1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ternyata Begini, Cara Menyusun Laporan Keuangan Yang Efektif Dalam Perusahaan

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by viaindonesia, Jan 9, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. viaindonesia Members

    Offline

    Joined:
    May 17, 2016
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Dalam sebuah perusahaan, tentu anda sudah tidak asing lagi adanya kegiatan membuat laporan keuangan. Ya, hal ini merupakan hal wajib untuk di lakukan guna mengetahui alur managemen keuangan pada perusahaan tersebut. Laporan keuangan sendiri merupakan catatan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan dalam periode akuntasi yang digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.
    Adapun tujuan dari adanya kegiatan laporan keuangan yaitu menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja yang di lakukan serta adanya perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat untuk para pemilik maupun pebisnis dalam pengambilan keputusan.

    Berikut cara pembuatan laporan keuangan pada suatu perusahaan :
    Dalam setiap pembuatan laporan harus di lakukan secara bertahap dan teliti karena nantinya laporan tersebut akan di butuhkan dalam setiap pengambilan laporan. Langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut :
    • Menyusun neraca saldo
      Merupakan suatu daftar rekening buku besar dan saldo debet maupun kredit. Dalam setiap pembuatan laporan keuangan ini, di lakukan apabila semua jurnal sudah dibukukan ke dalam masing-masing rekeningnya pada buku besar.
    • Mengumpulkan data yang di perlukan untuk memuat jurnal penyesuaian
      Beberapa transaksi mungkin saja belum semuanya tercatat dan masih tidak sesuai dengan keadaan di akhir periode, sehingga data tersebut masih harus di kumpulkan untuk di buat jurnal penyesuaian terlebih dahulu.
    • Menyusun Neraca Lajur
      Adalah suatu cara yang berguna untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan yang di mulai dari neraca saldo untuk selanjutnya disesuaikan dengan data yang di peroleh dari jurnal penyesuaian.
    • Menyusun Laporan laba rugi
      Laporan ini di susun langsung di neraca lajur, karena pada neraca tersebut sudah diipisahkan jumlah-jumlah yang di laporkan dalam neraca ataupun laporan rugi laba. Setelah itu, kedua laporan tersebut di ubah bentuknya sehingga dapat di hasilkan neraca dan laporan rugi laba yang lebih mudah analisa.
    • Menyusun Neraca saldo setelah penutupan
      Untuk mengecek keseimbangan debet dan kredit rekening-rekening yang masih terbuka, anda bisa membuat neraca saldo setelah penutupan yang isinya hanya rekening real saja bukan termasuk nomina yang sudah di tutup.
    Untuk memudahkan kegiatan keuangan, anda bisa memantaunya secara real time pada software akuntansi https://sleekr.co/accounting. Di sini, anda bisa melakukan kegiatan akuntansi apa saja yang akan memudahkan kegiatan keuangan perusahaan.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.