1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Ternyata Hepatitis B Sudah Ada Sejak 400 Tahun Lalu

Discussion in 'Pojok Komunitas' started by vivin99, Jan 6, 2018.

  1. Offline

    vivin99 Members

    Joined:
    Jan 6, 2018
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]
    Penemuan Penyakit Hepatitis B Pada 400 Tahun Lalu terbukti dari penemuan mumi dari seorang bocah laki-laki berusia 400 tahun. Bocah tersebut meninggal di usia 2 tahun, sekitar tahun 1569. Temuan sebelumnya, bocah itu ternyata tidak meninggal karena cacar, melainkan mengidap Hepatitis B.
    Pembuktian penyakit ini berdasarkan mengurutkan genom (keseluruhan informasi genetik) pada tubuh mumi. Dengan adanya penemuan Hepatitis B berarti sudah berabad abad lalu manusia di dunia ini pernah mengidap penyakit ini.


    Mumi bocah itu digali antara tahun 1983 dan 1985. Penelitian saat itu, kematian sang bocah diyakini karena cacar, yang ditularkan dari virus Variola. Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention, Hepatitis B termasuk infeksi yang menyerang hati dan diperkirakan membunuh 786.000 orang di seluruh dunia setiap tahun. Sasaran hepatitis B juga lebih banyak menyerang anak-anak.

    Gejala hepatitis B dapat menyebabkan ruam wajah. Dilansir dari Science Alert, Sabtu (6/1/2018), ruam wajah ini akan melepuh pada wajah, kaki, bokong, dan lengan. Gejala tersebut ternyata ditunjukkan pada mumi bocah laki-laki.

    Tidak Terbukti Adanya Cacar Air Pada Mayat Mumi

    Para peneliti mengambil sampel kecil kulit dan tulang, kemudian diurutkan genom. Hepatitis B akhirnya ditemukan pada mumi. Tidak ada indikasi cacar pada mumi.Yang paling menarik, temuan juga menunjukkan, hubungan yang erat antara Hepatitis B dari abad ke-16 dan Hepatitis B modern. Virus Hepatitis B sama sekali tidak berevolusi. Meskipun virus biasanya berevolusi dengan cukup cepat. Nah Dari sini kita uda bisa tau juga donk sudah ada Penyakit Hepatitis B Pada 400 Tahun Lalu... Dan jika di bandingkan dengan jaman sekarang, orang jaman dulu bisa meninggal akibat Penyakit Hepatitis B ini loo guys... jangan lupa di share buat nambah nambah ilmu saja yaak...dan ingat ini bukan penyakit MUSIMan
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.