1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Physics and Chemistry Teori Hyperspace (multi-dimensi).....???

Discussion in 'Science and Technology' started by tyann, Sep 21, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tyann M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +362 / -0
    Pernah ga kita berpikir : "mungkin aja ada bentuk kehidupan yg lebih tinggi dimensi nya dari dimensi manusia...atau bentuk kehidupan yang lebih rendah dimensinya dari dimensi manusia".
    Kalo kita percaya akan eksistensi malaikat, jin, ato iblis, pastinya kita mulai mikir yg nggak 2 tentang adanya dimensi lain yg berbeda dg dimensi manusia....(yg mungkin manusia blom bisa menjangkaunya)

    Nah, disini kebetulan sy nemu artikel menarik yg mungkin bisa ngebahas itu semua..:belajar:

    Setelah ruang mungkin ada lagi ruang. Panjang, lebar dan tinggi, tiga dimensi yang membentuk ruang. Jika ditambah dengan satu satuan lagi maka akan terbentuk dimensi keempat. Dimensi ”gaib” ini dipercaya eksistensinya oleh para pakar fisika teori. Mereka menyebutnya hyperspace atau hiperspasial.
    Ada juga yang menyebut dimensi keempat ini sebagai dimensi kelima. Ini karena waktu dianggap sebagai dimensi keempat dalam realita hidup ini. Namun waktu sejauh ini bersifat linier atau berada pada garis lurus yang tidak akan pernah kembali lagi. Waktu pun tidak membentuk ruang baru yang bisa ditempati oleh entitas yang memiliki dimensi (tiga saja tentunya).
    Hiperspasial ini sudah sejak abad 19 dibicarakan para pemikir fisika. Baru pada abad 20 pendapat berbobot mengenai ini dikemukakan oleh ahli matematika Prusia, Theodore Kaluza. Pada tahun 1919, Kaluza menulis surat kepada Albert Einstein yang mengungkapkan bahwa seharusnya ada dimensi keempat. Ia memberi alasan bahwa gravitasi dan radiasi gelombang elektromagnetik merupakan manifestasi yang sama dari suatu entitas ke ruangan yang sama. Baru tiga tahun kemudian Einstein membalas surat Kaluza itu dengan persetujuannya.

    [​IMG]

    Bukti

    Bagi masyarakat awam, di luar Einstein dan kawan-kawannya, lebih mudah mengadaptasi konsep gaib dibandingkan teori fisika yang rumit. Kita hanya akan mengamini saja ”alam gaib” dimensi keempat itu, cukup hanya percaya bahwa alam itu ada dan tidak terlihat.

    Para pemikir pun setuju bahwa dimensi keempat tidak bisa dilihat oleh kita yang berada dalam tiga dimensi. Ini dijelaskan mereka melalui pengandaian keberadaan kita dalam suatu dimensi. Jika Anda adalah titik dalam suatu garis maka Anda hanya bisa bergerak dari satu ujung garis ke ujung lainnya. Jadi kesadaran Anda mengatakan hanya ada dua titik ekstrem dalam dunia Anda. Misalnya kita naik kereta..Nah kalo di dunia 1 dimensi kita ga bisa liat Pemandangan kanan kiri, cuma bisa liat gerbong depan ama blakang aja...Ga tau deh masuknya dari mana???

    [​IMG]

    Begitu pula jika Anda berada dalam dunia dua dimensi, panjang dan lebar. Sebagai titik, Anda bisa bergerak ke luar, ke daerah lebar dan dari sana Anda bisa melihat dimensi pertama yakni garis panjang tadi. Nah, kita bisa ngeliat kereta (garis) tadi sbagai penumpang yg mo naik kereta...

    [​IMG]

    Begitu pula jika berada dalam tiga dimensi di mana terdapat panjang, lebar dan tinggi. Dari dimensi itu suatu titik bisa bergerak ke berbagai arah dan mengamati satu dimensi, dan juga dua dimensi serta menyadari adanya tiga dimensi. Ia bisa melihat bentuk garis, bentuk bidang datar dan bentuk piramida atau kubus. Ini seperti manusia berada dalam ruang dan melihat benda-benda lain, serta bergerak untuk mendapatkan perspektif yang berbeda.

