1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Tentang Binatang Undur-Undur

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by cellomozz, Oct 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cellomozz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    814
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +41,451 / -2
    Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari famili Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir.

    Nama "undur-undur" diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Di daerah Barat, hewan ini dikenal dengan nama antlion (semut singa). Nama itu diberikan karena kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah sehingga dianggap sebagai "singanya para semut".

    [​IMG]

    LESTARIKAN binatang undur-undur karena dipercaya sebagai obat diabetes, namun undur-undur kini sulit didapat karena habitatnya lenyap oleh bangunan-bangunan modern. Oleh karena itu, kini saatnya untuk kembali pada alam dengan melestarikan binatang undur-undur.

    Undur-undur berkhasiat mengobati penyakit diabetes, terbukti secara medis, bahkan para dokter menganjurkan pasiennya untuk memakan binatang undur-undur yang masih hidup tanpa harus dibersihkan air terlebih dahulu. Kalau terkena air khasiatnya akan hilang. Yang dapat dipercaya menyembuhkan diabetes dari binatang undur-undur ini salah satunya adalah bulunya.

    Undur-undur juga tidak boleh dimakan dalam keadaan mati. Jika merasa jijik, pasien bisa memasukkan ke kapsul kosong lalu dimakan dengan dorongan air.

    Kekuatan hidup undur-undur jika di tempat terbuka (bukan di tanah gembur) bisa bertahan selama dua hari, jika disediakan tanah gembur, akan bertahan hidup cukup lama. Dan tak lupa diberi bubuk roti sebagai makanannya.

    Undur-undur hidup di dalam tanah kering gembur, tidak berlembap, dan biasanya berada di daerah perkampungan karena kalau di kota sekarang ini tanahnya sudah terkontaminasi dengan berdirinya gedung-gedung bertingkat dan tanah berubah menjadi aspal dan tembok. Sedangkan habitat undur-undur adalah tanah gembur yang tidak berlembap. Undur-undur yang berkualitas biasanya terdapat di daerah pegunungan.

    Dengan kembalinya pada alam, undur-undur adalah salah satu penawar untuk penyakit diabetes, semoga saja alam bisa menjawab keluhan penderita diabetes dan masyarakat ataupun pemerintah mampu menjaga kelestarian undur-undur. Kalau bukan kita, siapa lagi?

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Gedenya jadi gini gan...

    [​IMG]

     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. oixzonk M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    4,040
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,119 / -0
    Baru tw ada hewan kecil yg ternyata berguna kayagini :niceinfo:
    btw,keren juga yh cara tu hewan ngejebak para semut:top:

    Pertamaxxx
     
  4. aoan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wew.. diabetes... keren.

    tar klo dalem tubuh masih idup gimana tuh gan?
     
  5. silek900 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    8,052
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +93,118 / -6
    wew baru tau kalo undur2 gedenya jadi capung. tapi apa memang benar kalo undur2 gedenya jadi capung :bingung:
    tp kok prosesnya menjadi capung kok ga dijelasin atu di buat pic nya ya? :iii:
    dulu waktu masih sd sering kebelakang sekolah buat nangkap undur2, cara nangkapnya pake benang, trus benangnya diputar2 diatas pasir yang jadi sarang undur2, tu undur2 nyangka kalo benang itu semut yg lagi terjebak.
    kalo sekarang memang undur2 dah langka, karna ga ada lagi tanah berpasir yg benar2 kering :sedih:
     
  6. silek900 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    8,052
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +93,118 / -6
    ini aku dapatin penejelasan tentang undur2 yang lebih rinci dari wikipedia :tkp1:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Undur-undur
    ternyata undur2 kalo udah besarnya jadi serangga sejenis capung, benar2 baru tau soal ini :sembah:

    sory kalo dopos :peace:
     
  7. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,903 / -0
    nice info, baru tahu klo undur2 merupakan fase larve dari siklus hidup serangga
    ternyata bisa buat obat diabet, trus kandungan dari undur2 ini apa ya?
     
  8. kasur_empuk M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    wah, ane baru tau kalo gedenya jadi semacam capung wow
     
  9. audrian M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    2,056
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,396 / -0
    ternyata undur-undur itu fase larva dari serangga jenis capung ya kk :niceinfo: pantes aja karena biasanya larva selalu ngumpet dan bentuknya nggak bagus (contohnya belatung sama ulat). kalo gitu undur-undur juga ada semacem bentuk kepompongnya gitu ya sebelum jadi capung
     
  10. nickson M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    223
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    bisa dimakan gak gan binatangnya
     
  11. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,288
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,374 / -3
    hewan ini banyak di sekolah SDku dulu
    hobi saya tuh gali lubangnya undur-undur
    baru tahu dari trit ini kalau undur-undur bisa jadi obat diabetes plus akan jadi sejenis capung kalau sudah besar
    Undur-undur bermetamorfosis, very nice info:top:
     
  12. Kururu17 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 11, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info nih bro buat nambah wawasan
     
  13. captainesperanza Members

    Offline

    Joined:
    Dec 19, 2011
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah baru tau kalo undur-undur berevolusi jadi capung
     
  14. delete13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +4,266 / -0
    Wah menarik nih. Baru tahu dia bisa jadi obat.
     
  15. Selamat_krn_iman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    wow, undur2 di zoom jadi sangar gitu, inspiratif bang, thanks!!
     
  16. yunniebun Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    LOH??
    baru tau kalo undur-undur bermetamorfosis juga
    jadi ada sayapnya gitu, bisa terbang kan berarti?
    semoga dia ga terbang mundur juga :nikmat:
     
  17. rapturous M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +123 / -0
    wah dulu sering mainan undur2 nih di sd..ga nyangka klo bisa buat obat diabetes.. :lol:
     
  18. agunglucu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    1,469
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,698 / -0
    baru tau ane klo undur² ntu masih bisa metamorposa lage, jadi kaya capung.
    kirain cuma gitu aja , nice inpo gan
     
  19. echo_pc M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    1,874
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +798 / -0
    wahaha..! jd inget masa kecilku jg suka cari hewan ini di pinggiran rumah,,
    cukup dikitik-kitik dikit pke rumput (kalo sampe ngeselin digali juga pke kayu :hehe: )
    dikumpulin ama temen2, trus diadu...
    :swt:
     
  20. kitsune159 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    Kecilnya kayak kutu ya gan ..........!!
    gedenya tapi kayak capung .........!!
     
  21. SNEZERD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 16, 2011
    Messages:
    537
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +2,849 / -0
    wah... ane baru tau kalo gedenya jadi gini
    [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.