1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biology Ternyata otak einstein DI AWETKAN lebih dari 20 tahun

Discussion in 'Science and Technology' started by setan95, Apr 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. setan95 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +65 / -0
    [​IMG]
    Nama Einstein tentu tidak asing lagi bagi telinga siapa pun juga. Demikian juga dengan teori relativitasnya. Tapi, penelitian terhadap otak ahli fisika ini tentu masih merupakan hal baru dan tidak banyak orang yang mengetahuinya.

    Namun ternyata Otak Albert Einstein sering dijadikan sebagai objek riset dan spekulasi. Otak dari tokoh fisika terbesar di abad ke-20 ini diambil 7 jam setelah kematiannya pada tahun 1955.

    Otak ini menarik perhatian dunia karena reputasi Albert Einstein sebagai seorang jenius, dan nampaknya kelainan dan ciri khas di dalam otaknya ini mempunyai korelasi kuat dengan kemampuan intelegensi yang menyebabkan terciptanya banyak ide brillian dalam dunia fisika dan matematika.

    Mengenai pengambilan otak dan pengawetan ini apakah mendapat ijin dari yang bersangkutan merupakan bahan perdebatan yang luas. Dalam biografinya yang ditulis oleh Ronald Clark (1971) dikatakan: “Dia sangat menyetujui agar otaknya dipakai sebagai objek riset dan meminta agar badannya juga dikremasikan”.

    Namun pernyataan Ronald Clark ini nampaknya tidak begitu cocok, bahkan pengambilan otak inipun belum mendapat ijin dari fihak keluarganya. Ijin dari anaknya yang bernama Hans Albert Einstein baru diberikan setelah pengambilan dilakukan, dan inipun disetujui jika otak tersebut hanya dipakai untuk kegiatan riset yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang berkualitas tinggi.

    Prof Marian Diamond – yang membedah otak Einstein – menemukan bahwa otak Einstein sangat mirip dengan otak orang kebanyakan. Hanya otak Einstein lebih terlatih pada sedikit bagian-bagian tertentu saja.
    Prof Marian Diamond adalah ahli anatomi otak, dari Universitas California di Berkeley, telah menghabiskan waktu selama enam bulan hanya untuk meneliti otak Einstein. Beliau “menyibukkan diri” memilah-milah bagian otak ahli fisika ini dan menghitung sel-selnya.

    Di bagian sebelah kiri otak sang jenius ini ditemukan ditemukan lebih banyak sel glial untuk setiap neuron daripada dalam otak biasa. Hal ini mungkin bisa menjadi alasan mengapa Einstein begitu cerdas, sekalipun Professor Diamond tidak begitu dapat memastikannya.

    Sebagai gambaran, ada dua jenis sel dalam otak manusia. Sel neuron, yang melakukan tugas berpikir dan mengatur kerja syaraf, sedangkan sel glial atau neuroglia berfungsi menyediakan “makanan” dan melakukan tugas yang menunjang kerja sel neuron.

    Prof. Diamond memperoleh gagasan untuk melaksanakan penelitian itu setelah melihat gambar otak Einstein yang telah diawetkan, yang dimuat dalam sebuah majalah ilmu pengetahuan.

    Otak yang diawetkan ini dimiliki oleh seorang ahli patologi dari Missouri, Amerika Serikat. Thomas Hervey, ahli patologi ini adalah salah seorang dari para dokter yang melaksanakan otopsi atas ahli fisika ini, pada waktu Einstein meninggal 18 April 1955 pada umur 76 tahun. Ternyata tidak gampang merawat awetan otak ini. Ahli patologi tidak sekalipun bermaksud menjualnya. Untuk membujuk ahli patologi ini, Prof. Diamond memakan waktu selama tiga tahun. Itu pun tidak seluruhnya. Sang profesor hanya mendapatkan empat irisan kecil dari otak itu.

    Bagaimanapun juga, otak Einstein yang baru ditemukan kembali pada tahun 1978 ini mendapat perhatian yang luas terutama di dalam dunia ilmiah. Otak ini berada dalam sebuah botol batu yang diisi dengan cairan jus apel (cider) selama lebih dari 20 tahun.
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. VortexX M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 21, 2008
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,511 / -0
    wooo nice info bro itu di ambilnya tahun 55 kan?? skr masi ada ga??
     