    [​IMG]

    Bagi para pakar teori fisika ini sudah bukti yang cukup. Titik dalam garis yang hanya menyadari adanya dua ekstrem bukanlah bukti bahwa batasan dunianya hanya garis saja. Titik dalam bidang datar bukan berarti dunianya hanya panjang dan lebar. Begitu pula kita yang berada dalam tiga dimensi, bukan berarti tidak ada dimensi keempat.
    Itulah mengapa gravitasi dan gelombang elektromagnetik, suatu entitas yang ada dan bergerak di berbagai lokasi ruang, merupakan bukti. Sumber dan sebab gravitasi dan gelombang elektromagnetik belum diketahui dalam realita ruang tiga dimensi yang dikenal sekarang.
    Titik pengandaian kita tadi yang berada dalam tiga dimensi bisa bergerak ke dalam dua dimensi dan ke dalam satu dimensi, titik kita itu bisa menjadi bagian dari bidang datar atau dari garis lurus. Kita, manusia yang berada dalam ruang tiga dimensi bisa merangkai diri menjadi garis atau bidang datar. Jadi suatu entitas yang berada dalam empat dimensi tentu bisa bergerak ke tiga dimensi, atau ke dimensi yang lebih rendah. Itulah gelombang elektromagnetik dan gravitasi yang diajukan Theodore Kaluza pada Albert Einstein.

    Beberapa analogi para ilmuwan :

    Ikan mas Gila
    Dr. Michio Kaku, profesor fisika teori pada City University di New York memiliki penjelasan ikan mas terhadap hiperspasial. Michio Kaku lulus summa cum laude dalam ilmu fisika dari Harvard pada tahun 1968 dan mendapatkan doktornya dari Berkeley University tahun 1972. Buku teks untuk tingkat S3 karangannya menjadi bacaan wajib pada laboratorium fisika berbagai universitas.
    Michio Kaku mengandaikan, jika seekor ikan mas dalam kolam menjadi ilmuwan dan dia mulai berteori tentang dunia langit di atas dunia air maka tentu saja si ikan mas ini akan dibilang gila. Namun ketika hujan turun akan ada lingkaran gelombang akibat tetes air yang bisa disaksikan dari dalam kolam, dunianya para gurame.

    [​IMG]

    Inilah jalan untuk pembuktian teori dunia langit atau dimensi di luar dunia yang mereka lihat itu. Dalam dunia manusia, menurut Dr. Michio Kaku, sinar dan gravitasi merupakan lingkaran gelombang yang berasal dari dimensi keempat yang bisa kita buktikan keberadaanya di dimensi kita.

    Teori semut jalan di benang (kyk teori kereta sebelumnya)
    Seperti apa bentuk hiperspasial masih menjadi perdebatan para pemikirnya. Pada tahun 1926 ahli matematika Swedia, Oskar Klein mengajukan jawaban pragmatis. Menurut dia dimensi keempat ini bentuknya sangat kecil hingga tidak terdeteksi oleh manusia. Gabungan unit keruangan seperti itu disebut botol Kaluza-Klein dan menjadi dasar dari wacana mutakhir yang disebut Teori Benang.
    Bayangkan seekor semut hidup di atas benang. Ia hanya akan mengetahui dunianya di depan dan belakangnya saja. Jika melihat benang ini secara rinci maka akan terlihat bagian benang yang menggulung. Di dalamnya terdapat ruang yang tidak akan disadari oleh si semut. Ruang yang tergulung ini yang disebut hiperspasial menurut Kaluza dan muridnya Klein.
    Ruang gulungan berupa benang ini jika bergerak akan menghasilkan getaran yang bisa dirasakan di seluruh ruang. Ini sama dengan dawai digetar dan resonansi suara bergetar di seluruh ruang. Getar benang hiperspasial ini adalah gravitasi dan gelombang elektromagnetik.

