1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Tentang Pluto

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by RenX, Jun 24, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. RenX SUPERMOD

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    4,348
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,204 / -1
    PLUTO yang juga dikenal dengan nama Pluto 134340 adalah sebuah planet kerdil dalam sistem Tata Surya Bimasakti. Letak Pluto berada dalam sebuah wilayah terluar Tata Surya yang bernama Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper sendiri adalah sebutan untuk wilayah di luar orbit planet Neptunus hingga jarak 50 Satuan Astronomi (SA/1 Satuan Astronomi = jarak rata-rata Matahari-Bumi, yakni sekitar 149,6 juta kilometer) dari Matahari. Pluto memiliki orbit yang unik saat mengelilingi matahari, orbitnya berbentuk melonjong dan kisaran jaraknya sekitar 4,4 - 7,4 miliar km dari Matahari. Berbeda dengan planet-planet lainnya di Tata Surya, Pluto cenderung bergerak mendekati Matahari saat melakukan perjalanan orbit. Akibatnya, terkadang Pluto berjarak lebih dekat dengan Matahari (atau Bumi) daripada Neptunus.

    Di antara obyek-obyek yang ada dalam Tata Surya, Pluto adalah yang terkecil baik dalam ukuran maupun jumlah masa. Pluto bahkan lebih kecil daripada 7 bulan di tata surya, (Bulan, Io, Europa, Ganymede, Calisto, Titan, dan Triton). Pluto memiliki diameter 4.862 km dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi Pluto adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk Pluto mirip dengan Bulan dengan atmosfer yang mengandung metan. Suhu permukaan Pluto berkisar -233o Celsius sampai dengan-223o Celsius, sehingga sebagian besar berwujud es. Seperti sejumlah planet Tata Surya lain, Pluto juga mempunyai beberapa bulan/satelit yang mengitarinya. Bulan-bulan itu adalah: Charon (ditemukan oleh astronom James Christy pada tahun 1978), Nix dan Hydra (keduanya ditemukan pada tahun 2005)

    Penemuan Pluto

    Proses penemuan Pluto sebenarnya diawali dengan kekeliruan interpretasi sejumlah astronom yang mendapati adanya kekacauan dalam orbit Uranus. Semula mereka berasumsi bahwa Neptunuslah yang mengacaukan orbit Uranus karena tarikan gravitasinya. Di akhir abad 19, setelah melakukan observasi lanjutan, para astronom berpendapat bahwa ada planet lain selain Neptunus yang mengganggu orbit Uranus.

    Pada tahun 1905 seorang astronom AS, Percival Lowell, memulai proyek pencarian planet ke-sembilan dalam sistem Tata Surya. Lowell bersama rekannya, William H. Pickering, mengajukan beberapa konsep koordinat planet ke-sembilan dalam Tata Surya yang mereka namakan “Planet X”. Lowell meninggal pada tahun 1916, akan tetapi proyek pencariannya tetap dilanjutkan. Nama Lowell diabadikan sebagai nama observatorium yang didirikannya pada tahun 1894.

    Pada bulan Januari 1930, Clyde Tombaugh, seorang peneliti yang juga anggota tim proyek pencarian planet ke-sembilan dalam Tata Surya di Observatorium Lowell, berhasil mencitrakan beberapa pergerakan sebuah obyek misterius di luar angkasa. Tim peneliti dalam proyek tersebut berkesimpulan bahwa obyek luar angkasa itu adalah sebuah planet dan untuk memastikannya mereka kemudian mengirim hasil pencitraan obyek luar angkasa itu ke Observatorium Harvard College untuk diteliti lebih lanjut.

    Setelah dipastikan bahwa obyek yang ditemukan itu adalah sebuah planet, Tombaugh dan ketua tim peneliti, Vesto Melvin Slipher, menggelar sayembara untuk mencarikan nama bagi planet ke-sembilan itu. Nama Pluto dicetuskan oleh Venetia Burney, seorang anak perempuan umur sebelas tahun asal Oxford, Inggris. Venetia yang gemar mempelajari mitologi Yunani Kuno dan astronomi pertama kali mengusulkan nama ini pada kakeknya, Falconer Madan, mantan pustakawan di Universitas Oxford, Inggris. Madan kemudian meneruskan usul cucunya ini pada Profesor Herbert Hall Turner yang kemudian meneruskannya lagi pada rekan-rekannya di Amerika.

    Setelah melalui proses penyeleksian, pada 24 Maret 1930, tim peneliti di Observatorium Lowell berembuk untuk menentukan mana di antara 3 nama berikut yang akan dijadikan nama planet baru itu yaitu: “Minerva”, “Cronus”, dan “Pluto”. Akhirnya, pada 1 Mei 1930, tim memutuskan nama planet baru itu adalah “Pluto”.

    Eksplorasi ke Pluto

    Sejauh ini eksplorasi ke Pluto menjadi tantangan besar bagi sejumlah negara adikuasa yang telah memiliki pesawat ulang-alik luar angkasa. Bukan hanya karena Pluto berjarak sangat jauh dari bumi namun juga karena Pluto hanya memiliki massa yang kecil dan suhunya sangat dingin. Hingga penghujung abad 20 belum ada upaya serius dari negara-negara adikuasa untuk melakukan misi perjalanan ke Pluto. Bahkan di tahun 2000, Badan Antariksa AS (NASA) membatalkan misi Pluto Kuiper Express karena alasan dana.