  4. lubyzlutfi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +77 / -0
    :onion-12:waaahhh...
    asyik yaaahh puny otak secerdas itu!!!
    bisa begini begono...
    gimana ya perbedaan ma otak gw???
    pasti jauuuuuuhhh...
     
  5. Dudut M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    1,430
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,154 / -0
    keren tuh
    bisa punya otak pintar
    kyk albert einstein...

    tapi kyk nya albert einstein masih bodoh deh..
    dia kan gk tau sms apalagi yg namanya internet :lol:
     
  6. setan95 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +65 / -0
    Weqs jangan ngeremehin lo gini2 pintar Fisika
    zamaan skarang dia mna ad dia kan dah Dead :lol:
    dia kan ad pada zaman dlo Mna tw dia ttng sms ma internet zzzz
     
    Last edited: Apr 5, 2009
  7. blackwarr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    1,357
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +2,892 / -0
    berarti otak ny udah gk ada sejak tahun 75 donk??
    kan di ambil tahun 55
    trus 20 tahun di awetin
    berarti udah ilang gitu?
     
  8. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,717 / -0
    err diisi cairan jus apel :???:

    serem juga ngebayangin jasad Einstein tanpa otak
     
  9. andi msc Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,437
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,823 / -2
    itu bener otaknya albert einstein yang diawetkan....

    tu pakar ilmiah mo dijadikan sample DNA buat meneliti apanya... :???:
     
  10. CY_T_Anezaki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    2,154
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,698 / -0
    Waduh udah urusan sama organ tubuh bikin pusing + mual

    Aplg pake dcampur sama jus apel haduh2, mcm2 aja, Einstein bisa ga tenang tuh arwahnnya kaburrr
     
  11. lynx_82900 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,221
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,897 / -1
    ntar dibuat jus apel yang bisa bikin pinter.....
     
  12. bayitabung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 14, 2008
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +34 / -0
    wah.. cairan apel emang terkenal bgt buat ngawetkan organ2 ataupun hewan2 yg sudah mati tuk di teliti kembali..
    tentunya selain formalin :D
     
  13. moax Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 6, 2008
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    wah kalo ada otaknya kenapa gak dikloning aja tuh om albert

    bakal ada orang jenius lagi didunia ini

    sapa tau dia bisa ciptain mesin waktu
     
  14. astroboy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 16, 2009
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +17 / -0
    hehe...aneh2 aj org2!?!
    klo mnurut gw walopun itu otak ,, pnya einstein tetep aj orgnya udh matee,,,dan mnurut gw kerja otak dr seorang manusia ga mngkin brjalan sndiri...dan itu pstinya dipengaruhi oleh byk hal...sperti perasaannya saat dy mnemukan temuan2 jeniusnya,,ato dr makanan2 yg dimakannya dll....

    SO..walopun itu otaknya einstein,,tetep aj klo cm diteliti doank ga akan ad pengaruhnya buat siapa2 :D
     
  15. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,517
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +154,607 / -3
    Waw ...
    Diawetkan selama 20 tahun ...

    gk sekalian dipake aja tuch ...
    biar pinter ...
     
  16. dummy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 30, 2008
    Messages:
    239
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +167 / -0
    hooo.. br taw gw..
    saking jeniusnya, para ahli ga rela otaknya di kubur gt aj..
    btw tu dikasih jus apel buat ngawetin ya??
     
  17. LLy_BosHi Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 26, 2008
    Messages:
    3,030
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +59,750 / -0
    beuh ada2 aja....
    otak manusia pada dasarnya sama kan???
    tinggal kita aja yg ngembangin dan mengasah kemampuan otak kita...

    percuma klo otaknya emang jenius tp ga belajar...
    hahahaha....

    tp ntu seriusan jus apel???...
    barusan gw minum..................................
     
  18. logitech M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,681 / -0
    kekny jus apel buat peneliti klo lg auss :haha:
    mayan bikin segar :lol:
     
  19. Sandykun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    1,238
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,070 / -0
    Wew...

    Coba ada teknologi transplantasi otak kalo gak otak monoclonal..

    Mayan kan tuh.. Bisa pake otaknya dia.. :D


    Btw, kasian banget ya tuh otak,.. dijadiin campuran jus apel.. :lol:
     
  20. ChunRyong M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +37 / -0
    Sebetulnya gw dah tau sih....pura2 ga tau ah... :haha:
     
  21. Sine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +638 / -0
    D awetin d jus apel ya?
    Kl diminum bs jd pinter ga ya?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.