter," katanya. "Solusi yang lestari menurut saya harus di penataan penggunaan tanah."

    Salah satu bentuk penataan tata guna tanah adalah ketersediaan hunian terjangkau di sepanjang dan sekitar tiap stasiun mass rapid transit yang akan dibangun pemerintah. Kemudian lapangan pekerjaan juga terdapat di sepanjang jalur itu. Kawasan sekitar tiap stasiun dalam radius 800 meter ditata land-use dan pengembangannya.

    "Penataan dan pelaksanaan land-use yang disiplin harus dimulai sekarang, justru karena itu akan gradual hasilnya," kata Marco. "Percayalah, hanya bangun infrastruktur tanpa menata land-use dari sekarang hanya akan menumpuk bencana di masa depan."

    Kemudian, sederhana namun penting, trotoar untuk pejalan kaki harus dibuat lebih bagus daripada jalan itu sendiri. "Pondasi trotoar harusnya sama dengan pondasi jalan mobil. Sekarang tidak, maka trotoar cepat sekali rusak, bahkan di Menteng sekalipun," kata Marco. Belum lagi ditambah kebiasaan buruk, pelebaran jalan memakan jalur trotoar.

    Kemacetan lalu lintas di Jakarta ini diperkirakan merugikan warga Jakarta Rp 17,2 triliun setiap tahun. Estimasi kerugian itu merupakan hasil penelitian Dinas Perhubungan Jakarta pada 2009. Saat ini, pemerintah mengupayakan pembangunan mass rapid transit di Jakarta dan membangun jalan baru.

    Kemacetan ini membuat iring-iringan pengawalan mobil untuk pejabat negara kerap menjadi kecaman warga. Bahkan iring-iringan Presiden juga ikut diprotes seorang warga melalui surat terbuka ke redaksi sebuah harian, sehingga membuat Presiden berangkat Subuh dari rumah pribadinya di Cikeas, Bogor, untuk ke Kantor Presiden.
    • VIVAnews
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. inumaru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    1,799
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,005 / -0
    Gambarnya kereta bawah tanah... :???:
    kirain banyak bahas itu..
    ternyata lebih banyak ke tata kota ya...
    Kalo pengguna jalannya teratur... kemacetan berkuran juga sih pastinya...
    :piss:
     
  4. X_TitaniuM M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    954
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,236 / -0
    susah mengurangi mobil jaman sekarang :yareyare:

    anak muda banyak yg senang pake mobil :rokok:

    enak pake motor2 :hihi:
     
  5. aureila Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    solusi yang kedua tentang tata guna tanah tuh kayaknya dah susah banget di Jakarta ini.
    liat aja, hunian di jakarta ini dah rapet2 banget..
     
  6. bohemahmud M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 29, 2010
    Messages:
    803
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +94 / -0
    kirain bahas masalah keretanya:rokok:
     
  7. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,523
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,183 / -0
    bener tuh syarat harus punya garasi & pajak yang ditinggiin pasti jumlah mobil bisa berkurang :hehe:
     
  8. reazon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,563
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,031 / -0
    emang lebih bagus sih pake kereta bawah tanah.....:hmm:
    tapi kok bahasan nya jauh dari gambarnya sendiri....:???:
    seharusnya d kasih gambar kemacetannya.....:fufufu:
     
  9. Lunar87 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,057 / -0
    anak" muda lebih memilih naik mobil daripada angkutan umum ..
    jadi terjadilah kemacetan gara" kebanyakan mobil yg berkeliaran di jakarta ini ..

    mungkin masih ada solusi buat jakarta ..
     
  10. inyo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 26, 2008
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    memindahkan ibukota negara ke luar jawa mungkin bs jd salah satu solusi...
    mengingat pusat pemerintahan di jakarta...semua jadi numpuk di jakarta. Trus komplek pemerintahan dijadikan satu area mulai rumdin beserta fasilitas pendukungnya, kepresidenan, menteri2 staff dsb...
    kira2 bs g ya..?
     
  11. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    wah percuma kayanya di jkt
    mo dibikinin apa juga tetep aja macet
     
  12. limbux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +15 / -0
    gimana g mau bawa mobil sendiri wong fasilitas transpotasi umumnya aja kaya gitu
    coba klo bagus, pasti lebih milih naek transpotasi umum lha..
     
  13. crossbone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    Kalau mau yang lebih ekstrem lebih baik ibukotanya dipindahkan saja...
     
  14. damski M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    636
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,456 / -0
    buset dah punya akun twitter :hahai: ,, kata bang Alm Ali S, klo mau benerin Jakarta harus bertangan besi...karena semua jendral, presiden, pejabat, sampe artis yang merasa penting ada disini. gada sistem tebang pilih kayak dulu jalur busway di Pondok Indah
     
  15. heretik Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +17 / -0
    bingung gw, kok rekonstruksi angkutan umum gk disebutin yah? apa cuma gw yg beranggapan bahwa angkutan umum di jakarta (bahkan kota2 lain) adalah penyebab utama kemacetan yang terjadi.
     
  16. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,141 / -10
    selagi masih ada bensin di dunia ini, gak bakal berhenti tuh macet di jakarta
     
  17. qwerty_fo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,120
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +142 / -0
    bener tuh..jumlah mobil dikurangi dan proses ngeluarin SIMnya agak yang serius dikit..
    isi mobil satu orang doang..untuk pergi ke simpang rumah pun make mobil..:hihi:
     
  18. SoA Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    97
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    semoga tata kota di indonesia segera diperbaiki amin..
     
  19. mvilla Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    parkir mobil dimahalin... jadiin 50rb.. pasti orang males bawa mobil :D
     
  20. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,108
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,076 / -0
    sebener nya solusi nya gampang...

    kl emang pemerintah niat...

    1. Buat Jalan Layang 2-3 tingkat
    2. Angkutan Massal di tingkatkan, kinerja, jumlah kendaraannya, jalan di perbaiki.
    3. Itu Polisi di pekerjakan dunq.. buat ngatur lalu lintas, jgn cuma jd patung aja buat nilang" orang se enak nya..





    iya lah... itu karna angkutan umum ny bekerja dengan bae.. emang ny keq di jakarta..
    uda gak aman, desek"an, lama lagi waktu nunggu nya...

    contoh aja busway dehc, di gunakan untuk mengurangi tingkat kemacetan..
    mana hasil nya, ada juga busway itu nambahin macet, wong jalur ny aja embat puny orang..
    pertimbangan nya, jalur yg biasa nya 3 jalur aja uda macet, terus di ambil 1 jalur buat busway, tinggal 2 jalur yg biasa, + macet kan.... :top: dah pemerintah mah


    maka nya jgn kerja ny studi banding molo ama negara yg lebih maju...

    jd inget, dari jaman bahela, indonesia cuma dpt predikit negara berkembang...
    kapan mo maju ny kl mikir duit sama kantong molo..​
     
    Last edited: Jul 30, 2010
  21. inumaru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    1,799
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,005 / -0
    Seandainya di indonesia bikin kereta bawah tanah..
    Kira-kira malah nambah kecelakaan g ya..?
    hehehe..
    :piss:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.