    Namun setelah melewati perdebatan panjang, akhirnya misi perjalanan ke Pluto dicanangkan kembali oleh pemerintah AS pada 2003. Misi perjalanan yang menggunakan pesawat tanpa awak ini diberi nama “New Horizons”. New Horizons telah sukses diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2006. Pesawat ini dilengkapi dengan sejumlah peralatan kendali jarak jauh untuk mengenali citra geologi dan morfologi Pluto bersama satelitnya, Charon, memetakan komposisi permukaannya, dan menganalisa atmosfirnya. Selain itu juga New Horizons akan memotret permukaan Pluto dan Charon. Uniknya, dalam pesawat canggih ini juga disertakan abu jenazah sang penemu Pluto, Clyde Tombaugh (meninggal tahun 1997). Sayangnya, New Horizons diperkirakan baru akan mendekati orbit Pluto nanti pada tahun 2015. Setelah itu, barulah para ilmuwan NASA bisa mengungkap lebih jauh tentang misteri planet ‘mungil’ ini.

    Pluto bukan planet?

    Bagaimanapun, sejak tahun 2006 Pluto sudah tidak lagi dikategorikan sebagai planet inti dalam sistem Tata Surya oleh Himpunan Astronomi Internasional (IAU). Karena sejak penemuannya pada tahun 1930 hingga pada 2006 telah ditemukan sejumlah obyek lain di bagian terluar Tata Surya yang komposisinya serupa dengan Pluto, salah satunya yaitu Eris yang mempunyai massa 27% lebih padat daripada Pluto. Pluto kini hanya digolongkan dalam planet-planet minor atau kerdil (dwarf planet) bersama dengan Eris dan Ceres dan diberi nomor 134340.
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. permana333 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    hmm...
    inget masa sd disuruh ngapain planet pake kata2 "Mas Venus Bakul Mori Yen Sido Arep Neko'ake Putri" :)
     
  4. Tak M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    245
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,579 / -0
    wakakakaka...
    apa hubungannya tuh sama hafalan planet ?
     
  5. firebringer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +5 / -0
    di pelem sailor moon khan ada char sailor pluto
    nah klo pelem nya di buat lagi sailor pluto bakalan kagak ada lagi donk heheehhe..

    masih ada hubungannya ama pluto khan ^^
     
  6. evancode M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    2,065
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,092 / -0
    klo dulu sd ngapalin nama2 planet pake kalimat "menaiki vespa bukan main jalan sudah usang namun perlu", nanti tinggal liat huruf pertama tiap kata trs jadiin nama2 planet. ini tips dari salah satu majalah anak2 dulu.
     
  7. acethegunnerzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,097 / -0
    iy gan...pluto sekarang ditetapkan bukan planet
     
  8. kurama013 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,020 / -0
    orbit nya pluta beda dengan orbit planet2 lainnya ke matahari..
    bisa dibilang jalur nya berbeda..biasanya khan matahari ditengah, dikelilingi planet, nah kalo pluto dia tetep mengelilingi matahari cuma orbit nya miring..kgk kayak planet2 sebelomnya..
    setau gw gitu..
    sorry kalo salah, tp gw yakin bener, ahasa indonesia yg gw baca(gw baca di gramedia mall) :D
     
  9. botay M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    783
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +85 / -0
    ksian yah... pdhl udah jutaan anak sd capek2 ngapalin ampe pluto...
     
  10. Hell_Raiser M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,973
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,894 / -0
    Kan dah ketemu planet kecil lagi diluar pluto, namanya apa ya... lupa jadi pluto bukan planet terjauh lagi
     
  11. oem4r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,348 / -0
    iya...jadi inget waktu sd ada ulangan yang nyruh nyebutin nama2 planet...

    ribet banget...

    :rokok::rokok::rokok::rokok::rokok:
     
  12. bulebulukan M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +7,010 / -0
    bener banget.. adek gw sekarang buku IPA nya udah gak ada pluto..
     
  13. Kokuryu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    774
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +188 / -0
    Setidaknya ngurangin 1 item untuk dihapalin ama anak SD. :haha:
     
  14. raynaldo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2009
    Messages:
    1,860
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +47,712 / -0
    pluto kan skrng bukan planet, skrng disebut apa yah :???:
     
  15. Kokuryu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    774
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +188 / -0
    Jadi benda kecil nan jauh di sana :th_093: . ya ngga lah dia diklasifikasikan sebagai dwarf planet(planet kurcaci) dan objek langit terbesar di Kuiper Belt.
     
  16. netradicalz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo di SD saya di ajarinnya :

    Membawa = Merkurius
    Vas = Venus
    Bunga = Bumi
    Mawar = Merkurius
    Yang = Yupiter
    Sudah = Saturnus
    Usang = Uranus
    Namun = Neptunus
    Perlu = Pluto
     
  17. anduknya_budi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +516 / -0
    :onion-11: bisa dijelasin bro, sapa tau berguna :hihi:
     
  18. Apoooh M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    14,241
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +30,858 / -0
    hahahahaha setidaknya berkurang 1 beban yg harus dihafalin........
     
  19. AndhikA7X M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    523
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +344 / -0
    Berkurang 1 yg arus diapalin

    Tapi msih 8
     
  20. sugiarto M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    ngapalin 8 lebih mudah daripada 9
    walau sepertinya juga gak ngaruh....
     
  21. pitiex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +842 / -0
    kaya'y g pengaruh deh.....

    belum kalo suruh ngapalin bulan2'y...:haha:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.