    Kebalikan dari ruang yang sangat kecil ini adalah ruang dimensi keempat yang sangat besar. Ini seperti bertolak belakangnya upaya fisika untuk menjelaskan fisika kuantum dan teori relativitas Einstein. Kuantum berbicara tentang entitas yang makin mengecil, sedangkan teori relativitas menjelaskan tentang sesuatu yang sangat besar, seperti galaksi, kuasar, lubang hitam dan teori Ledakan Akbar.
    Dalam hiperspasial, para penghuni dimensi ketiga menjadi tidak sadar karena besar dan bentuknya yang melengkung hingga yang disadari hanya bidang datar di sekelilingnya saja. Ini sama seperti pandangan bahwa bumi itu datar bukannya bulat. Biasanya lengkungan luar biasa besar ini yang menjadi bahan cerita dalam kisah fiksi ilmiah. Ingat pergerakan Starship Entreprise ke hyperspace dengan warp speed?

    [​IMG]

    Ini perubahan teori menjadi fiksi. Fiksi atau ilmiah menjadi dimensi yang tidak berbatas dengan jelas. Jules Verne berkisah tentang kapal selam dan perjalanan ke bulan seratus tahun sebelum benda ini berhasil diciptakan dunia ilmu pengetahuan. Einstein berbicara tentang lengkungan dalam ruang dan waktu yang menghasilkan gravitasi dan gelombang elektromagnetik dalam Teori Relativitas.
    Dimensi keempat atau hiperspasial sekarang jadi wahana pakar fisika teori untuk menghasilkan rumus pamungkas yang bisa menjelaskan dari inti atom hingga terbentuknya alam raya. Rumus ini adalah teori tentang segalanya dan segalanya adalah penciptaan alam. Jika kita bisa keluar dari keterbatasan pandangan kita dan melihat dunia luar yang kerap kita sebut gaib, maka pertanyaan besar tentang kreasi alam mungkin bisa terjawab.

    Wadoh...yang diatas rumit juga, ya?? (saya sendiri kurang paham, hehe).:pusing:
    Nah di bawah ini ada contoh lain tentang hyperspace yg mungkin lebih sederhana....(tentunya sy cuma repost)

    Pada suatu dunia dua dimensi tinggallah sekelompok makhluk. Mereka
    hanya mengenal panjang dan lebar saja. Tidak pernah terpikir di
    pikiran mereka apa itu tinggi.
    Bentuk tubuh mereka ada yang berbentuk kotak, ada yang berbentuk
    lingkaran, segitiga, persegi panjang, hexagonal dsb. Mereka mempunyai
    rumah dan pintu masuknya seukuran dengan panjang makhluk itu. Genteng
    rumah itu menghadap utara karena hujan turun dari arah utara. Mereka
    terdiri dari golongan-golongan. Golongan yang paling tinggi
    kedudukannya adalah lingkaran yang dianggapnya mendekati
    kesempurnaan. selanjutnya polygon bersisi 10 lalu polygon bersisi 8,
    bersisi 6 dst.
    Pada suatu hari mereka ribut karena melihat sesuatu fenomena aneh.
    Mereka melihat sesuatu titik yang makin lama makin besar kemudian
    menyerupai makhluk dua dimensi yang paling sempurna, lingkaran.
    Setelah itu lingkaran ini menjadi lingkaran kecil lagi dan lenyap.
    Mereka beranggapan bahwa ini adalah dewa atau Tuhan yang mengunjungi
    mereka, lalu pergi lagi.
    Di dalam negeri dua dimensi itu ada seorang jenius yang bisa
    berkomunikasi dengan makhluk dari dunia 3 dimensi. Sang jenius ini
    segera mengirimkan sinyal-sinyal dan menceritakan "keajaiban" yang
    dilihatnya secara detil.
    Makhluk Dua dimensi: Hello, saya melihat fenomena ajaib. Ada suatu
    benda tiba-tiba muncul. Benda itu makin lama makin besar dan akhirnya
    menyerupai golongan terpandang di daerah kami...Setelah itu lenyap.
    Bisakah Anda menjelaskan fenomena ini?
    Makhluk Tiga dimensi: Ha...ha... ha...
    Dua: Mengapa Anda tertawa....
    Tiga: Itu bukan sesuatu ajaib.... Itu mainan anak kecil......
    Dua: Maksud Anda?
    Tiga: Itu adalah bola yang jatuh lalu melewati negeri Anda.
    Dua: Apa itu bola?
    Tiga: Kumpulan lingkaran-lingkaran yang tersusun dari yang kecil
    hingga besar lalu kecil lagi....
    Dua: Oh maksud Anda seperti lingkaran konsentris...
    Tiga: hampir mirip tetapi tersusun rapi dari yang kecil, makin ke
    atas makin besar lalu makin kecil lagi...dan jumlahnya tak hingga
    Dua: Apa itu atas?
    Tiga: atas adalah dimensi lain
    Dua: Maksudnya?
    Tiga: Dimensi ke tiga
    Dua: (bingung) maksudnya?
    Tiga: bingung saya menjelaskan...
    Dua: Kok aneh ada benda berjumlah infinite (tak hingga) tetapi bisa
    kelihatan satu ....
    Tiga: Yah itulah...bola...

    [​IMG]

    Dua: Wah pengetahuan ini terlalu tinggi untuk saya....
    Tiga: sebenarnya ini sesuatu yang sederhana di dunia tiga dimensi.
    Sayang Anda tidak tahu konsep tiga dimensi.....

    Untuk para pembaca: Mungkinkah makhluk gaib (jika itu ada dan tiba-
    tiba muncul dihadapan Anda) adalah mainan anak-anak yang nyasar dari
    dunia yang berdimensi lebih tinggi?

    yup...sekian dulu infonya, gan...kurang lebih nya saya mohon maaf...:maaf:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Sep 21, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Ryuzaku Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    Jadi klo da dimensi keempat berarti ada mahluk hidup baru yg sulit dijelaskan dunk...
    kira2 bentuknya seperti apa mahluk dimensi keempat ya??
     
  4. tyann M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +362 / -0
    ^
    Dobel post apaan, nyut??:awas:
    tolong tunjukin buktinya....Link nya...tolong, ya??:piss:
     
  5. Xinez M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,922
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,292 / -0
    haduw...:onion-102:
    bikin pusing tapi mnarik buat dipelajari...:fufufu:
    btw ini sama gak kayak teori noein dimana masa depan dan masa lalu tidak hanya 1 tetapi ada bermacam2 hingga tak terhingga banyaknya.:pusing:
    jadi tiap masa itu ada dalam dimensi laen yang berbeda satu sama lain...:keringat:
     
  6. valr1st M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    770
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +191 / -0
    wah teori fisiki puyeng gua...

    kuliah aja ancur

    fisika 1 D
    fisika 2 E
    fisika 3 C

    fisika 1 dan 2 ngulang wkakakakakakka
    amid2
     
  7. tyann M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +362 / -0
    kyk nya beda bro...Dimensi di sini bukan dimensi masa depan yg bercabang cabang yg sesuai teori many world interpretation yg pake teori kuantum...tp dimensi lain yg berada di atas dimensi kita...:belajar:

    1)Dimensi 1 : garis
    2)Dimensi 2 : luas
    3)Dimensi 3 : Ruang
    4)Dimensi 4 : ruang dan waktu
    5)Dimensi 5 : Katanya sih gravitasi dan elektromagnetik, coz menurut Einstein mereka bedua bisa mempengaruhi ruang dan waktu....
    6)......apalah, ga ngerti.:pusing:

    Tp keren uda ada yg komen, yg lainnya pusing smua tuh....:piss:
     
  8. wiwi.22 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    467
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,166 / -0
    teori fisika modern dan ditemukannya teori kuantum memang banyak mengubah pandangan kita tentang dunia ini.. Fisika Moderen emang menarik banget buat dipelajarin..
     
  9. Dika M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 24, 2009
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    gw dari dulu udah beranggapan bumi adalah salah satu bagian dari barang yang gak pernah kita ketahui..
    huahuahuahuahua

    btw pernh nonton MIB kan?
    di MIB kan juga galaksi itu berlian xP
    ya mau diapain lagi, itu smua diluar kemampuan otak kita
    mungkin 'sesuatu' ddari dimensi yg lebih tinggi gak make otak.
    hehehehe
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.